5 Resep Kue Lapis Legit dan Praktis

Resep Kue Lapis
Resep Kue Lapis

Kalimat.ID – Resep Kue Lapis – Kita sebagai warga negara Indonesia memang patut berbangga dengan beragam kuliner khas yang berada di setiap daerah. Ada salah satu jenis kue yang patut dijadikan pilihan yakni kue lapis.

Olahan kue ini ternyata sudah terkenal bahkan menjadi favorit sampai ke mancanegara. Menariknya jenis kue lapis ini sudah menduduki peringkat yang ke 14 sebagai kue paling enak di dunia.

Bagi anda yang berkeinginan membuat sendiri di rumah, kini beragam resep kue lapis legit nan praktis sudah tersedia. Kebanyakan orang pastinya sudah mengenal kue lapis dengan rasa legit ini. Pastinya semua orang berkeinginan mempratikkan salah satu resep kue lapis ini.

Cara pembuatan kue lapis dengan beragam variasi ini mudah sekali untuk di terapkan. Bahkan bahan yang anda butuhkan untuk membuat kue juga bisa di peroleh dengan mudah.

Cara Membuat Kue Lapis Terfavorit Paling Mudah

Mungkin anda pun penasaran apa saja variasi resep dari kue lapis ini. Pastinya ada beberapa pilihan resep yang menarik untuk di praktekkan. Jika anda merasa penasaran dengan cita rasanya, alangkah baiknya anda ikuti langkah caranya sekaligus variasi resep berikut ini.

1. Kue Lapis Tepung Beras

resep kue lapis
image by: cookpad.com

Kali ini kita akan mencoba mempraktekkan kue lapis yang menggunakan tepung beras. Pastinya dari segi rasa tak kalah lezat dengan variasi kue lapis yang lainnya. Dari bahannya juga mudah di dapatkan sehingga anda tidak perlu repot lagi memperoleh semua bahannya. Supaya lebih jelas lagi tentang resepnya, ikuti saja langkah berikut.

Bahan yang diperlukan:
– Tepung beras rose brand 250 gram
– Gula pasir 13 sendok makan
– Tepung tapioca 3 sendok
– Santan kara kecil 2 sachet saja
– Garam ½ sendok teh
– Vanili bubuk 1 bungkus
– Minyak goreng seperlunya
– Pewarna sesuai dengan selera

Cara mudah membuat kue lapis tepung beras:
1. Merebus gula pasir, garam maupun santan. Ada baiknya anda mengatur apinya kecil saja supaya matangnya bisa merata. Jika sudah maka diamkan sampai mendingin.
2. Persiapkan wadah yang lain kemudian tepung beras dan juga tepung tapioca di masukkan. Aduklah sampai tercampur merata agar hasilnya semakin maksimal. Jangan lupa menyaringnya supaya adonan kuenya tidak ada lagi yang menggumpal.
3. Memisahkan adonan pada beberapa wadah yang telah tersedia. Warnailah adonan kue ini sesuai dengan keinginan. Jangan lupa menambahkan bubuk vanili seperlunya saja pada setiap adonan yang sudah tersedia.
4. Persiapkan panci yang bisa di pergunakan untuk mengukus adonan kue lapis. Taruhlah adonannya pada bagian atas loyang kemudian olesi saja dengan minyak goreng.
5. Masukkan adonannya jika di rasa pancinya telah panas. Kukus adonan yang sudah ada selama kurang lebih 10 menit.
6. Ketika sudah 10 menit lamanya barulah masukkan adonan warna yang lain. Lakukan secara bergantian sampai loyangnya tertutup oleh semua adonan.
7. Masak saja kue lapis ini dalam waktu 20 menit. Apabila di rasa sudah matang, biarkan saja dingin barulah sajikan dengan cara memotongnya terlebih dahulu menjadi beberapa bagian.
Kini kue lapis tepung beras hasil karya anda sendiri bisa di nikmati bersama dengan keluarga. Ternyata variasi dari kue lapis ini mudah sekali untuk di praktekkan. Semoga saja dengan hadirnya resep kue lapis tepung beras ini sangat membantu anda yang merasa penasaran ingin membuatnya sendiri di rumah.

2. Kue Lapis Legit

resep kue lapis tepung beras

Memang ada beberapa variasi resep kue lapis yang telah hadir di tengah kita. Kali ini resep kue lapis legit menjadi salah satu resep yang banyak diminati. Bukan hanya dari bentuknya maupun warnanya yang menarik namun ternyata kelegitan kuenya membuat siapapun merasa ketagihan untuk mencicipinya kembali.

Apabila anda berkeinginan untuk membuat sendiri kue lapis ini di rumah. Alangkah baiknya memperhatikan berbagai langkahnya berikut ini.

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Susu kental manis 11/ 2 sendok makan
– Garam ¼ sendok teh
– Mentega 270 gram
– Putih telur 450 gram
– Emulsifier 2 sendok
– Susu bubuk 5 gram
– Gula pasir 180 gram
– Tepung terigu 115 gram
– Pasta cokelat 2 sendok teh

Cara paling praktis membuat kue lapis legit:
1. Campurkan saja susu bubuk dengan mentega dalam waktu 20 menit baru kemudian sisihkan.
2. Pada wadah yang lainnya, kocoklah emulsifier, garam bahkan juga putih telur sampai benar berbusa. Masukkan juga gula pasirnya dan aduk sampai semuanya tercampur merata.
3. Hasil kocokan putih telur tadi kemudian di masukkan pada campuran mentega sebelumnya. Lakukan secara bertahap kurang lebih 4 kali. Setiap kali anda memasukkan jangan lupa mengaduknya dan lakukan terus sampai semuanya habis.
4. Tepung terigu di tambahkan secara bertahap barulah di aduk supaya tercampur merata. Sebaiknya adonannya ini di bagi menjadi dua bagian. Yang adonan pertama di biarkan terlebih dahulu sementara itu adonan kue lapis yang lain bisa di campurkan dengan pasta cokelat.
5. Persiapkan loyang kemudian tambah dengan margarine dengan cara di oleskan agar nantinya adonannya tidak lengket. Aturlah suhunya sampai dengan 200 derajat celcius. Ada baiknya anda memasak kuenya sekitar 5 menit saja untuk per lapisan dalam oven.
6. Jika di rasa kue lapis legit sudah matang. Segeralah sajikan kue tersebut di atas piring barulah di potong-potong sesuai keinginan.
Betapa nikmatnya kuelapis legit hasil buatan anda sendiri ini. Semoga saja denga hadirnya resep tersebut bisa membantu anda yang memang berkeinginan membuat sendiri kue lapis nan legit ini.

3. Kue Lapis Cokelat

kue lapis coklat

Memang beberapa varian dari kue lapis ini menambah kelezatan kue itu sendiri. Kali ini kue lapis hadir dengan adanya tambahan cokelat. Tentu saja dari segi rasanya semakin nikmat dan membuat siapapun merasa ketagihan. Jadi bagi anda yang merasa pecinta cokelat, cobalah untuk mempraktekkan resep kue lapis cokelat berikut ini.

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Tepung beras 150 gram
– Gula pasir 150 gram
– Tepung tapioca sendok makan
– Vanili bubuk secukupnya
– Garam secukupnya
– Santan kara yang kecil 450 ml
– Cokelat bubuk 2 sendok makan
– Air secukupnya

Cara praktis dalam membuat kue lapis cokelat:
1. Pertama kalinya basahilah loyang dengan air kemudian panaskan dengan lapisan plastic yang tahan panas baru sisihkan.
2. Masaklah santan di campurkan dengan air sampai benar mendidih barulah diamkan dan matikan apinya.
3. Panaskan kukusan barulah pada wadah yang lainnya campurkan tepung tapioca, tepung beras, garam maupun gula pasir. Aduklah semuanya hingga tercampur secara merata.
4. Tuangkan saja dalam santan hangat yang sudah di rebus kemudian aduk dan tambah dengan tepung terigu. Jangan lupa juga menambahkan bubuk vanili seperlunya.
5. Bagilah adonan sampai dengan dua bagian. Adonan yang pertama bisa di campur dengan air sedangkan untuk adonan yang kedua ini ada baiknya larutkan cokelat bubuk bersama dengan air seperlunya saja. Campurkan saja dalam adonan yang lain.
6. Kukusan bisa dipanaskan terlebih dahulu barulah menaruh loyang ke dalamnya. Masukkan saja 2 sendok sayur yang nantinya di gunakan untuk adonan biasa. Jika sudah melewati waktu 5 menit selanjutnya tuangkan 2 sendok untuk adonan cokelatnya. Begitupun selanjutnya sampai loyangnya benar penuh.
7. Kukuslah kue lapis tersebut sampai benar matang dengan sempurna. Jika sudah angkat dan biarkan saja hingga kuenya mendingin.
Kini kue lapis cokelat hasil karya anda sendiri sudah bisa anda cicipi bersama dengan keluarga. Bagi anda para pecinta cokelat jangan sampai terlewat resep kuenya di atas. Dari segi bahan juga mudah di dapatkan terlebih untuk cara pembuatannya.

4. Kue Lapis Susu

kue lapis susu
image by: inilahtasik.com

Memang banyak sekali variasi resep kue lapis yang menjadi inspirasi bagi anda yang berkeinginan membuat kue. Mungkin kebanyakan orang hanya mengerti akan kue lapis legit. Padahal ada beberapa variasi resep kue lapis lainnya yang tak kalah lezat rasanya. Adapun salah satu resepnya tentu saja resep kue lapis susu. Jika memang anda berkeinginan untuk membuatnya sendiri di rumah, ikuti saja langkahnya berikut ini.

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Telur 15 butir
– Tepung terigu 1 gelas
– Gula pasir 250 gram
– Mentega 250 gram
– Vanili bubuk 1 sendok makan
– Susu kental manis 1 kg
– Cokelat bubuk 1 sendok makan

Cara mudah membuat kue lapis susu:
1. Kocok susu dan juga mentega terlebih dahulu sampai semua berwarna putih.
2. Sedangkan pada wadah yang lain, campurkan saja telur maupun gula sampai warnanya putih. Kemudian tambah dengan tepung terigu maupun vanili bubuk.
3. Kocokan antara susu dan juga mentega akhirnya di masukkan dalam kocokan telur tadi. Barulah di aduk sampai tercampur merata.
4. Selanjutnya adonan perlu anda bagi menjadi dua bagian. Dimana yang pertama di biarkan saja sementara untuk adonan lain perlu di campur dengan cokelat bubuk. Setelah merata semuanya barulah sisihkan.
5. Panaskan terlebih dahulu kukusannya kemudian loyangnya dimasukkan. Tuangkan adonannya selapis demi selapisnya. Anda membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit untuk setiap lapisnya.
6. Pada lapisan yang terakhir kali berilah cokelat. Nantinya cokelat itu akan meleleh dengan sendirinya saat berada dalam kukusan. Masaklah lapisan terakhirnya selama 15 menit lamanya.
7. Ketika kue lapis di rasa sudah matang barulah diangkat. Penyajiannya pun dengan cara memotong kue lapis sesuai dengan selera.

Betapa nikmatnya kelezatan dari kue lapis cokelat ini, dengan lelehan cokelat yang menjadi campuran kue lapis ini tentunya membuat cita rasanya semakin nikmat. Anda pun semakin tertarik untuk memakannya lagi dan lagi.

5. Kue Lapis Sagu

kue lapis sagu
image by: cookpad.com

Dari beberapa campuran yang menjadi bahan pembuatan kue lapis, kali ini tepung sagu menjadi pilihannya. Ternyata pembuatan kue lapis pun bisa juga dengan menggunakan sagu. Dari segi rasanya tak kalah lezat dan nikmat jika kita bandingkan dengan resep yang lainnya. Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan resepnya ikuti saja langkah pembuatannya.

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Tepung sagu 150 gram
– Tepung terigu 75 gram
– Santan cair 650 cc
– Gula pasir 200 gram
– Pewarna merah
– Pewarna kuning
– Pewarna hijau
– Garam 1 sendok teh
– Minyak goreng secukupnya

Langkah praktis membuat kue lapis sagu:
1. Masaklah santan bersama dengan gula dan garam sampai mendidih. Barulah matikan apinya hingga dingin.
2. Terlebih dahulu kukusannya perlu dipanaskan. Sedangkan pada bagian tutupnya bisa anda lapisi dengan menggunakan kain supaya uap airnya nanti tidak menetes pada kue.
3. Persiapkan loyang yang tadinya sudah di olesi minyak supaya kue tidak lengket.
4. Campurkan saja tepung terigu dan juga sagu. Santan yang sudah dingin tadi barulah dimasukkan kedalamnya. Aduklah sampai semua tercampur secara merata bahkan tidak ada lagi bagian menggumpal.
5. Bagilah adonan yang sudah jadi tadi menjadi 4 bagian. Kemudian 3 adonannya diberikan warna masing-masing yakni warna hijau, kuning dan merah. Sementara itu untuk yang satunya cukup dibiarkan saja.
6. Per lapisan tadi di tuangkan ke dalam loyang setidaknya 2 sendok sayur. Masaklah dalam waktu kurang lebih 5 menit saja. Kemudian susulkan lapisan yang lainnya hingga adonannya habis. Semua proses pengukusan di perlukan waktu kurang lebih 30 menit lamanya.
7. Saat di rasa sudah matang, angkat saja kemudian sajikan. Potonglah kue lapis tadi sesuai dengan selera anda.

Ternyata lumayan banyak resep kue lapis yang telah hadir di tengah kita. Kini anda pun bisa mencoba salah satu resep yang di rasa menarik untuk di coba. Kue lapis ini memang termasuk dalam golongan kue basah. Sehingga saat kita sudah memakannya terasa kenyang sekali.

Tips penting membuat kue lapis legit supaya tidak lengket

Dari banyaknya variasi resep kue lapis yang telah tersedia, kebanyakan orang lebih suka dengan kue lapis legit. Dari segi rasa memang paling nikmat jika di bandingkan dengan jenis kue lapis yang lainnya. Hanya saja dalam memasaknya harus benar-benar tepat agar nantinya kue tidak lengket. Dari sini anda pun perlu memperhatikan tips pembuatannya agar kue lapis ini nikmat untuk di santap.

Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan tips membuat kue lapis legit, inilah berbagai maca cara yang perlu anda perhatikan. Yakni:

1. Mentega

Setiap resep yang ada pemakaian menteganya ini memang berbeda-beda. Mungkin ada yang semuanya menggunakan mentega bahkan ada pula yang campuran antara mentega dan juga margarine. Usahakan jangan sampai mengocok mentega dalam waktu yang lama. Hal ini bisa menyebabkan menteganya semakin lumer sehingga tekstur kue pun berubah. Kue yang di buat semakin sulit untuk mengembang, bisa dikatakan bantat. Pengocokan yang dilakukan cukup selama 10 menit saja.

2. Telur

Dalam pemilihan telur yang nantinya akan dibuat kue lapis sebaiknya telur yang masih dalam keadaan segar. Bersihkan terlebih dahulu sebelum telurnya di pecahkan. Barulah putih dan kuning telur di pisahkan. Telur pun di kocok sampai putih dan juga mengental kurang lebih 15 menit lamanya.

3. Terigu

Terigu yang menjadi pilihan untuk membuat kue lapis haruslah tepung dengan protein yang rendah maupun sedang. Tepung tadi perlu di ayak terlebih dahulu supaya keadaannya benar bersih. Hal ini bertujuan agar tepungnya nanti tidak menggumpal.

4. Proses memanggang

Pemanggangan kue lapis pun bisa di lakukan baik dengan oven tankring, oven gas plat, oven listrik dan lain sebagainya. Ada baiknya anda mengatur suhu yang tepat untuk memanggang kuenya.

5. Proses pendinginan

Ketika kue sudah selesai di panggang maka loyang pun perlu di balik. Barulah didinginkan pada bagian atas rak kawat yang sudah di lapisi dengan kertas berpoleskan mentega. Ada baiknya anda tidak segera mengeluarkan kue dari loyangnya. Jika ini anda lakukan maka kue pun bisa menciut karena masih panas.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai resep kue lapis yang bisa anda coba sendiri di rumah. Semoga saja dengan hadirnya beberapa variasi resep ini bisa membantu anda yang masih merasa penasaran dengan cita rasanya.

Komentar disini