Beranda Kesehatan 24 Jenis Obat Telat Datang Bulan yang Sangat Efektif

24 Jenis Obat Telat Datang Bulan yang Sangat Efektif

obat telat datang bulan

Kalimat.ID – Obat Telat Datang Bulan – Terlambat datang bulan adalah suatu kondisi yang dialami seorang wanita saat ada siklus menstruasi yang terlewatkan. Hal ini biasa terjadi pada remaja yang baru mengalami masa menstruasi dan juga sering terjadi pada wanita pre menopause.

Pada setiap bulan, siklus menstruasi wanita bisa berubah-ubah, kadang lebih awal atau bisa juga lebih lama.

Walaupun siklus menstruasi antar wanita yang satu dengan lainnya berbeda-beda, namun biasanya wanita mengalami siklus menstruasi tiap 21 hingga 35 hari.

Berapa Lama Batas Telat Datang Bulan yang Masih Wajar?

Siklus menstruasi setiap wanita memang berbeda-beda, dan tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang teratur. Jika seorang wanita mengalami telat datang bulan 28 hari bahkan hingga 42 hari, maka masih dikatakan wajar.

Bahkan, jika wanita mengalami telat datang bulan hingga 4 bulan lamanya, masih dianggap wajar dan tidak perlu dicemaskan.

Namun, untuk menghindari kemungkinan buruk, ada baiknya berkonsultasi dengan spesialis kandungan. Terlebih lagi jika anda tidak mengalami menstruasi hingga 6 bulan.

Jika anda termasuk wanita yang sering mengalami telat datang bulan, maka anda harus mengetahui batas telat datang bulan yang masih aman sehingga dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

Banyak wanita yang mengira bahwa sering terlambat datang bulan akan menyebabkan pembekuan darah di dalam rahim dan dapat membahayakan kesehatan.

Hal ini tidak benar, karena jika anda tidak mengalami menstruasi itu artinya tidak ada perdarahan di dalam rahim sehingga tidak akan terjadi penumpukan darah disana.

Perlu diketahui, menstruasi hanya akan terjadi jika ada endometrium yang lepas. Jika endometrium tidak terlepas, otomatis tidak akan ada perdarahan atau menstruasi.

Bagi wanita yang usianya sudah diatas 35 tahun dan mengalami telat datang bulan yang terlalu lama, maka harus waspada dengan adanya tumor ovarium.

Adanya infeksi karena berhubungan seks juga dapat menyebabkan terlambat datang bulan. Hal lainnya yang juga perlu diwaspadai adalah ketika ada remaja yang belum mendapat menstruasi hingga berusia 17 tahun.

Kemungkinan penyebabnya adalah selaput dara yang tertutup rapat sehingga darah menstruasi tidak dapat keluar.

Karena normalnya selaput dara memiliki lubang-lubang. Jika lubang tersebut tertutup, kemungkinan ia sudah mengalami menstruasi, namun darahnya hanya menggumpal didalam.

Selain kasus telat datang bulan, banyak juga wanita yang mengalami perdarahan vagina diantara 2 siklus menstruasi. Bagi wanita yang telah menikah, mengalami siklus menstruasi kurang dari 21 hari jelas tidak normal.

Namun, jika hal tersebut dialami pada wanita yang usianya masih dibawah 20 tahun, maka tidak perlu dikhawatirkan.

Benarkah Sering Telat Datang Bulan Mengakibatkan Sulit Hamil?

Pertanyaan seperti diatas sering timbul dalam benak mereka yang sering terlambat datang bulan. Sebenarnya, jika telat datang bulan yang anda alami masih tergolong wajar tidak akan berpengaruh pada sistem reproduksi.

Wanita yang baru melahirkan dan menyusui paling sering mengalami telat datang bulan, dan ini hal yang normal.

Banyak wanita yang sering mengalami telat datang bulan dan kebetulan sulit memiliki anak. Hal tersebut membuat mereka melakukan berbagai cara agar haidnya teratur sehingga cepat memiliki momongan.

Padahal, sulit memiliki anak tidak selalu berkaitan dengan telat datang bulan. Terlebih lagi jika telat haidnya masih dalam kategori normal.

Ada juga wanita yang sejak awal memang mengalami haid yang tidak teratur. Misalnya, hanya mengalami haid 4 bulan sekali sejak pertama mendapat haid.

Jika anda salah satu yang mengalami hal tersebut, segeralah berkonsultasi dengan spesialis kandungan untuk mengetahui penyebabnya.

Terlebih lagi jika anda tidak mengalami haid hingga 6 bulan, penyakit serius bisa saja mengintai anda. Selain itu, sebaiknya hindari mengonsumsi obat tanpa pengawasan dokter.

Faktor-Faktor Penyebab Telat Datang Bulan

Wanita yang sering mengalami telat datang bulan umumnya mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, darah menstruasi yang keluar juga tidak beraturan, terkadang darah menstruasi yang keluar bisa banyak dan kadang sedikit.

Hal yang paling mempengaruhi hal tersebut adalah hormon yang tidak seimbang. Selain itu, masih banyak faktor lainnya yang dapat memicu telat datang bulan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mengakibatkan telat datang bulan:

Faktor Psikis

Telat datang bulan bisa disebabkan oleh faktor psikis. Wanita yang mengalami gangguan psikis atau stres yang berlebihan akan mengganggu kestabilan hormon yang mengatur menstruasi.

Karena pada otak terdapat Hypothalamus yang merupakan sumber hormon pengatur periode menstruasi.

Stres bisa dipengaruhi oleh banyak hal seperti urusan pekerjaan, masalah rumah tangga, masalah sosial dan sebagainya. Jika anda ingin haid tetap teratur, maka hindari stres yang berlebihan.

Salah satu cara untuk mengatasi stres yang bisa anda lakukan adalah yoga dan meditasi. Selain itu, anda juga harus menjalani pola hidup sehat dan sering berolahraga.

Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi seperti pil KB mengandung hormon progestin dan estrogen yang dapat mencegah pelepasan sel telur. Dalam penggunaan pil KB, siklus menstruasi biasanya akan terganggu.

Setelah 6 bulan penggunaan pil KB dihentikan, maka siklus menstruasi akan kembali normal. Selain pil KB, alat kontrasepsi lainnya juga bisa menyebabkan telat datang bulan.

Penggunaan Suntik KB, KB implan dan IUD akan menyebabkan darah haid keluar dengan tidak teratur, kadang sedikit, kadang bisa banyak.

Jika anda mengalami hal tersebut saat menggunakan alat kontrasepsi, maka anda tidak perlu merasa khawatir. Hal yang perlu anda lakukan adalah berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli medis sebelum menentukan alat kontrasepsi yang cocok untuk anda.

Polycystic Ovary Syndrome

Polycystic Ovary Syndrome atau disingkat PCOS ialah suatu kelainan yang terjadi pada hormon dan sistem metabolisme sehingga terjadi penurunan fungsi pada indung telur.

Akibatnya, penderita akan mengalami telat datang bulan bahkan tidak mengalami haid sama sekali.

Selain itu, PCOS juga dapat menurunkan tingkat kesuburan wanita. Penyebab PCOS sendiri tidak diketahui dengan pasti. Namun para ahli menduga bahwa PCOS terjadi karena adanya sindrom metabolik dan resistensi insulin.

PCOS tidak hanya mengganggu siklus menstruasi dan kesuburan, tetapi juga menyebabkan peningkatan berat badan, munculnya jerawat, serta tumbuhnya rambut yang berlebihan pada dada, perut dan wajah.

Hormon Prolaktin

Faktor lainnya yang juga dapat mengakibatkan telat datang bulan adalah hormon prolaktin. Tingginya kadar hormon prolaktin akan memicu terbatasnya produksi FSH dan GnRH.

Selain mengganggu siklus menstruasi, hormon prolaktin yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan wanita sulit hamil karena mengganggu kesuburan.

Namun, hormon prolaktin umumnya terjadi pada ibu menyusui sehingga tidak terlalu mengkhawatirkan jika tingkat kesuburan menurun.

Penurunan Berat Badan

Telat datang bulan juga bisa diakibatkan oleh penurunan berat badan. Hal ini sering dialami oleh wanita yang mengalami gangguan selera makan seperti bulimia dan anoreksia.

Berat badan yang kurang dapat mengganggu proses ovulasi, yakni proses pelepasan sel telur. Jika proses ovulasi terhenti, maka menstruasi tidak akan terjadi.

Satu-satunya cara agar siklus menstruasi bisa normal kembali adalah dengan memperbaiki nafsu makan dan menambah berat badan dengan makanan yang sehat sehingga berat badan tubuh lebih ideal.

Obesitas

Tak hanya penurunan berat badan, obesitas pun dapat mempengaruhi siklus haid wanita. Berat badan yang berlebih menyebabkan perubahan pada hormon wanita.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa wanita yang indeks massa tubuhnya berada pada rentang 25-30 atau lebih cenderung mengalami telat datang bulan.

Untuk mengatasinya, olahraga dan diet perlu dilakukan secara intens. Namun, sebaiknya tidak berlebihan dalam melakukan olahraga dan diet. Jangan sampai olahraga dan diet yang terlalu ketat malah membuat anda jatuh sakit.

Pra Menopause

Pra menopause adalah suatu peralihan dari masa produktif ke masa nonproduktif. Menopause sendiri umumnya terjadi pada rentang usia 45-55 tahun. Menopause juga bisa terjadi pada usia 40 tahun, ini sering dikenal dengan menopause dini.

Wanita yang telah memasuki pra menopause biasanya cenderung mengalami haid tidak teratur. Hal ini terjadi karena saat pra menopause terjadi ketidakseimbangan pada hormon progesteron.

Lamanya menstruasi yang terjadi pada masa pra menopause bisa lebih panjang atau bisa juga lebih pendek dari sebelumnya.

Yang perlu diwaspadai adalah jika anda tetap mengalami menstruasi saat sudah dalam masa menopause. Jika hal tersebut terjadi pada ajda, segeralah periksakan diri anda ke dokter.

Penyakit Kronis

Telat datang bulan juga bisa disebabkan oleh penyakit kronis. Penyakit seperti celiac dan diabetes sangat mempengaruhi siklus menstruasi wanita.

Pada penderita diabetes kronis, ketidakstabilan gula darah akan memicu perubahan hormon di dalam tubuh. Hal ini lah yang menjadi penyebab siklus menstruasi menjadi tidak teratur atau telat datang bulan.

Sedangkan pada penderita penyakit celiac, usus kecil akan mengalami kerusakan karena peradangan. Akibatnya, tubuh akan sulit menyerap nutrisi dari makanan dan berdampak pada siklus menstruasi.

Masalah Tiroid

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan telat datang bulan adalah gangguan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sangat berperan dalam sistem metabolisme.

Jika kelenjar tiroid terganggu, maka otomatis sistem metabolisme tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Beberapa tanda dan gejala saat tiroid bermasalah antara lain rambut rontok, perubahan berat badan yang signifikan, tubuh cepat lelah, dan lebih sensitif terhadap perubahan suhu.

Jika anda menjadi sering telat datang bulan, ada baiknya segera memeriksakan diri, karena bisa jadi anda mengalami masalah pada tiroid.

Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok juga dapat mengganggu siklus menstruasi hingga menyebabkan telat datang bulan. Hal ini disebabkan oleh zat-zat beracun pada rokok, khususnya nikotin.

Zat nikotin dapat membuat hormon progesteron dan hormon estrogen menjadi tidak seimbang sehingga menstruasi menjadi tidak teratur.

Obat Telat Datang Bulan dari Bahan Alami

Telat datang bulan bisa berlangsung selama beberapa minggu bahkan bisa sampai berbulan-bulan. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi obat telat datang bulan yang terbuat dari bahan alami.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan siklus menstruasi anda.

1. Kunyit

Kunyit adalah obat telat datang bulan alami yang cukup bisa diandalkan. Selain itu, kunyit juga mengandung antibakteri dan antiseptik alami yang mampu meringankan nyeri saat haid.

Untuk membuat obat telat datang bulan dari kunyit sangat mudah. Sediakan 2 ruas kunyit yang telah dikupas. Campurkan dengan 1 sendok teh ketumbar, satu sendok teh biji pala dan setengah genggam daun srigading.

Kemudian rebus semua bahan dengan 1 liter air sampai mendidih. Jika sudah, saring airnya dan minumlah dalam keadaan masih hangat.

2. Yoghurt

Obat telat datang bulan lainnya yang berbahan alami yaitu yogurt. Sama halnya dengan kunyit, yogurt juga bisa memperbaiki siklus menstruasi sekaligus mengatasi nyeri perut yang sering timbul saat menstruasi.

Manfaat tersebut tak lepas dari kandungan protein dan kalsium yang ada pada yogurt. Saat ini, di produk yogurt banyak beredar di pasaran, khususnya di Supermarket.

Varian yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari yogurt plain yang tanpa rasa, sampai yogurt dengan berbagai pilihan rasa yang nikmat disantap oleh siapa saja.

Selain dapat membelinya langsung di Supermarket terdekat, anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah.

Caranya cukup mudah, siapkan susu murni yang diambil langsung dari para peternak sapi. Kemudian, panaskan susu murni tersebut hingga suhunya mencapai 73 derajat celcius.

Jangan langsung matikan api, pertahankan suhu tersebut hingga 15 menit. Jika sudah, campurkan dengan bibit yogurt yang telah jadi, yakni 5% dari susu murni.

Kemudian lakukan inkubasi, yakni hangatkan susu dengan suhu 45 derajat celcius dalam waktu 8 jam.

3. Minyak Ikan

Minyak ikan juga bisa dijadikan obat telat datang bulan yang manjur. Ini berkat kandungan omega 3 yang ada pada minyak ikan. Omega 3 dapat mencegah kerusakan pada ovarium yang berdampak pada gangguan siklus haid.

Untuk itu, jika anda ingin memperbaiki siklus haid, seringlah mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan tersedia dalam bentuk tablet atau softgel yang bisa anda dapatkan di apotek dan Supermarket terdekat.

4. Asam Jawa

Obat telat datang bulan lainnya yang tak kalah manjur adalah asam jawa. Asam jawa telah lama dipercaya untuk melancarkan haid sekaligus mengatasi nyeri saat sedang haid. Asam jawa bisa dikonsumsi dalam bentuk permen atau minuman.

Sedangkan asam jawa yang asli dapat anda temukan dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket.

Jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah, caranya pun sangat praktis. Anda hanya perlu mengupas beberapa buah asam jawa, lalu rendam pada gelas berisi air panas.

Masukkan juga sedikit garam dan satu sendok gula pasir, lalu diamkan hingga satu jam. Selanjutnya, anda bisa meminum air asam jawa tersebut 2 kali sehari.

5. Cuka Apel

Selanjutnya obat telat datang bulan alami yang bisa anda gunakan adalah cuka apel. Cuka apel dapat mempercepat datangnya siklus menstruasi.

Hal ini karena sifat cuka apel yang mampu merangsang peluruhan sel telur dalam dinding rahim sehingga terjadilah menstruasi.

Selain mampu mengatasi telat datang bulan, sari cuka apel juga dapat menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Untuk mengatasi telat datang bulan dengan sari cuka apel, anda bisa mengonsumsinya secara langsung.

Sari cuka apel sudah banyak beredar dipasaran, anda bisa dengan mudah mendapatkannya di Supermarket terdekat.

Karena bersifat asam, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya tidak mengonsumsi sari cuka apel dalam keadaan perut kosong.

Cara mengonsumsi cuka apel yang benar yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat.

6. Jus Pepaya

Obat telat datang bulan lainnya yang juga sangat ampuh adalah jus pepaya. Jus pepaya sangat kaya akan vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

Selain itu, jus pepaya juga dapat merangsang pelepasan sel telur pada dinding rahim sehingga menstruasi akan cepat terjadi.

Tak hanya itu, jus pepaya juga dapat mengatasi nyeri perut pada saat haid. Caranya, cukup dengan mengonsumsi seminggu sebelum haid. Untuk memperbaiki siklus menstruasi, konsumsi jus pepaya setiap hari.

7. Air Tebu

Tanaman tebu sangat mudah ditemukan di Indonesia, khususnya pada daerah pegunungan. Tanaman tebu dapat tumbuh dengan baik pada wilayah yang udaranya sejuk.

Di dalam tebu terdapat banyak vitamin dan mineral seperti fosfor, zat besi, magnesium, kalsium dan kalium.

Jika anda sering telat datang bulan, maka tebu dapat dijadikan obat telat datang bulang yang alami. Mengonsumsi air tebu 2 minggu sebelum menstruasi akan membuat membantu melancarkan menstruasi.

8. Wedang Jahe

Wedang jahe dapat dijadikan obat telat datang bulan yang sangat ampuh. Wedang jahe dapat merangsang hormon adrenalin dan melebarkan pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Karena itu, wedang jahe dapat melancarkan keluarnya darah saat haid. Selain melancarkan haid, wedang jahe juga dapat mengobati nyeri haid karena mengandung zat anti radang yang mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada dinding rahim.

Jahe juga dapat membantu mengurangi berat badan berlebih karena mengandung enzim lipase dan protease yang mampu mencerna protein dan lemak pada tubuh. Hal ini sangat penting karena telat datang bulan bisa disebabkan oleh penumpukan lemak pada tubuh.

Cara membuat wedang jahe sangat mudah. Sediakan satu ruas jahe yang telah dikupas dan dicuci bersih. Tambahkan gula merah secukupnya, lalu rebus hingga mendidih.

Minumlah wedang jahe selagi hangat 2 kali sehari agar siklus menstruasi anda kembali datang.

9. Susu Kedelai

Selain wedang jahe, anda juga dapat mencoba minuman lain seperti susu kedelai untuk dijadikan obat telat datang bulan.

Di dalam susu kedelai terdapat kandungan protein dan asam amino yang tinggi. Minumlah susu kedelai secara rutin agar siklus menstruasi anda kembali normal.

10. Biji Ketumbar

Biji ketumbar adalah salah satu jenis rempah yang bisa dijadikan obat telat datang bulan. Cara pengolahannya sangat mudah. Ambil biji ketumbar beberapa sendok teh, lalu rebus hingga mendidih.

Jika sudah, saring airnya lalu minumlah dalam keadaan masih hangat. Anda bisa meminum air rebusan biji ketumbar 3 kali sehari.

11. Kayu Manis

Jenis rempah lainnya yang tidak kalah ampuh untuk melancarkan haid adalah kayu manis. Selain itu, kayu manis juga dapat memberikan efek hangat dan meringankan nyeri perut saat haid. Minumlah air rebusan kayu manis secara rutin agar siklus menstruasi anda kembali teratur.

12. Biji Wijen

Biji wijen dapat merangsang siklus menstruasi agar lebih teratur. Caranya, rebus biji wijen secukupnya dengan segelas air sampai mendidih.

Minumlah air rebusan wijen tersebut secara teratur saat perut kosong agar siklus menstruasi anda kembali teratur.

13. Adas

Obat telat datang bulan alami lainnya yang bisa dijadikan alternatif adalah adas. Adas dapat melancarkan aliran darah, terutama saat sedang haid. Selain itu, adas bersifat antispasmodik sehingga mampu meredakan nyeri haid.

14. Jus Wortel

Selain sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, jus wortel juga dapat digunakan untuk mengatasi telat datang bulan. Ini karena wortel dapat menyeimbangkan hormon-hormon dalam tubuh wanita, khususnya hormon yang berperan dalam siklus menstruasi.

Agar siklus menstruasi anda kembali teratur, minumlah jus wortel setiap hari, jika perlu nonstop hingga 3 bulan.

15. Buah Anggur

Buah anggur sangat efektif untuk melancarkan haid. Buah anggur dapat membuat siklus menstruasi menjadi teratur. Anda bisa mengonsumsi buah anggur secara langsung maupun menjadikannya sebagai jus.

16. Peterseli

Peterseli biasanya digunakan untuk garnish makanan agar terlihat lebih menarik. Namun, siapa sangka jika peterseli mampu melancarkan haid. Cara membuat obat telat datang bulan dari peterseli sangat mudah.

Sediakan peterseli secukupnya, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Kemudian larutkan secangkir air hangat. Minumlah secara teratur agar siklus menstruasi normal kembali.

17. Saffron

Saffron merupakan salah satu jenis rempah yang harganya sangat mahal. Saffron juga ternyata sangat ampuh untuk mengatasi telat datang bulan. Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan saffron 3 kali sehari hingga menstruasi.

18. Vitamin C

Untuk mengatasi telat datang bulan, anda membutuhkan vitamin C. Karena vitamin C dapat meningkatkan kadar hormon estrogen yang memiliki peranan penting pada siklus menstruasi.

Anda bisa mendapatkan vitamin C secara alami dari buah-buahan seperti jeruk, tomat, jambu biji, aple serta buah beri.

19. Pare

Banyak yang tidak menyukai pare karena rasanya pahit. Namun dibalik rasanya yang pahit, pare dapat mengobati telat datang bulan. Anda bisa mengonsumsi sayur pare seperti biasa atau bisa juga menjadikannya jus.

Yang terpenting, anda harus mengonsumsi pare 2 kali sehari sampai anda kembali mengalami menstruasi

20. Lidah Buaya

Lidah buaya tak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut, tetapi juga sangat ampuh untuk melancarkan siklus menstruasi. Konsumsilah gel lidah buaya secara teratur sampai siklus menstruasi anda kembali.

Untuk menambah citarasa, anda dapat menambahkan sedikit madu. Namun, hentikan mengonsumsi lidah buaya saat anda telah mengalami menstruasi.

Obat Telat Datang Bulan Menurut Resep Dokter

Selain menggunakan obat datang bulan dari bahan alami, anda juga bisa mengonsumsi obat dari resep dokter. Obat-obatan ini pada dasarnya digunakan untuk menyuburkan kandungan yang cara kerjanya mengatur proses pelepasan sel telur.

Langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya mengenai beberapa obat telat datang bulan berikut ini:

21. Clomiphene

Clomiphene atau serophen bisa digunakan untuk memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur. Cara kerja clomiphene adalah merangsang hormon FSH, GnRH serta hormon yang sangat berperan dalam proses pelepasan sel telur dalam rahim.

Hormon-hormon tersebut akan meningkatkan produksi sel telur sehingga siklus menstruasi menjadi teratur kembali. 8-% dari w

Setelah mengonsumsi dosis terakhir dari obat clomiphene, 60-80% wanita mengalami menstruasi 7 hari kemudian.

Namun, obat ini memiliki efek samping, yaitu sakit kepala, kembung, mual dan sensasi rasa panas pada tubuh.

22. Aspirin

Aspirin sering digunakan untuk pereda nyeri. Aspirin juga dapat mengatasi peradangan pada rahim dan dapat melancarkan aliran darah sehingga membuat lapisan rahim menjadi lebih tebal. Aspirin memiliki efek samping seperti heartburn dan sakit perut.

23. Dostinex dan Parlodel

Dostinex dan Parlodel juga dapat mengembalikan siklus menstruasi yang tidak teratur. Kedua jenis obat yang dapat mempercepat proses ovulasi dalam rahim.

Biasanya dokter akan memberinya dalam dosis kecil sebagai dosis awal. Efek samping dari obat ini adalah sakit perut dan pusing.

24. Hormon Suntik

Telat datang bulan bisa diatasi dengan penyuntikan hormon. Hormon yang biasa digunakan yaitu HCG, FSH dan GnRH.

Tiga hormon tersebut pada dasarnya dapat diproduksi oleh tubuh secara alami, namun pada beberapa kasus dibutuhkan asupan tambahan dari luar tubuh.

Hormon suntik juga memiliki efek samping seperti memar dan bengkak pada area kulit yang disuntik, namun ini hanya bersifat sementara. Hormon suntik juga dapat membuat rahim menjadi lunak akibat adanya penumpukan cairan.

Terlambat datang bulan merupakan hal yang menakutkan bagi banyak wanita. Jika anda mengalami perubahan siklus menstruasi yang sangat drastis, segera berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.

Komentar disini
error: