Pengertian Administrasi: Unsur, Jenis dan Contohnya Lengkap

Pengertian Administrasi

Kalimat.ID – Pengertian administrasi adalah sebuah kegiatan serta usaha yang berkaitan erat dengan penyelenggaraan dan juga kebijaksanaan di dalam mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan.

Di dalam pengertian secara sempit, administrasi merupakan kegiatan yang didalamnya terdapat beberapa hal meliputi: pembukuan ringan, pencatatan, ketikkan, surat menyurat, agenda, serta beberapa hal yang berkaitan langsung dengan tata usaha.

Administrasi dalam pengertian secara luas merupakan proses kerjasama yang dijalankan beberapa orang untuk memperoleh tujuan serta manfaat yang berkaitan langsung dengan daya guna sebuah sarana prasarana.

Untuk memperjelas maksud dan pemahaman mengenai pengertian administrasi, berikut ini adalah beberapa pandangan para ahli mengenai administrasi.

Dari pengertian administrasi tersebut ada beberapa catatan penting yang harus dipahami, antara lain:
– Administrasi merupakan sebuah proses dan juga seni. Karena di dalam sebuah administrasi memang membutuhkan keahlian khusus memiliki sifat kondisional serta situasional. Mengingat di dalam administrasi sangat berkaitan erat dengan kondisi, situasi dan juga tempatnya.
– Administrasi memiliki beberapa unsur antara lain: Adanya keterlibatan antara dua orang atau lebih yang saling bekerja sama, semua kegiatan memiliki tujuan, adanya tugas dan juga sarana prasarana.
– Administrasi akan selalu mengikuti peradaban manusia karena administrasi memang bertujuan untuk mencapai keinginan banyak orang.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Beberapa orang yang ahli di bidang administrasi, menjabarkan secara luas tentang pengertian administrasi dalam pandangannya. Berikut ini adalah pandangan beberapa ahli tentang administrasi.

Arthur Grager

Menyatakan jika administrasi merupakan sebuah fungsi atas terselenggaranya komunikasi serta layanan dari sebuah organisasi.

George Terry

Mengartikan jika administrasi merupakan pengendalian, pengorganisasian, perencanaan dari semua pekerjaan perkantoran dan merupakan penggerak untuk mencapai sebuah tujuan yang telah disepakati.

Sondang P.Siagian

Memberikan pernyataan jika administrasi merupakan semua proses kerjasama yang dilakukan antara dua orang dan beberapa orang lain yang berjalan sesuai rasionalisme untuk mengejar target yang telah disepakati.

Ulbert

Menyatakan jika administrasi merupakan pencatatan data, penyusunan dilakukan secara sistematis dalam lingkup internal dan eksternal untuk menyediakan sebuah keterangan sehingga akan memperoleh banyak sekali kemudahan didalam pelaporannya.

Wijana

Administrasi merupakan kombinasi yang berkaitan langsung dengan biaya rendah maupun tinggi di dalam pemerintahan sebagai bukti pelaksanaannya.

Unsur Unsur Administrasi

Setelah memahami beberapa pengertian administrasi dari pandangan beberapa ahli, ada beberapa unsur yang mendasari sebuah administrasi. Unsur tersebut antara lain:

Organisasi

Sebuah tempat di mana semua kegiatan administrasi berjalan. Organisasi juga sangat berkaitan dengan banyak orang yang melakukan pekerjaan dan bertindak sebagai wadah pelaksanaannya.

Manajemen

Merupakan alat paling utama sebagai pelaksana sebuah administrasi. Karena di dalam manajemen Banyak sekali hal yang berkaitan langsung dengan penggerak, pengatur, tenaga operasional ada manager.

Komunikasi

Dari adanya komunikasi tentu saja administrasi berguna sebagai pengatur adanya semua hal yang berkaitan langsung dengan komunikasi bersama beberapa departemen. Biasanya administrasi yang dipakai yaitu warta maupun surat.

Pegawai

Administrasi berguna sebagai pengukur tenaga kerja. Dimana didalamnya ada beberapa proses yang berkaitan langsung, seperti: Arti menempatkan kerja, penerimaan kerja, pemberhentian kerja, serta prestasi kerja.

Keuangan

Administrasi sangat berkaitan erat dengan pembiayaan dari sebuah organisasi. Karena di dalamnya ada semua hal yang berkaitan langsung dengan pembiayaan dan cara memperoleh dana.

Perbekalan

Didalam perbekalan administrasi berfungsi sebagai tentang beberapa barang yang dibutuhkan pada proses pekerjaan sebuah organisasi.

Tata usaha

Didalam administrasi, semua catatan mengenai ketatausahaan sebuah organisasi sangat dibutuhkan di dalam prosesnya.

Kegiatan administrasi memang memiliki beberapa karakteristik. Dimana didalamnya memiliki beberapa ciri-ciri antara lain:
– Administrasi harus memiliki tujuan yang sudah disampaikan di awal dan bersifat jelas serta nyata.
– Administrasi merupakan hal yang mengatur beberapa kelompok manusia yang menjalin kerjasama dengan beberapa kelompok lain.
– Di dalam administrasi selalu terdapat hubungan kerjasama yang saling berkaitan serta menguntungkan.
– Administrasi merupakan usaha dan terdapat beberapa kegiatan yang berkaitan langsung dengan kepemimpinan, pengawasan, dan bimbingan.

Jenis Jenis Administrasi

Administrasi Perkantoran

Administrasi perkantoran merupakan rangkaian aktivitas yang dijalankan secara rutin pada sebuah organisasi yang berkaitan erat dengan pengelolaan data serta informasi di dalam mendapatkan tujuan secara sistematik dari sebuah organisasi.

Di dalam pandangan secara sempit, administrasi Perkantoran merupakan rangkaian kegiatan teknis yang memiliki banyak peran pokok untuk kegiatan operatif, dan berisi laporan beserta semua hasil yang didapatkan oleh sebuah perusahaan supaya memperoleh data secara efisien.

Dalam pandangan luas, administrasi Perkantoran bisa diartikan sebagai salah satu kegiatan perencanaan, penyelenggaraan, pengorganisiran dan beberapa hal yang berkaitan dengan perkantoran sebagai salah satu bagian dari tata usaha yang berjalan secara tertib.

Tujuan dari administrasi perkantoran
– Menyediakan berbagai bentuk informasi dan data untuk digunakan sebagai laporan dari pelaksanaan tugas yang sudah berjalan secara efektif serta efisien.
– Sebagai hasil dari pengawasan atas semua pekerjaan kantor untuk memastikan Jika kegiatan tersebut terlaksana sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.
– Adanya kebijakan perusahaan yang harus sesuai dengan standar pelayanan karena berkaitan langsung dengan manajemen.
– Untuk melakukan diskusi dengan semua rekan kerja dan menentukan prestasi yang sudah tercapai dari serangkaian kegiatan yang sudah berjalan.
– Sebagai alat untuk melakukan pemantauan, verifikasi, evaluasi dalam kegiatan produksi, pengajuan dan juga pengiriman.
– Supaya adanya data yang lebih lengkap tentang semua hal yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan kepada seluruh karyawannya.

Fungsi administrasi perkantoran
– Fungsi rutin dari adanya administrasi perkantoran yaitu fungsi yang membutuhkan pemikiran mencakup beberapa hal yang berkaitan langsung dengan pengadaan dan pengarsipan.
– Fungsi teknis Administrasi Perkantoran yaitu fungsi yang memerlukan banyak sekali keputusan, pendapat dan juga mengoreksi keterampilan yang terdapat di dalam perkantoran.
– Fungsi analisis yang memiliki fungsi sebagai pandangan kritis atau kreatif tentang kemampuan karyawan di dalam memutuskan sesuatu secara tepat dan cepat.
– Fungsi manajerial dari administrasi perkantoran yaitu fungsi yang membutuhkan banyak pengorganisasian, perencanaan, serta pengukuran yang mana membutuhkan beberapa motivasi untuk berkembang.

Administrasi Negara

Pengertian dari administrasi negara jika dilihat secara umum yaitu sebuah pengaturan kebijakan yang dijalankan pemerintah serta beberapa elemen yang terdapat di dalam aparatur negara untuk mendapatkan tujuan yang jelas, efektif dan berjalan secara efisien.

Sedangkan pengertian secara khusus, administrasi negara merupakan sistem yang direncanakan secara cara bertahap untuk mengatur adanya beberapa proses pengelolaan organisasi yang lingkupnya masyarakat pada sebuah negara agar berjalan secara baik.

Pada administrasi negara terdapat tiga elemen yang sangat penting sampai saat ini. Ketika elemen tersebut mencakup tentang lembaga yudikatif, legislatif dan eksekutif.

Tujuan administrasi negara
– Beberapa negara yang menerapkan sistem demokrasi, administrasi negara berguna untuk mendapatkan hasil terbaik di dalam mencapai tujuan yang sudah direncanakan oleh negara yang berguna untuk semua rakyat. Karena selama ini banyak sekali keinginan rakyat yang diharapkan sebuah negara yang merdeka. Misalnya mengenai kesejahteraan, keadilan, keamanan, ketertiban dan juga jaminan kehidupan yang layak kepada semua masyarakat.

– Sebagai bentuk perwujudan sebuah negara yang ingin mendapatkan ketenangan, pastinya ingin mewujudkan semua rakyatnya bisa berjalan secara demokratis.

Ciri ciri administrasi negara
– Merupakan sebuah aktivitas yang selalu berjalan antara sebuah negara dengan seluruh masyarakat yang terdapat di dalamnya. Semua hal yang berkaitan dengan negara harus bersifat pasti.
– Di dalam administrasi negara harus memiliki prioritas dan pengarahan kepada semua masyarakat umum yang tinggal pada suatu negara. Semua kesejahteraan masyarakat akan dijamin sepenuhnya oleh administrasi negara yang sudah diputuskan.
– Pada setiap administrasi yang berjalan harus memiliki tujuan supaya masyarakat bisa tunduk pada hukum yang sudah ditetapkan.
– Semua administrasi negara bertujuan untuk memberikan sepenuhnya pelayanan maksimal kepada semua masyarakat di dalam meningkatkan taraf hidup dan kualitas dari sebuah negara.

Contoh administrasi negara
– Pelaksanaan administrasi negara memang harus jelas, berikut ini adalah contoh pengaplikasian administrasi negara pada sebuah negara demokrasi.
– Presiden diberi wewenang untuk mengatur semua kabinet yang telah disusun.
– Adanya aturan yang membatasi tentang peran komisi dan badan yang bekerja di pemerintahan.
– Tersedianya aturan yang berkaitan langsung dengan sistem pelayanan maksimal kepada semua masyarakat.

Administrasi Pendidikan

Administrasi pendidikan merupakan sebuah proses dan juga upaya untuk mencapai beberapa tujuan pendidikan yang berkaitan langsung dengan berbagai komponen dan sistem yang bekerja pada lingkup pendidikan sebagai salah satu hal yang akan bermanfaat pada kegiatan belajar mengajar.

Jika diartikan secara singkat, administrasi pendidikan merupakan proses dari banyaknya kegiatan yang dijalankan secara bersama dengan tujuan memberikan beberapa tugas penting yang berkaitan langsung dengan dunia pendidikan.
Fungsi administrasi negara

Jika dilihat dari fungsi secara umum, ada 8 fungsi yang diterapkan dalam administrasi pendidikan. Berikut ini adalah fungsi tersebut:

– Perencanaan yang berupa keinginan dan tujuan yang harus dicapai dalam bidang politik.
– Pengorganisasian di dalam menyusun dan membentuk berbagai hubungan antar individu. Sehingga semua keinginan yang sudah masuk dalam administrasi pendidikan bisa terwujud secara nyata.
– Koordinasi untuk membatasi adanya kesimpangsiuran ketika bertindak dalam menyusun administrasi.
– Komunikasi yang akan membuat jalannya program pendidikan bisa tersampaikan dari sisi gagasan dan maksudnya.
– Pengawasan yang dilakukan untuk memantau semua program pendidikan agar berjalan secara teliti serta tidak menyimpang dari tujuan pendidikan.
– Kepegawaian yang berkaitan langsung dengan jabatan serta kemampuan pada sistem yang sudah dijalankan.
– Pelanggaran atau biasa disebut sebagai anggaran biaya di dalam merealisasikan tujuan yang sudah ditetapkan di dalam administrasi pendidikan.
– Penilaian yang sekaligus menjadi bahan evaluasi Apakah program yang sudah ditetapkan telah mendapatkan tujuan yang maksimal.
Ruang lingkup administrasi pendidikan

Di dalam menerapkan administrasi pendidikan terdapat beberapa ruang lingkup yang sekaligus menjadi di bagian penting dari administrasi pendidikan. Berikut ini adalah bidang dari ruang lingkup yang berkaitan dengan administrasi pendidikan.

– Bidang tata usaha di sekolah
– Bidang personalia yang berkaitan dengan murid
– Bidang personalia yang berkaitan dengan guru
– Bidang pengawasan untuk memantau kualitas dari guru
– Bidang pelaksanaan dan bimbingan kurikulum yang berjalan pada ruang lingkup sekolah.

Administrasi Keuangan

Pengertian dari administrasi keuangan yaitu sebuah pengelolaan yang didalamnya mencakup beberapa aktivitas yang berkaitan langsung dengan keuangan supaya dapat mewujudkan tujuan dari perusahaan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Di dalam pengertian secara sempit administrasi keuangan diartikan sebagai aktivitas yang berkaitan langsung mengenai pencatatan pengeluaran dan pemasukan pembiayaan pada sebuah organisasi.

Di dalam pengertian secara luas, administrasi keuangan diadakan sebagai sebuah kebijakan yang ruang lingkupnya mengacu pada pengadaan serta penggunaan uang dari sebuah organisasi untuk dikelola menjadi lebih mengarah sesuai tujuan.

Fungsi administrasi keuangan
– Fungsi Investasi
– Di dalam administrasi keuangan terdapat beberapa fungsi yang berkaitan langsung dengan keuangan. Agar investasi jangka pendek dan panjang menjadi lebih bisa di lihat perkembangan.
– Fungsi mencari dana
– Administrasi keuangan memiliki fungsi untuk mencari dana sebagai modal di dalam upaya membiayai berbagai bentuk aktivitas yang dijalankan oleh sebuah organisasi. Dengan adanya sumber dana tentu saja sebuah organisasi akan mengetahui masing-masing jenis kebutuhan yang harus terwujud.
– Fungsi pembelanjaan
– Administrasi yang berguna untuk memantau seluruh pembiayaan dari beberapa kegiatan yang berasal dari dana pribadi atau dana yang berasal dari pihak luar. Sehingga proses produksi akan semakin lebih mudah dipantau hasilnya.
– Fungsi pembagian Untung
– Prestasi yang dipakai untuk membuat dan menentukan peraturan yang membahas mengenai pembagian keuntungan.

Manfaat administrasi keuangan
– Manfaat dibuatnya administrasi keuangan antara lain:
– Sebagai hasil pencatatan penerimaan data pengeluaran sebuah organisasi sehingga menjadi lebih bisa diatur.
– Bisa memberikan dampak bagus tentang semua penggunaan dana. Sehingga lebih bisa terkoordinasi serta terkendali untuk manfaat yang jauh lebih besar.
– Meminimumkan adanya kekeliruan pada sebuah laporan yang dibuat oleh perusahaan.

Administrasi Kepegawaian

Administrasi kepegawaian merupakan aktivitas dan juga kegiatan yang ada kaitannya langsung tentang masalah pegawai di dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Dengan adanya administrasi, tentu saja langkah di dalam menyusun dan mengendalikan semua pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan semua pegawai akan sesuai dengan beban kerja yang sudah disepakati oleh organisasi.

Fungsi administrasi kepegawaian
– Administrasi kepegawaian memiliki beberapa fungsi yang diartikan secara umum. Berikut ini merupakan fungsi dari administrasi kepegawaian:
– Adanya perencanaan pegawai yang berkaitan langsung dengan kebutuhan pegawai sehingga apa saja yang berkaitan langsung dengan pegawai sebuah perusahaan akan sesuai dengan target dan tujuannya. Dengan adanya perencanaan maka semua pegawai bisa dilihat tentang target yang telah di jalankannya.
– Adanya pengorganisasian kepegawaian, sehingga dari adanya aturan dan ketetapan kegiatan yang bersifat penting dapat dicapai sesuai dengan apa yang telah ditetapkan sebuah organisasi kepada semua pegawainya.
– Terdapat pengarahan pegawai secara lengkap. Dengan adanya sistem organisasi dan analisis dapat memotivasi para pegawai yang sedang dalam masa penurunan hasil pekerjaan.

Administrasi Usaha

Pengertian dari administrasi usaha adalah semua kegiatan ketatausahaan yang ada kaitanya dengan menghimpun informasi, pengelolaan data serta mendistribusikan beberapa hal yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan tujuan tertentu.

Di dalam administrasi usaha ada beberapa hal yang berkaitan dengan surat menyurat serta perizinan usaha yang akan diberikan kepada sebuah perusahaan. Jenis dari perizinan usaha antara lain:

– IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
– NPWP (Nomor Pokok Wjib Pajak)
– Akta Pendirian perusahaan dari Notaris
– SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
– Izin Penggunaan Tanah

Tujuan administrasi usaha
– Selalu memberikan kepuasan kepada semua konsumen atau pembeli.
– Membantu para wirausahawan untuk semakin mengembangkan usahanya.
– Memberikan semua pelayanan terbaik kepada para konsumen.
– Adanya bentuk kepedulian pada tata usaha sebuah perusahaan sehingga menjadi lebih teratur.

Demikianlah pengertian administrasi secara lengkap dan beberapa pandangan mengenai administrasi dari beberapa ahli.

Dengan mempelajari beberapa unsur, fungsi dan tujuan yang terdapat di dalam administrasi, tentu saja akan memberikan tambahan ilmu kepada para pembaca. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda semuanya.

Komentar disini