Pengertian Hubungan Internasional: Asas, Tujuan, Manfaat dan Contohnya

Pengertian Hubungan Internasional

Kalimat.ID – Pengertian Hubungan Internasional merupakan interaksi yang dijalankan antar bangsa yang memiliki sifat global yaitu interaksi manusia sebagai bagian dari reprensentasi bangsa yang membahas mengenai batas-batas negara.

Di mana dalam interaksi tersebut kebanyakan ulasannya seputaran interaksi antara manusia tetapi pada konteks yang tersedia merupakan hubungan diantara kedua bangsa tersebut. Hal inilah yang membuat sebagian orang mendefinisikan mengenai pengertian hubungan internasional.

Hubungan internasional dari pengertian akademis memang terletak pada studi sedih yang membahas mengenai hubungan internasional antara beberapa negara. Studi internasional tersebut berupa beberapa nama departemen akademik yang memiliki substansi tentang adanya hubungan internasional.

Hubungan internasional juga dapat didefinisikan sebagai salah satu hubungan yang terjalin antar negara atau beberapa individu dari sebuah negara yang berbeda yang memiliki kepentingan yang berkaitan langsung dengan dua belah pihak. Setiap negara sampai saat ini memang sangat sulit lepas dari adanya hubungan internasional.

Hal tersebut dikarenakan karena sebuah negara pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan yang menjadikan adanya hubungan tersebut bertujuan untuk saling melengkapi. Ada juga negara yang membutuhkan negara lain karena memang tidak bisa mengelola maupun kekurangan dana di dalam mengatur sistem pemerintahan.

Pengertian Hubungan Internasional Secara Umum

Hubungan internasional bukan hanya soal adanya kerjasama antara dua negara saja. Didalam hubungan internasional dapat terjalin persengketaan, persahabatan dan permusuhan.

Bahkan juga terdapat juga peperangan di dalam suatu hubungan internasional. Dapat disimpulkan juga jika hubungan internasional juga sangat diatur dari adanya hukum internasional sehingga semua pergaulan yang terjadi di dalam masyarakat internasional bisa berjalan secara normal.

Dari beberapa pengertian secara umum, hubungan internasional dapat diartikan sebagai kerjasama yang dijalankan antar negara. Di mana di dalam kerjasama tersebut terdapat unsur politik secara global yang bertujuan untuk mengatasi sebuah masalah.

Menurut penjelasan di UU No. 37 Tahun 1999, hubungan Internasional merupakan kegiatan yang meliputi semua aspek regional dan internasional yang terjadi di antara pemerintah pusat dan internasional yang sekaligus menjadi pelakunya. Di dalamnya ada beberapa pihak yang terlibat antara lain badan usaha, organisasi politik, lembaga negara, warga negara dan LSM.

Hubungan internasional memang sangat penting di dalam menunjang dan meneguhkan rasa solidaritas dan pengertian antara bangsa. Selain itu hubungan internasional juga bisa mempererat sebuah hubungan persahabatan serta persaudaraan di antara beberapa negara. Dengan adanya hubungan itu saja sebuah negara dapat mencukupi kebutuhan dari adanya kerjasama.

Hubungan internasional juga bisa membuat sebuah bangsa mendapatkan keadilan dan kesejahteraan yang sama. Jika negara tidak menjalankan hubungan internasional apakah negara tersebut akan mendapatkan kesulitan di dalam memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan oleh semua masyarakat.

Macam Macam Hubungan Internasional

Hubungan internasional dapat dibedakan menjadi beberapa jika dilihat dari karakteristik. karena dari adanya karakteristik dapat digolongkan Jika hubungan internasional tersebut dapat dijalankan melalui beberapa wilayah dan anggota. Berikut ini merupakan jenis dari adanya hubungan internasional sebuah negara.

Hubungan Regional

Yaitu sebuah hubungan kerjasama yang dijalankan oleh beberapa negara yang terdapat di dalam satu kawasan. Seperti beberapa kerjasama yang sudah dilakukan negara-negara ada di kawasan Asia tenggara.

Hubungan Internasional

Apa hubungan yang sudah dijalankan beberapa negara di dunia tanpa adanya batasan wilayah yang mempengaruhi.

Hubungan Bilateral

Sebuah hubungan kerjasama yang sudah dijalankan 2 negara dalam jangka waktu yang lama.

Hubungan Multilateral

Sebuah hubungan kerjasama di antara beberapa negara yang terjalin dan memiliki jumlah lebih dari 2 negara.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Beberapa ahli berpandangan dan mengungkapkan semua hal yang berkaitan dengan hubungan internasional. Berikut ini adalah pandangan beberapa ahli mengenai pengertian dari hubungan internasional.

J.C. Johari

Menyatakan jika hubungan internasional adalah studi yang membahas mengenai interaksi isi berapa negara berdaulat yang di samping itu ada beberapa instansi yang membahas tentang pelaku dan negara. Yang mana perilaku tersebut memiliki beberapa dampak terhadap tugas-tugas yang terdapat di dalam negara.

Couloumbis dan Wolfe

Menyatakan jika Hubungan Internasional merupakan secara sistematis yang membahas semua fenomena yang bisa diamati dan keinginan di dalam mencoba menemukan variabel dan cara di dalam menjelaskan semua perilaku dan karakteristik dari hubungan antara unit sosial.

Mochtar Mas’oed

Hubungan Internasional merupakan sebuah hubungan kompleksitas yang didalamnya terdapat banyak sekali bangsa berdaulat sehingga adanya mekanisme lengkap yang terdapat di dalam hubungan antar kelompok.

Tulus Warsito

Hubungan Internasional merupakan sebuah studi yang membahas mengenai interaksi politik luar negeri yang terjadi di dalam beberapa negara.

Drs R. Soeprapto

Menyatakan jika Hubungan Internasional merupakan spesialisasi yang mampu beberapa cabang pengetahuan yang mempelajari banyak rezeki internasional dari kehidupan sosial manusia.

Menyatakan sikap hubungan internasional adalah studi orientasi yang memiliki sifat efektif dan sering adanya kombinasi unsur-unsur ya dengan pendekatan ilmiah serta memiliki tujuan yang jelas. Di dalamnya mencakup tentang pengendalian penduduk, perlindungan lingkungan, pertikaian yang diselesaikan, pemberantasan penyakit dan kemelaratan hidup.

Anonymous

Menyatakan jika Hubungan Internasional merupakan studi dari sebuah hubungan mengenai yang saling berinteraksi dan semua bagiannya mengacu pada beberapa sistem interen sebuah negara.

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan studi yang membahas interaksi berapa jenis kegiatan politik termasuk tentang studi yang membahas keadaan relevan yang sedang mengelilingi sebuah interaksi.

Para Tradisionalis

Hubungan internasional dapat diartikan sebagai langkah diplomasi serta strategi yang bertujuan menjalin kerjasama serta konflik sederhana dari sebuah hubungan internasional dimana didalamnya terdapat UUD antara peperangan dan perdamaian.

Trygive Mathisen

Menyatakan jika hubungan internasional adalah aspek internasional dari kehidupan yang mencangkup umat manusia yang mengartikan semua hal yang berkaitan erat dengan tingkah laku manusia pada sebuah negara serta mempengaruhi seluruh tingkah laku di negara lain.

Kenneth W.Thompson

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan studi yang membahas tentang rivalitas di antara beberapa bangsa yang memiliki kondisi dan konstitusi untuk memperbaiki dan memperkuat prioritas itu.

Teuku May Rudi

Menyatakan hubungan internasional adalah sebuah hal yang mencakup banyaknya hubungan dia membahas mengenai batas-batas wilayah negara serta melibatkan pelaku yang terdapat dari perbedaan kewarganegaraan.

Suwardi Wiraatmaja

Merupakan hubungan yang membahas banyaknya bangsa dan kelompok masyarakat dunia yang didalamnya terdapat keterkaitan antara kekuatan proses tekanan dan cara hidup serta sistem berfikir manusia.

Jeremy Bentham

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan ilmu yang membahas mengenai kesatuan disiplin serta memiliki banyak ruang lingkup yang terdapat beberapa konsep dasar.

John Lewis Gaddis

Menyatakan jika hubungan internasional adalah sebuah bidang kajian yang memiliki manfaat untuk negarawan dari beberapa usaha guna membangun dunia menjadi lebih baik.

Raymond Aron

Hubungan internasional merupakan hubungan yang terjadi antara unit politik dan beberapa hal yang mengklaim diri sebagai penentuan keadilan serta penengah dari sebuah keputusan perang maupun tidak.

Ishaq Rahman

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan ilmu yang sangat identik diantara hubungan beberapa negara demi mencapai tujuan bersama.

Charles McClelland

Menyatakan jika hubungan sudah ada yang membahas tentang pertukaran, hubungan, transaksi, arus informasi dan beberapa respon yang terjadi antara perilaku masyarakat secara terpisah yang mencakup tentang beberapa komponen di dalamnya.

Couloumbis dan Wolfe

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan studi sistematik yang membahas mengenai fenomena yang diamati dan mencoba menemukan banyak variabel dasar di dalam menjelaskan banyaknya perilaku tentang karakteristik atau beberapa tipe hubungan yang terdapat di dalam unit sosial.

Schawarzeneger

Menyatakan hubungan internasional merupakan sebuah bagian dari ilmu sosiologi yang membahas mengenai masyarakat secara internasional.

Trygive Mathisen

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan sebuah cabang Ilmu yang membahas mengenai pengetahuan tentang berdiri sendiri atau sub cabang dari sebuah ilmu pengetahuan tertentu.

K.J. Hoksti

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan studi yang membahas mengenai sistem internasional dari sebuah kumpulan satuan politik yang sudah merdeka di mana hal tersebut berkaitan langsung dengan interaksi dari adanya frekuensi yang sudah diatur.

John Houston

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan studi yang didalamnya membahas sebuah Interaksi yang terjadi di antara beberapa anggota komunitas internasional serta mengulas mengenai semua tingkah laku dari aktor yang berkaitan langsung di dalam sebuah sistem politik skala international.

Robert Gilpin

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari mengenai keilmuan ekonomi politik dalam skala internasional yang memiliki harapan untuk terjalinnya politik keamanan militer yang berjalan secara seimbang.

John Herz

Menyatakan sikap hubungan internasional merupakan sebuah hal yang mengidentifikasi adanya hubungan internasional yang menjadi sebuah konsep tentang adanya kebijakan luar negeri untuk kepentingan keamanan serta mendapatkan perhatian semua masyarakat yang tinggal di sebuah negara.

Stephen Krasner

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan studi yang menyangkut tentang hubungan internasional dimana ada kaitannya tentang adanya sifat dasar dari studi yang membahas mengenai hubungan internasional secara mendalam pada sebuah masyarakat intern.

Richard A. Falk

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan pola yang terjadi di antara beberapa negara yang memiliki prinsip resmi serta konstitusi yang berkaitan dengan hubungan secara internasional.

Vladimir I. Lenin

Menyatakan jika hubungan internasional merupakan organisasi internasional yang ada kaitan nya dengan hukum-hukum beberapa kepentingan secara internasional.

Hedley Bull

Sebuah konsep yang isinya membahas mengenai tatanan secara umum dari adanya pola aktivitas untuk mengejar tujuan dasar masyarakat internasional.

Terry Nardin

Sebuah ilmu yang membahas mengenai prinsip sebuah individu harus melakukan tindakan jujur pada sebuah situasi khusus yang terdapat dalam sebuah lingkup internasional.

Asas Hubungan Internasional

Hubungan internasional merupakan sebuah hubungan yang terjalin antara beberapa negara yang ada di. Hubungan tersebut sudah diatur beberapa dasar dan mengacu pada sebuah asas. Ada beberapa asas yang melandasi sebuah hubungan internasional, antara lain sebagai berikut ini:

Asas Teritorial

Asas teritorial merupakan sebuah asas yang mendasari sebuah kekuasaan dari negara atau wilayah. Karena beberapa negara memang sudah memberlakukan beberapa hukum serta peraturan untuk mengatur beberapa kepentingan antar negara.

Asas Kebangsaan

Asas kebangsaan juga merupakan asas yang mendasari sebuah hubungan internasional. Bagi sebuah warga negara yang berada di luar wilayahnya memang harus berkaitan dan mematuhi aturan tentang apa yang ditetapkan sebuah bangsa.

Asas Kepentingan Umum

Proses selanjutnya yaitu mengenai asas kepentingan umum. Dimana asas kepentingan umum merupakan sebuah asas yang mendasari dan melindungi kehidupan warga sebuah negara. Dengan adanya asas ini tentu saja ada aturan hukum yang bisa membatasi sebuah keadaan dan peristiwa yang berkaitan langsung dengan kepentingan umum.

Tujuan Hubungan Internasional

Dari adanya hubungan internasional tentu saja sebuah negara memiliki tujuan yang harus diwujudkan. Dari pandangan umum tujuan dari adanya hubungan internasional yaitu mewujudkan sebuah perdamaian dunia dan juga kemakmuran pada sebuah negara.

Berikut ini adalah beberapa tujuan yang terjalin dari adanya hubungan internasional yang sudah dilangsungkan oleh sebagian negara selama ini.
– Hubungan internasional dapat memacu pertumbuhan dari sektor ekonomi pada sebuah negara yang menjalankan.
– Dapat menciptakan keadilan serta sebuah kesejahteraan yang semakin merata pada seluruh rakyat pada sebuah.
– Adanya hubungan internasional juga akan bisa memperluas adanya lapangan pekerjaan yang selama ini semakin sulit dicari.
– Dengan adanya hubungan internasional maka semua bangsa dapat membina serta menegakkan tujuan dari kemerdekaan yaitu sebuah perdamaian.
– Dari adanya hubungan internasional sebuah negara tentu saja akan semakin erat rasa persahabatan dari hubungan yang sudah terjalin.

Manfaat Hubungan Internasional
– Dari adanya hubungan internasional antara beberapa negara tentu saja akan memberikan banyak sekali berdampak positif jika dijalankan secara baik. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang didapatkan dari adanya hubungan internasional yang dijalankan oleh beberapa negara.
– Dengan adanya hubungan internasional tentu saja beberapa negara akan mendapatkan banyak sekali sisi positif dari segi kesejahteraan ekonomi.
– Jika diterapkan secara berkelanjutan maka hubungan internasional akan mampu mewujudkan kedamaian dan ketertiban dunia yang sudah menjadi cita-cita dari bangsa yang merdeka.
– Hubungan internasional akan mampu menanggulangi secara langsung beberapa hal yang berakibat negatif terutama rusaknya budaya sebuah negara.
– Dengan adanya hubungan internasional, beberapa bangsa akan mampu meningkatkan kemajuan iptek yang berguna untuk pembangunan suatu negara.
– Hubungan internasional dapat meningkatkan beberapa hal terutama dari sektor keamanan dan pertahanan yang semakin jauh lebih maksimal.
– Terjalinnya hubungan internasional juga dapat mempererat hubungan sebuah bangsa dengan bangsa lain sehingga beberapa hal yang berkaitan langsung dengan sebuah negara akan mendatangkan keuntungan yang besar.
– Adanya hubungan internasional tentu saja akan membuat negara-negara terjadi di dalamnya dapat saling menghormati ideologi yang telah disepakati.

Contoh Hubungan Internasional

Hubungan internasional yang sudah terjalin diantara beberapa negara dalam lingkup dunia, tentu saja sudah terjalin lama dan sampai saat ini semakin berkembang. Beberapa hal yang berkaitan langsung dalam bidang politik, pertahanan, ekonomi, dan sosial budaya sudah berjalan secara baik. Di bawah ini adalah beberapa adalah hubungan internasional yang bisa Anda pahami:

Hubungan internasional dalam bidang ekonomi
MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa)
APEC (Asia Pasifik Economis Corporation)
Hubungan internasional dalam bidang sosial
UNICEF (United Nations Children and Education Fund)
WHO (World Health Organization)
ILO (International Labour Organization)

Hubungan internasional dalam bidang pertahanan dan politik
NATO (North Atlantic Treaty Organization)
SEATO (South East Asia Treaty Organization)
CENTO (Central Treaty Organication)
ANZUS (Australia, New Zeland, and United States)
Pakta Wrsawa

Dari pengertian hubungan internasional di atas dapat disimpulkan jika hubungan tersebut merupakan sebuah Interaksi yang berkaitan langsung dengan beberapa negara yang berada di kawasan.

Dari adanya kerjasama secara internasional tersebut sama sekali tidak terikat dengan asal negara, jumlah anggota dan beberapa syarat lainnya. Sehingga dari hubungan internasional yang sudah terjalin tersebut maka sebuah negara akan mendapatkan banyak keuntungan daripada kerugian.

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan langsung dengan pengertian hubungan internasional dari beberapa ahli serta manfaat dan tujuannya. Semoga dapat memberikan banyak tambahan pengetahuan dan juga informasi yang jauh lebih lengkap dengan penjelasan tersebut.

Komentar disini