22 Perlengkapan Naik Gunung yang Tidak Boleh Ketinggalan

Perlengkapan naik gunung

Kalimat.ID – Perlengkapan Naik Gunung – Di indonesia, ada satu kegiatan yang cukup banyak diminati oleh kalangan muda, yaitu mendaki gunung.

Kegiatan yang satu ini memang sangat menyenangkan, terutama bagi mereka yang menyukai tantangan dan ingin memacu adrenalin.

Ditambah lagi, di Indonesia sangat banyak sekali gunung yang menarik untuk didaki, mulai dari yang mudah hingga yang treknya cukup sulit. Untuk mendaki gunung, diperlukan banyak persiapan baik secara fisik, mental maupun perlengkapannya.

Bagi pendaki profesional, mempersiapkan perlengkapan naik gunung pastinya bukan hal yang sulit. Namun, untuk pendaki pemula tentunya memerlukan informasi lebih untuk mengetahui apa saja perlengkapan naik gunung yang dibutuhkan.

Perlengkapan Naik Gunung yang Tidak Boleh Ketinggalan

Jika anda seorang pendaki pemula dan ingin melakukan pendakian dalam waktu dekat, silahkan simak beberapa perlengkapan naik gunung yang perlu anda persiapkan berikut ini.

1. Tas Gunung

Perlengkapan naik gunung yang paling utama adalah tas gunung. Tak seperti tas biasa, tas gunung di desain sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan untuk kegiatan naik gunung.

Tas gunung tak hanya mampu menampung berbagai keperluan pendakian, namun dengan menggunakan tas gunung, beban yang dibawa dapat dipikul secara merata oleh tubuh.

Memakai tas khusus seperti ini tentunya akan membuat pendaki menjadi lebih nyaman dan hemat energi. Tak heran jika banyak para pendaki yang membawa tas besar tapi tetap mampu memikulnya dengan santai bahkan pada tanjakan yang terjal sekalipun.

Tas gunung biasanya juga dilengkapi dengan kantung atau sekat yang sangat berguna untuk menaruh dan mengambil berbagai macam barang bawaan.

Sudah banyak sekali merek-merek tas gunung yang beredar di pasaran seperti Deuter, The North Face, Karrimor, Eiger, alpine, Consina dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tas Gunung juga memiliki berbagai ukuran sesuai dengan kapasitasnya. Silahkan pilih ukuran tas gunung yang sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Tenda

Selain tas gunung, perlengkapan naik gunung lainnya yang sangat dibutuhkan adalah tenda. Jenis tenda yang dapat digunakan untuk keperluan naik gunung juga sangat beragam. Mulai dari ukuran, kapasitas hingga model dan beratnya.

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sebuah tenda, yaitu kekokohan, berat, dan kualitas bahannya dalam menahan udara dingin dan angin yang kencang.

Adapun merek Tenda yang banyak beredar di pasaran yaitu Montana, Lafume, Eiger, Bestway, Rei dan sebagainya.

3. Sleeping Bag

Perlengkapan berikutnya yang juga harus disiapkan adalah sleeping bag. Sleeping bag sangat berguna untuk menghangatkan tubuh saat beristirahat.

Walaupun anda memakai Tenda untuk beristirahat, namun itu belum cukup untuk mengusir dinginnya udara malam di pegunungan.

Sebelum memutuskan untuk membeli sleeping bag, ada 2 hal yang perlu anda perhatikan, yaitu ukuran dan kualitas bahannya.

Pastikan anda memilih sleeping bag yang sesuai dengan ukuran tubuh anda, karena sleeping bag yang besar belum tentu mampu melindungi anda dari hawa dingin.

Begitu juga dengan bahan, pastikan anda membeli sleeping bag dengan kualitas bahan yang bagus dan hangat.

4. Matras

Setelah sleeping bag, anda juga membutuhkan matras sebagai perlengkapan naik gunung. Matras biasanya digunakan sebagai alas untuk tidur atau sekedar sebagai alas duduk untuk menikmati suasana pegunungan di luar tenda.

Model matras juga sangat beragam, begitu juga dengan bahan dasarnya. Anda bisa memilih matras yang berbahan karet ataupun yang terbuat dari aluminium foil.

5. Decker

Decker merupakan salah satu perlengkapan naik gunung yang digunakan untuk melindungi lutut. Decker berfungsi mengurangi beban lutut ketika mendaki sehingga dapat mengurangi risiko cedera pada lutut.

Namun, decker yang digunakan untuk mendaki tidak berbahan keras seperti yang digunakan pada dunia otomotif. Decker yang digunakan disini berbahan dasar kain yang elastis dan lembut.

6. Gaiter

Perlengkapan naik gunung yang satu ini masih berhubungan dengan ekstremitas bawah. Gaiter biasanya digunakan diluar sepatu hingga tungkai kaki. Gaiter umumnya dari polyester atau kain.

Gaiter berfungsi untuk menghalangi masuknya batu atau pasir ke dalam sepatu sekaligus melindungi tungkai kaki dibawah lutut.

7. Trekking Pole

Trekking pole juga merupakan perlengkapan naik gunung yang wajib disiapkan. Trekking pole sangat berguna saat anda melewati medan yang cukup sulit.

Sebaiknya gunakan trekking pole yang berbahan aluminium karena memiliki ketahanan yang lebih kuat daripada yang terbuat dari karbon.

Trekking pole yang digunakan juga harus sesuai dengan postur tubuh anda agar fungsinya lebih maksimal. Selain itu, bentuk pegangan trekking pole juga perlu diperhatikan. Pastikan anda membeli trekking pole yang nyaman saat genggam.

Pilih juga trekking pole yang mempunyai cadangan spare part sehingga memudahkan anda untuk memperbaikinya jika terjadi kerusakan.

8. Sepatu Gunung

Sebelum memutuskan untuk pergi mendaki, setidaknya anda harus mempunyai sepatu atau sandal gunung. Kita tidak bisa memakai sembarang alas kaki mengingat banyak medan sulit yang akan dilalui di pegunungan.

Mulai dari semak belukar, bebatuan, pasir, genangan air, hingga lumpur. Untuk itu, sebaiknya anda menyiapkan sepatu gunung agar lebih mudah menjelajahi berbagai medan, jika perlu gunakan sepatu gunung yang waterproof.

Selain menyiapkan sepatu, anda juga memerlukan sepasang sandal gunung sebagai cadangan. Merek sepatu gunung yang terkenal diantaranya yaitu Karrimor, North Face, Hi-tech, Rei, dan Merrel.

9. Jaket

Jaket adalah perlengkapan naik gunung yang tidak boleh dilewatkan. Gunanya tentu saja untuk menetralisir udara dingin di pegunungan dan mencegah hipotermia.

Pilihlah jaket yang berbahan tebal dan berkualitas. Anda bisa memakainya langsung di awal pendakian, atau menyimpannya di ransel.

10. Jas Hujan

Selain jaket, jas hujan juga perlu disiapkan sebelum memulai pendakian. Jas hujan sangat berguna untuk mengantisipasi kalau kalau hujan mendadak turun hujan, karena cuaca di pegunungan tidak bisa diprediksi.

Dengan adanya jas hujan, barang bawaan akan tetap kering meskipun turun hujan. Tak hanya itu, dalam kondisi darurat, jas hujan juga bisa digunakan untuk membuat bivak.

Agar lebih maksimal, bawalah jas hujan yang modelnya lebar, bukan jas hujan yang sepasang dengan celana.

11. Peralatan Memasak

Memang agak repot rasanya jika mendaki sambil membawa peralatan masak. Tapi mau bagaimana lagi, kita tidak mungkin berharap ada yang berjualan makanan di tengah-tengah gunung bukan?

Agar lebih praktis, bawalah peralatan masak yang benar-benar penting, misalnya kompor dan kuali/panci.

Namun, pertimbangkan juga ukuran peralatan masak yang akan dibawa, jangan membawa yang ukurannya terlalu besar karena hanya akan menyusahkan saat pendakian. Untuk kompor, cukup gunakan kompor portable berukuran mini.

12. Peralatan Makan

Perlengkapan lainnya yang juga harus dibawa saat mendaki yaitu peralatan makan. Bawalah peralatan makan seperlunya saja, seperti piring, gelas, sendok atau mangkuk.

Agar lebih praktis, sebaiknya bawa peralatan makan berukuran kecil dan terbuat dari plastik.

13. Senter atau Headlamp

Senter atau headlamp juga merupakan perlengkapan naik gunung yang sangat perlu untuk dibawa. Saat malam hari, kawasan gunung biasanya sangat gelap, hampir tidak ada lampu penerang sama sekali.

Inilah mengapa anda harus menyiapkan senter atau headlamp didalam tas gunung anda. Jangan lupa untuk membawa baterai cadangan, jika perlu bawa juga senter cadangan berukuran kecil.

14. Peralatan Navigasi

Perlengkapan naik gunung yang satu ini memang sangat penting untuk dibawa saat mendaki. Apalagi jika anda baru pertama kali melakukan pendakian di suatu gunung.

Peralatan navigasi sangat penting untuk membantu anda menentukan arah trek yang benar, bahkan saat tersesat. Peralatan navigasi yang bisa anda bawa diantaranya peta, kompas hingga GPS.

15. Sarung Tangan

Sarung tangan juga sangat penting untuk dipersiapkan sebelum mendaki. Sarung tangan memiliki fungsi untuk melindungi tangan dari gesekan, goresan bahkan gigitan serangga atau hewan kecil saat melewati semak-semak.

Tak hanya itu, sarung tangan juga bisa menjadi penghangat saat cuaca menjadi sangat dingin. Karena jari-jari tangan adalah bagian tubuh yang cukup sensitif terhadap suhu dingin.

Agar lebih nyaman, sebaiknya anda membawa dua pasang sarung tangan. Yang satu berbahan tebal dan digunakan saat melewati semak belukar atau trek bebatuan. Dan yang satu lagi berbahan lembut yang bisa digunakan saat hendak tidur malam.

16. Rain Cover

Rain cover bisa digunakan sebagai alternatif mantel lebar untuk melindungi tas saat hujan turun. Perlengkapan naik gunung yang satu ini biasanya diproduksi dengan berbagai ukuran.

Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran rain cover dengan ukuran tas gunung anda. Namun, rain cover juga ada yang didapatkan secara langsung saat pembelian tas gunung.

17. Masker

Membawa masker saat hendak mendaki gunung juga sangat penting. Karena ada beberapa gunung dengan trek yang berpasir dan berdebu.

Trek yang seperti itu pastinya akan berdampak buruk terhadap saluran pernapasan. Masker juga bisa melindungi bagian hidung dan bibir dari suhu dingin.

18. Kupluk

Selain masker, anda juga perlu menggunakan kupluk saat pendakian. Kupluk ini selain digunakan sebagai penutup kepala juga sangat efektif untuk menetralisir hawa dingin di bagian telinga.

19. Kaos Kaki

Saat memutuskan untuk mendaki gunung, jangan lupa juga untuk menyiapkan kaos kaki. Jari-jari kaki yang rentan terhadap dingin akan tetap hangat jika mengenakan kaos kaki, terutama saat istirahat malam.

20. Trash Bag

Jangan jadikan pendakian sebagai alasan untuk membuang sampah sembarangan. Bawalah trash bag untuk mengumpulkan sampah-sampah sisa makanan. Trash bag juga bisa digunakan untuk melapisi bagian dalam tas agar tetap kering.

21. Pakaian Ganti

Membawa pakaian ganti sangat penting untuk mengantisipasi jika pakaian anda lembab atau basah. Dengan membawa pakaian ganti, tubuh anda akan tetap hangat dan lebih segar.

Namun, jangan membawa pakaian ganti terlalu banyak, cukup sesuaikan dengan lamanya mendaki.

Agar lebih nyaman, sebaiknya anda membawa pakaian ganti yang berbahan ringan dan mudah kering.

22. Obat-Obatan

Satu lagi yang wajib anda bawa saat melakukan pendakian, yaitu obat-obatan. Terutama jika anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti alergi atau penyakit lainnya. Obat-obatan umum yang perlu dibawa saat mendaki antara lain minyak kayu putih, p3k, balsem, gula merah dan sebagainya.

Perlengkapan naik gunung memang harus benar-benar dipersiapkan sebelum anda memutuskan untuk mendaki. Namun, anda juga perlu menyiapkan fisik dan mental agar kegiatan mendaki anda berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Komentar disini