5 Resep Kue Pukis Empuk dan Mengembang

Kalimat.ID – Sekarang ini banyak sekali resep kue yang telah hadir di tengah kita. Salah satunya adalah resep kue pukis. Seringkali kue ini mendapatkan sebutan sebagai kue pancong.

Kue yang memang digemari oleh semua kalangan masyarakat kue ini termasuk dalam golongan kue tradisional asli dari daerah Banyumas, Jawa Tengah.

Tekstur dari kue ini memang lembut bahkan baunya juga angi. Kue basah yang satu ini memang paling cocok dijadikan sebagai camilan menemani kopi ataupun teh.

Bahkan saat ini resep kue lapis ini sudah tersebar ke berbagai daerah yang ada di seluruh nusantara. Bahan yang anda butuhkan untuk membuat adonan kue pukis ini juga mudah anda dapatkan.

Bahannya seperti gula pasir, telur, santan, tepung terigu bahkan juga ragi. Kali ini resep kue pukis telah hadir dalam berbagai pilihan rasa. Dimana mereka yang gemar membuat kue selalu berusaha memberikan kreatifitas terbaiknya.

Mengapa harus merasa ragu jika dirasa langkah cara pembuatannya terbilang mudah. Kini siapapun anda yang memang berkeinginan membuat kue bisa mencoba beberapa resep yang telah tersedia. Apabila anda merasa penasaran dengan resep kue pukis yang hadir dalam berbagai varian rasanya. Ada baiknya anda mencoba salah satu resepnya berikut ini:

Kue Pukis Istimewa

resep kue pukis istimewa
Image by: Cookpad.com

Kali ini kue pukis hadir dengan resep yang terbilang istimea. Hal ini tentu saja tak luput dari adanya topping yang diberikan pada kue sehingga rasanya semakin lezat dan nikmat. Ada beberapa variasi topping yang bias dijadikan pilihan.

Mulai dari aneka buah, coklat tabor, kacang bahkan juga keju sekalipun. Dengan beragam pilihan topping ini semoga saja anda tertarik untuk membuat kuenya. Kapan lagi bisa menikmati kue nan lezat dan lembut hasil buatan sendiri. Supaya anda tidak merasa bingung lagi dengan cara pembuatannya, ikuti saja langkahnya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
– Teoung segitiga biru 1 kg
– Margarine 300 gram cairkan
– Susu kental manis 4 bungkus
– Perisa coklat maupun bubuk seperlunya
– Gula pasir 500 gram
– Ermipan 1 sachet
– Garam 1 sdt
– Telur 5 butir
– Santan 500 cc

Bahan untuk topping:
– Keju, taburan coklat butir, kacang, daging, selai nanas, dan juga sukade.

Langkah praktis membuat kue pukis istimewa
1. Margarine dilelehkan terlebih dahulu baru kemudian dinginkan. Selanjutnya campurkan dengan air susu.
2. Kemudian campurkan semua bahan agar menjadi satu adonan.
3. Aduk saja semuanya hingga halus secara manual hingga membentuk adonan yang siap untuk dicetak.
4. Persiapkan terlebih dahulu adahnya yang dipergunakan untuk perisa coklat dan coklat yang dipergunakan sebagai hiasan. Aduklah hingga merata.
5. Selanjutnya cetakan pun di olesi dengan margarine lalu adonan putih bisa di tuangkan hanya saja jangan terlalu penuh. Tambahkan pula adonan coklat dan ulangi saja langkah tersebut hingga adonannya habis.
6. Ketika sudah setengah matang barulah berikan tambahan topping sesuai dengan selera. Kemudian cetakan pun bisa di tutup dan tunggulah sampai adonan matang.
7. Kini kue pukis pun sudah siap di sajikan.

Ternyata mudah sekali langkah cara pembuatan kue pukis dengan variasi resep yang satu ini. Semoga saja anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Kapan lagi bisa menikmati kelezatan kue pukis nan lezat hasil buatan kita sendiri ini. Semoga saja dengan kemudahan bahan yang kita peroleh bisa membuat siapapun tertarik untuk membuat kue pukis ini.

Kue Pukis Mini

kue pukis mini
image by: cookpad.com

Kali ini kue pukis juga hadir dengan ukuran yang lebih kecil. Gimana jadinya jika kue yang satu ini ukurannya mini. Pastinya terkesan lebih lucu dan juga imut, serasa sayang apabila harus dimakan. Kini sajian kue pukis ini bisa dijadikan bekal untuk anak saat sekolah. Daripada harus jajan sembarangan pastinya dengan kue pukis ini terkesan lebih sehat.

Bahan A yang perlu dipersiapkan:
– Tepung terigu 25 gram
– Ragi instan 1 sdt
– Air 50 ml

Bahan B:
– Telur 3 butir
– Gula pasir 200 gram
– Vanilla ½ sdt
– Tepung terigu 250 gram
– Santan 300 gram
– Minyak sayur 50 ml
– Garam 1 sdt

Bahan C: keju parut dan meses coklat seperlunya

Cara praktis pembuatan kue pukis mini:
1. Semua bahan A di campurkan kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit.
2. Persiapkan wadah yang lainnya kemudian masukkan gula pasir, telur maupun vanilla. Kocok semua hingga mengental lalu masukkan adonan A tadi kedalamnya. Aduk kembali sampai semuanya tercampur merata.
3. Masukkan saja satu per satu mulai dari tepung terigu dengan santan yang tadinya sudah di beri tambahan garam. Jika sudah aduk terus hingga semua tercampur merata.
4. Tuangkan 50 ml minyak goreng kemudian aduk. Dilanjutkan dengan saring apabila memang perlu lalu diamkan dalam waktu q jam.
5. Cetakan pun siap dipanaskan kemudian adonan bisa dituangkan sampai pada setengah cetakan dan biarkan hingga kelihatan besar baru ditutup.
6. Ketika kue pukis ini sudah setengah matang jangan lupa menaburinya dengan messes coklat kemudian tutup kembali.
7. Tunggu saja sampai matang baru kemudian diangkat. Kini kue pukis berukuran mini sudah siap untuk disajikan.

Meskipun dari segi ukurannya mini, bukan berarti permasalahan rasanya kalah dengan lainnya. Apalagi untuk masalah toppingnya bisa anda sesuaikan dengan selera. Resep dari kue pukis mini ini memang sudah ada secara turun temurun. Kini anda bisa mencoba resep yang satu ini supaya bisa mempraktekkannya dirumah.

Kue Pukis Pandan

kue pukis pandan
Image by: YT

Perlu anda ketahui jika resep kue pukis juga hadir dengan kue pukis pandan. Dimana penggunaan pastanya ini bisa membuat kue tersebut terasa semakin nikmat. Pastinya penggunaan esens pandan ini mampu membuat tekstur kue pukis semakin lembur dan juga empuk saat anda kunyah.

Apalagi taburannya nikmat sekali dengan keju, kacang atau lainnya sesuai dengan selera. Supaya lebih jelas lagi dengan resep kue pukis ini, alangkah baiknya anda perhatikan caranya berikut ini:

Bahan yang diperlukan:
– Tepung terigu 125 gram
– Gula pasir 125 gram
– Santan encer 150 ml didihkan
– Ragi instan ½ sdt
– Telur 2 butir
– Keju cheddar parut 35 gram
– Margarine sebagai olesan
– Topping menggunakan coklat meses
– Pasta pandan ½ sdt

Cara praktis pembuatan kue pukis pandan:
1. Gula pasir dan telur di kocok menggunakan mixer kecepatan tinggi sampai bisa mengembang dan halus. Baru setelah itu pindahkan saja kecepatan mixer menjadi sedang.
2. Mencampurkan ragi instan maupun tepung terigu di aduk secara merata kemudian masukkan saja dalam kocokan telur. Lalu masukkan santan yang sudah matang dan aduk kembali. Matikan saja mixernya lalu diamkan kurang lebih 30 menit lamanya.
3. Kemudian pasta pandan dan keju dimasukkan aduk secara merata. Tuangkan saja adonannya dalam cetakan kue pukis yang sudah dipanaskan dan diolesi dengan menggunakan margarine. Tetapi alangkah baiknya anda bisa menghindarkan untuk menuangkan adonan sampai penuh nantinya yang terjadi kuenya bantat. Tutup sejenak saja dan jika sudah setengah matang jangan sampai lupa menaburinya dengan topping kemudian tutup kembali.
4. Pergunakan saja api yang kecil supaya nantinya tidak gosong. Kemudian kue pukis yang telah matang serta bagian bawah berubah kecoklatan ini bisa diangkat kemudian sajikan.

Ternyata mudah sekali langkah cara membuat kue pukis dengan varian yang satu ini. Semoga saja anda mampu mempraktekkan sendiri resep tersebut di rumah. Jangan lagi anda merasa ragu untuk mencoba sesuatu yang baru. Dengan langkah yang tepat tentunya bisa membuat kue tersebut semakin empuk, mengembang dan enak.

Kue Pukis Kentang

Resep Kue Pukis

Tak bisa kita pungkiri lagi ternyata saat ini banyak sekali jenis varian resep dari kue pukis. Semuanya hadir dengan bahan yang berbeda bahkan dari cita rasanya terkesan lezat sekali. Anda tentunya harus lebih kreatif menghadirkan resep terbaru untuk varian jenis kue ini. Bagi anda yang suka sekali berkreasi dengan membuat kue, kini pastinya bisa mencoba resep kue pukis kentang ini.

Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berkreasi menghadirkan menu yang berbeda. Terlebih untuk pembuatan kue pukis yang menggunakan bahan kentang ini. Caranya juga tak kalah mudah dengan pembuatan kue pukis yang lainnya. Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan langkah cara pembuatannya, ikuti saja cara berikut ini.

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Tepung terigu 450 gram
– Kentang 200 gram
– Gula pasir 250 gram
– Margarine 30 gram
– Ragi instan 2 sendok teh
– Air hangat 100 ml
– Telur ayam 6 butir
– Vanilla bubuk 1 sendok teh
– Garam 1 sendok teh
– Santan 200 ml
– Cokelat meses secukupnya
– Keju cheddar secukupnya

Cara praktis pembuatan kue pukis kentang:
1. Kentang yang sudah dipersiapkan dikukus terlebih dahulu barulah dikupas bagian kulitnya.
2. Melarutkan ragi kedalam 100ml air yang hangat. Kemudian dinginkan saja selama 10 menit sampai bisa berbusa. Setelah itu kentang pun diblender dengan 200ml santan sampai benar halus.
3. Telur pun siap dikocok bersama dengan garam dan gula sampai benar mengembang. Jika sudah jangan lupa tambah juga dengan tepung terigu sembari diayak.
4. Campuran dari kentang pun bisa dimasukkan lalu aduk secara perlahan sampai benar merata. Kemudian tuangkan saja larutan ragi instan dan aduk kembali sampai merata. Diamkan dalam kurun waktu 45 menit hingga adonannya bisa mengembang.
5. Margarine pun dicairkan seperti biasanya.
6. Campurkan saja margarine cair beserta bubuk vanili kedalama adonan pukis ini. Aduk kembali sampai benar bisa mengembang dan tercampur secara merata.
7. Cetakan pun siap dipanaskan baru kemudian olesi menggunakan margarine. Tuangkan adonan pukis yang sudah tersedia lalu berikan tambahan topping bisa dengan keju maupun coklat. Biarkan terlebih dahulu sampai benar matang.

Ternyata langkah cara pembuatan kue pukis kentang ini mudah sekali untuk dilakukan. Bahkan siapapun pastinya bisa melakukannya sampai benar berhasil. Semoga saja dengan adanya bantuan resep ini bisa membuat siapapun mampu mencicipi kue pukis nan lezat dan nikmat ini.

Mencoba variasi rasa yang berbeda pastinya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue pukis ini mudah sekali untuk diperoleh.

Siapapun rasanya mampu untuk membuat kue pukis kentang yang empuk dan nikmat ini. Menampilkan kreasi baru dari kue pukis menjadi suatu kebanggaan bagi siapapun. Terlebih bagi anda yang hobi dalam membuat kue.

Kue Pukis Tanpa Santan

kue pukis tanpa santan
image by: Cookpad.com

Dari sekian resep kue pukis yang telah tersedia, kali ini sudah hadir resep kue pukis yang lebih menarik yakni tanpa menggunakan santan. Lantas apakah kue pukis ini bakalan terasa lebih gurih. Tentunya dari segi rasa tak kalah nikmat dari resep yang lainnya.

Menurut pendapat dari mereka yang sudah mencobanya, tekstur dari kue ini juga lembut bahkan juga empuk. Adapun untuk bahan yang di butuhkan juga mudah anda dapatkan.
Apabila saat ini anda memang berencana untuk membuat kue pukis tanpa santan, ikuti saja langkah pembuatannya berikut ini:

Bahan yang dibutuhkan:
– Gula pasir 225 gram
– Telur 2 butir
– Garam ½ sdt
– Ragi 2 sdm
– Baking soda ½ sdt
– Tepung cakra 300 gram
– Tepung kunci 200 gram
– Margarine 100 gram kemudian lelehkan
– Air 500 ml
– SKM 2 sachet

Langkah cara membuat kue pukis tanpa santan:
1. Telur, gula pasir maupun garam di kocok bersamaan dengan tepung sampai bisa mengembang.
2. Masukkan pula baking soda dan juga ragi kemudian masukkan campuran susu, tepung terigu dan air bergantian. Aduklah hingga merata menggunakan spatula berukuran besar.
3. Margarine cair pun dimasukkan kemudian aduk kembali sampai merata. Jangan lupa perhatikan pula tekstur dari adonan tersebut. Apabila dirasa sudah mengental jangan sampai lupa menambahkan air sedikit saja sampai di rasa pas.
4. Cetakan kue pukis kini siap dipanaskan dan jangan lupa olesi menggunakan minyak. Cetak kuenya sampai benar matang.
5. Jangan sampai lupa untuk memberikan topping sesuai dengan selera anda. Kini kue pukis tanpa santan sudah siap dinikmati.

Begitu mudahnya resep kue pukis tanpa santan yang satu ini. Buat anda yang suka dengan kue pukis tentunya bisa mencoba resep unik yang satu ini. Kue tersebut paling cocok bila disajikan sebagai camilan dan bisa dijadikan teman dikala santai.

Mudahnya membuat aneka kue pukis menjadikan banyak orang merasa tertarik untuk membuatnya sendiri dirumah. Apalagi dari segi bahan maupun bumbu mudah sekali didapatkan.

Yang terpenting anda selalu tepat melakukan langkah dei langkah cara pembuatan kue pukis tanpa santan ini. Berkreasi menghadirkan resep kue pukis yang lezat dan nikmat tentu saja menjadi keinginan banyak orang.

Apalagi buat yang suka membuat kue, rasanya ada yang kurang jika tidak mencoba resep yang baru. Dari kesekian banyak resep diatas kini anda bisa mempraktekkan semuanya dengan mudah.

Bahkan masih ada banyak sekali contoh resep dari kue pukis yang bisa di dapatkan. Cobalah untuk mencari resepnya melalui media internet. Disana sudah tersedia banyak resep dengan beragam varian yang berbeda. Namun dari segi rasanya tentu saja tak kalah nikmat antara satu dengan yang lainnya.

Membuat kue pukis yang sesuai dengan langkahnya pastinya bisa menghindarkan anda dari kegagalan pembuatan kue. Bahkan kini kue pukis nan lembut dan gurih bisa dirasakan sembari menyeduh kopi. Daripada harus membeli dengan harga yang cukup mahal, sebaiknya membuatnya sendiri dirumah sembari berkreasi.

Komentar disini