Kisah Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin

Pendiri Google

Kalimat.ID – Kisah para Pendiri Google memang sangat menginspirasi saya sebagai penulis dan jutaan orang lainnya, selain itu duo pendiri Google bernama Larry Page dan Sergey Brin juga memiliki otak yang sangat cerdas dia juga memiliki keahlian bisnis yang memumpuni, sehingga Google bisa menjadi perusahaan kelas dunia.

Maka dari itu tidak heran, banyak sekali produk-produk Google yang sangat inovatif, namun tidak menutup kemungkinan juga banyak produk Google yang gagal, namun kegagalan ini bukan menjadi sebuah kemunduran bagi slogan budaya kerja Google, tanpa inovatif dari para karyawannya dan pendiri Google maka tidak akan Google bisa sekeren ini.

Jika menilik kesuksesan dari para pendiri Google ini memang patut di pelajari alur ide dan bisnisnya, karena hampir apa yang Anda gunakan sehari-hari merupakan bagian dari produk Google, hal ini merupakan peran penting dari para pendirinya Google hingga saat ini dan tentunya juga para karyawannya yang sangat kreatif dan inovatif.

Duo Kisah Pendiri Google Secara Singkat

Ya jika Anda pengguna setia Google maka tak afdhol jika rasanya Anda belum tau siapa dibalik kisah suksesnya dari mesin pencari yang biasa Anda gunakan ini, jika Smartphone anda bersistemkan Android? Ya itu juga sudah menjadi milik Google, jika Anda suka berpergian pakai GMAPS ya itu juga salah satu milik Google, nah mari kita simak ulasan berikut ini mengenai para pendiri Google, dibawah ini:

Larry Page

large page

Bagi sebagian orang tau siapa sih Larry Page ini, ya beliau adalah salah satu pendiri Google, bernama lengkap Lawrence Edward “Larry” Page ia lahir di Lansing, Michigan, pada tanggal 26 Maret tahun 1973, ia merupakan duo pendiri Google bersama rekannya Sergey Brin yang akan di bahas setelah Larry Page.

Memang pantas jika pendiri Google bernama Larry Page ini merupakan orang yang cerdas, ya beliau ini merupakan anak dari pasangan Carl Page dan Ibunya bernama Gloria merupakan seorang profesor Ph.D dalam bidang ilmu komputer dan Sains di Universitas Michigan State, dan Larry sendiri merupakan alumnus dari East Lansing High School, dan Page mendapatkan gelar Bachelor of Science dalam bidang ilmu teknik informatika atau komputer dari Universitas Machigan dan Page juga merupakan alumni dari Universitas Standford di Inggris.

Pada saat Larry kuliah di Standford University ia bertemu dengan rekannya bernama Sergey Brin yang merupakan pendiri Google juga, ia disana berkenalan dan menjadi sahabat sekaligus rekan bisnis, dimana duo pendiri Google ini menemukan sebuah ide yang bagus, dimana ia akan menciptakan sebuah web dengan pembahasan atau topik informasi berupa kumpulan data-data bernama “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”, maka sejak itulah ia membuat makalah dengan judul ini, dan dimana makalah yang beliau buat menjadi 10 makalah yang sering digunakan di Universitas Standford Inggris.

Hingga pada September pada tahun 1998 perusahaan Google membuka kantor di daerah bernama Menlo Park, California. Google bisa berdiri dilandasi oleh teknologi yang ia ciptakan bernama PageRank yang telah Google patenkan dalam hak cipta, maka dari sinilah dimana PageRank menjadi sebuah tolak ukur untuk peringkat mesin pencari hingga saat ini, Google takkan merubah keputasan ini, jika Anda tahu jurnal makalah asli dari duo pendiri Google mengatakan jelas bahwa PageRank atau Backlink merupakan faktor utama dalam mesin pencari Google.

Hingga akhirnya selama perjalanan pendiri Google menemukan salah satu rekan bisnisnya untuk mendirikan perusahaan ini menjadi lebih besar, bernama Eric Schdmit yang memegang jabatan penting dalam perusahaan Google sebagai CEO, hingga kini Google masih berlanjut menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia, maka dari perusahaan yang ia kelola Page bisa mengantongi pundi-pundi Kekayaan bersih sekitar 51,6 miliar USD pada tahun 2019, ya jika dirupiahkan maka bisa mencapai ratusan Triliunan hingga Ribuan.

Sergey Brin

sergey brin
Image by: mashable.com

Sergey Brin ia adalah seorang pengusaha sukses bidang teknologi di Amerika Serikat, bahkan ia menjadi perusahaan tersukses di dunia teknologi dimana ia merupakan pendiri Google bersama rekannya diatas bernama Larry Page, ia sama-sama kuliah di tempat yang sama, karena mempunyai pemikiran yang cerdas, kegigihan dan ketekunan juga bisa berbisnis sehingga akhirnya terbentuklah perusahaan bernama Google.

Bernama lengkap Sergey Mikhailovich Brin atau biasa dikenal Sergey Brin lahir di Moscow, Negara Rusia, pada 21 Agustus tahun 1973, ia lahir di negeri beruang sudah menekuni bidang ilmu komputer dan matematika sebelum ia mendirikan sebuah perusahaan Google, maka dari itu tidak heran ia sangat hebat dalam bidang programming web sehingga terbentuk perusahaan skala dunia bernama Google yang dicetus oleh duo pendiri Google yakni Larry Page dan Sergey Brin.

Sergey Mikhailovich Brin pendiri Google ia lahir dari keluarga seorang Yahudi, ayah Brin bernama Mikhail Brin dan ibunya bernama Efgenia Brin, merupakan pasangan ahli matematika juga sama seperti kedua orang tua Larry Page dimana kedua orang tuanya merupakan orang-orang hebat, begitu juga dengan Sergery Brin kedua orang tuanya merupakan ahli dalam ilmu matematika di sebuah Universitas State.

Walaupun Sergey Brin merupakan orang Rusia, ia bisa mendirikan Google hingga saat ini dikarenakan kedua orang tuanya pindah ke Amerika Serikat saat Brin berusia 6 tahun, maka setelah pindah ia di daftarkan di sekolah dasar Paint Branch Montessori, Adelphi, Maryland.

Dimana ayahnya juga merupakan orang penting memegang peran di departemen matematika Universitas of Maryland. Karena melihat anaknya berbakat maka dari itu orang tuanya juga menyalurkan Brin hingga ke Universitas Maryland hingga diterima dan lulus mendapatkan gelar Bachelor of Science di tahun 1993.

Hingga akhrinya ia melanjutkan pendidikan nya di Universitas Standford Inggris, maka disinlah kedua pendiri Google ini berjodoh dan sama-sama membangun perusahaan bernama Google. Sesampai kuliah disana ia mendapatkan gelar MBA dari IE Business School maka dari ini tidak heran selain memiliki kemampuan dalam bidang Matematika dan bisnis, hingga saat ini Google berdiri Sergey Brin mempunyai Kekayaan bersih sebesar 50,5 miliar USD di 2019.

Kapan Google Didirikan

Google
Image by: hindustantimes.com

Google Didirikan pada tanggal 4 September tahun 1998, di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Google sendiri bisa hadir karena dua pemuda atau tokoh bernama Larry Page dan Sergey Brin yang bertemu secara tidak sengaja, dimana kedua orang ini sudah menjadi alumnus dari universitas Standford Inggris, saat kunjungannya diakhir pekan dan tanpa sengaja dia diperkenalkan kepada Sergey Brin dari salah seorang murid yang sedang bertugas mengantar Larry Page untuk berkeliling.

Dalam pertemuan ini mereka banyak berbicara atau mengobrol sampai ada perdebatan dan pemikiran, namun karena diskusi panjang lebar ini dan perdebatan maka lahirlah sebuah ilmu dan ide dalam menyelesaikan sebuah tantangan dalam ilmu komputer.

Hingga akhirnya di bulan pertama (Januari) tahun 1996 Larry dan Sergey duo pendiri Google ini melakukan sebuah percobaan demi percobaan. Dimana ia berkolaborasi dalam membuat mesin pencari atau Search Engine yang dinamai BlackRub. Setahun kemudian di tahun 1997 dari hasil ide cemerlang ini mereka bisa menganalisis tentang jaringan sehingga menjadi bahan perbincangan di kampus dan membuat ia terkenal dan reputasi dari BlackRub menjadi baik sebagai teknik baru dalam mesin pencari pada masa itu.

Produk Produk Google Beserta Fungsinya

1. Google AdWords

Google Adwords

Google AdWords merupakan salah satu layanan Google dalam bisnis atau bidang iklan, dimana jika Anda ingin memasarkan produk Anda melalui berbagai layanan iklan Google maka Google AdWords cocok untuk Anda pakai, setelah memakai layanan ini iklan produk Anda akan muncul seperti di Youtube, Blog atau situs web berita yang bekerja sama dengan Google (Google Adsense).

2. Google Adsense

google adsense
Image by: rankxl.com

Ini merulakan kebalikan dari Google AdWords dimana jika Anda mendaftarkan blog atau Youtube Channel Anda ke Google Adsense maka Anda akan mendapatkan uang dari produk Google yang satu ini.

3. Youtube

youtube
Image by: broadcastingcable.com

Ya jika Anda seorang Youtuber atau konten kreator Youtube menjadi salah satu bagian dari lini bisnis Google dalam bidang Video, dimana Anda bisa menikmati berbagai konten video yang sangat banyak dari video para penggiat Youtube.

4. AdMob

admob logo
Image by: appmerry.com

Jika Anda memakai sebuah aplikasi seperti aplikasi pada umumnya di Smartphone Android Anda, jika menemukan iklan maka inilah layanan dari AdMob ini, dimana publisher bisa memasang iklan mereka di aplikasi yang mereka buat, maka tidak heran jika aplikasi yang Anda gunakan ada iklannya, maka dari iklannya inilah mereka bisa membuat aplikasi yang lebih baik, maka dari itu sebaiknya Anda bisa menghargai apa yang dilakukan oleh para penggiat aplikasi yang sudah rela membuat aplikasi yang membantu Anda dengan mudah yang di pasangi iklannya. Jadi Anda sudah paham ya, begitu juga dengan blog yang ada iklannya maka dari sana para penggiat atau penulis blog mendapatkan uang juga.

5. Google Chrome

google chrome
Image by: thehacktoday.com

Ya sebuah peramban aplikasi penjelajahan web atau biasa disebut dengan browser, dimana Google Chrome ini merupakan produk unggulan ia, Google Chrome bisa berkembang besar hingga saat ini dikarenakan peran penting Sundar Pichai yang kini menjadi CEO Google, karena banyak keunggulan dan menjadi browser yang banyak digunakan maka dari ini Pichai mampu menduduki posisi tertinggi di Google, dia juga merupakan orang India yang bisa menjadi orang nomor satu di Google.

6. Gmail

gmail
Image by: droid-life.com

Ya sebuah situs gratis dan berbayar untuk layanan pesan kirim dan terima, seperti Gmail ini, dimana ini merupakan layanan Google dalam bidang per-emailan, untuk bisa menggunakan produk diatas maka Anda diwajibkan untuk membuat akun Google atau Gmail ini, agar bisa menggunakan banyak produk Google secara lebih dan maksimal.

7. Google Search

google search
Image by: gannett-cdn.com

Ini adalah yang utama dari yang lain di Produk Google, karena mesin pencari inilah Google bisa berkembang hingga saat ini.

8. Google Maps (GMAPS)

google maps
Image by: dailysocial.id

Ya jika Anda senang menjelajahi berbagai daerah namun tidak tau kawasan tersebut, maka Google Maps menjadi solusinya, bahkan abang Driver Ojek Online seperti Grab dan Gojek serta lainnya memanfaatkan fitur Google Maps untuk layanan mereka, sungguh luar biasa Google ini.

9. Google Wallet

google wallet
Image by: androidauthority.net

Ya dari namanya ini bukan sarang walet ya hehe, Google Wallet sendiri merupakan layanan Google dalam bidang keuangan lebih ke dompet Google, maka jika Anda memiliki Google Wallet Anda bisa membeli berbagai layanan produk Google lainnya, bahkan produk diluar Google yang tersedia dari Google Wallet, namun keunggulan Google Wallet belum bisa mengalahkan PayPal.

10. Android

android
Image by: android.com

Ya salah satu Sistem Operasi yang sering Anda gunakan ini adalah produk Google juga, maka dari itu tidak heran banyak aplikasi yang bisa Anda nikmati dari Android ini, baik dari segi OS nya yang gratis juga dari aplikasinya, bahkan standar sistem operasi untuk Smartphone seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Sony dan yang lainnya menggunakan layanan dari Android milik Google ini.

Sebenarnya masih banyak yang lainnya produk Google seperti Kacamata pintar Google, hingga projek mobil dan sepeda yang berjalan secara sistematis, hingga puluhan bahkan ratusan produk Google lainnya, diatas hanya produk umum dan populer saja yang dibahas.

Sekian beberapa ulasan dari penulis yang bisa Anda baca di kala senggang untuk mengetahui balik kisah para pendiri Google yakni Sergey Brin dan Larry Page, sejarah berdirinya Google hingga dari produk produk Google itu sendiri, sekian terimakasih jika telah membacanya hingga akhir mengenai kisah Pendiri Google ini, jangan lupa share ya.

Komentar disini