Beranda Kuliner 5 Resep Kue Lumpur Enak dan Lembut (Untuk Jualan)

5 Resep Kue Lumpur Enak dan Lembut (Untuk Jualan)

Resep Kue Lumpur
Resep Kue Lumpur

Resepmakanan.ID – Jajanan nusantara memang sangat beragam dan layak sekali untuk dicoba. Salah satunya yaitu kue lumpur. Resep kue lumpur juga sangat mudah jika ingin membuatnya sendiri di rumah. Karena terdiri dari santan, tepung terigu, telur dan kentang.

Untuk menambah selera rasa biasanya membuat kue seringkali menambahkan vanila untuk bahan pewangi. Sedangkan tambahan lainnya yaitu kismis sebagai salah satu hiasan di atasnya. Untuk menemukan kue lumpur sebenarnya sangatlah mudah. Karena di beberapa toko kue tradisional memang pembeli bisa menemukan dan langsung bisa menikmatinya.

Kue dengan tekstur lembut serta memiliki rasa manis tersebut memang memiliki ciri khas sendiri. Dengan hanya menambah secangkir teh hangat, kue lembu tersebut bisa menjadi teman ngobrol ataupun untuk suguhan pada acara keluarga.

Di sejumlah acara yang ada di pinggiran kota, biasanya kue lezat ini masih seringkali didapati. Bahkan penjual pun juga masih banyak ditemukan. Tentu saja tidak akan sulit untuk bisa menikmati kue dengan tekstur lembut tersebut.

Sebagai pemahaman bagi para calon penikmat kue lumpur, tentu saja kita mempelajari tentang sejarah pembuatan dan dikenalnya kue populer ini. Berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai sejarah dari kue lumpur.

Sejarah Kue Lumpur

“Kue Lumpur” merupakan salah satu makanan kategori tradisional yang sering dijumpai pada saat ada hajatan atau selamatan. Seiring berjalannya waktu gue tersebut memang sedikit tergeser dari adanya kue modern semisal cupcake. Kriteria kue lumpur yaitu berwarna kuning dan bentuknya bundar. Dengan diameter 7 cm sedang memiliki tinggi 3 cm kue tersebut memang sangat menarik untuk dinikmati.

Sama sekali tidak ada catatan mengenai kapan dan di mana kue lumpur dibuat. Apalagi soal namanya yang memang nampak unik. Tetapi banyak yang mengatakan jika kue lumpur merupakan salah satu jenis kue yang diperkenalkan pertama kali oleh orang-orang portugis yang datang ke Indonesia. Berbahan dasar susu yang kemudian banyak diganti dengan santan. Tetapi tentang siapa yang membuat ide pertama kali masih menjadi misteri sejauh ini.

Termasuk salah satu makanan yang seringkali dijumpai pada lapak pasar tradisional. Mengenai bahan dan cara pembuatannya tentu saja sangat tergolong mudah dan sederhana. Alasan inilah yang membuat jenis jajanan kue ini semakin menjadi salah satu pilihan utama pada beberapa acara tradisional.

Jika ingin mempelajari pembuatannya di rumah, sangat sederhana sekali dan tergolong tidak susah. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah sekali ditemukan di pusat pembelanjaan atau di pasar tradisional. Waktu untuk proses adonan sampai pembuatan tidak juga memakan waktu yang lama. Berikut ini adalah beberapa bahan dan juga cara pembuatan kue lumpur yang dirangkum secara lengkap pada ulasan dibawah ini.

Bahan dan Pembuatan Kue Lumpur

Proses pembuatan kue lumpur original tentu saja bisa mengacu beberapa bahan yang telah tersedia ataupun dari resep keluarga. Untuk mengatur semua bahan yang lengkap bisa melihat beberapa bahan dan proses pembuatan kue lumpur sebagai berikut.

Bahan-Bahan

Persiapkanlah terlebih dahulu beberapa bahan utama seperti berikut ini:
– 100 ml air
– 100 gr tepung terigu
– 200 gr kentang dikupas, kukus dan haluskan
– 50 gr margarin
– 100 gr gula pasir
– 150 ml santan
– 1 sdt vanilli bubuk
– 1/2 sdt garam
– 2 butir telur (secukupnya)
– Kismis untuk ditaburkan (secukupnya)

Proses Pembuatan

Proses pembuatan kue lumpur membutuhkan beberapa tahapan. Berikut ini adalah urutan pembuatan secara lengkap.

Proses Adonan 1
– Silakan kukus kentang sampai matang. Kemudian silakan dihaluskan sampai hancur. Semakin hancurnya kentang yang telah dikukus tentu saja tekstur dari kue akan semakin enak dan lezat.
– Campurkanlah santan dengan air kemudian masak hingga mendidih. Dinginkan sampai santan tersebut mengental.
– Campurkanlah kentang yang sudah dihaluskan sebelumnya dengan santan yang telah dalam kondisi dingin. Kemudian blender bahan tersebut sampai seperti bubur. Pastikan jika hasil dari blender telah berstektur lembut.

Proses adonan 2
– Persiapkanlah wadah kemudian masukkanlah gula dan telur, kocok memakai mixer. Proses bahan tersebut tampak berwarna putih. Tetapi jangan sampai campuran bahan yang sudah di mixer mengembang.
– Masukkan tepung terigu yang telah dipersiapkan sedikit demi sedikit, kocok dengan mixer sampai rata.
– Masukkanlah bubuk vanili dan sedikit garam. Tunggu sampai campuran tersebut beraroma harum.
– Silakan menambahkan margarin pada adonan sampai semua bahan tercampur secara rata. Kemudian sisihkanlah.

Proses terakhir
– Campurkanlah adonan 1 bersama dengan adonan 2 kemudian mengaduk semua campuran sampai merata.
– Nyalakan kompor dengan memakai api sedang, halo taruhkanlah cetakan kue di atasnya. Jangan lupa setiap cetakan diolesi minyak supaya tidak lengket.
– Tuangkanlah sedikit demi sedikit adonan pada cetakan yang telah tersedia. Tutup dan silakan menunggu sampai permukaan kue agak kecoklatan.
– Setelah kue akan matang, taruhlah kismis pada kue sebagai penghias. Lalu tutup kembali.
– Jika kue terlihat sudah coklat tua, angkat kue tersebut. Kue siap disajikan.

Ulasan di atas merupakan resep kue lumpur original. Semakin berkembangnya jajanan dan inovasi para pembuatnya, saat ini banyak sekali versi serta jenis kue lumpur. Berikut ini adalah beberapa varian rasa dan bahan untuk membuat kue lumpur jenis yang lain.

Jenis Kue Lumpur Lainnya

Banyaknya inovasi di dalam masakan tentu saja memiliki pengaruh pada resep kue lumpur. Bahkan banyak sekali pembuat kue semakin berinovasi menghadirkan kue tradisional tersebut dalam beberapa varian rasa. Bukan hanya menarik untuk dicoba. Dengan tambahan rasa lain tentu saja akan membuat penikmatnya semakin ketagihan untuk mencicipi.

Mengenai beberapa rasa dan resep yang bisa dipelajari, pada ulasan berikut ini ada penjelasan lengkap mengenai cara pembuatannya.

Kue Lumpur Rasa Kacang Hijau

resep kue lumpur kacang hijau

Resep kue lumpur dengan rasa kacang hijau tentu saja dapat menambah variasi rasa bagi para penikmatnya. Karena campuran kacang hijau tentu saja membuat kue terkesan lebih lembut. Bagi Anda yang ingin membuatnya di rumah, berikut ini adalah beberapa bahan dan cara pembuatannya.

Bahan yang digunakan:
– 350 ml air
– 200 gr margarin
– 130 pisanggr gram tepung terigu dengan protein sedang
– 150 gr kacang hijau yang dikupas dan direbus
– 180 gr gula pasir
– 1/2 sendok teh garam
– telur 10 butir
– 80 ml santan (1 butir kelapa)
– 50 gr kismis bahan untuk taburan

Cara pembuatan kue lumpur kacang hijau
1. Rebus air bersama dengan margarin hingga mendidih.
2. Kemudian tambahkan lah pada campuran air tersebut tepung terigu, garam, gula, dan kacang hijau. Aduklah sampai kalis kemudian angkat dan dinginkan.
3. Masukkan beberapa telur dan tambahkan pada proses kocokan hingga merata. Kemudian masukkan santan dan aduk.
4. Panaskan lah cetakan kue lumpur dengan diolesi sedikit margarin. Tuanglah adonan pada cetakan dan tunggulah hingga setengah matang. Taburkanlah kismis di atasnya.
5. Tutuplah cetakan.kue dan tunggu sampai matang.
6. Resepi ini ini untuk pembuatan kue lumpur berjumlah 26 buah.

Kue Lumpur Rasa Coklat Pisang

resep kue lumpur rasa pisang
image by: cookpad.com

Rasa kue lumpur berikutnya yaitu cokelat pisang. Taburan pisang yang terdapat pada bagian atas kue, tentu saja membuat rasa kue menjadi lebih lezat. Bagi para penikmat kue yang ingin membuatnya, inilah beberapa bahan dan proses pembuatannya.

Bahan yang digunakan:
– 50 gr margarin
– 175 ml air
– 185 gr tepung terigu
– 15 gr cokelat bubuk
– 1/8 sendok teh garam nggak tahu rumah jalan mulih
– 160 gr gula pasir
– 100 gr kentang, dikukus, dihaluskan
– 1/4 sendok teh baking powder
– telur 4 butir
– 100 gr pisang ambon yang dihaluskan
– 1/8 sendok teh esens rasa pisang
– 275 ml susu cair
– 2 buah pisang ambon, potong kecil untuk taburan

Proses Pembuatan
1. Panaskanlah air dicampur margarin kemudian aduk hingga mendidih.
2. Kemudian silakan memasukkan beberapa bahan utama seperti coklat bubuk, tepung terigu dan garam sampai adukan merata. Sertakan juga kentang dan gula pasir pada adukan hingga kalis. Setelah tercampur silakan mengangkat dan dinginkan.
3. Lalu masukkanlah baking powder, telur, essence bisa, daun pisang ambon. Kocok lagi hingga merata kemudian tuangkan susu cair. Campurkanlah sampai merata.
4. Persiapkanlah cetakan kue dan panaskan. Setelah hampir matang taruhlah potongan pisang yang telah dipersiapkan.
5. Tunggulah sampai matang dan kue siap untuk diangkat. Hidangkan dengan teh hangat.

Kue Lumpur Rasa Ubi Ungu

kue lumpur ubi ungu

Kue lumpur yang juga bisa Anda coba membuatnya di rumah yaitu rasa ubi ungu. Memanfaatkan bahan ubi yang memiliki tekstur lembut dan gurih tentunya dapat menambah citra rasa kue lumpur yang akan anda nikmati. Berikut ini merupakan beberapa bahan dan proses pembuatan yang bisa dicoba.

Bahan pembuatan:
– 200 gr ubi ungu, yang sudah dikukus dan dihaluskan
– 200 ml air
– 1/2 sendok teh garam
– 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
– 150 gr tepung terigu protein sedang
– 100 gr margarin
– 6 butir telur
– 100 gr gula pasir
– 100 gr kelapa muda, dikeruk panjang sebagai taburan

Proses pembuatan:
1. Langkah pertama yaitu memanaskan air yang dicampur dengan margarin. Kemudian silakan menambahkan gula dan garam. Untuk semua bahan tersebut hingga merata.
2. Kemudian silakan memasukkan pada campuran yang sudah diaduk pertama dengan beberapa bahan utama lain seperti tepung terigu dan ubi ungu.
3. Ajukanlah beberapa butir telur secara bergantian dengan santan sambil dikocok. Tampilkan semua bahan tersebut hingga rata.
4. Bahan yang sudah tercampur silakan didinginkan terlebih dahulu.
5. Panaskan cetakan kue lumpur dengan menambahkan minyak supaya tidak lengket. Tuang adonan pada cetakan sampai setengah matang.
6. Taburkan kelapa serut muda badak kue tersebut. Biarkanlah kue matang dengan menutup kukusan.

Kue Lumpur Rasa Ayam

kue lumpur rasa rayam

Berbeda dengan jenis rasa kue lumpur yang lain. Bagi para penikmat kue, bisa juga mencoba kue lumpur rasa. Bahan daging ayam yang digunakan tentu saja membuat kue semakin lezat. Berikut ini merupakan beberapa bahan dan proses pembuatan.

Bahan tumisan:
– 100 gr ayam yang sudah digiling
– 25 gr jamur kancing yang dipotong kecil
– bawang putih 2 siung dan dicincang kasar
– bawang merah 3 butir dan dicincang kasar
– cabai rawit merah 2 buah dan dicincang kasar
– 1/2 sendok teh gula pasir
– 1/2 sendok teh garam
– 1/4 sendok teh merica bubuk
– 2 sendok teh saus tomat
– kucai 2 tangkai yang sudah diiris
– 50 ml air
– 1 sendok makan minyak digunakan untuk menumis

Bahan kue:
– Untuk pembuatan kue lumpur rasa ayam, masih sama dengan beberapa bahan sebelum. Tetapi untuk santan bisa diganti dengan menggunakan susu cair.
– Persiapkanlah gula pasir 75 gram, kismis, kelapa muda tanpa harus memakai essence vanili.
Proses pembuatan:
1. Pertama kali yang dilakukan yakni membuat tumisan terlebih dahulu. Panaskanlah minyak goreng kemudian tumis campuran bawang merah, cabai rawit, dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkanlah ayam yang sudah digiling dan mengaduknya sampai berubah warnanya.
3. Setelah itu silakan memasukkan jamur kancing. Tambahkan beberapa bumbu lain seperti merica bubuk, saus tomat dan gula pasir. Aduk sampai rata.
4. Kemudian silakan memasukkan air tunggu sampai meresap. Tambahkan bahan lain seperti kucai dan mengaduknya kembali. Setelah itu sisihkan.
5. Persiapkanlah bahan cetakan kue, tuangkanlah semua adonan pada cetakan yang telah tersedia. Setelah setengah matang taburkanlah tulisan di atasnya.
6. Tutup kembali kue dan tunggu sampai matang. Kemudian angkat dan sajikan.

Kue Lumpur Rasa Tape Keju

kue lumpur keju

Jenis jajanan kue lumpur berikutnya yaitu rasa tape keju. Sesuai dengan nama jajanan tersebut, tentu saja bahan dasar yang digunakan adalah tape dan keju. Bagaimana cara pembuatan, itulah beberapa bahan dan proses pembuatan berikut ini.

Bahan-bahan:
– 50 gr margarin
– 125 gr tape singkong yang sudah dihaluskan
– 185 gr tepung terigu (sesuai kebutuhan)
– 160 gr gula pasir
– 1/8 sendok teh garam
– 75 gr kentang yang dihaluskan
– 1/4 sendok teh baking powder
– telur 4 butir
– 175 ml air
– 275 ml susu cair

Bahan untuk taburan:
− Keju cheddar yang telah diparut sebanyak 50 gram
Proses pembuatan:
1. Hidupkanlah kompor dan panas karena air dicampur dengan margarin. Kemudian aduk sampai mendidih. Setelah itu matikan api.
2. Masukkan beberapa campuran tepung terigu, garam, gula pasir dan kentang. Aduk semua bahan tersebut sampai merata. Kemudian angkat dan dinginkan.
3. Selanjutnya yaitu memasukkan beberapa bahan lain seperti telur, baking powder, tape singkong dan susu cair. Kocok semua bahan sampai rata.
4. Setelah adonan tercampur, tuangkanlah pada cetakan yang telah dipanaskan. Setelah setengah matang, taburkanlah beberapa keju parut sesuai selera.
5. Tunggu sampai kue matang kemudian angkat.

Dari beberapa resep kue lumpur di atas tentu saja Anda sebagai pecinta makanan nusantara akan semakin memiliki banyak variasi. Karena dengan membuat dengan berbagai rasa, tentu saja hidangan keluarga menjadi lebih menarik untuk dicicipi. Dan bagi para pedagang tentu saja akan memiliki banyak sekali varian rasa yang bisa untuk dijual.

Dengan kombinasi rasa dan juga resep yang lengkap, tentu saja kue lumpur yang sesuai dengan selera penikmatnya bisa lebih mudah dibuat dirumah. Semoga beberapa ulasan resep diatas dapat membantu para pecinta jajanan di manapun berada. Selamat mencoba dan semoga anda memiliki tambahan resep untuk membuat kue populer tersebut di rumah.