6 Resep Bolu Pisang Panggang Dijamin Enak dan Bikin Nagih

resep bolu pisang panggang

Kalimat.ID – Resep Bolu Pisang Panggang – Bolu pisang merupakan salah satu jenis bolu, namun dengan bahan tambahan berupa buah pisang. Jenis pisang yang digunakan untuk membuat bolu pisang sangat beragam, namun yang paling sering digunakan adalah pisang ambon dan pisang raja.

Bolu pisang sering dijadikan sebagai camilan bahkan menu untuk sarapan, karena teksturnya yang lebih padat dibanding bolu biasa sehingga lebih mengenyangkan saat dimakan. Tak hanya itu, bolu pisang juga sangat cocok dihidangkan bersama secangkir kopi atau teh hangat di sore hari sambil bersantai.

Cara membuat bolu pisang juga sangat mudah dan nyaris sama dengan cara membuat bolu biasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapat. Sebenarnya untuk membuat bolu pisang ada 2 cara, yaitu dengan dikukus dan dipanggang.

Namun, kali ini kami akan memberikan beberapa resep bolu pisang panggang yang dijamin enak dan membuat anda ketagihan. Apa saja resepnya? Langsung saja ikuti beberapa resep bolu pisang panggang berikut:

Resep Bolu Pisang Panggang Sederhana

Resep bolu pisang panggang ini memang sangat sederhana dan mudah dibuat. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan. Tapi jangan salah, dengan resep ini, anda bisa membuat bolu pisang panggang yang mengembang sempurna dan sangat lembut.

Bahan-Bahan:
– 250 gram tepung terigu protein sedang
– 4 buah buah pisang raja
– 200 gram gula pasir
– 4 butir putih telur
– 8 kuning telur
– 1 sdm air jeruk nipis
– 150 gram mentega

Cara Membuat:
1. Siapkan oven, panaskan dengan api sedang dan atur suhu 180° C
2. Siapkan 2 buah loyang, lalu olesi minyak sayur dan taburi tepung terigu.
3. Lumatkan pisang hingga halus, lalu campur dengan air perasan jeruk nipis hingga merata.
4. Ambil wadah bersih, lalu masukkan mentega dan gula pasir dan aduk dengan mixer sampai merata. Lalu masukkan juga kuning telur dan aduk lagi dengan mixer hingga mengental.
5. Langkah selanjutnya, masukkan pisang dan tepung selang seling dan aduk lagi hingga adonan merata.
6. Ambil wadah lainnya lalu masukkan putih telur lalu aduk dengan mixer sampai teksturnya kaku. Lalu tuang ke adonan utama sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata keseluruhan.
7. Setelah adonan merata segera masukkan adonan kedalam loyang, dan panggang dengan oven. Jangan terlalu lama mendiamkan adonan agar nantinya tidak bantat.
8. Tunggu dan tes lidi hingga bolu benar-benar matang sempurna.
9. Jika bolu sudah matang, keluarkan dari oven dan tunggu hingga uap panasnya hilang. Setelah itu baru keluarkan bolu dari loyang dan potong-potong sesuai keinginan.

Resep Bolu Pisang Ambon Panggang Lembut

Dalam membuat bolu pisang panggang agar hasilnya bagus, pisang yang digunakan harus benar-benar matang dan pilihlah pisang yang rasanya manis dan beraroma wangi. Untuk itu, pisan ambon adalah salah satu jenis pisang yang paling pas untuk membuat bolu pisang.

Bahan 1:
– 250 gram tepung terigu protein sedang
– 2 sdm bubuk coklat
– 2 sdt baking powder
– 1 sdt baking soda
– 1 sdt vanilli
– ½ sdt garam halus

Bahan 2:
– 250 gram pisang ambon matang
– 115 ml susu UHT
– 2 butir telur ayam, kocok lepas
– 150 gram gula pasir

Cara Membuat:
1. Panaskan oven pada suhu 180° C, jangan lupa untuk mengoleskan margarin pada loyang dan lapisi dengan kertas roti.
2. Aduk garam, tepung terigu dan semua bahan 1 hingga merata, sisihkan.
3. Masukkan pisang ambon kedalam wadah bersih, lalu campurkan dengan minyak sayur, telur ayam dan susu UHT. Kemudian aduk dengan spatula sampai semua tercampur rata.
4. Masukkan tepung terigu dengan cara diayak sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan mixer sampai merata.
5. Jika ingin memberikan topping, anda bisa menambahkan kismis, irisan pisang, kenari atau bahan lainnya sesuai selera diatas adonan.
6. Tuang adonan kedalam loyang dan segera masukkan ke dalam oven hingga matang.

Resep Bolu Pisang Panggang Tanpa Mixer

Membuat bolu tak harus selalu menggunakan bantuan mixer, tanpa mixer pun kita bisa membuat bolu yang empuk dan mengembang. Sebagai pengganti mixer, dalam resep bolu pisang panggang ini kita akan menggunakan spatula dan whisk.

Bahan-Bahan:
– 4 buah pisang raja atau pisang ambon
– 130 gram tepung terigu
– ¾ sdt baking soda
– ½ sdt baking powder
– 2 butir telur, kocok lepas
– 120 ml minyak sayur
– 150 gram gula pasir
– 1 sdt vanilla bubuk

Cara Membuat:
1. Siapkan oven, panaskan dan atur suhu 180° C
2. Lumuri pinggiran loyang dengan minyak sayur dan alasi dengan kertas roti.
3. Campurkan baking soda, baking powder dan tepung terigu dalam baskom bersih.
4. Ambil wadah kemudian kocok telur ayam dengan whisk sampai mengental. Setelah itu masukkan minyak sayur lalu aduk sampai merata.
5. Tambahkan campuran tepung dan juga bubuk vanili, aduk kembali hingga rata, anda bisa menggunakan spatula sampai merata.
6. Tambahkan pisang kedalam adonan, lalu aduk kembali.
7. Setelah semua bahan kue tercampur rata, masukkan adonan kedalam loyang dan panggang hingga matang. Keluarkan loyang dari oven, tunggu hingga 10 menit, kemudian keluarkan bolu dari loyang.
8. Potong-potong dan sajikan.

Resep Bolu Pisang Keju Panggang

Jika bosan dengan rasa bolu pisang yang original, cobalah untuk menambahkan keju dalam adonan bolu pisang. Kombinasi rasa pisang yang manis dengan keju dan asin dan gurih sangat pas untuk disantap. Untuk membuatnya, ikuti saja resep bolu pisang panggang keju berikut ini:

Bahan-Bahan:
– 200 gr tepung terigu
– 4 buah pisang ambon matang
– ½ balok keju cheddar
– 2 butir telur ayam
– 7 sdm gula pasir
– 6 sdm margarin, lelehkan
– 2 sdm susu bubuk
– ½ sdt baking powder

Cara Membuat:
1. Siapkan oven dan atur agar suhunya mencapai 180° C.
2. Aduk gula pasir dan telur dengan mixer sampai mengental. Lalu masukkan baking powder, tepung dan susu, aduk lagi sampai adonan merata.
3. Lumatkan pisang sampai halus, lalu masukkan kedalam adonan dan aduk sampai merata dengan bahan sebelumnya. Tambahkan juga parutan keju, dan aduk sebentar.
4. Jika adonan sudah jadi, segera tuang kedalam loyang yang dilapisi kertas roti. Kemudian panggang dalam oven dan tunggu sampai bolu pisang matang.
5. Sebelum memotong bolu pisang, anda bisa menambahkan buttercream dan taburan keju diatasnya.

Resep Bolu Pisang Coklat

Setelah keju, ada satu varian rasa yang sangat cocok dikombinasikan dengan bolu pisang, apalagi kalau bukan coklat. Cara membuatnya pun tak jauh berbeda dengan bolu lainnya, ini dia resepnya:

Bahan-Bahan:
– 400 gr pisang raja
– 300 gr gula pasir
– 245 gr tepung terigu
– 2 butir telur ayam
– 75 gr coklat bubuk berkualitas
– ½ sdt garam halus
– ½ sdt vanilli
– 120 ml susu cair
– 120 gr mentega cair
– 240 ml air hangat

Coklat ganache:
– 150 ml krim kental
– 200 gram coklat masak blok
– 14 gram mentega

Cara Membuat:
1. Siapkan wadah dan masukkan gula pasir, tepung, baking powder, vanili bubuk dan garam, aduk sebentar dan sisihkan.
2. Dalam wadah lain, masukkan mentega cair, air hangat dan susu cair, aduk sampai rata. Tunggu sejenak sampai air agak dingin, lalu masukkan telur kedalam wadah tersebut dan aduk rata dengan spatula.
3. Berikutnya, haluskan pisang dengan gelas atau garpu, lalu masukkan kedalam adonan. Aduk rata.
4. Masukkan campuran bahan kering sedikit demi sedikit sambil diaduk balik dengan spatula. Setelah adonan jadi, masukkan kedalam loyang beralas kertas roti dan panggang selama 45 menit atau sampai benar-benar matang.
5. Sambil menunggu bolu dingin, sediakan wadah stainless, lalu masukkan potongan coklat blok.
6. Panaskan mentega dan krim kental dengan cara di tim. Setelah krim mendidih, segera angkat dan tuangkan diatas coklat blok tadi dan diamkan sampai 5 menit.
7. Kemudian aduk sampai coklat meleleh dan menyatu dengan lelehan mentega dan krim. Setelah itu, diamkan ganache hingga dingin.
8. Setelah ganache dingin, kocok dengan whisk sampai mengembang. Lalu oleskan ganache diatas bolu pisang sampai merata, dan biarkan mengeras.
9. Terakhir, potong-potong bolu dan sajikan.

Resep Bolu Pisang Jepang

Bolu Pisang Jepang mungkin sedikit asing buat anda. Bolu yang satu ini merupakan sejenis cotton cake yang sangat lembut dengan cake yang mengembang sempurna. Cake jenis ini dibuat dengan emulsifier dan telur yang cukup banyak. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Langsung saja ikuti resep bolu pisang Jepang berikut:

Bahan-Bahan:
– 300 gr tepung terigu
– 4 Butir telur ayam
– 200 gr gula pasir
– 1 sdt SP
– 1 sdt vanili bubuk
– 50 ml air putih
– 100 ml minyak goreng
– 2 sdt perasa pisang
– Meses
– coklat masak putih
– Pewarna makanan kuning

Cara Membuat:
1. Ambil mangkuk besar, lalu masukkan gula pasir, vanilli, telur, dan SP. Setelah itu ambil mixer dan aduk semua bahan dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.
2. Setelah mengembang, tambahkan minyak goreng, tepung dan air kedalam adonan. Aduk kembali adonan dengan mixer berkecepatan sedang sampai semua bahan merata.
3. Beri pewarna kuning dan perasa pisang, lalu aduk rata.
4. Olesi cetakan bolu dengan minyak sayur secukupnya dan segera masukkan separuh adonan kue kedalam cetakan. Beri taburan meses diatasnya lalu tuang lagi adonan sisa diatas meses.
5. Panaskan kukusan, lalu masukkan cetakan kue kukus sampai 10 menit. Pastikan bolu sudah benar-benar matang, lalu keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin.
6. Setelah dingin, olesi bagian samping dan ujung bolu pisang dengan coklat masak putih cair.
Biarkan mengeras.
7. Potong bolu pisang jepang menjadi beberapa bagian, lalu sajikan.

Tips Agar Bolu Pisang Panggang Tidak Bantat

Walaupun tergolong mudah dibuat, ternyata masih banyak yang melakukan kesalahan ketika membuat bolu pisang sehingga hasilnya menjadi bantat atau kempes di bagian tengahnya. Baik yang membuatnya dengan bantuan mixer maupun tidak pakai mixer

Untuk menghasilkan bolu pisang panggang yang mengembang sempurna, anda perlu memperhatikan beberapa hal saat membuatnya, yaitu:
1. Pisang yang digunakan harus yang sudah benar-benar matang, apapun jenis pisangnya.
2. Hindari menggunakan pengembang kue yang sudah terlalu lama. Sebaliknya, gunakan pengembang kue yang masih baru agar zat aktifnya berfungsi dengan baik.
3. Hindari terlalu lama mengaduk adonan bolu.
4. Hindari mengisi loyang atau cetakan bolu terlalu penuh agar bolu matang secara merata.
5. Jika bahan yang diharuskan dalam resep adalah minyak sayur, jangan menggantinya dengan margarin cair. Karena margarin jika sudah dingin biasanya akan mengeras dan menyebabkan bolu bantat.

Itulah dia, berbagai variasi resep bolu pisang panggang yang enak dan lembut. Jika anda ingin membuat bolu pisang panggang, sebaiknya ikuti beberapa tips yang telah kami berikan agar hasilnya lembut dan memgembang dengan sempurna. Selamat mencoba!