5 Resep Kue Kukus Enak dan Lezat

Resep Kue Kukus
Resep Kue Kukus

Kalimat.ID – Resep Kue Kukus – Berbicara mengenai kue memang banyak sekali jenisnya. Apalagi bagi anda yang hobi berkreasi seringkali menghadirkan jenis kue yang terbaru. Ada salah satu kue yang mudah dan praktis dan pembuatannya yakni kue kukus.

Dari segi namanya, kue kukus ini dalam mengolahnya masih dengan cara di kukus. Tentunya bumbu yang dipergunakan pun juga bumbu pilihan. Wajar saja jika hasilnya begitu lembut, enak dan membuat siapapun merasa ketagihan. Sekarang ini resep kue kukus hadir dalam beberapa pilihan yang menarik.

Resep kue kukus rumahan sampai dengan yang level mewah pun tersedia untuk memenuhi segala kebutuhan anda. Bahkan dalam berbagai acara apapun bisa anda pergunakan sebagai sajian. Tentunya hal ini dikarenakan kue kukus mempunyai ukuran, desain bahkan juga penyajian yang sangat beragam. Dari tampilannya jika kita memandangnya memang menarik sehingga mampu memikat siapapun.

Sedangkan untuk segi rasanya, kue kukus ini memang tak kalah dengan jenis kue yang lainnya. Tekstur dari kue kukus ini begitu lembut sekali hampir mirip dengan kue lumpur. Inilah mengapa anda perlu mencoba resep kue kukus yang telah hadir dalam berbagai variasi.

Cara membuat kue kukus ini tergolong mudah sekali. Apalagi bahan yang anda butuhkan untuk membuat kue begitu mudah untuk didapatkan. Dengan beragam kemudahannya ini, anda memang perlu mencoba untuk mempraktekkan resep kue kukus beragam variasi yang anda inginkan.

Jangan sampai anda lewatkan begitu saja waktu anda saat di dapur. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang lebih menyenangkan dengan mencoba membuat kue kukus. Apalagi bagi anda yang sudah mempunyai peralatan dapur lengkap, tentunya tidak ada kendala lagi untuk mencoba membuat kue tersebut.

Pilihan Resep Kue Kukus Lezat dan Nikmat

Di sini kami menyajikan beberapa resep kue kukus yang mungkin menarik hati anda untuk membuatnya sendiri di rumah. Adapun untuk pilihan resep dari kue kukus yang telah tersedia untuk anda, di antaranya:

Resep Kue Brownies Kukus

resep kue kukus brownies
image by: cookpad.com

Siapa yang tak suka dengan kue brownies? Tentunya banyak di antara anda yang menyukai kue tersebut. Kali ini anda bisa mencoba membuat kue brownies kukus yang mudah dan praktis sekali. Dari segi bahan juga mudah anda dapatkan di pasaran.

Kini anda pun bisa mulai membuatnya sendiri di rumah dengan memperhatikan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan yang di butuhkan:
– Gula pasir 150 gram
– Tepung terigu 85 gram
– Coklat bubuk 30 gram
– Coklat blok 75 gram
– Susu kental manis coklat 2 sachet
– Mentega 120 gram
– Telur 4 butir
– Vanili 1 sdt
– Baking powder 1 sdt
– Sp 2 sdt

Cara mudah membuat kue brownies kukus
1. Kukus terlebih dahulu coklat blok dan juga mentega
2. Gula, telur dan juga sp di mixer dalam waktu 15 sampai dengan 20 menit hingga putih dan berbuih. Jangan lupa menambahkan coklat bubuk, vanili, tepung terigu, bahkan juga baking powder. Semua adonan tadi di campur menggunakan mixer yang mempunyai kecepatan rendah hingga tercampur secara merata. Tidak ada salahnya sesekali membalikkan adonan menggunakan spatula supaya adonan tidak ada yang menggumpal.
3. Panci kukus mulai di panaskan
4. Ketika alat pengukus sudah dipersiapkan, mulailah menuangkan adonan kue yang sudah anda buat ke dalam loyang sampai dengan ½ bagian saja. Jangan lupa menyisihkannya sebagian. Kemudian kukus saja adonan tadi selama kurang lebih 10 menit lamanya.
5. Adonan yang masih tersisa tadi di campurkan dengan susu kental manis. Barulah semuanya di aduk perlahan sampai merata.
6. Ketika 10 menit lamanya telah berlalu, buka saja kukusannya kemudian masukkan adonan yang masih tersisa. Ratakan adonan yang masih tersisa tadi supaya merata pada permukaan kuenya. Lalu tutup lagi panci pengukusnya dan menunggunya selama kurang lebih 30 menit.
7. Ketika sudah di rasa matang, angkatlah loyangnya dan diamkan selama beberapa menit sampai dingin. Potonglah kuenya sesuai dengan keinginan anda.
8. Kini kue brownies kukus yang nikmat pun siap untuk di sajikan. Tidak ada salahnya menambahkan keju parut sebagai topping
Begitu mudah sekali cara membuat kue kukus yang memang menggunakan variasi coklat. Jadi bagi anda yang memang pecinta brownies bisa mencoba resepnya yang telah tersedia ini.

Resep Kue Bolu Kukus Mekar

resep kue kukus bolu mekar
image by: idntimes.com

Dari segi tampilannya, kue kukus memang menarik sekali. Apalagi kue yang satu ini sudah populer di tengah masyarakat. Mereka yang suka membuat kue seringkali menghadirkan varian baru dari kue tersebut.

Kali ini anda bisa mencoba untuk membuat kue bolu kukus mekar yang tak kalah nikmat dengan yang lainnya. Teksturnya begitu lembut sekali, terlebih dari tampilan mekarnya begitu cantik. Sajikan kue bolu kukus mekar ini dalam acara yang anda miliki.

Jika anda merasa penasaran dengan cara pembuatannya, ikuti saja langkah caranya sesuai penjelasan berikut.

Bahan yang di persiapkan:
– Tepung terigu 500 gram
– Gula pasir 400 gram
– Minuman bersoda tawar 450 ml
– Telur 4 butir
– Baking powder 1 sdt
– Pasta vanili 1 sdm
– Pasta cokelat 3 sdt
– Emulsifier 2 sdt
– Kertas bolu 20 cup

Cara membuat kue bolu kukus mekar
1. Tepung terigu yang telah di campurkan dengan baking poder di ayak terlebih dahulu.
2. Siapkan wadah kemudian masukkan telur, gula pasir bahkan juga emulsifier. Kemudian kocok dengan menggunakan mixer berkecepatan yang tinggi kurang lebih selama 10 menit hingga mengembang.
3. Mengambil 100 gram adonan lalu masukkan saja pada wadah yang lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan pasta coklat.
4. Tambahkan pula pasta vanila dalam adonan yang satunya.
5. Cetakan untuk kue kukus pun di persiapkan dan dilapisi menggunakan kertas kue.
6. Kemudian tuangkan saja adonan vanilla tadi dalam cetakan. Tambah dengan sedikit adonan coklat barulah kukus adonannya kurang lebih 20 menit hingga mengembang.
7. Ketika kue kukus ini di rasa sudah matang dan mekar, angkatlah kemudian diamkan kurang lebih 5 menit. Saat sudah dingin kue pun kini telah siap di sajikan.

Bagi anda yang suka dengan kue bolu kukus ini, sekarang sudah bisa membuatnya sendiri di rumah berkat resep yang telah tersedia. Jadi rasa penasaran pun kini terobati berkat keberhasilan anda dalam membuat kue bolu kukus ini.

Resep Kue Kukus Santan

kue bolu kukus santan

Memang banyak sekali variasi resep kue kukus yang kini telah tersedia. Jadi bagi anda para pecinta roti kukus bisa mencoba salah satu dari resep yang telah tersedia. Kali ini ada salah satu penambahan khusus dalam racikan kue kukus ini yakni santan.

Tujuan dari pemberian santan ini tentunya supaya rasanya semakin gurih. Dari tampilannya juga bisa anda buat seunik dan semenarik mungkin agar terlihat lucu saat di lihat.

Jika anda merasa penasaran dengan cara pembuatannya, pahami saja resep pemb]uatan kue kukus santan berikut ini.

Bahan yang di persiapkan:
– Terigu 500 gram
– Gula pasir 400 gram
– Coklat messes 150 gram
– Telur 6 butir
– Tbm 1 sdt
– Santan kental 200 ml
– Air soda manis 200 ml
– Vanili ½ sdt

Ketika semua bahan yang anda butuhkan sudah di persiapkan. Kini sudah saatnya bagi anda mempraktekkan resep kue kukus santan yang gurih dan nikmat ini. Supaya lebih jelas dan mudah, ikuti saja langkah caranya.

Cara praktis membuat kue kukus santan
1. Mencampurkan bahan seperti telur, gula dan juga tbm. Kemudian aduklah semuanya hingga merata dengan mixer.
2. Tambahkan pula tepung terigu, soda manis maupun santan kentalnya. Campurlah semuanya hingga merata.
3. Memasukkan messes dalam adonan sampai merata barulah di aduk dengan spatula.
4. Saat adonan kue tadi sudah tercampur merata kini anda pun bisa memasukkannya dalam cetakan kue kukus yang telah di lapisi menggunakan paper cup sampai cetakannya benar-benar penuh.
5. Panci pengukus pun di panaskan sampai airnya bisa mendidih. Kemudian adonan pun di masukkan dalam cetakan yang telah tersedia dalam panci pengukusnya. Tutuplah menggunakan penutup panci yang sudah di lapisi mengunakan kain supaya uapnya nanti tidak menetes pada kuenya.
6. Adonan kue pun kini di kukus hingga benar matang.

Kini kue kukus santan yang gurih sudah bisa anda nikmati bersama keluarga. Tentunya kue yang menjadi hasil buatan sendiri ini terbilang lebih nikmat dan lezat untuk di nikmati. Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mencoba kelezatan dari roti ini sebab anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kue Kukus Tepung Beras

kue kukus tepung beras
image by: tokopedia.net

Ada lagi variasi resep kue kukus yang bisa anda coba untuk praktekkan yakni kue kukus tepung beras. Resep kue yang satu ini menjadi salah satu varian dari kue basah dengan cita rasa yang lezat dan nikmat.

Bahan yang anda butuhkan untuk membuat kue ini juga mudah anda dapatkan. Jadi anda tidak akan terkendala masalah jika memang berkeinginan membuatnya sendiri di rumah.

Supaya mengerti bagaimana cara pembuatan kue kukus tepung beras yang praktis ini. Ikuti saja semua langkah pembuatannya berikut ini.

Bahan yang perlu di persiapkan:
– Tepung beras 2 ons
– Gula pasir 240 gram
– Minyak 200 ml
– Telur 6 butir
– Garam 1 sdt
– Vanili secukupnya saja

Ketika semua bahan yang anda butuhkan untuk membuat kue kukus tepung beras ini anda persiapkan. Kini sudah saatnya untuk memulai aktivitas anda mempraktekkan cara pembuatan kue kukus tepung beras. Caranya begitu mudah sekali bahkan saya rasa siapapun juga bisa membuatnya.

Cara mudah membuat kue kukus tepung beras
– Putih telur sekaligus garam di mixer dengan kecepatan yang cukup tinggi sampai mampu berbuih putih dan juga mengembang.
– Kecepatan mixer di turunkan terlebih dahulu barulah tambah dengan tepung beras sedikit demi sedikit. Aduk saja sampai semuanya bisa tercampur merata dengan menggunakan mixer.
– Jangan lupa masukkan minyak kemudian ratakan dengan menggunakan spatula.
– Tuangkan saja adonannya dalam loyang yang telah di olesi mentega.
– Adonan pun siap di kukus dengan panci pengukus yang tadinya sudah dipanaskan terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit.
– Ketika sudah matang hingga sempurna, angkatlah dan diamkan sejenak. Kemudian sajikan kue kukus tepung beras ini selagi masih dalam keadaan hangat.

Begitu bahagianya jika kita bisa mencicipi kue buatan kita sendiri. Tentunya dari segi rasa juga tak kalah dengan kue yang di jual di pasaran. Apalagi semua bahan yang di butuhkan juga mudah untuk didapatkan.

Kue Kukus Caramel

Resep Kue Kukus karamel
image by: cookpad.com

Kali ini variasi dari kue kukus bisa di tambah dengan caramel jadi bagi anda yang menyukainya tentu saja bisa mencoba resep kue kukus yang satu ini. Bahan yang anda butuhkan ternyata praktis sekali, terlebih untuk langkah cara pembuatannya juga tergolong mudah. Jika anda memang penasaran ingin mencoba resepnya, ikuti saja langkahnya.

Bahan yang di butuhkan:
– 200 gram tepung terigu
– 200 gram gula pasir
– 5 sdm susu bubuk rasa vanilla
– 4 butir telur ayam
– 1 sdt baking soda
– 100 ml air
– 100 gram margarine
– Cetakan kue

Cara mudah membuat kue kukus caramel:
1. Menyiapkan cetakan yang nantinya akan di gunakan dan mengolesinya dengan margarine
2. Membuat caramel dari 100 gram gula pasir
3. Jika sudah jadi barulah menambahkan 100 ml air
4. Masaklah sampai benar mendidih baru kemudian dinginkan
5. Tepung terigu, susu bubuk dan juga baking soda di ayak
6. Gula pasir beserta telur di kocok dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi sampai benar mengembang
7. Kemudian ayakan di masukkan dalam mangkuk
8. Selanjutnya campur saja dengan karamelnya
9. Aduk semuanya sampai tercampur merata
10. Tuangkan saja gula pasir dan kocokan telur
11. Kocoklah menggunakan mixer kecepatan sedang
12. Tuangkan adonan tadi pada adonan yang tadinya sudah di olesi dengan margarine
13. Kukus saja adonan selama kurang lebih 20 menit lamanya sampai mengembang
14. Dinginkan saja dalam suhu ruangan kurang lebih 5 menit barulah di keluarkan dari cetakan kuenya

Itulah tadi beberapa contoh resep kue kukus yang kini bisa anda praktekkan di rumah. Anda pun kini bisa memilih manapun resep yang memang anda inginkan. Yang pasti semua resep tadi begitu mudah dan juga praktis untuk di praktekkan. Kapan lagi bisa mencoba membuat kue di rumah jika anda tidak berusaha untuk melakukannya.

Nikmatilah kelezatan maupun kegurihan dari kue kukus hasil buatan anda sendiri. Berkat inovasi yang anda miliki dalam membuat kue pastinya membuat anda merasa bangga dengan kemampuan anda dalam membuatnya. Masih banyak sekali sebetulnya variasi resep kue kukus yang bisa anda coba. Di atas hanya beberapa contoh saja resep yang di rasa paling mudah dan menarik untuk di praktekkan.

Indonesia dari dulu memang tidak pernah kehabisan dengan resep masakan yang lezat dan nikmat. Bukan hanya masakannya saja namun untuk jenis kuenya juga beraneka ragam. Iniah mengapa banyak dari mereka yang menjadi penggemar kue kukus selalu berusaha menghadirkan inovasi baru untuk variasi kue kukus.

Jadi anda bisa mencoba salah satu resep yang di nilai sesuai dengan selera makan. Jika masih belum mengerti dengan resep pembuatan kue kukus pastinya bisa mencarinya pada buku resep atau bahkan melakukan pencarian melalui internet.

Tentu saja internet menjadi salah satu media yang bisa memberikan anda informasi mengenai resep kue yang anda butuhkan.

Komentar disini