9 Daya Tarik Rainbow Garden yang Bikin Penasaran

rainbow garden

Kalimat.ID – Rainbow Garden – Lembang merupakan salah satu wilayah Jawa Barat yang kaya akan objek wisata. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung kesana saat musim libur tiba, baik wisatawan dalam maupun luar kota.

Salah satu objek wisata Lembang yang menarik dan instagramable adalah Rainbow Garden. Objek wisata yang satu ini masih satu kawasan dengan Floating Market Lembang.

Rainbow Garden sendiri merupakan sebuah taman yang didesain secara unik hingga terlihat seperti jajaran warna pelangi. Taman ini akan semakin indah jika dilihat dari ketinggian.

Lokasi Rainbow Garden juga sangat strategis dan mudah diakses. Dari Kota Bandung, jarak ke Rainbow Garden hanya sekitar 15 kilometer.

Rainbow Garden baru diresmikan pada bulan Februari 2017. Hingga kini, taman bunga yang cantik ini terus dibenahi dengan fasilitas dan perawatan yang lebih baik dari sebelumnya demi kenyamanan para wisatawan yang datang berkunjung.

Daya Tarik Rainbow Garden Lembang

Penasaran apa saja yang menarik dari Rainbow Garden? Apa saja fasilitasnya? Dan berapa harga tiket serta rute jalannya? Untuk menjawab rasa penasaran anda, dibawah ini akan kami ulas secara lengkap informasi mengenai Rainbow Garden.

Green House

Saat pertama kali masuk ke area Rainbow Garden, para pengunjung akan disambut dengan megahnya Green House. Green House adalah sebuah rumah kaca yang memiliki ukuran yang cukup besar dan dilengkapi dengan berbagai tanaman yang beraneka warna.

Semua tanaman yang ada di Green House memerlukan perawatan yang khusus sehingga ditempatkan pada tempat yang tertutup.

Green House sendiri dirancang dengan 2 desain. Desain yang pertama menggunakan kaca, sedangkan desain yang kedua menggunakan plastik. Kedua desain tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu merawat dan melindungi tanaman yang ada di sana.

Taman Bunga Cantik

Di Rainbow Garden banyak ditanami bunga-bunga beraneka warna yang cantik. Tempat wisata Lembang yang satu ini memiliki konsep taman yang menyerupai pelangi.

Hamparan bunga tertata sedemikian rupa seperti jajaran warna pelangi dengan udara yang sejuk dan bersih pastinya akan membuat para pengunjung betah berlama-lama di Rainbow Garden.

Rainbow Garden dibangun di daerah tebing yang kemiringan tanahnya mencapai 45 derajat. Jadi jangan heran jika kawasan di sekitar Rainbow Garden kebanyakan berupa terasiring.

Bunga yang ditanam di Rainbow Garden jumlahnya tidak kurang dari 100 jenis bunga. Bunga-bunga tersebut diambil dari petani bunga yang ada di daerah Lembang.

Jenis bunga yang ditanam di Rainbow Garden adalah jenis bunga yang bisa mekar sepanjang waktu, baik saat musim kemarau maupun musim hujan. Uniknya, hampir 80% koleksi bunga yang tumbuh di Rainbow Garden bisa dimakan alias Edible Flowers.

Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir jika berkunjung ke Rainbow Garden dengan buah hatinya. Karena tidak akan menjadi masalah jika mereka mengambil bunga dan memasukkannya ke dalam mulut.

Karena keindahanya, Rainbow Lembang ini boleh diadu dengan Rainbow Garden di Jepang. Yang lebih mengasyikan lagi, di bawah area Rainbow Garden terdapat objek wisata lain yang masih sangat alami, yaitu Situ Umar.

Spot Selfie

Di era Instagram seperti sekarang ini, semua orang seperti berbondong-bondong untuk mencari spot terbaik untuk berselfie ria. Jika anda adalah salah satunya, maka Rainbow pilihan yang sangat mengasyikkan untuk berfoto.

Salah satu spot foto yang cukup menarik disini adalah sebuah tangga yang dicat berwarna-warna sehingga sangat cantik untuk dijadikan latar selfie. Selain itu, ada juga jembatan lengkung, air mancur, gerbang berbentuk love, miniatur tembok cina dan kastil.

Area Tanaman Organik

Selain tempat untuk rekreasi, Rainbow Garden juga bisa dijadikan tempat wisata edukasi . Karena di Rainbow banyak tanaman organik yang mungkin belum diketahui oleh pengunjung.

Uniknya, setiap jenis tanaman terdapat papan informasi yang memudahkan pengunjung untuk lebih mengenal tanaman. Dengan begitu, pengunjung bisa menambah pengetahuan mengenai jenis-jenis tanaman organik yang ada disana.

Tak hanya memahami tentang jenis-jenis tanaman saja, disini pengunjung akan mempelajari tentang pertanian organik. Pengunjung akan mengetahui bagaimana cara menjaga tanaman organik dari bahan kimia yang terlalu tinggi.

Karena pada dasarnya, tanaman organik hanya menggunakan pupuk yang berasal dari bahan organik saja. Pada area tanaman organik ini, pengunjung akan mempelajari cara merawat tanaman organik dengan baik dan menerapkannya sendiri di rumah.

Belanja Tanaman dan Bunga

Tak hanya sekedar memandangi bunga bunga yang cantik, di Rainbow pengunjung juga bisa berbelanja tanaman dan bunga. Pengunjung bisa membeli jenis tanaman dedaunan, bunga dan kaktus beserta potnya.

Di Rainbow pengunjung juga bisa membeli berbagai tanaman organik, baik yang masih dibudidayakan maupun yang sudah mekar.

Tak hanya tanaman saja, pengunjung yang hobi berkebun juga bisa membeli peralatan berkebun seperti gunting khusus tanaman, alat penyiram, pot, dan alat-alat lainnya.

Permainan Anak

Rainbow Garden juga menyediakan wahana yang seru untuk anak-anak, mulai dari balita hingga usia sekolah. Untuk usia balita, disediakan Istana Balon untuk bermain.

Wahana Istana Balon ini cukup aman karena berlantaikan balon dan juga terdapat pagar pembatas sehingga balita bisa tetap terjaga agar tidak keluar dari area Istana Balon.

Selain Istana Balon, anak-anak juga bisa mencoba wahana trampolin mini. Disini terdapat dua trampolin yang bisa digunakan sepuasnya secara gratis.

Belum cukup puas, masih ada mobil-mobilan, kuda-kudaan, pesawat-pesawatan dan game koin layaknya game di mall. Disini juga disediakan wahana bom-bom car yang bisa membuat pengendara saling menabrakkan diri.

Berkuliner Ria

Setelah lelah berkeliling di area Rainbow Garden, berbelanja dan berselfie ria, ada satu lagi hal menyenangkan yang bisa anda lakukan di Rainbow Garden, apalagi kalau bukan menikmati kuliner khas Lembang.

Tempat wisata Lembang ini menyediakan banyak tempat makan dan minum yang dilengkapi dengan gazebo dan saung-saung.

Menu makanan yang disajikan sangat beragam, misalnya makanan tradisional seperti sayur asem, timbel dan nasi liwet yang bisa ditemukan di Rumah Makan Sunda.

Tak hanya itu, ada juga menu kuliner lainya yang sangat lezat seperti tahu gejrot, bakmi Jawa, sate ayam, soto Bandung dan bakpao. Selain makanan tradisional, disediakan juga pizza dan western food lainnya.

Untuk harga makanan dan minumannya juga sangat terjangkau dan bervariasi, mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp.50.000. Namun perlu diingat, untuk membayar semua hidangan yang disajikan, anda perlu menggunakan Koin Floating Market.

Sudut Karaoke

Bagi pengunjung yang hobi bernyanyi, di Rainbow Garden juga disediakan tempat untuk karaoke. Namun, tempat karaoke yang dimaksud berada di salah satu sudut taman terbuka. Jadi, selain menyalurkan hobi bernyanyi juga bisa sekaligus menghibur pengunjung lainnya.

Berbelanja Souvenir Lucu

Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa berbelanja souvenir yang unik dan lucu untuk oleh-oleh. Di Rainbow Garden ada banyak pernak-pernik lucu yang bisa dibeli, seperti aksesoris, baju, tas, sepatu, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Rainbow Garden Lembang

Sebelum meluncur ke lokasi Rainbow, anda perlu mengetahui harga tiket masuknya. Untuk dapat masuk ke area Rainbow dikenakan tarif 20 ribu rupiah per tiket. Tiket tersebut nantinya bisa menukarkannya dengan Welcome Drink.

Selain tiket masuk, pengunjung yang ingin memasuki area taman dikenakan tarif 10 ribu rupiah per orang.

Jam Operasional Rainbow Garden dimulai dari pukul 09.00 – 19.00 WIB pada hari kerja. Sedangkan pada weekend jam operasionalnya mulai dari 08.00 – 20.00 WIB.

Rute Menuju Rainbow Garden

Jika anda berniat untuk berlibur ke Rainbow, anda bisa pergi kesana dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Dari pintu tol pasteur Bandung, lokasinya hanya berjarak 18 km dan bisa ditempuh sekitar 50 menit.

Anda bisa mengambil rute dari Tol Pasteur lalu menuju ke jalan Setiabudi. Dari Setiabudi menuju jalan raya Lembang dan lanjut ke jalan Baruajak. Selanjutnya teruskan perjalanan ke jalan Mutiara Utama Lembang dan ikuti petunjuk jalan hingga sampai ke Rainbow Garden.

Tempat Penginapan di Sekitar Rainbow Garden

Sebelum benar-benar pergi berlibur ke Lembang, ada baiknya anda mengetahui tempat penginapan yang ada di sekitar sana. Ada banyak pilihan tempat menginap di wilayah Lembang, mulai dari villa, hotel maupun homestay.

Ada Satu penginapan yang sangat dekat dengan Rainbow Garden, yaitu Puteri Gunung Hotel. Jarak dari hotel ini ke Rainbow Garden hanya sekitar 1 kilometer saja. Untuk bermalam di Hotel ini anda perlu merogoh kocek sekitar 700 ribuan.

Selain Puteri Gunung Hotel, ada juga Grand Hotel Lembang yang hanya berjarak 0,8 kilometer dari Rainbow Garden. Atau bisa juga menginap di Imah Seniman yang berjarak 2 kilometer dari Rainbow Garden.

Fasilitas Rainbow Garden

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Rainbow Garden masih terintegrasi dengan Floating Market Lembang sehingga fasilitas yang tersedia pun sudah cukup lengkap.

Beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yaitu lahan parkir yang luas, mushola, toilet, serta tempat makan dengan pemandangan yang menyejukkan.

Di area Rainbow Garden juga sangat jarang ditemukan sampah yang berserakan. Tempat wisata yang satu ini memang benar-benar terjaga keindahan dan kebersihannya.

Tempat-Tempat Wisata di Sekitar Rainbow Garden

Jika anda memiliki waktu berlibur yang cukup panjang, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata lainnya yang berada di sekitar Rainbow Garden seperti berikut:

1. De Ranch
Tempat wisata ini sangat cocok untuk yang hobi menunggang kuda. Jarak De Ranch dengan Rainbow Garden sangat dekat, yaitu hanya sekitar 1 kilometer saja

2. Curug Cimahi
Jarak Curug Cimahi dengan Rainbow Garden hanya sekitar 3 km saja. Curug Cimahi memiliki pemandangan yang sangat indah dan sangat asri. Namun, untuk akses jalan ke lokasi tergolong sulit dijangkau, jadi anda perlu usaha ekstra agar bisa sampai ke lokasi.

3. Taman Patung Nu Art
Tempat wisata lainnya yang juga sangat dekat dengan Rainbow Garden adalah Taman Patung Nu Art. Bagi pecinta karya seni, tempat ini pasti akan sangat menyenangkan karena banyak terdapat pahatan patung-patung yang bernilai seni tinggi.

Tips Berkunjung ke Rainbow Garden

Jika ingin mengunjungi Rainbow Garden dengan suasana yang lebih tenang, maka hari kerja merupakan waktu yang paling tepat.

Dengan berkunjung ke Rainbow Garden di hari kerja, anda bisa lebih leluasa berfoto ria tanpa harus terganggu dengan pengunjung lain yang hilir mudik.

Namun, jika hanya memiliki waktu di akhir pekan, maka anda bisa datang lebih awal agar tidak kesulitan memarkir kendaraan. Selain itu, anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah agar tidak perlu jajan di lokasi yang harganya bisa melonjak naik.

Udara disana pastinya akan dingin, tapi usahakan untuk tetap mengenakan pakaian yang tidak ribet dan nyaman agar lebih leluasa menjelajahi seluruh area Rainbow Garden.

Itulah informasi lengkap mengenai tempat wisata Rainbow Garden. Bagaimana, sangat menarik bukan? Selain dapat menikmati keindahan bunga-bunga yang cantik, disana anda juga bisa mempelajari berbagai jenis tanaman dan cara merawatnya.

Komentar disini