5 Resep Kue Putu Ayu Lembut dan Praktis

Resep Kue Putu Ayu

Kalimat.ID – Berbicara mengenai jenis kue pastinya banyak sekali. Mulai dari kue basah bahkan kue kering sekali. Akankah anda pernah melihat resep kue putu ayu? Kue yang satu ini mempunyai tekstur nan lembut dengan warna yang terlihat cantik.

Dari aromanya saja begitu khas yakni hijau pandan bahkan santan yang dipadukan bisa membuat rasanya semakin gurih. Belum lagi bentuknya terlihat begitu imut dan menyenangkan. Kali ini kita akan membahas mengenai resep putu ayu paling mudah dan praktis.

Banyak dari mereka ibu muda mulai melupakan cara pembuatan kue putu ayu yang terkesan empuk dan lembut ini. Padahal dari segi rasanya membuat kita merasa ketagihan untuk mencicipinya. Kita sebagai masyarakat Indonesia pastinya selalu berusaha menjaga kelestarian dari kuliner yang sudah ada. Termasuk untuk resep kue putu ayu yang lembut dan cantik ini.

Siapa sangka kue yang terlihat menarik tampilannya ini begitu mudah pembuatannya. Bahkan dari segi bahannya juga mudah sekali diperoleh. Kini siapapun berhak mencoba salah satu resep yang sudah tersedia.

Tentunya langkah cara pembuatan kue putu ayu ini tergolong mudah sekali. Bahkan siapapun tentu saja bisa melakukannya sendiri di rumah. Warna hijau dari kue ini ternyata sebangsa pasta pandan. Hanya saja apabila anda memang menginginkan bahan yang alami pastinya bisa memilih menggunakan air daun suji.

Kebanyakan orang merasa malas untuk membuat kue putu ayu hanya karena tidak mempunyai mixer. Yang pernah kita ketahui biasanya resep dari kue yang satu ini memang mempergunakan mixer.

Tetapi sebetulnya untuk membuat kue tradisional ini juga bisa dilakukan tanpa harus menggunakan mixer sekalipun. Sekarang ini sudah tersedia banyak pilihan resep kue putu ayu nan lembut untuk dipraktekkan.

Supaya anda semakin terinspirasi dengan kue putu ayu ini, ikuti saja beberapa pilihan resep kue putu ayu terkini. Di antaranya:

Kue Putu Ayu Nan Lembut

resep kue putu ayu nan lembut
Image by: dictio.id

Pastinya anda sudah mengerti jika tekstur dari kue basah yang satu ini terbilang lembut bahkan empuk. Inilah mengapa kebanyakan orang merasa tertarik saat melihat kue tersebut di toko kue. Biasanya kue yang satu ini seringkali di sebut dengan nama cake emulsifer.

Siapa yang tidak tertarik dengan kelembutan kue putu ayu ini. Pastinya siapapun orangnya berusaha untuk mencoba resep yang sudah tersedia. Apabila anda berkeinginan membuat kue yang satu ini, ikuti saja semua langkahnya.

Bahan yang di butuhkan:
– 400 gram tepung terigu
– 1 sendok kecil baking powder
– 1 sendok kecil cake emulsifier
– 1 bungkus ukuran kecil vanili
– 4 pcs telur ayam
– 350 gram gula pasir
– Pasta pandan sesuai dengan kebutuhan
– 400 ml santan

Bahan untuk tambahan
– 1 buah kelapa muda yang sudah di parut seperlunya saja
– 2 sendok makan tepung maizena
– Minyak sayur secukupnya saja

Cara paling praktis membuat kue putu ayu nan lembut
1. Campuran dari tepung sagu, garam maupun kelapa parut di kukus sampai benar matang kurang lebih 10 menit.
2. Tepung terigu bisa dicampurkan bersama dengan baking powder kemudian sisihkan saja.
3. Kini santan bisa dicampurkan bersamaan dengan pasta pandan kemudian sisihkan.
4. Masukkan pula gula pasir bersamaan dengan SP,telur maupun vanili dalam wadah lalu kocok dengan mixer yang berkecepatan tinggi.
5. Ketika sudah kaku barulah lakukan pengaturan kecepatannya menjadi rendah barulah masukkan lagi campuran dari tepung terigu. Hal tersebut bisa dilakukan bergantian dengan menggunakan santan secara bergantian hingga habis barulah matikan.
6. Masukkan pula kelapa parut yang telah dikukus dalam sebuah cetakan. Kemudian masukkan juga adonan kue basah tadi.
7. Masukkan saja dalam sebuah panci kukusan kemudian masak saja sampai benar matang.
8. Keluarkan saja dari cetakan dan kini kue putu ayu nan lembut sudah siap di hidangkan.

Kue Putu Ayu Sederhana

kue putu ayu sederhana
Image by: palapanews.com

Pastinya banyak yang sudah mengerti jika kue putu ayu ini pembuatannya begitu mudah dan praktis. Tentunya untuk membuat kue tradisional ini, anda membutuhkan bahan yang alami.

Kue ini terkenal dengan teksturnya nan lembut bahkan kelihatan begitu mengembang. Jika sekarang ini anda memang berencana untuk memperoleh resep kue putu ayu. Sebaiknya ikuti saja langkahnya sebagai berikut.

Bahan yang di butuhkan:
– 150 gram tepung terigu
– 2 pcs telur ayam
– 1 sendok kecil cake emulsifier
– 150 ml santan dengan tingkat kekentalan sedang
– 125 gram gula pasir
– ¼ sendok kecil baking powder
– Pasta pandan sesuai kebutuhan
– ½ butir kelapa yang masih mudah kemudian parut dan kukus sembari di taburi dengan garam

Langkah praktis membuat kue putu ayu nan sederhana
1. Mengambil sebuah wadah untuk bisa mencampurkan baking powder dan juga tepung terigu kemudian aduklah menggunakan spatula hingga merata.
2. Masukkan pula gula maupun telur dalam sebuah wadah kemudian kocok menggunakan mixer sampai benar bisa berbuih.
3. Masukkan pula cake emulsifier kemudian mixer juga dengan kecepatan yang tinggi hingga berjejak dan bisa terlihat kaku.
4. Kecepatan mixer kini bisa di pindah menjadi rendah sekaligus jangan sampai lupa menambah dengan campuran tepung sedikit demi sedikit sampai semuanya bisa tercampur merata. Yang perlu anda ketahui, jangan sampai terlalu lama dalam mixer adonannya.
5. Masukkan santannya dalam sebuah wadah adonan kemudian aduk secara perlahan dan balikkan arahnya sampai semua bisa tercampur secara merata.
6. Pasta pandan di masukkan lalu aduklah kembali sampai merata warnanya.
7. Ambillah cetakan yang tadinya sudah anda olesi menggunakan minyak kemudian masukkan pula kelapa yang telah dikukus dan sedikit ditekan agar nantinya tidak berantakan selagi diangkat.
8. Masukkan pula adonannya dan ulangi langkahnya hingga habis.
9. Masukkan pula dalam panci kukusan barulah masak hingga benar matang kurang lebih 20 menit lamanya.
10. Adonan pun kini siap diangkat kemudian di keluarkan dari cetakannya dan sajikan.

Resep kue putu ayu paling sederhana ini pastinya bisa di praktekkan oleh siapapun orangnya. Apalagi dari segi bahannya juga mudah sekali diperoleh. Dengan begitu anda kini bisa membuat sendiri kue putu ayu paling praktis ini.

Kue Putu Ayu Tanpa Santan

kue putu ayu tanpa santan
image by: cookpad.com

Mungkin saja banyak sekali diantara anda yang mengira jika kue basah yang satu ini apabila tidak menggunakan santan rasanya tidak enak. Padahal sebetulnya meskipun tidak menggunakan santan, kue ini tetaplah terasa enak dan juga gurih.

Sebetulnya semuanya tergantung pada air kelapa tua yang sudah dipergunakan. Air ini nantinya bisa membuat kuenya mempunyai aroma nan gurih. Pastinya banyak diantara anda yang merasa tertarik dengan resep yang satu ini.

Selain mudah untuk dibuat, kini kue putu ayu tanpa santan ini bahannya mudah untuk didapatkan. Siapapun tentunya bisa mempraktekkan resep tersebut. Pastinya dari segi rasanya juga tak kalah menarik dengan resep yang lain. Setidaknya kini anda bisa berkreasi dengan resep yang baru. Inilah langkah cara pembuatan kue putu ayu tanpa santan yang bisa anda ikuti.

Bahan yang diperlukan:
– ¼ kg tepung terigu serbaguna
– 1 sendok kecil cake emulsifier
– 200 gram gula pasir
– 3 pcs telur ayam
– Pasta pandan sesuai dengan kebutuhan
– 220 ml air kelapa
– Vanili sesuai dengan kebutuhan
– Garam dapur sesuai kebutuhan
– ½ buah parutan kelapa
– 1 sendok kecil tepung tapioka

Ketika semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, kini sudah saatnya anda beraksi dengan resep yang satu ini. Meskipun tanpa santan pastinya dari segi rasa tak kalah gurih dengan yang menggunakan santan. Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan resep yang satu ini, perhatikan saja langkah caranya.

Cara paling mudah membuat kue putu ayu tanpa santan
1. Parutan kelapa yang tadinya dicampur dengan tepung tapioka maupun garam kini bisa anda kukus sampai matang kurang lebih 10 menit lamanya.
2. Ambillah sebuah wadah kemudian masukkan gula maupun telur ayam sembari dimixer sampai benar mengembang.
3. Masukkan pula vanilli sekaligus cake emulsifier lalu kocok kembali selama 5 menit baru matikan.
4. Masukkan lagi tepung terigu bersamaan dengan air kelapa yang nantinya akan diaduk dengan menggunakan spatula sampai tercampur merata.
5. Masukkan pula pasta pandan lalu aduklah kembali sampai benar tercampur merata.
6. Masukkan pula parutan santan yang sudah dikukus dalam cetakan kue yang tadinya sudah di olesi dengan minyak. Barulah sedikit ditekan hingga menjadi padat.
7. Masukkan pula adonan yang sudah diberi dengan pewarna hingga kurang lebih ¾ bagiannya kemudian ulangi caranya sampai adonannya semua habis.
8. Masukkan pula dalam panci kukusan hingga menjadi matang kurang lebih selama 20 menit.
9. Apabila dirasa kuenya sudah matang maka keluarkan saja dari cetakan dan siap disajikan.

Kue Putu Ayu Pelangi

kue putu ayu pelangi
image by: cookpad.com

Ternyata kue putu ayu kini tampilannya bisa dibuat semenarik mungkin sehingga siapapun bakalan merasa tertarik untuk membuatnya. Kini ada salah satu variasi resep terbaru yang patut anda coba yakni kue putu ayu pelangi. Mungkin umumnya anda hanya menjumpai kue putu ayu tradisional dengan warna hijau yang terbilang khas.

Padahal kini anda sudah bisa berkreasi dengan beragam warna layaknya pelangi. Pastinya hal ini membuat tampilan kue ini semakin cantik dan juga menarik. Kini langkah cara pembuatan adonan kue putu ayu ini begitu mudah sekali. Terlebih resepnya kini sudah tersedia memenuhi kebutuhan.

Apabila anda berkeinginan membuat kue putu ayu dengan tampilan layaknya pelangi ini. Alangkah baiknya anda ikuti langkah caranya.

Bahan untuk adonan kue putu ayu:
– 150 gram tepung terigu serba guna
– 130 gram gula pastor
– 2 pcs telur ayam berukuran sedang
– 1/8 liter santan kental
– Pewarna makanan sesuai selera
– ½ sendok kecil cake emulsifier
– 1 sendok kecil vanilla ekstrak
– ¼ sendok kecil garam secukupnya

Bahan untuk tambahan:
– 120 gram kelapa parut seperlunya
– Garam dapur yang beryodium
Ketika semua bahan diatas sudah dipersiapkan, kini sudah saatnya bagi anda mencoba membuat kue yang terkenal lembut dan empuk ini. Dengan kemudahan bahan yang kita peroleh pastinya bisa menjadikan banyak orang tertarik untuk membuatnya sendiri dirumah.

Langkah praktis pembuatan kue putu ayu pelangi:
1. Merebus air kemudian persiapkan kukusannya.
2. Campurkan garam dan kelapa parut lalu masukkan saja dalam kukusan dan masak kurang lebih 10 menit lamanya.
3. Sebaiknya anda mencampurkan antara tepung terigu dan garam. Buat saja adonan lalu ayak kemudian sisihkan.
4. Ambil saja sebuah wadah kemudian telur ayam dimasukkan bersamaan dengan gula pastor, perasa vanilla dan juga sp selanjutnya kocok sampai benar mengental.
5. Masukkan saja campuran tepungnya sedikit demi sedikit dalam sebuah adah adonan sembari dimixer secara bergantian bersama dengan santan. Ulangilah cara tersebut hingga benar habis.
6. Ketika sudah selesai barulah adonan bisa anda bagi sesuai dengan warnanya kemudian beri warna dan aduk lagi sampai tercampur merata.
7. Ambillah cetakan yang akan anda pergunakan. Kemudian berikan sedikit minyak supaya nantinya mudah mengeluarkan kue dari cetakan.
8. Kelapa yang tadinya sudah dikukus dimasukkan sembari ditekan sampai benar padat.
9. Masukkan pula adonan kue dalam cetakan dan selanjutnya kue pun siap dikukus sampai benar matang.
10. Anda bisa mengetes kematangannya dengan menggunakan lidi. Apabila sudah matang kemudian angkatlah dan keluarkan kuenya dari dalam cetakan.

Ternyata tak kalah mudah pembuatan kue putu ayu pelangi ini. Semoga saja dengan adanya resep yang sudah tersedia membuat anda semakin gemar dalam berkreasi membuat kue.

Kue Putu Ayu Gula Merah

Saat ini memang sudah banyak jenis pewarna makanan yang bisa dipergunakan untuk membuat kue putu ayu ini. Kini anda bisa memberikan kombinasi pada adonan dengan gula merah. Pastinya kue putu ayu gula merah ini tak kalah lezat dari jenis resep yang lainnya. Dari segi aroma maupun rasa pastinya tak kalah nikmat dari yang menggunakan pasta pandan.

Apabila anda memang berkeinginan mencoba resep yang satu ini. Pembuatan kue putu ayu gula merah ini bisa mencontoh salah satu resep yang sudah tersedia. Hanya saja untuk permasalahan gula pasir maupun pastanya akan diganti dengan gula merah yang tadinya sudah di sisir sampai halus.

Dari sekian resep kue putu ayu yang telah tersedia semoga saja ada salah satu resep yang menjadi favorite. Kebanyakan dari anda yang gemar membuat kue pastinya selalu berkeinginan menghadirkan resep yang unik dan menarik.

Terlebih untuk kue tradisional seperti kue putu ayu ini. Anda kini sudah bisa mencoba membuat kue ini dirumah dengan mengikuti resep yang telah tersedia. Semoga saja dengan adanya beragam resep diatas menambah koleksi resep dari kue putu ayu yang terkesan empuk dan mentul ini.

Jika anda mempunyai banyak waktu tentunya kini anda bisa mencoba semua resep yang sudah disediakan. Semoga saja dengan mencoba membuatnya sendiri dirumah bisa mengobati rasa penasaran anda akan kue putu ayu ini. Yang ternyata kue tersebut bisa anda variasikan dengan beragam rasa, tampilan, maupun bahannya.

Setidaknya hadirnya resep kue putu ayu ini memberikan petunjuk bagi anda yang benar ingin membuat kue tersebut. Kini resep kue tersebut memang mudah, praktis bahkan terkesan sederhana sekali.

\Jadi bagi siapapun anda para pecinta kue putu ayu tentunya bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah kue tersebut. Semoga saja berhasil dengan resep yang sudah ada sehingga nantinya kue pun bisa dihidangkan baik saat arisan maupun sebagai camilan.

Komentar disini