5 Resep Kue Lebaran dan Cara Pembuatannya

Resep Kue Lebaran
Image by: doktersehat.com

Kalimat.ID – Menjelang lebaran biasanya sebagian besar wanita mempersiapkan resep kue lebaran sebagai suguhan utama pada hari raya islam tersebut. Didominasi oleh kue kering sebagai makanan yang selalu ditunggu oleh para sanak keluarga saat berkunjung ke rumah. Tanpa adanya kue, mungkin lebaran terasa kurang lengkap untuk dihidangkan.

Kue lebaran merupakan kue yang biasanya memiliki tekstur renyah, keras dan memiliki sifat tahan lama. Didalam kandungan kue, kadar airnya memang sangat rendah karena pembuatannya seringkali memakai oven atau dipanggang. Bahan pembuatannya pun juga sangat terjangkau dan bisa dibeli di beberapa supermarket atau pasar tradisional.

Sebagian besar ibu-ibu atau wanita muda biasanya hanya mempersiapkan bahan baku seperti tepung ketan, tepung tapioka, tepung beras, telur, gula dan mentega. Sangat terjangkau dan bisa meminumkan anggaran pengeluaran untuk mempersiapkan lebaran.

Awal Terciptanya Suguhan Kue Lebaran

Dalam cerita sebagian besar orang, resep kue lebaran atau banyak disebut sebagai kui kering tercipta dari kegiatan yang tidak disengaja. Awalnya para pembuat kue ulang tahun mencoba adonan dan menguji kualitas panggangannya dengan mencetak kue berukuran kecil. Setelah itu banyak yang mencoba jika hidangan sederhana yang rasanya renyah dan lezat tersebut sangat layak untuk disajikan.

Dari awal tersebut kemudian banyak sekali para pembuat kue yang berinovasi untuk membuat kue dengan ukuran kecil dan membuat cetakan adonan kue. Sampai saat ini kegiatan membuat resep kue lebaran menjadi sebuah tradisi yang masih terus berlanjut.

Sejarah Kue Lebaran

Kue lebaran yang sering kali dikategorikan sebagai kue kering pada awalnya berasal dari jenis kue yang dinamakan biskuit. Biskuit adalah kata yang mengambil dari bahasa bis coctus, yang artinya adalah dipanggang selama dua kali. Karena untuk menjadikan kue yang renyah dan enak, sistem pemanggangan nya dijalankan selama dua kali sehingga tingkat kekeringan nya menjadi maksimal.

Biskuit banyak sekali disukai oleh sebagian besar orang karena memiliki tekstur yang lembut, tahan lama dan memiliki rasa manis. Selama perkembangannya, biskuit kemudian dikembangkan oleh sebagian orang Belanda dengan menggunakan teknik memanggang sekali saja.

Rasanya yang empuk dan manis. Kemudian banyak menyebutnya sebagai kue kecil atau dalam bahasa Belanda koekje. Kemudian koekje disebarkan oleh imigran Belanda menuju ke Amerika di awal abad ke-17. Selama perkembangan, koekje kemudian berganti nama menjadi cookie.

Setelah tersebar ke beberapa negara, kue kering kemudian berkembang menjadi beberapa versi serta jenis dari makanan yang tersaji. Untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda mengenai beberapa jenis kue kering atau kue lebaran yang seringkali dijumpai di waktu hari raya Idul Fitri, berikut ini adalah beberapa jenis dan resep pembuatannya.

Berikut Beberapa Jenis Kue Lebaran

Terdapat beberapa jenis resep kue lebaran dan bisa kita jumpai di sekitar rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis nama kue lebaran dan juga resep pembuatannya.

Resep Kue Lebaran Semprit

resep kue lebaran semprit

Kue lebaran yang pertama adalah kue semprit. Untuk pembuatan kue semprit 30-35 buah tentu saja ada beberapa bahan dan langkah yang bisa anda pelajari. Jika ingin membuatnya di rumah, berikut ini adalah prosesnya.

Bahan kue:
– ¼ sendok teh garam
– ½ gelas gula pasir putih
– 1½ sendok teh vanili ekstrak murni
– 2 gelas tepung terigu yang sudah diayak
– 1 cangkir mentega tawar
– 2 butir kuning telur

Bahan hiasan: kacang dan manisan ceri

Proses pembuatan:
1. Persiapkanlah oven. Aturlah suhu sampai 180 derajat celcius. Dinginkan 2 loyang yang telah diolesi mentega dan taruh di dalam lemari es selama mempersiapkan adonan. Tunggu sampai 15 menit.
2. Persiapkanlah wadah kemudian masukkan merdeka dan gula pasir. Kocok menggunakan mixer tangan atau listrik sampai mengembang (2 hingga 3 menit). Masukkan vanili, kuning telur kemudian kocok kembali sampai halus.
3. Masukkan tepung dan garam kemudian kocok lagi. Pastikanlah jika semua adonan telah lunak sehingga bisa dibentuk. Jika adonan nampak encer, silakan mendinginkan selama 15 sampai 30 menit.
4. Setelah dingin silakan masukkan adonan pada sebuah plastik kue sampai terisi penuh. Putar Sisi atas plastik supaya bisa menutup, kemudian buatlah lubang pada ujung plastik. Kemudian tekan adonan serta membuat seperti bunga mawar, jarak antara adonan kue sekitar 5 cm. Untuk hiasan silakan memberikan taburan ceri atau kacang.
5. Proses yang terakhir, silakan masukkan ke dalam panggangan adonan selama 11 sampai 14 menit. Jika kue sudah terlihat coklat silakan mengeluarkan dari oven. Kue yang telah matang siap untuk dipindahkan ke dalam toples.
6. Untuk membuat kue tetap renyah, taruh pada ruangan yang memiliki suhu kamar atau rendah.

Kue Lebaran Lidah Kucing

kue lidah kucing

Meskipun memiliki nama yang unik, kue lebaran lidah kucing juga banyak sekali peminatnya. Berikut ini adalah beberapa cara pembuatan dan bahan yang harus dipersiapkan.

Bahan kue:
– 2 sendok maizena (secukupnya)
– 180 gr gula halus
– 300 gr terigu (secukupnya)
– 2 bungkus vanili
– 6 putih telur
– 250 gr margarin
– 4 sendok susu bubuk

Proses pembuatan:
1. Persiapkanlah wadah lalu masukkan vanili, margarin dan gula halus kemudian silakan mengaduknya menggunakan mixer selama 2 menit memakai kecepatan sedang.
2. Masukkanlah tepung maizena dan terigu yang telah diayak menjadi lembut, mixer kembali sampai rata.
3. Setelah adonan tercampur silakan memasukkannya pada plastik segitiga.
4. Ambillah beberapa adonan atau 8 sendok adonan pada wadah lainnya. Campurlah susu bubuk dan kembali mengaduknya sampai rata.
5. Masukkan pada plastik segitiga campuran adonan kemudian potong ujung plastik.
6. Persiapkanlah loyang yang telah dilapisi merdeka dan taburkanlah beberapa tepung supaya tidak lengket.
7. Sambil mempersiapkan adonan, silakan memanaskan oven atau panggangan. Setelah adonan tercetak semua, silakan masukkan pada oven dan panggang sampai matang.
8. Setelah kue kecoklatan, angkat dan dinginkan. Kue siap dimasukkan pada toples yang telah tersedia.

Kue Lebaran Nastar Cokelat Keju

kue nastar keju
image by: karousell.com

Sebagai pencinta kue lebaran sudah tidak asing dengan kue nastar. Terdapat varian rasa baru yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah resep kue nastar coklat keju yang bisa anda buat di rumah.

Bahan kue:
– 175 gr tepung kunci biru
– 25 gr susu bubuk
– 35 gr keju cheddar yang sudah diparut
– 1 butir kuning telur
– 125 gr butter Mix
– 25 gr gula halus
– keju parut dan DCC sebagai toping
– Selai nanas sebagai isian

Bahan olesan kue: 1 sdm madu dan 1 butir kuning telur

Proses pembuatan:
1. Persiapkanlah wadah, masukkan gula halus dan margarin. Kocok bahan tersebut sampai rata sekitar 1 sampai 2 menit.
2. Kemudian silakan memasukkan telur dan mengocoknya kembali.
3. Masukkan tepung terigu dicampur dengan susu bubuk sambil diayak, aduklah campuran adonan memakai sendok kayu.
4. Ambil sebagian adonan kemudian pipihkan. Setiap adonan kue silakan isi dengan selai nanas lalu bentuk menyerupai bulan sabit. Tata secara rapi pada loyang sampai adonan habis.
5. Setelah cetakan kue selesai, masukkan pada oven dan atur suhu 150 derajat. Panggang kurang lebih 15 menit.
6. Keluarkan kue biarkan sebentar supaya agak dingin. Lalu oleskan bahan yang sudah dipersiapkan, kemudian beri toping keju pada bagian sisi kue. Panggang kembali kue sampai matang.
7. Setelah kue matang, silakan mencelupkan sebagian kue ke adonan coklat.
8. Jika coklat telah mengering, masukkan pada wadah atau pac plastik secara satuan. Kue siap dimasukkan pada toples yang telah tersedia.

Kue Lebaran Egg Roll

kue egg roll

Kue lebaran yang selalu kita temukan pada saat hari raya yaitu egg roll. Berikut ini adalah bahan dan proses pembuatannya.

Bahan kue:
– 2 butir telur
– 1/2 cangkir mentega yang sudah dilelehkan
– 1½ cangkir tepung terigu
– 1 cangkir susu
– 1 sendok teh vanili
– 1 gelas gula pasir

Proses pembuatan:
1. Persiapkanlah wadah atau mangkok, masukkanlah telur dan gula menggunakan mixer sampai mengembang. Tambahkanlah bahan lain yaitu vanili, susu, tepung terigu dan aduk lagi sampai merata.
2. Persiapkanlah sikat pastry dan lelehan mertega. Kompor yang telah dilapisi seng atau foil, cetakanegg rool taruh di atasnya, kemudian panaskan menggunakan api sedang.
3. Setelah cetakan telah panas, silakan menggosok dengan mengolesinya mertega. Kemudian tuangkan adonan satu sendok sampai menutupi 2/3 dari cetakan. Tutup DC atas cetakan kurang lebih 10-15 detik. Kemudian putarlah 180 derajat sampai bagian sisi atas berada di posisi bawah. Panaskan kembali sampai kurang lebih 10 detik hingga warnanya menjadi kecoklatan.
4. Proses berikutnya yaitu mengeluarkan hasil cetakan secara hati-hati. Taruh hasil kue di atas tisu kemudian menggulung memakai sumpit sampai terbentuk memanjang. Ulangi sampai adonan yang telah dibuat habis.
5. Hasil dari proses tersebut silakan kue didinginkan sebelum disimpan pada wadah atau toples kedap udara. Kue bisa bertahan sampai 3 hari.

Kue Lebaran Donat Kering

kue donat kering

Kue lebaran yang saat ini sedang populer yaitu donat kering. Disajikan dalam bentuk kue kecil dengan bentuk yang masih menyerupai donat pada umumnya. Untuk membuatnya dibutuhkan beberapa bahan dan juga proses. Berikut ini adalah bahan dan juga resep pembuatan 24 kue donat kering.

Bahan kue:
– 2 batang mentega rasa tawar
– 3 cangkir tepung (serbaguna)
– 1¾ sendok teh baking powder (sesuai kebutuhan)
– 1½ sendok teh ekstrak vanili
– ½ sendok teh pala, yang sudah digiling
– Garam halus (sesuai kebutuhan)
– Gula pasir (sesuai kebutuhan)
– 1 buah telur
– ¾ sendok teh bubuk rasa kayu manis
– Bahan hiasan:
– 3 sendok makan krim kental (sesuai kebutuhan)
– Pewarna makanan (warna sesuai selera)
– 1½ gelas gula bubuk
– Sprinkle pelangi

Proses pembuatan:
1. Persiapkanlah wadah atau mangkuk berukuran sedang. Kemudian silakan memasukkan bahan seperti kayu manis, tepung, karam, baking powder dan pala. Semua barang diaduk sampai merata.
2. Bahan yang lain seperti mertega dan gula pasir taruh pada mangkok berbeda, kemudian mixer sampai halus kurang lebih 4 menit. Tambahkanlah vanili dan telur kemudian aduk kembali.
3. Campurkan adonan yang berisi tepung pada adonan mertega tadi sampai merata. Setelah kalis giling adonan menggunakan batang kayu sampai tebalnya sekitar ¾ cm.
4. Bentuklah adonan yang sudah jadi menyerupai keping lingkaran menggunakan pemotong kue atau tangan. Lubangi bagian tengah. Pindah dan panggangan sekitar 12-15 menit menggunakan suhu 180 derajat sampai kecoklatan.
5. Sambil menunggu kue dingin silakan membuat gliserin dengan mencampurkan krim, gula dan ½ sendok vanili. Untuk memberikan kesan warna tambahkanlah pewarna.
6. Lalu silahkan mencelupkan bagian bawah kue ke glasir, pindahkan ke rak untuk mendinginkan kue. Taburi sprinkle pelangi sebelum mengering.
7. Kue yang telah jadi masukkan pada toples kedap udara supaya tetap renyah. Kue bisa bertahan sampai seminggu layak konsumsi.

Cara Menjaga Kue Lebaran Tetap Renyah dan Bagus

Supaya pembuatan kue lebaran berhasil dan hasilnya memuaskan, ada beberapa cara untuk menjaganya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan para pembuat kue.

1. Menimbang semua bahan secara teliti dan berdasarkan kebutuhan untuk membuat kue.
2. Memakai bahan-bahan yang memiliki kualitas terbaik supaya adonan kue dapat sempurna hasilnya.
3. Selalu memperhatikan secara baik pada saat pengocokan adonan kue. Untuk hasil yang lebih renyah, pergunakanlah gula halus dan supaya lembut harus diayak secara teliti.
4. Jika memakai margarin atau mentega, sebaiknya pengocokan tidak membutuhkan waktu lama, karena membuat adonan menjadi basah atau lembek.
5. Proses pembuatan kue sebaiknya memilih tempat yang sejuk dan tidak terlalu panas. Hal ini dapat mengurangi lemak yang ada pada adonan keluar karena akan menjaga kue selalu renyah.
6. Untuk mencegah kue keras atau bantat, sebaiknya adonan yang proses memulungnya memakai tangan tidak terlalu lama.
7. Untuk mendinginkan kue yang lembek, sebaiknya kue disimpan terlebih dahulu di kulkas sampai dingin.

Cara Menyimpan Kue Lebaran Supaya Renyah Dalam Waktu Lama

Kue lebaran yang didominasi kue kering memang tidak memiliki masa yang lama untuk disimpan. Seringkali karena dibuka danny saja membuat kualitas dari kue kurang pada kerenyahannya. Untuk menjaga kerajaan kue supaya awet dan tahan lama, ada beberapa tips di dalam menyimpannya. Berikut ini adalah beberapa tips tersebut.

1. Dinginkan sebelum disimpan

Ketika membuat kue sendiri tentu saja harus memastikan kue tersebut setelah dingin sebelum menyimpannya. Karena pada setiap kue yang di oven terdapat uap panas yang masih keluar dari dalam kue.

Hal tersebut tentu saja akan membuat kue cepat rusak dan melempem ketika disimpan. Sebaiknya para pembuat kue harus mendiamkanku tersebut sampai dingin baru menatap ke dalam toples.

2. Menggunakan toples kedap udara atau kering

Sebelum menggunakan untuk mengemas kue, pastikan terlebih dahulu jika toples atau wadah telah dibersihkan dan kering. Gunakanlah lap atau kain bersih, jika perlu dijemur atau angin-anginkan beberapa menit.

Pastikan juga jika stoples kedap udara. Pilihlah toples yang memiliki putar atau penutup karet. Karena bahan tersebut cenderung bisa menjaga udara tidak masuk ke dalam toples saat ditutup.

3. Menyimpan di tempat sejuk

Berikutnya untuk menjaga kue tetap renyah yaitu selalu menyimpannya pada tempat yang memiliki suhu sejuk dan kering. Jauhkanlah kue dari bahan yang memiliki bau menyengat atau paparan sinar matahari secara langsung. Karena jika terkena panas secara terus-menerus, biasanya kue akan cepat menimbulkan jamur dan melempem.

Sangat mudah bukan bagaimana resep kue lebaran yang bisa anda buat di rumah. Setelah memahami tentang semua bahan dan resep tentu saja Anda akan semakin mudah menyajikan hidangan lebaran.

Dengan adanya beberapa cara menjaga dan menyimpan kue lebaran, tentu saja kue buatan anda akan semakin tetap terjaga rasa, aroma dan kelezatannya. Semoga bermanfaat.

Komentar disini