Pengertian Wawasan Nusantara: Latar Belakang, Hakikat, Asas dan Konsep

Pengertian Wawasan Nusantara
Pengertian Wawasan Nusantara

Kalimat ID – Pengertian Wawasan Nusantara, Perlu anda ketahui jika pengertian dari wawasan nusantara adalah cara pandang pada bangsa Indonesia menggunakan orientasi menjaga persatuan maupun kesatuan dalam mencapai tujuan nasionalnya.

Sebetulnya pengertiannya ini telah hadir dalam berbagai macam versi yang menarik. Sepertinya anda tidak perlu mengambil pusing terkait dengan pengertian wawasan nusantara. Dimana secara singkatnya bisa kita artikan tentang pengetahuan mengenai Indonesia.

Pastinya anda sudah mengerti jika pengertiannya sangat bervariasi sekali. Dalam sebuah dokumen hasil ketetapan dari MPR tahun 1999 ternyata pengertian wawasan nusantara ini adalah cara pandang maupun sikap dari bangsa Indonesia terkait diri maupun lingkungannya. Persatuan dan juga kesatuan bangsa sangat diutamakan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara hingga tercapai tujuan nasional.

Tak bisa dipungkiri lagi jika pembahasan mengenai wawasan nusantara ini terbilang penting sekali untuk dipelajari oleh warga Indonesia terlebih para pelajarnya. Tentunya pelajar Indonesia perlu diperkenalkan sejak dini.

Hal ini tak lain tujuannya hanya untuk menanamkan jiwa nasionalisme pada semua warga negara Indonesia. Tentu saja wawasan tersebut merupakan hasil aspirasi bangsa Indonesia yang bermartabat, merdeka bahkan juga berdaulat.

Latar Belakang Pengertian Wawasan Nusantara

pengertian wawasan nusantara
image by: cloudfront.net

Tentunya sebuah wawasan nusantara ini bukan muncul begitu saja melainkan sudah dirancang sebaik mungkin. Hal ini dilakukan hanya untuk memberikan pengertian untuk bangsa Indonesia yang mana sudah menjadi negara berdaulat serta merdeka. Jika kiat melihatnya dari segi geografisnya tentu saja Indonesia menjadi salah satu negara besar.

Dimana negara tersebut mempunyai 17.000 pulau baik yang kecil maupun besar sekalipun. Apalagi penduduk Indonesia ini mempunyai beragam suku bangsa yang mana telah tersebar hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Penduduk Indonesia yang terbilang banyak tentunya akan menghadirkan begitu banyak dampak bagus bagi bangsa Indonesia. Jika pendidikan maupun kesehatan terjamin maka pengembangan sumber daya manusia pun bisa berjalan dengan baik.

Tentunya sumber daya alam ini akan memberikan banyak manfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Kali ini anda juga perlu mengerti jika wawasan nusantara ini sudah dilatar belakangi dengan beragam aspek. Dimana aspek tersebut diantaranya:

1. Falsafah Pancasila. Dimana anda tentunya sudah mengerti jika pancasila menjadi dasar dalam terwujudnya wawasan nusantara. Dimana hal ini berasal dari nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Tentunya anda perlu mengerti jika nilainya ini meliputi:
• Penerapan hak asasi manusia yang mana termasuk dalam menjalankan ibadah sesuai agamanya yang dianut.
• Lebih mengutamakan kepentingn masyarakat dibandingkan kepentingan peribadi maupun golongan.
• Dalam pengambilan keputusan ternyata atas musyawarah bersama.

2. Aspek kewilayahan nusantara dimana aspek tersebut ada kaitannya dengan pengaruh geografi yang ada dikarenakan Indonesia begitu kaya akan sumber daya alam maupun suku bangsa.

3. Aspek social budaya dimana aspek yang satu ini bisa terjadi dikarenakan bangsa Indonesia mempunyai beragam suku bangsa dimana secara keseluruhan mempunyai bahasa, adat istiadat, agama maupun kepercayaan berbeda-beda. Hal ini menjadikan tata kehidupan nasional mempunyai interaksi antar golongan. Ternyata hal ini menyebabkan permasalahan yang terbilang besar dari adanya keberagaman budaya.

4. Aspek sejarah biasanya lebih mengacu mengenai aspek sejarah. Hal ini dikarenakan Indonesia mempunyai beragam pengalaman sejarah yang mana tidak akan terulang namanya perpecahan bangsa maupun negara Indonesia. Dimana kemerdekaan ini bisa diperoleh menurut hasil semangat dari persatuan maupun kesatuan bangsa Indonesia. Sehingga harus dipertahankan demi persatuan negara bahkan juga mampu menjaga wilayah Indonesia.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai latar belakang wawasan nusantara yang perlu anda ketahui. Semoga saja dengan penjelasan yang telah tersedia mampu memperluas pengetahuan anda mengenai bab tersebut. Apalagi bagi anda yang belum mengerti mungkin merasa penasaran dengan beragam hal yang sudah melatarbelakangi adanya wawasan nusantara ini.

Ketika kita sudah membaca sekilas mengenai definisinya maka anda pun mengerti jika Indonesia memang tidak berwajah tunggal. Indonesia hadir dengan beragam aspek. Dimana semuanya saling bersatu menjadi bangsa Indonesia.

Mengenal Hakikat Wawasan Nusantara

Tentu saja anda harus mengerti jika hakikatnya masyarakat Indonesia ini secara menyeluruh merupakan tulang punggung suatu keberagaman bahkan juga menjadi kesatuan bangsa Indonesia. Inilah mengapa masyarakat sering dihimbau supaya mempunyai pengetahuan terkait dengan bangsanya. Selain itu mereka juga harus mampu memandang adanya kesatuan maupun keberagaman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Posisi masyarakat kali ini masuk dalam aparatur negara yang mempunyai sebuah wewenang dalam menjalankan pemerintahan. Dengan begitu maka cara berpikiran, sikap maupun tindakan dari masyarakat Indonesia secara menyeluruh perlu berorientasi pada kepentingan negara. Dimana kepentingan tersebut memang ada kaitannya dengan kesatuan maupun keutuhan dari wilayah nasional.

Asas Dari Wawasan Nusantara

Berbicara mengenai asas pastinya ada kaitannya dengan kaidah dasar yang mana perlu anda patuhi, sepakati maupun pelihara demi tujuan bersama. Apabila asas ini anda abaikan begitu saja maka tujuan kehidupan dalam berbangsa maupun bernegara bakalan terabaikan. Kini asas tersebut terbagi dalam berbagai macam jenisnya yakni:

Kepentingan yang terbilang sama yakni dalam satu orientasi. Pada masa penjajahan, kepentingan rakyat Indonesia tentu saja dengan mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Saat ini kepentingan tersebut juga perlu disepakati bersama demi keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.

Keadilan merupakan hasil sebuah kerja keras yang terbilang proporsional. Dimana distribusi maupun retribusi dari kekayaan negara nantinya akan dibagikan secara adil demi memakmurkan semua rakyatnya.

Kejujuran merupakan kesesuaian yang ada antara tindakan maupun kata-kata. Rakyat kecil pastinya tidak akan menipu semua rakyat kecil yang lain. Dimana pemerintah tentu saja tidak bakalan menipu rakyat.

Solidaritas merupakan empati maupun simpati guna menjaga adanya persatuan maupun kesatuan nasional. Pada level tertinggi tentunya wujud dari solidaritas ini dengan mengekspresikannya melalui pengorbanan membela negaranya.

Kerja sama merupakan bekerja sama dengan strategis demi pencapaian tujuan nasional. Tentu saja hal ini nantinya akan melibatkan beragam golongan yang mana meleburkan kelompok mayoritas dengan minoritas.

Kesetiaan adalah loyalitas yang terjalin atas semua kesepakatan nasional. Dimana kesepakatan tersebut ternyata sudah terjali sejak negara Indonesia berdiri. Kesetiaan ini seakan diartikan sebagai loyalitas terhadap nilai ideologi pancasila sebagai dasar negaranya.

Dengan semua asas yang telah diterapkan ini seakan memperkuat rasa persatuan maupun kesatuan negara Indonesia. Dengan menerapkan semua asas yang ada maka keadaan Indonesia akan selalu terjaga. Tiada lagi perpecahan yang hadir karena semua asas yang ada diterapkan sebaik mungkin.

Wawasan nusantara yang berperan sebagai wawasan nasional ini memang mempunyai kedudukan dalam hati masyarakat Indonesia. Gambaran idealnya memang seperti demikian. Dimana banyak sekali dari masyarakat sekaligus pemerintah yang merasa keblinger. Kedudukannya semestinya sudah sesuai dengan landasan dasar yang bisa menopang sebuah visi nasional.

Fungsi dari hal tersebut tak lain dipergunakan sebagai sumber panduan motivasi, maupun inspirasi semua sikap sekaligus tindakan yang dilakukan semua elemen bangsa. Termasuk dengan pemerintah maupun masyarakat hanya untuk memelihara adanya kesatuan maupun keberagaman demi terciptanya sebuah tujuan nasional.

Tujuan dari wawasan nusantara ini tentunya juga mampu menumbuhkan adanya jiwa manusia Indonesia yang mampu cinta tanah airnya. Jiwa nasionalis pun sekarang ini mampu diekspresikan dengan cara mementingkan kepentingan bangsa dan negara dibandingkan kepentingan pribadinya. Dengan hal ini maka nasionalisme pun bukan hanya sebatas nasionalisme yang menjadi hasil indoktrinas. Tetapi nasionalisme ini memang mengandung beragam pengetahuan social yang terbilang begitu kuat.

Contoh Dari Konsep Pemahaman Mengenai Wawasan Nusantara

Tentunya tersedia dua konsep dasar mengenai pengertian wawasan nusantara. Dimana pertama seringkali disebut dengan Trigatra sedangkan kedua disebut Pancagatra. Trigatra ini sudah terbagi menjadi demografis, geografis, maupun strategis.

Sedangkan untuk Pancagatra terdiri dari politik, ideologi, social budaya, ekonomi maupun keamanan dan pertahanan. Untuk lebih jelasnya sebaiknya simak uraiannya berikut ini:

Geografis adalah pengetahuan terkait dengan lokasi Indonesia yang berada dalam dua samudera maupun dua benua. Pengetahuan tersebut termasuk pula dengan wilayah Indonesia yang kini menjadi wilayah kepulauan.

Demografis menjadi pengetahuan terkait dengan komposisi, jumlah maupun distribusi dari penduduk Indonesia. Dimana hal tersebut sudah tersebar sampai ke seluruh nusantara termasuk dengan dunia dengan adanya komunitas diaspora.

Strategis adalah pengetahuan terkait dengan kekayaan sumber daya alam yang mana telah terbentang secara horizontal maupun vertical. Termasuk dari atmosfer sampai dengan dasar laut. Selain itu juga dari Sabang hingga ke Merauke.

Ideologi adalah pengetahuan lebih mendalam serta menyeluruh mengenai Pancasila termasuk dengan butir-butir, makna, nilai-nilai serta implementasinya.

Politik merupakan pengetahuan terkait dengan kebijakan public maupun relasi kekuasaan yang mana suda dibuat oleh orang yang mempunyai sebuah jabatan.

Ekonomi merupakan salah satu pengetahuan yang mana ada kaitannya dengan pengelolaan sumber daya untuk dipergunakan sebagai komoditas. Tentunya komoditas ini nanti bisa dinikmati secara adil demi kemakmuran rakyatnya.

Sosial budaya merupakan pengetahuan terkait dengan beragam budaya sekaligus nilainya yang mana terbentuk dalam kesatuan bangsa Indonesia.

Pertahanan serta keamanan merupakan pengetahuan terkait dengan betapa pentingnya menjaga sebuah keutuhan negara Indonesa dari beragam ancaman baik dari dalam maupun luar negeri.

Dari sini yang perlu anda mengerti tentu saja antara Pancagatra sekaligus Trigatra tidak mampu berdiri dengan sendirinya. Keduanya mempunyai hubungan begitu erat sekali.

Apabila kita menerjemahkan keduanya dalam suatu istilah lain. Trigatra ini merupakan pengetahuan alam sedangkan untuk Pancagatra terkait dengan pengetahuan social. Seperti yang telah disampaikan tadi jika pengertian wawasan nusantara ini adalah cara pandang maupun pengetahuan menyeluruh mengenai bangsa Indonesia. Bisa dikatakan wawasan nusantara ini mempunyai pengetahuan maupun pandangan secara menyeluruh untuk bangsa Indonesia.

Dengan beragam uraian yang telah tersedia termasuk dalam hal pengertian wawasan nusantara ini semoga saja membuat anda lebih mengenal negara Indonesia. Dimana semuanya berjalan dengan baik berkat kerja sama hingga persatuan maupun kesatuan negara terwujudkan.

Meskipun keberagaman adat maupun istiadat ternyata tak menyurutkan mereka untuk bersatu hingga mencapai tujuan yang diinginkan. Semoga saja ulasan yang telah tersedia mampu membuat pengetahuan anda mengenai nusantara semakin meluas.

Hingga apa yang menjadikan anda penasaran terjawab dengan sendirinya berkat ulasan yang ada. Karena bagaimana pun juga kita sebagai bangsa Indonesia harus paham betul tentang wawasan nusantara.

Komentar disini