20 Jenis Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Bisa Dicoba

Obat Sakit Tenggorokan Alami

Kalimat.ID – Obat Sakit Tenggorokan Alami – Sakit tenggorokan yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah faringitis sangat sering dialami banyak orang. Sakit tenggorokan umumnya disebabkan oleh adanya radang pada bagian belakang tenggorokan atau faring.

Masyarakat lebih sering menyebutnya panas dalam karena memang menimbulkan sensasi panas pada bagian tenggorokan. Penderita sakit tenggorokan biasanya akan merasa tidak nyaman saat menelan makanan karena akan terasa sakit.

Tak jarang mereka kehilangan selera makan akibat mengidap sakit tenggorokan. Tak hanya itu, sakit tenggorokan bisa menjadi pertanda adanya beberapa penyakit seperti demam, flu dan demam kelenjar.

Sakit tenggorokan ini umumnya akan mereda dengan sendirinya kurang dari seminggu. Namun, karena cukup mengganggu, banyak yang melakukan pengobatan agar sakit tenggorokan cepat sembuh.

Sebagian orang mengatasinya dengan obat sakit tenggorokan alami. Namun banyak pula yang langsung berkonsultasi dengan dokter.

Seberapa Umumkah Sakit Tenggorokan?

Sakit tenggorokan bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga usila. Namun, sakit tenggorokan lebih sering terjadi pada anak berumur 5-15 tahun.

Sakit tenggorokan yang dialami oleh orang dewasa, 10 % disebabkan oleh adanya bakteri streptococcus. Sakit tenggorokan bisa dicegah dengan menghindari faktor risiko.

Tanda dan Gejala Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya ditandai dengan rasa panas pada tenggorokan dan kesulitan dalam menelan makanan. Selain itu, gejala lainnya bisa saja muncul, tergantung penyebab sakit tenggorokan itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala yang paling sering muncul saat sakit tenggorokan:

  • Sakit kepala
  • Demam
  • Batuk
  • Nyeri otot dan nyeri sendi
  • Ruam pada kulit
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian leher
  • Suhu tubuh 38 derajat celcius

Gejala sakit tenggorokan yang muncul sangat tergantung dengan faktor penyebab sakit tenggorokan. Adapun gejala sakit tenggorokan yang disebabkan oleh flu adalah sebagai berikut:

  • Bersin-bersin
  • Sakit kepala
  • Badan pegal-pegal
  • Tubuh terasa lelah
  • Pegal-pegal
  • Badan panas dingin
  • Suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius

Sementara itu, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh demam kelenjar menimbulkan tanda dan gejala sebagai berikut.

  • Amandel membesar
  • Bengkak pada kelenjar getah bening di leher
  • Sakit kepala
  • Pembengkakan pada ketiak
  • Peradangan pada liver

Jika anda mengalami beberapa tanda dan gejala sakit tenggorokan seperti diatas, anda bisa mengatasinya dengan obat sakit tenggorokan alami. Namun jika sakit tenggrokan tidak kunjung sembuh atau semakin parah, maka segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah karena infeksi bakteri dan virus.

Bakteri dan virus yang menyebabkan flu dan pilek umumnya akan menyebabkan sakit tenggorokan juga. Tak heran jika banyak orang yang terkena flu diiringi dengan gejala sakit tenggorokan.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat memicu sakit tenggorokan:

  • Virus Influenza
  • Pilek
  • Bakteri Mononukleosis
  • Virus campak
  • Virus cacar air
  • Croup atau infeksi pada saluran pernapasan yang ditandai dengan batuk yang merongrong

Sakit tenggorokan sendiri pada dasarnya disebabkan oleh bakteri streptococcus kelompok A, dan streptococcus pyogenes.

Selain bakteri dan virus, sakit tenggorokan juga bisa terjadi karena kondisi berikut:

1. Alergi

Sakit tenggorokan bisa terjadi akibat reaksi alergi terhadap serbuk bunga, bulu binatang atau infeksi jamur. Selain itu, postnasal drip merupakan penyebab yang paling utama pada reaksi alergi yang dapat mengakibatkan sakit tenggorokan.

Postnasal drip umunya terjadi saat hidung mampet sehingga sinus mengalir ke saluran tenggorokan dan menyebabkan rasa gatal yang menggelitik tenggorokan.

2. Suhu Udara

Faktor berikutnya yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan adalah udara. Udara yang panas dan juga pengap akan membuat tenggorokan terasa panas dan gatal, terlebih lagi jika terjadi setelah bangun tidur di pagi hari.

Disamping itu, bernafas melalui mulut terlalu sering akibat hidung tersumbat juga bisa mengakibatkan sakit tenggorokan.

3. Iritan Bahan Kimia

Selain suhu udara, polusi udara juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Hal ini terjadi karena tenggorokan mengalami iritasi terhadap polusi udara, terutama yang terpapar bahan kimia seperti asap rokok.

Tak hanya itu, mengonsumsi minuman beralkohol, menghisap tembakau, dan banyak mengonsumsi makanan pedas juga dapat memicu sakit tenggorokan.

4. Otot Tegang di Area Tenggorokan

Otot di tenggorokan bisa saja menjadi tegang akibat berteriak terlalu keras, berbicara keras, atau banyak berbicara dalam waktu yang lama tanpa jeda. Jika dibiarkan, otot tenggorokan yang tegang akan menyebabkan sakit tenggorokan.

5. Penyakit Lambung

Penyakit lambung atau GERD merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena asam lambung yang naik ke esofagus sehingga menyebabkan rasa terbakar pada dada dan nyeri ulu hati.

Lebih jelasnya, esofagus adalah saluran pencernaan yang merupakan penghubung antara lambung dan tenggorokan. Jika esofagus terpapar oleh naiknya asam lambung, maka tenggorokan juga akan terkena dampaknya. Dengan kata lain, penyakit asam lambung dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

6. Infeksi Virus HIV

Pada pengidap virus HIV, biasanya akan mengalami gejala flu dan sakit tenggorokan sebagai gejala awal.

Bedanya, orang yang mengidap HIV akan menderita sakit tenggorokan yang kronis atau sering kambuh akibat infeksi virus.

Penderita HIV memiliki sistem imun yang lemah sehingga sangat rentan terhadap infeksi, termasuk infeksi virus yang menyebabkan sakit tenggorokan.

7. Penyakit Tumor

Penyakit tumor yang terjadi pada lidah, laring dan tenggorokan juga dapat menimbulkan sakit tenggorokan. Gejala yang timbul seperti sesak napas, kesulitan menelan makanan, suara yang serak, terdapat benjolan di leher hingga adanya darah pada air liur.

Tumor kanker tenggorokan, lidah, dan laring bisa menyebabkan radang tenggorokan. Tanda atau gejala lain mungkin termasuk suara serak, sulit menelan, sesak napas, benjolan di leher, dan darah dalam air liur.

Faktor-Faktor Risiko Sakit Tenggorokan

Selain mengetahui penyebab dan gejala sakit tenggorokan, berikutnya kita akan membahas mengenai faktor apa saja yang dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan.

Walaupun semua orang berpeluang mengalami sakit tenggorokan, namun ada beberapa hal yang dapat menjadikan seseorang lebih rentang mengalami sakit tenggorokan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan:

1. Faktor Usia

Sakit tenggorokan lebih sering dialami oleh anak-anak dan remaja. Sakit tenggorokan pada anak-anak umumnya terjadi akibat infeksi bakteri. Hal ini bisa terjadi karena anak-anak sering jajan tanpa memperhatikan kebersihan.

2. Asap rokok

Faktor lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan adalah asap rokok. Tak hanya menghirup asapnya saja, namun kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan bahkan kanker mulut dan kanker tenggorokan.

3. Alergi

Alergi yang sering kambuh saat terpapar bulu hewan debu maupun jamur juga dapat menimbulkan sakit tenggorokan. Terlebih lagi jika anda memang sedang mengalami sakit tenggorokan, tentunya akan membuatnya semakin parah.

4. Infeksi Sinus

Infeksi sinus menghasilkan lendir yang memiliki fungsi untuk mengendalikan kelembaban udara dan suhu yang masuk ke rongga paru-paru. Lendir sinus biasanya juga mengalir ke hidung melewati saluran-saluran kecil. Saluran-saluran tersebut dapat terhalang jika sinus mengalamai radang sehingga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

5. Tempat yang Tercemar

Mendatangi tempat yang tercemar juga dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan. Terpapar bakteri dan virus yang bersarang di suatu tempat seperti tempat pembuangan sampah, sungai yang kotor, atau tempat-tempat yang jarang dibersihkan dapat memperburuk sakit tenggorokan.

6. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Jika sistem kekebalan tubuh lemah, anda akan rentan mengalami berbagai penyakit seperti diabetes, HIV, dan sakit tenggorokan. Selain itu, penggunaan obat yang mengandung steroid dan obat untuk kemoterapi juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

7. Pola Makan yang Buruk

Kemungkinan mengidap sakit tenggorokan akan meningkat jika seseorang memiliki pola makan yang buruk. Banyak mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak akan membuat tenggorokan terasa panas dan lama kelamaan akan menyebabkan radang tenggorokan.

8. Stres dan Kelelahan

Faktor lainnya yang juga dapat menimbulkan sakit tenggorokan adalah stres dan kelelahan. Stres yang berlebihan ditambah kondisi tubuh yang terlalu lelah akan membuat tubuh menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit seperti sakit tenggorokan.

Obat Sakit Tenggorokan Alami Untuk Dewasa

Setelah anda yakin bahwa anda mengalami gejala sakit tenggorokan, anda perlu melakukan pengobatan agar sakit tenggorokan yang anda alami tidak semakin parah. Anda tidak harus ke dokter untuk mengobati sakit tenggorokan, karena anda bisa mengatasinya dengan obat sakit tenggorokan alami seperti berikut:

1. Air Garam

Obat sakit tenggorokan alami pertama yang bisa anda coba adalah air garam. Berkumur menggunakan air garam dapat meredakan sensasi panas dan nyeri pada tenggorokan.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa berkumur dengan air garam secara rutin bisa menghilangkan bengkak pada tenggorokan.

Cara pemakaian air garam untuk sakit tenggorokan sangat mudah. Campurkan 1 sendok makan garam halus dengan satu gelas air hangat, lalu aduk hingga garam larut.

Tanpa menunggu lama, berkumurlah dengan air garam tersebut hingga beberapa detik. Lakukan sesering mungkin dalam sehari. Jika anda merasa air garam terlalu asin, anda bisa menambahkan sedikit madu murni.

2. Air Lemon

Selain air garam ada obat sakit tenggorokan alami lainnya yang tak kalah manjur, yaitu air lemon. Buah lemon mengandung senyawa astringent yang dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan.

Rasa asam pada air lemon juga mampu melawan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan.

Campur perasan air lemon dengan segelas air hangat, lalu gunakan air lemon tersebut untuk berkumur beberapa detik. Lakukan berulang kali hingga tenggorokan membaik.

3. Cuka Apel dan Garam

Jika sakit tenggorokan yang anda alami disebabkan oleh batuk, maka anda bisa mengobatinya dengan cuka apel dan garam. Sari cuka apel bersifat asam sehingga dapat melapisi tenggorokan sekaligus mematikan bakteri dan virus yang berkembang di tenggorokan.

Sediakan satu gelas air hangat, kemudian masukkan satu sendok sari cuka apel dan 2 sendok teh garam halus. Aduki hingga larut, kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan setiap 4 jam hingga tenggorokan mulai membaik.

4. Kunyit

Obat sakit tenggorokan alami bisa anda dapatkan dari dapur, yaitu kunyit. Selain digunakan untuk pelengkap masakan, kunyit ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan anti bakteri sehingga mampu mengobati berbagai penyakit, termasuk sakit tenggorokan.

Mengobati sakit tenggorokan dengan kunyit tidak sulit. Cukup ambil satu sendok bubuk kunyit dan setengah sendok garam halus, lalu larutkan dengan segelas air hangat. Seperti cara sebelumnya, gunakan larutan kunyit dan garam untuk berkumur selama beberapa detik.

5. Bawang Putih

Selain kunyit, bawang putih juga bisa dijadikan obat sakit tenggorokan alami. Michael Finkelstein seorang pakar dari New York mengatakan bahwa bawang putih mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menghancurkan virus penyebab sakit tenggorokan.

Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung antibiotik alami yang dapat mematikan bakteri penyebab iritasi pada tenggorokan. Hangatkan 1-2 siung bawang putih menggunakan microwave selama 15 detik.

Kemudian tekan bawang putih hingga hancur dan makanlah bawang putih tersebut secara langsung. Dengan mengonsumsi bawang putih satu kali sehari, maka sakit tenggorokan akan segera reda.

Tetapi, jika anda merasa bawang putih mentah terlalu menyengat, anda bisa segera meminum larutan air garam menetralisir aroma bawang putih.

6. Air Putih

Salah satu obat sakit tenggorokan alami yang tidak bisa diremehkan adalah air putih. Air putih sangat penting untuk menjaga kelembaban pada tenggorokan sehingga sakit tenggorokan cepat mereda.

Air putih juga dapat membantu menyingkirkan lendir pada tenggorokan dan mengurangi rasa panas dan nyeri di tenggorokan. Untuk mengobati sakit tenggorokan dengan air putih sangat mudah.

Anda hanya perlu mengonsumsi banyak air putih dalam sehari. Namun, yang dianjurkan untuk diminum adalah air putih yang hangat.

7. Susu Kunyit

Obat sakit tenggorokan lainnya yang bisa anda buat sendiri di rumah adalah susu kunyit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kunyit mengandung antioksidan dan antibakteri sehingga dapat segera meredakan sakit tenggorokan. Namun, kali ini kita akan mengonsumsi kunyit yang dicampur dengan susu.

Caranya mudah, cukup sediakan susu murni yang hangat, lalu masukkan satu sendok kunyit bubuk dan aduk hingga rata. Minumlah secara rutin dalam keadaan hangat agar sakit tenggorokan segera hilang.

8. Sup Ayam

Selain sangat lezat untuk dijadikan menu makanan, ternyata sup ayam juga bisa menyembuhkan sakit tenggorokan. Hal ini berkat kaldu ayam yang ada di dalam sup.

Kaldu ayam mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat memulihkan kondisi tubuh sekaligus melawan bakteri dan virus penyebab sakit tenggorokan. Selain kaldu, dalam sup ayam biasanya mengandung bawang putih yang juga sangat ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Karena bawang putih mengandung antibiotik alami sehingga mampu memerangi bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan.

8. Sayuran Tumis

Selain sup ayam, ada satu lagi makanan lezat yang bisa dijadikan obat sakit tenggorokan alami, yaitu sayuran tumis.

Saat sedang mengalami sakit tenggorokan, anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi gorengan atau makanan yang mengandung lemak tinggi karena akan memperburuk kondisi tenggorokan.

Sebaiknya perbanyak mengonsumsi sayuran agar sakit tenggorokan cepat pulih. Salah satu olahan sayur yang sangat dianjurkan adalah sayuran tumis.

Karena sayuran yang ditumis proses memasaknya tidak terlalu lama sehingga kandungan vitamin dan mineral pada sayuran tidak hilang. Jenis sayuran yang baik untuk ditumis yaitu buncis, wortel, kentang dan kacang panjang.

9. Telur

Olahan telur juga merupakan obat sakit tenggorokan alami yang cukup manjur. Telur mengandung banyak protein yang dapat mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan.

Jika anda ingin mengonsumsi telur untuk mengobati sakit tenggorokan, sangat disarankan untuk mengonsumsi telur rebus. Jangan mengolahnya dengan cara digoreng atau disambal, karena hanya akan membuat sakit tenggorokan bertambah parah.

10. Buah Pisang

Obat sakit tenggorokan alami juga bisa kita dapatkan dari buah pisang. Buah pisang mengandung potasium dan kalium yang sangat tinggi. Dua kandungan utama tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah pisang juga sangat lembut sehingga mudah ditelan oleh orang yang sedang mengalami sakit tenggorokan. Buah pisang bisa anda konsumsi secara langsung atau dibuat menjadi jus.

Anda juga bisa merebus atau memanggang buah pisang. Tetapi sebaiknya hindari mengonsumsi pisang goreng karena akan memperburuk kondisi tenggorokan.

11. Teh Peppermint

Saat sedang mengalami sakit tenggorokan, anda perlu menghindari minuman yang mengandung soda. Jika anda menginginkan minuman yang segar untuk melepaskan dahaga, maka cobalah mengonsumsi teh peppermint.

Teh peppermint memberikan sensasi dingin sehingga sangat nyaman di tenggorokan yang meradang. Teh peppermint bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat, namun hindari teh peppermint yang terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

12. Sup Jagung

Sakit tenggorokan dapat membuat penderita kesulitan menelan makanan karena rasa sakit yang ditimbulkan. Untuk menyiasati hal tersebut, anda mengonsumsi sup jagung selama mengalami sakit tenggorokan.

Karena jagung mengandung karbohidrat sehingga dapat menggantikan nasi sebagai sumber energi. Cara membuat sup jagung sangat mudah. Haluskan jagung, lalu tambahkan mentega dan susu cair.

Untuk bumbunya, cukup tambahkan bawang putih, merica dan garam. Kemudian masak dalam panci sedang hingga mendidih. Mengonsumsi sup jagung saat menderita sakit tenggorokan dapat memberikan efek kenyang sekaligus menambah energi.

Obat Sakit Tenggorokan Alami Untuk Anak Anak

Mengobati sakit tenggorokan untuk anak-anak tentunya agak berbeda dengan pengobatan terhadap orang dewasa. Ini karena tubuh anak-anak belum sekuat orang dewasa sehingga kita tidak bisa memaksanya mengonsumsi obat yang keras.

Berikut ini merupakan beberapa obat sakit tenggorokan alami yang bisa digunakan untuk anak-anak:

1. Kombinasi Madu dan Lemon

Anda tentunya sudah tahu bahwa buah lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Selain itu, lemon juga mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Asam pada buah lemon juga dapat menyingkirkan bakteri dan virus penyebab sakit tenggorokan.

Sedangkan madu sangat berkhasiat untuk melapisi tenggorokan si kecil yang terkena radang sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu sendok madu murni jauh lebih baik untuk meredakan radang dibandingkan dengan obat batuk kimia.

Untuk memanfaatkan madu dan lemon sebagai obat sakit tenggorokan alami untuk anak-anak, caranya sangat mudah. Campur satu sendok makan perasan lemon dengan satu sendok makan madu murni.

Aduk hingga rata, lalu panaskan sebentar. Berikan 2 sampai 3 kali sehari campuran lemon dan madu tersebut dengan dosis 1 sendok teh sekali minum. Sebagai catatan, madu murni hanya bisa diberikan untuk anak berusia satu tahun keatas.

2. Jahe

Jahe sering dijadikan minuman untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Tak hanya itu, jahe juga bisa dijadikan obat sakit tenggorokan alami yang cukup ampuh. Hal ini berkat zat anti inflamasi dan juga zat antibakteri yang terkandung dalam jahe.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa jahe dapat melumpuhkan bakteri penyebab penyakit.

Untuk mengobati anak-anak dengan jahe, anda menjadikannya minuman hangat. Jika dirasa terlalu pedas, anda bisa tambahkan madu agar terasa lebih manis.

3. Yogurt

Yogurt juga bisa menjadi obat sakit tenggorokan alami untuk anak-anak. Yogurt banyak mengandung probiotik atau bakteri baik yang sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Yogurt sangat baik dikonsumsi saat sakit tenggorokan karena akan mempercepat proses pemulihan. Untuk penggunaannya, berikan satu sendok makan yogurt kepada anak anda.

Jangan memberinya minuman atau makanan lainnya selama 30 menit agar yogurt bisa terserap secara maksimal oleh tubuh. Tenggorokan si kecil akan terasa membaik dengan mengonsumsi yogurt secara rutin.

4. Bawang Bombay

Obat sakit tenggorokan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk anak-anak adalah bawang bombay. Bawang bombay mengandung zat anti bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.

Selain itu, bawang bombay juga mengandung antiseptik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada tenggorokan.

Haluskan satu siung bawang bombay yang telah dikupas, lalu berikan 1 sendok teh bawang bombay tersebut kepada anak. Sebaiknya berikan bawang bombay di pagi hari saat perut anak masih kosong.

Jika dia anak anda tidak bisa menelannya secara langsung, campurkan bawang bombay yang telah dihaluskan tadi dengan segelas air, dan mintalah anak anta untuk berkumur.

Obat Sakit Tenggorokan Alami Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memang tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Kalaupun harus mengonsumsi obat, tentunya harus dengan anjuran dan petunjuk dokter agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kehamilan.

Namun, ada beberapa obat sakit tenggorokan alami yang aman digunakan untuk ibu hamil. Apa saja? Langsung saja kita simak beberapa cara alami untuk mengobati sakit tenggorokan pada ibu hamil berikut ini:

1. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt merupakan olahan susu yang mengandung bakteri baik. Bakteri baik pada yogurt dapat melawan berbagai bakteri penyebab sakit tenggorokan. Selain mudah dicerna, dengan rajin mengonsumsi yogurt maka sakit tenggorokan akan cepat sembuh.

2. Jus Wortel

Sakit tenggorokan pada ibu hamil juga bisa diatasi dengan jus wortel. Jus wortel sangat kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Ditambah dengan kandungan nutrisi lainnya yang dapat menambah stamina ibu hamil.

3. Jus Pisang

Selain jus wortel, obat sakit tenggorokan alami untuk ibu hamil berikutnya yang aman dikonsumsi adalah jus pisang. Kandungan nutrisi pada pisang dapat membantu memulihkan tenggorokan yang meradang.

Selain itu, pisang juga mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan energi ibu hamil yang sulit makan karena nyeri di tenggorokan.

4. Minyak Esensial Chamomile

Selain bermanfaat saat diminum, chamomile juga bisa mendatangkan manfaat saat dihirup. Menghirup minyak esensial chamomile akan meredakan sakit tenggorokan. Disamping itu, aroma chamomile juga memberikan efek tenang sehingga ibu hamil menjadi lebih rileks.

Sakit tenggorokan pada ibu hamil bisa disembuhkan dengan cara-cara alami diatas jika masih tergolong ringan. Namun, ibu hamil disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala seperti berikut:

  • Tenggorokan memerah
  • Menggigil
  • Sakit kepala hebat
  • Terdapat bercak-bercak merah yang pekat di tenggorokan
  • Merasa sangat lelah
  • Terdapat pembengkakan di leher
  • Terdapat nanah pada amandel
  • Nyeri pada perut
  • Nafsu makan menurun drastis

Jika anda mengalami sakit tenggorokan yang disertai dengan gejala-gejala diatas, jangan pikir panjang, segeralah periksakan diri anda ke ahli medis.

Itulah berbagai obat sakit tenggorokan alami yang bisa anda coba sendiri di rumah. Namun, obat-obat alami tersebut hanya mampu mengatasi sakit tenggorokan yang ringan.

Jika sakit tenggorokan yang anda derita sering berulang dan tidak sembuh dalam waktu yang lama, kemungkinan anda mengalami penyakit yang lebih serius. Untuk lebih jelasnya, lakukan pemeriksaan lebih lanjut di klinik atau rumah sakit terdekat.

Komentar disini