10 Peninggalan Kerajaan Singasari Beserta Penjelasannya Lengkap

peninggalan kerajaan Singasari

Kalimat.ID – Mempelajari sejarah memang penting sekali bagi kita terlebih untuk menambah pengetahuan kita. Sekarang ini kita akan membahas tentang peninggalan kerajaan Singasari dan beragam hal tentang kerajaan tersebut.

Memang ada banyak sekali kerajaan yang sudah berdiri di pulau Jawa ini. Namun kali ini pembahasan kita sampai pada kerajaan Singosari. Semua tentang kerajaan tersebut akan di ulas lebih meluas di sini.

Di Indonesia memang ada banyak kerajaan yang sudah terkenal bahkan mempunyai peninggalan sejarah yang patut di kenang dan juga di abadikan. Kerajaan Singasari menjadi salah satu kerajaan yang sudah sukses mampu menguasai seluruh pulau Jawa bahkan sampai ke bagian luar Jawa sekalipun. Ada sebutan lain dari kerajaan tersebut yakni kerjaan Tumapel bahkan berdirinya kerajaan tersebut pada tahun 1222.

Dulunya kerajaan Singasari ini menjadi bagian dari kerajaan Kediri. Tetapi saat Tunggul Ametung terbunuh oleh Ken Arok akhirnya keraaan pun kini di kuasai olehnya. Meskipun Ken Arok sudah diangkat menjadi seorang abdi setia namun kebutaan akan rasa sukanya Ken Arok kepada Kendedes membuat dirinya berani membunuh Tunggul Ametung.

Kecantikan yang dimiliki Ken Dedes memang mampu memikat hati Ken Arok. Dari keinginan tersebut akhirnya Ken Arok begitu tega membutuh Tunggul Ametung.

Ketika itu Ken Arok pun membuat sebuah keris pada seseorang bernama Mpu Gandring dimana senjata tersebut begitu sakti sekali. Namun naas ketidak sabaran dari Ken Arok ini justru membuatnya membunuh Mpu Gandring.

Ketika Ken Arok ini sudah berhasil menjadi akuwu baru akhirnya ia pun memilih menemani Ken Dedes bahkan berusaha melepaskan Tumapel. Saat itu sebuah peperangan pun teerjadi antara kaum Brahmana, kerajaan Kediri bahkan juga Ken Arok.

Peperangan pun akhirnya di menangkan oleh Ken Arok yang akhirnya beliau di nobatkan menjadi raja pertama yang berasal dari kerajaan Tumapel yang lebih dikenal dengan Kerajaan Singasari.

Silsilah dari Kerajaan Singosari

Perlu anda ketahui bahwa pendiri dari kerajaan Singosari ini adalah Ken Arok. Beliau ini sejujurnya hanyalah seorang anak petani asal Gunung Kawi. Tetapi Ken Arok di asuh oleh seorang pencuri hingga akhirnya ia di didik dengan kelicikan dan juga kejahatan.

Bahkan pernikahan Ken Arok dengan Ken Dedes ini memperoleh banyak kontroversi. Dulunya kerajaan Singosari ini di pimpin oleh Anusapati sejak tahun 1227 sampai dengan 1248. Namun saat pemerintahannya tiada yang namanya pembaharuan.

Hingga akhirnya kekuasaan pun akhirnya jatuh ke tangan Tohjaya. Perebutan kekuasaan ini pun harus melewati tragedi pembunuhan Anusapati. Tohjaya pun berkuasa dalam waktu yang tidak lama.

Hingga akhirnya kekuasaan jatuh ketangan Kartanegara yang mampu menjadikan kerajaan Singosari berada pada masa jayanya. Kejayaan kerajaan Singosari memang berada di tangan seorang raja bernama Kartanegara.

Dari sini kita pun patut menghargai semua pengorbanannya dalam memajukan kerajaan Singosari. Tanpa beliau kerajaan Singosari semakin runtuh bahkan tiada perubahan yang mengarah pada pembangunan.

Masa Kejayaan dari Kerajaan Singosari

Dari sekian banyak raja yang sudah memerintah kerajaan Singosari. Ada salah satu raja yang mampu membawanya mencapai puncak kejayaan yakni raja Kartanegara. Saat beliau menjabat sebagai raja, ada banyak sekali pembaruan maupun pembangunan yang terjadi di Singosari. Saat itu Kartanegara pun mulai mengutus 3 orang menteri yakni I Halu, I hino dan I sirikan dimana ketiganya di tempatkan pada bidangnya masing-masing.

Bahkan seorang raja Kartanegara ini tidak merasa ragu untuk penggantian jabatan apabila ada salah satu pejabat yang di nilai kurang berkualitas atau tidak sesuai dengan harapannya.

Kualitas sang raja pun terlihat ketika beliau menjalin hubungan persahabatan dengan kerajaan besar yang lainnya. Hal ini pastinya bisa tingkatkan koneksinya. Berkat beliau , kerajaan Singosari berhasil menjadi kerajaan yang terkuat bukan hanya dalam bidang perdagangan namun juga bidang militer sekalipun.

Masa Keruntuhan dari Kerajaan Singosari

Siapa sangka meskipun kerajaan Singosari pernah berada pada masa kejayaannya. Kini masa keruntuhan pun harus terjadi pasca raja Kartanegara ini gugur dalam sebuah peperangan dan wafat. Peperangan yang terjadi pada saat itu di pimpin oleh Jayakatwang dimana beliau ini memang seorang mantu dari sang raja yang memiliki nama Raden Wijaya.

Hingga akhirnya tahun 1293 seorang raja bernama Raden Wijaya pun berpikiran untuk melakukan balas dendam atas kematian keluarga dari mertuanya. Ia pun sengaja memanfaatkan mereka pasukan Mongol dan mengirimkan mereka ke Jawa. Karena Raden Wijaya ini begitu lihai maka beliau pun berhasil mengusir pasukan Mongol dan keluar dari Tanah Jawa.

Berkat kemenangan yang diraih akhirya Raden Wijaya ini membangun semuanya dari bawah dengan nama kerajaan Majapahit. Kerajaan tersebut pun akhirnya mempromosikan dirinya sebagai kelanjutan dari dinasti Ken Arok.

Peninggalan Sejarah dari Kerajaan Singosari

Setelah kita mengenal lebih jauh tentang kerajaan Singosari mulai dari silsilahnya bahkan juga masa kejayaan maupun masa keruntuhannya. Sekarang sudah saatnya kita perlu mengerti apa saja peninggalan kerajaan Singasari ini. Ternyata ada lumayan banyak peninggalan sejarah yang perlu anda ketahui.

Jika anda merasa penasaran sekali dengan peninggalan kerajaan Singasari, marilah kita bahas satu persatu apa saja peninggalan dari kerajaan tersebut. Peninggalan sejarah kerajaan Singosari yakni sebagai berikut:

1. Candi Singasari

peninggalan kerajaan Singasari berupa candi
image by: allesgroen

Peninggalan kerajaan Singasari yang perlu anda ketahui yakni Candi Singosari. Candi tersebut berada di Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur. Candi ini berada di antara lembah gunung Arjuna dan juga gunung Tengger.

Daerah tersebut menjadi daerah pendarmaan dari raja yang sudah menduduki kekuasaan sebagai raja kerajaan Singosari. Candi yang pertama ini harus anda ketahui bahkan anda kenal. Apalagi lokasinya juga tak jauh hanya berada di kota Malang. Sehingga anda bisa menyaksikan dengan langsung keberadaan dari candi tersebut.

2. Candi Jago

peninggalan kerajaan Singasari candi jago

Peninggalan kerajaan Singasari yang selanjutnya tentu saja Candi Jago. Candi yang satu ini berada di kec. Tumpang, Malang, Jawa Timur. Konon candi jago ini terbuat dari sebuah batu andesit yang sudah di susun layaknya teras punden berundak-undak dengan segala keunikannya.

Keunikan dari candi jago ini bisa anda lihat dari pecahan atas candi yang telah terpenggal bahkan hanya tersisa sebagiannya saja. Menurut mitos yang sudah berkembang, terpenggalnya bagian atap candi ini dikarenakan petir yang menyambar.

Menurut mereka para ahli, candi tersebut didirikan saat masa pemerintahan raja Kartanegara. Candi jago menjadi sebuah bentuk penghormatan kepada sang raja yang bernama Wisnuwardhana yang akhirnya beliau meninggal dunia pada tahun 1268.

3. Candi Sumberawan

peninggalan kerajaan Singasari candi Sumberawan
image by: ngalam.co

Candi Sumberawan menjadi salah satu peninggalan kerajaan Singasari dengan bentuk stupa yang berada di desa Toyomarto, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur . Dulunya candi yang satu ini sering sekali dipergunakan sebagai tempat ibadah bagi mereka umat Budha.

Candi Sumberawan ini pun di dirikan pada masa yang ke 14 Masehi. Pemandangan indah pun bisa kita saksikan di sekitar candi tersebut. Menariknya lagi candi ini juga menjadi salah satu candi yang menjadi wisata andalan yang ada pada kabupaten Malang.

4. Candi Jawi

candi jawi

Memang ada banyak peninggalan kerajaan Singasari yang berupa candi. Tak ketinggalan candi Jawi ternyata menjadi salah satu peninggalan sejarah dari kerajaan tersebut. Candi yang satu ini berada di desa Wates, Kec. Prigen, Pasuruan.

Candi ini tepatnya berada di kaki Gunung Welirang dimana tempat tersebut menjadi salah satu daerah penyimpanan bubuk mendiang seorang raja Singosari terakhir bernama Prabu Kartanegara. Pada bagian dinding candi pun anda bisa mendapati sebuah relief hasil pahatan.

5. Candi Kidal

candi kidal

Ada lagi peninggalan kerajaan Singasari yang berupa candi yakni candi Kidal. Candi tersebut berada di desa Rejokidal, Kec. Tumpang, Malang. Perkiraannya candi tersebut pada pertengahan yang ke 13 Masehi. Di mana candi tersebut sebagai sebuah penghormatan atas jasa besar yang sudah dilakukan oleh Anusapati. Dimana Anusapati ini sudah memerintah kerajaan Singosari mulai dari tahun 1227 sampai dengan tahun 1248.

6. Prasasti Mula Malurung

Prasasti Mula Malurung
image by: situsbudaya.id

Bukan hanya candi saja yang terkenal sebagai peninggalan kerajaan Singasari. Namun ternyata ada pula peninggalan sejarah berupa prasasti. Salah satunya tentu saja Prasasti Mula Malurung. Prasasti tersebut menjadi salah satu prasasti berupa lempengan tembaga. Ada kira-kira sebanyak 10 lempengan yang mampu menjelaskan sebuah wacana.

7. Arca Dwarapala

Arca Dwarapala
image by: ngalam.co

Arca yang satu ini tentu saja menjadi sebuah patung monster berukuran besar yang ada pada masa silam sebagai bukti masuk dalam wilayah Kotaraja. Tetapi batasan wilayah tersebut sampai saat ini pun masih belum di ketahui dengan pasti.

8. Prasasti Singasari

Prasasti Singosari

Ada lagi prasasti yang di kenal sebagai prasasti peninggalan kerajaan Singasari yakni prasasti Singosari. Prasasti tersebut tepatnya berada di desa Singosari, Malang. Prasasti dengan tulisan aksara jawa tersebut sekarang ini tersimpan dalam Museum Gajah. Pembuatan prasasti itu pun di khususkan sebagai peringatan atas pembangunan sebuah candi pemakaman atau lebih dikenal dengan nama caitya.

9. Prasasti Manjusri

prasasti manjusri

Prasasti Manjusri ini adalah manuskrip kuno yang sudah di pahat pada pecahan belakang arca Manjusri. Prasasti tersebut di bangun pada tahun 1343 yang awalnya di temui di sekitaran reruntuhan candi jago. Hanya saja akhirnya di pindahkan lagi menuju ke Museum Nasional yang berada di Jakarta.

Dalam prasasti Manjusri ini sudah menjelaskan tentang sebuah wahana penghormatan kepada keluarga dalam kerajaan. Jadi anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang prasasti tersebut bisa mengunjungi Museum Nasional. Di sana anda bisa melihat secara langsung prasasti tersebut dimana prasasti ini hasil peninggalan sejarah dari kerajaan Singosari.

10. Prasasti Wurare

Prasasti Wurare

Ada lagi peninggalan kerajaan Singasari yang berupa prasasti yakni prasasti Wurare. Prasasti tersebut di bentuk dengan tujuan sebagai peringatan atas penobatan arca Mahaksobhya pada daerah yang memperoleh julukan Wurare. Manuskrip yang berada pada prasasti tersebut bertarikh 1289 Masehi. Dimana terpahatkan dalam sebuah arca yang melambangkan sebuah penghormatan raja Kertanegara.

Itulah tadi sekilas pembahasan mengenai kerajaan Singosari bahkan ada penjelasan tentang peninggalan kerajaan Singasari beserta dengan penjelasannya. Peninggalannya memang ada yang berupa candi, prasasti bahkan juga arca sekalipun. Dari sekian banyak peninggalan sejarahnya ini mempunyai arti tersendiri. Jadi kita yang ingin mempelajari sejarah tentu saja harus mengerti akan hal tersebut.

Mempelajari sejarah lebih jauh memang penting sekali bagi kita. Hal ini untuk memperluas pengetahuan kita tentang kerajaan Singasari mulai dari berdirinya masa kejayaan dan masa keruntuhannya bahkan siapa saja raja yang telah berhasil menduduki kekuasaan dalam kerajaan tersebut.