Pengertian Mind Mapping: Jenis, Manfaat, Kelebihan dan Keunggulan

•

Kalimat.ID – Pengertian Mind Mapping – Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah Mind Mapping? Kalaupun sudah, apakah sudah mengerti apa itu Pengertian Mind Mapping? Jenis – jenisnya ? Manfaat Mind Mapping ? Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping? Cara Membuat Mind Mapping?

Seperti apa yang Anda ketahui bahwa Mind Mapping merupakan sebuah metode untuk mengelola informasi secara menyeluruh melalui pemetaan pikiran berbentuk percabangan yang dituangkan langsung ke dalam media tulis entah dari digital maupun kertas.

Metode yang biasa digunakan oleh manusia untuk memaksimalkan potensi otak dengan menggunakan fungsi dari otak kiri dan otak kanan. Pertama kali metode ini diperkenalkan oleh para ahli yaitu Tony Buzan pada tahun 1974.

Barangkali mungkin masih ada yang masih awam sekali dalam mengenal istilah Mind Mapping. Pengertian Mind Mapping secara umum bahwa sesuatu cara dalam mencatat gagasan ide pokok langsung dengan menulis melalui digital ataupun dalam bentuk kertas. Dimana otak manusia sebelah kiri dan kanan akan berkolaborasi kerja sama dalam menuangkan ide – ide tersebut di tuliskan melalui media apapun.

Untuk memperdalam pengetahuanmu tentang Pengertian Mind Mapping itu apa? Saya, akan menjelaskan bahwa Mind Mapping sendiri ini mempunyai artian yang sangat luas. Kesempatan kali ini akan membahas lengkap tentang Pengertian Mind Mapping menurut para ahli, Jenis – Jenis Mind Mapping, Manfaat Mind Mapping, serta Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping. Agar Anda lebih mudah dalam pencarian apa yang sedang dicari, bisa melihat Daftar Isi !

Mengenal Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

Pengertian Mind Mapping secara umum yaitu sebuah cara yang berfungsi untuk memaksimalkan potensi otak manusia sebelah kiri dan kanan dimana dalam mencatat ide gagasan pokok dituangkan melalui media digital maupun kertas. Nah, sebenarnya pengertian Mind Mapping ini begitu luas artinya. Pasalnya, Mind Mapping menurut para ahli mempunyai pengertian yang berbeda-beda.

Ada sekitar 4 seorang ahli yang mempunyai pengertian mind mapping antara lain yaitu :

1. Tony Buzan

Menurut Tony Buzan, Pengertian Mind Mapping merupakan cara menangkap pikiran dalam berbagai sudut pandang dan mengembangkan pikiran dari berbagai arah. Metode ini memakai cara pola pikir yang sangat mendorong manusia menjadi seseorang yang lebih KREATIF.

2. Caroline Edward

Menurut Caroline Edwar, pengertian Mind Mapping merupakan sebuah cara yang sangat efektif dan lebih efisien. Harapan dengan Mind Mapping yaitu bisa memaksimalkan potensi otak Anda, karena cara bekerjanya sesuai dengan cara kerja otak kiri dan otak kanan manusia.

3. Melvin L. Silberman

Menurut Melvin L. Silberman Pengertian Mind Mapping, merupakan sebuah cara yang sangat KREATIF untuk murid supaya dapat menemukan ide-ide gagasan pokok ataupun dalam perencanaan penelitian yang baru.

4. Bobby De Porter

Menurut Bobby De Porter Pengertian Mind Mapping, merupakan pemanfaatan otak manusia dengan cara menggunakan citra visual dan jenis grafis dalam membentuk kesan dihasilkan dari otak kiri manusia dan otak kanan manusia. Harapannya dalam Mind Mapping, dapat memudahkan proses masuknya sebuah informasi ke dalam jaringan otak.

Jenis – Jenis Mind Mapping

Pengertian Mind Mapping begitu luas yang sudah dikemukakan oleh para ahli, selain itu ada juga jenis – jenis Mind Mapping yang mempunyai nama dan fungsi masing-masing. Seperti kita ketahui bahwa kebanyakan jenis – jenis dari Mind Mapping ini secara umum. Jenis Mind Mapping ini terdiri dari 3 jenis diantaranya yaitu sebagai berikut:

– Mind Map Silabus

Jenis Mind Mapping yang pertama wajib untuk ketahui yaitu Mind Map Silabus atau biasa disebut dengan Mind Map Makro, merupakan jenis Mind Mapping yang membantu dalam angan – angan mengenai apa yang sedang dipelajari. Jenis Mind Map Silabus ini biasanya dibuat dengan ukuran yang besar di tempelkan ke dinding.

– Mind Map Bab

Jenis Mind Mapping yang kedua yaitu Mind Map Bab, merupakan Mind Mapping yang dibuat menurut pada tiap – tiap bab. Cara membuatnya yaitu Anda hanya merangkum poin – poin yang penting sebagaimana garis besarnya saja.

– Mind Map Paragraf

Jenis Mind Mapping yang ketiga yaitu Mind Map Paragraf, merupakan Mind Mapping yang terlengkap dibandingkan jenis Mind Map lainnya. Karena pada Mind Map Paragraf ini memberikan informasi lengkap yang tidak hanya melihat dari rangkuman pada setiap bab, melainkan dapat mengetahui lebih detail penjelasannya.

Manfaat Mind Mapping

Seperti Anda ketahui bahwa pengertian Mind Mapping begitu luas sehingga dalam Mind Mapping ini terdapat manfaat yang bisa kita ambil. Karena dengan Mind Mapping kita dapat menyajikan angan – angan di pikiran kita menyeluruh dalam waktu sesingkat-singkatnya. Dimana ada 6 Manfaat Mind Mapping yang wajib Anda ketahui:

  1. Tema utama dari sebuah informasi digambarkan dengan jelas yang posisinya berada di tengah-tengah.
  2. Hubungan pada tiap bab dapat dikenal dengan sangat mudah dan kepentingan informasi dapat diidentifikasi denga baik.
  3. Informasi baru dapat digabungkan tidak sampai merusak dari keseluruhan struktur dari Mind Mapping.
  4. Pada masing-masing Mind Mapping sangatlah unik yang dapat mempermudah dalam proses pengingatan.
  5. Pencatatan akan lebih cepat apabila Anda menggunakan metode Mind Mapping ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping

Dalam sebuah metode apapun ini tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan tidak terkecuali dengan Mind Mapping ini. Jangan salah, bahwa Mind Mapping ini selalu dilihat dari segi keunggulannya menjadi mempersingkat sesuatunya. Namun dibalik itu semua ada kekurangan dalam Mind Mapping.

Kelebihan Mind Mapping

Dalam pengertian mind mapping yang sudah saya jelaskan diatas, Bahwa Mind Mapping mempunyai 5 kelebihan yang wajib untuk Anda ketahui!

  1. Memudahkan dalam melihat gambaran menyeluruh
  2. Dapat membantu otak manusia kiri dan kanan dalam mengatur, mengingat, membandingkan serta membuat dalam membuat hubungan
  3. Memudahkan Anda dalam mendapatkan tambahan informasi baru
  4. Penyajian ulang daapt dikerjakan dengan cepat dan lebih mempersingkat waktu
  5. Tiap-taip peta mempunyai sifat yang sangat unik

Kekurangan Mind Mapping

Seperti diatas sudah saya jelaskan bahwa Mind Mapping mempunyai kelebihan, dalam segala bentuk apapun metode pastinya mempunyai kekurangan juga. Dibawah ini ada 3 kekurangan Mind Mapping yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber :

  1. Kata kunci pengingat terpisahkan oleh jaran sehingga waktu terbuang begitu saja dalam mencari kata kunci pengingat
  2. Kata-kata tidak berhubungan dengan pengingatan, sehingga waktu terbuang begitu saat saat menulis
  3. Waktu yang terbuang terkahir karena terlalu sering membaca kembali kata-kata tidak penting

Cara Membuat Mind Mapping

Seperti kita ketahui secara menyeluruh yang sudah saya bahas bahwa pengertian Mind Mapping merupakan salah satu metode atau cara dalam mengoptimalkan otak kiri dan otak kanan manusia.

Dimana dalam Mind Mapping ini terdapat teknik Cara Membuat Mind Mapping yang akan saya bahas dalam poin terkahir ini. Untuk itu sebelum Anda mengetahui bagaimana caranya, Bahwa ada 6 poin-poin terpenting wajib kamu perhatikan sebelum membuat Mind Mapping.

Poin Wajib Sebelum Membuat Mind Mapping

Dibawah ini 6 poin penting yang wajib Anda ketahui dalam membuat Mind Mapping:

  1. Tema utama berada di posisi tengah
  2. Akan memunculkan tema turunan yang berkaitan dengan tema utama
  3. Cari dan hubungan pada setiap tema, kemudian tandai dengan garis, warna, ataupun simbol untuk mempermudahnya
  4. Diutamakan menggunakan huruf Kapital ( Huruf Besar )
  5. Hilangkan proses edit sehingga saat membuat peta pemikiran di atas kertas itu bersih.
  6. Dalam penambahan tema sisakan penuangan agar lebih memudahkan

7 Cara Membuat Mind Mapping

Diatas poin-poin penting yang wajib untuk Anda perhatikan sebelum Membuat Mind Mapping. Lalu bagaimana Cara Membuat Mind Mapping dengan baik dan benar ? Berikut dibawah ini terdapat 7 Cara Membuat Mind Mapping versi saya:

  1. Pertama, kita dapat memulainya dari bagian tengah kertas polos dengan sisi panjanganya terletak mendatar. Alasan memulai dari tengah ialah untuk memberi kebebasan otak dalam berkreasi menjabarkan peta pemikiran.
  2. Kedua, menggunakan gambar atau foto untuk ide sentral karena agar lebih menarik. Setiap gambar atau foto mempunyai beribu makna kata yang bisa membantuk kita dalam menggunakan imajinasi. Dengan begitu Anda dapat tetap fokus, membantu berkonsentrasi, serta mengaktifkan otak.
  3. Menggunakan warna gambar atau foto yang menarik. Pasalnya, warna pada gambar yang menarik akan membuat peta pikiran lebih hidup serta menambah energi dalam membuat pemikiran yang lebih KREATIF.
  4. Selanjutnya, kita harus menghubungkan cabang utama ke gambar atau foto pusat agar dalam Mind Mapping ini mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam menghubungkan cabang-cabang ini kita tidak boleh se-enaknya, melainkan harus tetap sama tertuju pada satu konsep yang sehingga dapat memudahkan kita untuk mengerti dan mengingatnya.
  5. Setelah itu, Anda membuat garis hubung yang melengkung agar otak Anda tidak membosankan. Cabang garis hubung melengkung yaitu cabang pohon yang akan lebih menarik untuk mata.
  6. Yang keenam, jangan lupakan bahwa Anda wajib untuk menggunakan kata kunci pada setiap garis. Karena kata kunci memberikan lebih banyak daya pada peta pikiran yang akan membuat ide-ide baru.
  7. Ketujuh ini seperti gambar sentral, mengapa harus menggunakan gambar sentral? Karena dalam gambar sentral ini mempunyai beribu-ribu makna kata. Misalnya Anda mempunyai 10 Gambar Sentral itu berarti peta pikiran Anda sudah setara dengan 10.000 kata catatan.

Nah, itulah penjelasan ditas yang sudah saya bahas lengkap mengenai Pengertain Mind Mapping, Jenis – Jenis Mind Mapping, Manfaat Mind Mapping, Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping, dan Cara Membuat Mind Mapping. Sekian artikel yang sudah saya sajikan khususnya untuk Kalimaters yaitu perihal Mind Mapping. Jangan lupa share dan react yang cocok untuk postingan ini. Semoga Bermanfaat!