34 Obat Sakit Gigi yang Sudah Terbukti Ampuh

obat sakit gigi

Obat Sakit Gigi – Sakit gigi memang menjadi salah satu penyakit yang tak bisa dianggap remeh. Jika sakit gigi sudah menyerang, penderita akan sangat menderita dan susah untuk mengunyah makanan. Tak jarang, orang akan menjadi mudah emosi karena gigi yang terus berdenyut.

Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit yang satu ini umumnya terjadi akibat kurangnya perhatian terhadap kebersihan mulut dan gigi.

Faktor – Faktor Penyebab Sakit Gigi

Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab sakit gigi. Agar sakit gigi yang anda alami tidak terjadi terus menerus, anda perlu tahu faktor apa saja yang bisa memicu sakit gigi. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa faktor yang bisa menyebabkan sakit gigi.

1. Gigi Berlubang

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang. Lubang di gigi, baik yang kecil maupun yang besar akan membuat penderita mengalami rasa sakit hingga tidak nyaman.

Gigi berlubang terjadi karena kebersihan gigi yang kurang dijaga. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi makanan manis juga bisa menyebabkan gigi berkubang.

2. Gigi Sensitif

Gigi sensitif juga menjadi penyebab seseorang menderita sakit gigi. Gigi yang sensitif ditandai dengan rasa ngilu atau cenat-cenut ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas.

Gigi bisa menjadi lebih sensitif akibat adanya garis gusi yang turun sehingga akar gigi terlihat. Gigi sensitif juga bisa terjadi karena penipisan email gigi. Selain itu, pemasangan gigi palsu atau kawat gigi pun bisa membuat gigi menjadi sensitif.

Untuk mengatasi sakit gigi karena gigi sensitif, anda harus lebih memperhatikan kebersihan mulut dan gigi. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif dan sikat gigi yang lembut.

Oleskan juga pasta gigi sensitif pada gigi yang terasa nyeri sambil melakukan pemijatan ringan selama 10 menit. Jika masih terasa nyeri, jangan ragu mendatangi dokter gigi untuk berkonsultasi.

3. Kebiasaan Menggeretak Gigi

Sering menggeretak gigi juga merupakan faktor penyebab sakit gigi. Kebiasaan ini sering tidak disadari karena umumnya terjadi saat tidur. Tetapi sebagian orang juga melakukannya saat sedang cemas atau tegang.

Kebiasaan menggeretak gigi dapat membuat saraf pada gigi terganggu sehingga menyebabkan sakit gigi. Ditambah lagi jika terasa nyeri pada bagian rahang atau belakang kepala.

Menggeretak gigi juga dapat membuat gigi menjadi kusam dan permukaan atas gigi menjadi licin dan terkikis.

4. Tumbuhnya Gigi Bungsu

Tumbuhnya gigi bungsu juga bisa menjadi penyebab sakit gigi. Gigi bungsu kerap tumbuh berdesakkan dengan gigi geraham lainnya.

Saat mulai tumbuh, biasanya akan timbul rasa nyeri yang tajam secara tiba-tiba pada gusi bagian belakang. Rasa nyeri tersebut bisa muncul dalam waktu singkat, namun bisa juga sampai berhari-hari.

Tak hanya itu, tumbuhnya gigi bungsu juga dapat memicu nyeri pada rahang bahkan menyebabkan sakit yang hebat.

Jika rasa nyeri yang ditimbulkan sudah sangat serius, maka yang harus dilakukan yaitu segera mencabut gigi bungsu tersebut. Hal ini adalah solusi yang biasa disarankan oleh dokter gigi.

5. Karies Gigi

Karies gigi juga menjadi faktor penyebab sakit gigi yang sering dialami pasien. Karies terjadi karena adanya pembusukkan pada lapisan luar gigi.

Pada mulanya, pembusukkan tersebut tidak menyebabkan nyeri sama sekali. Namun, lama kelamaan, pembusukkan bisa merambat ke lapisan gigi dalam yaitu dentin. Karies ini bahkan dapat membuat gigi keropos dan berlubang.

Pada tahap terparah, pembusukkan akan berlanjut ke lapisan gigi terdalam yaitu pulp. Pada tahap ini, akan terjadi infeksi sehingga gigi terasa nyeri.

Infeksi tersebut kemudian membentuk benjolan bernanah pada akar gigi bagian bawah bahkan matinya jaringan gigi. Infeksi gigi biasanya akan terus menyebar hingga menyebabkan sakit pada gusi.

Karies ini lebih sering terjadi pada anak anak karena mereka terbiasa memakan jajanan yang manis dan tidak menggosok gigi.

Sebelum bertambah parah, sebaiknya cepat periksa ke dokter gigi jika gigi anda mengalami karies. Penanganan karies sejak dini akan mencegah kerusakan gigi.

Jika karies telah mengikis email dan menyebabkan gigi berlubang, biasanya dokter akan menyarankan untuk tambal gigi bahkan cabut gigi.

Untuk mencegah karies gigi, anda harus rajin membersihkan gigi, setidaknya 2 kali dalam sehari. Selain itu, perlu juga melakukan flossing untuk menghilangkan sisa makanan yang masih tersangkut pada sela gigi.

6. Tambalan Gigi Lepas

Tambalan gigi retak, longgar bahkan lepas akan menyebabkan sakit gigi. Jika tambalan gigi sudah lepas, maka sisa makanan akan masuk ke lubang gigi dan menimbulkan rasa nyeri yang tajam.

Rasa nyeri tersebut bisa timbul dan tenggelam hingga membuat penderita merasa sangat tidak nyaman. Gigi juga menjadi sangat sensitif, terutama saat mengunyah makanan.

Jika sakit gigi yang anda derita disebabkan oleh tambalan gigi yang lepas, segeralah ke dokter gigi untuk menambalnya kembali.

7. Penyakit Gusi

Penyebab sakit gigi lainnya yang sering terjadi yaitu penyakit gusi. Penyakit gusi bisa terjadi akibat penumpukan plak di sekitar gusi. Bakteri yang terdapat pada plak gigi akan menyebabkan gusi membengkak sehingga menimbulkan rasa nyeri pada gusi.

Penyakit pada gusi ini tidak bisa dianggap remeh, karena jika dibiarkan akan menimbulkan abses atau penggumpalan nanah hingga menimbulkan bau mulut yang serius. Kondisi seperti ini dikenal dengan istilah periodontitis.

Periodontitis selanjutnya akan menyebabkan kerusakan tulang dan jaringan lunak yang menyokong gigi. Akibatnya, gusi akan surut dan tidak akan pulih sehingga gigi kehilangan penyokong.

Infeksi pada gusi dapat menyebar hingga ke bagian tubuh lainnya bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

8. Gigi Retak atau Patah

Jika anda mengalami sakit gigi namun tidak ada gigi yang berlubang, bisa jadi sakit tersebut diakibatkan oleh gigi yang retak atau patah.

Gigi yang retak atau patah akan menimbulkan nyeri tumpul. Mungkin patahan gigi tersebut sangat kecil hingga anda tidak menyadarinya. Jika patahannya semakin melebar, maka saraf gigi akan terkena imbasnya sehingga menyebabkan rasa ngilu dan nyeri pada gigi.

Patah atau retaknya gigi bisa disebabkan oleh kebiasaan mengunyah makanan yang terlalu keras, kecelakaan kecil hingga menyebabkan cedera pada gigi, sering menggeretakkan gigi.

Sela gigi yang retak akan menjadi tempat berkembangnya kuman dan menyebabkan kondisi gigi semakin parah.

9. Cedera Gigi

Jika anda mengalami cedera pada sendi temporomandibular atau sendi penyambung tengkorak kepala dan rahang, kemungkinan anda akan mengalami nyeri tumpul pada gigi. Hal ini bisa disebabkan oleh arthritis, sering menggeretak gigi bahkan kanker mulut.

10. Sinusitis

Penyebab lainnya yang juga menyebabkan sakit gigi adalah sinusitis. Hal ini bisa terjadi karena bagian gigi belakang yang dekat dengan rahang memiliki saraf yang sama dengan sinus.

Sinus bisa menyebabkan sakit gigi, begitu juga sebaliknya, sakit gigi juga bisa menyebabkan sakit pada sinus. Sakit gigi karena sinus biasanya diawali dengan nyeri pada rongga hidung dan hidung tersumbat.

Obat Sakit Gigi Berbahan Alami

Untuk mengatasi sakit gigi, tidak harus mengkonsumsi obat medis, karena ada beberapa bahan alami yang cukup ampuh untuk mengobati sakit gigi.

Anda tak perlu bingung karena bahan-bahan tersebut sangat mudah didapatkan bahkan banyak yang sudah tersedia di dapur anda. Ingin tahu apa saja obat sakit gigi berbahan alami yang bisa anda gunakan? Langsung saja simak uraian berikut:

1. Garam

Pada umumnya, dokter tidak akan melakukan tindakan apapun saat gigi anda sakit kecuali memberikan obat pereda nyeri. Jadi, sebelum menemui dokter gigi, ada baiknya jika anda meredakan sakit gigi anda terlebih dahulu dengan memanfaatkan garam.

Garam berguna sebagai antibakteri dan anti inflamasi yang bisa menjadi obat sakit gigi alami.

Caranya sangat praktis, ambil satu sendok garam halus, lalu larutkan dengans egelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut sebagai obat kumur alami.

2. Bawang Merah

Obat sakit gigi alami lainnya yang bisa anda gunakan adalah bawang merah. Bawang merah bersifat antiseptik sekaligus antimikroba yang dapat melawan kuman-kuman penyebab sakit gigi.

Cara penggunaan bawang merah sebagai obat sakit gigi sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 1 siung bawang merah yang telah dikupas, lalu kunyah hingga halus.

Jika tidak bisa mengunyahnya, anda bisa menumbuknya terlebih dahulu hingga halus, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

3. Bawang Putih

Bahan alami berikutnya yang juga cukup ampuh menyembuhkan sakit gigi adalah bawang putih. Sama seperti bawang merah, bawang putih juga berguna sebagai antiseptik yang sangat cocok untuk meredakan sakit gigi.

Bawang putih dapat melepas allicin sekaligus menghasilkan minyak alami yang sangat berguna untuk melawan kuman yang bersarang pada gigi.

Caranya, tumbuk 1 siung bawang putih hingga halus, lalu segera tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit selama beberapa menit. Lalu berkumurlah dengan air hangat.

4. Es Batu

Obat sakit gigi lainnya yang sangat mudah dijangkau adalah es batu. Suhu es batu yang dingin dapat membuat saraf gigi menjadi lebih rileks sehingga rasa nyeri pada gigi dapat berkurang.

Untuk itu, ambil sepotong es batu, lalu kompres gigi yang terasa sakit sampai 15 menit atau sampai rasa sakit menghilang.

5. Lemon

Lemon bersifat basa sehingga dapat berperan sebagai alkali yang menyeimbangkan kadar pH dalam mulut. Lemon juga berperan sebagai antibakteri yang sangat bagus untuk memerangi bakteri-bakteri penyebab sakit gigi.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan lemon tidak sulit. Peras satu buah lemon, lalu campurkan dengan segelas air hangat. Selanjutnya gunakan air lemon tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan ini 3 kali sehari sampai rasa nyeri hilang.

6. Jeruk Nipis

Selain lemon, ada satu buah lagi yang dapat berperan sebagai antibakteri, yaitu jeruk nipis. Jeruk nipis dapat membantu membunuh kuman-kuman yang menyebabkan sakit gigi.

Caranya, ambil 1 buah jeruk nipis, lalu campurkan dengan setengah gelas air hangat. Gunakan larutan air jeruk nipis tersebut sebagai obat kumur alami. Anda juga bisa meneteskan air jeruk nipis langsung pada gigi yang sakit.

7. Belimbing Wuluh

Sifat asam yang ada pada belimbing wuluh berperan sebagai antibakteri yang sangat ampuh sebagai obat sakit gigi. Caranya, ambil 2 buah belimbing wuluh mentah dan cuci hingga bersih.

Haluskan belimbing wuluh dengan cara ditumbuk, lalu oleskan langsung pada gigi yang terasa sakit. Lakukan dengan rutin sampai rasa nyeri pada gigi benar-benar hilang.

8. Teh Hijau

Teh hijau selain sangat baik untuk kesehatan tubuh, ternyata bisa dijadikan obat sakit gigi yang sangat ampuh. Zat anti inflamasi yang terkandung dalam teh hijau mampu mengatasi peradangan pada gigi.

Teh hijau juga berguna sebagai antibakteri yang mampu membunuh kuman-kuman yang bersarang pada gigi. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat melawan radikal bebas pada rongga mulut.

Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung fluoride alami yang sangat dibutuhkan oleh untuk kesehatan mulut dan gigi. Fluoride dapat melumpuhkan bakteri-bakteri penghasil zat asam yang dapat membuat gigi berlubang.

Fluoride yang terkandung dalam teh hijau juga dapat meredakan rasa nyeri pada gigi. Untuk penggunaannya, berkumurlah dengan teh hijau yang masih hangat secara rutin.

Selain untuk berkumur, anda juga bisa meminumnya untuk meningkatkan sistem imun dari dalam.

9. Minyak Cengkeh

Bahan alami lainnya yang juga tak kalah ampuh mengusir rasa nyeri pada gigi adalah minyak cengkeh. Minyak cengkeh memang sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat sakit gigi.

Ini berkat kandungan eugenol yang berfungsi sebagai anastesi alami yang mampu neredakan sakit gigi.

Untuk penggunaannya sangat praktis dan mudah. Lumuri segumpal kapas dengan minyak cengkeh, lalu tempelkan pada area gigi yang sakit.

10. Ekstrak Vanilli

Ekstrak vanili biasanya hanya digunakan membuat kue, namun jarang yang tahu bahwa vanilli juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Ekstrak vanili berfungsi sebagai penenang sehingga rasa nyeri pada gigi akan berkurang.

Larutkan ekstrak vanili dengan air secukupnya, lalu oleskan pada gigi yang sakit dengan bantuan kapas. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalams ehari, sampai gigi terasa membaik.

11. Cuka Apel

Cuka apel juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi yang efektif. Karena cuka apel memiliki kandungan yang berguna sebagai antibakteri dan antimikroba.

Kandungan tersebut sangat penting untuk membasmi kuman-kuman di rongga mulut dan gigi sekaligus meredakan nyeri pada gigi.

Larutkan 1 sendok cuka apel dengan secangkir air hangat, lalu gunakan tersebut untuk berkumur. Selain itu, anda juga bisa meneteskannya langsung pada gigi yang terasa sakit.

12. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga bisa dijadikan alternatif untuk mengobati sakit gigi. Daun jambu biji berperan sebagai analgesik alami yang mampu mengurangi rasa nyeri pada gigi.

Tak hanya itu, daun jambu biji juga mengandung zat yang berfungsi sebagai antimikroba yang mampu membunuh kuman-kuman penyebab sakit gigi.

Siapkan 2 lembar daun jambu biji yang telah dicuci, lalu tumbuk hingga halus dengan sedikit air. Lalu tempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit. Kemudian berkumurlah dengan air hangat sampai tidak ada daun jambu biji yang tersisa di gigi.

13. Asam Jawa

Obat sakit gigi lainnya yang alami dan sangat ampuh adalah asam jawa. Asam jawa juga mengandung antiseptic alami yang mampu melawan bakteri penyebab sakit gigi.

Siapkan beberapa biji asam jawa, sangrai bebrapa saat lalu segera tempelkan pada bagian gigi yang terasa nyeri.

Setelah beberapa menit, berkumurlah hingga tidak ada biji asam jawa yang tertinggal di gigi. Lakukan pengobatan dengan asam jawa beberapa kali hingga sakit gigi mereda.

14. Jahe

Bahan alami lainnya yang juga patut dicoba untuk mengobati sakit gigi adalah jahe. Jahe mengandung antibiotik alami yang mampu memerangi bakteri yang berkembang di rongga mulut dan gigi.

Ambil satu ruas jahe yang telah dibersihkan, lalu tumbuk hingga halus. Segera tempelkan jahe yang sudah halus ke bagian gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian bersihkan gigi dengan berkumur.

15. Daun Sirih

Daun sirih juga mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi. Daun gigi juga sangat bagus untuk menguatkan gigi agar tidak mudah rapuh atau berlubang.

Untuk mengobati sakit gigi dengan daun sirih, anda hanya perlu mengunyahnya secara langsung. Atau bisa juga dengan merebusnya terlebih dahulu, lalu gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur-kumur.

16. Merica

Siapa sangka jika merica bisa dijadikan obat sakit gigi alami yang sangat ampuh. Karena erica juga mengandung zat antibakteri dan anti inflamasi yang sangat bagus untuk merawat gigi.

Merica juga berperan sebagai analgesik yang mampu meredakan nyeri pada gigi. Siapkan merica dan garam secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Campur dengan sedikit air, lalu oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit. Lakukan pengobatan dengan merica secaar rutin agar gigi cepat sembuh.

17. Serai

Serai juga ternyata tak kalah ampuh dalam meredakan sakit gigi. Selain itu, serai juga berguna sebagai anti inflamasi yang dapat mengatasi bengkak pada gusi.

Ambil 2 tangkai serai, lalu cuci sampai bersih. Rebus serai dengan secangkir air hingga mendidih dan airnya berkurang. Gunakan untuk berkumur-kumur jika suhunya hangat.

18. Air Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan yang berperan sebagai antiseptik sehingga dapat membasmi kuman-kuman yang menempel pada gigi. Gunakan air kelapa sebagai obat kumur alami setiap kali anda selesai menggosok gigi.

19. Wheatgrass

Selanjutnya, anda bisa mencoba meredakan sakit gigi dengan memanfaatkan wheatgrass. Wheatgrass mengandung zat klorofil yang sangat tinggi sehingga mampu melawan bakteri penyebab sakit gigi.

Wheatgrass juga bisa mengatasi peradangan sekaligus infeksi pada gigi dan gusi. Anda bisa menjadikan wheatgrass sebagai jus, lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan berulang kali sampai nyeri pada gigi tidak terasa lagi.

20. Daun Thyme

Obat sakit gigi alami yang terakhir adalah daun thyme. Sama seperti bahan alami lainnya, daun thyme juga berperan sebagai antioksidan dan antibakteri yang sangat efektif meredakan sakit gigi.

Agar lebih praktis, anda bisa meneteskan minyak daun thyme pada gigi yang sakit. Lakukan pengobatan dengan minyak thyme secaar rutin hingga sembuh.

Obat Sakit Gigi yang Tersedia di Apotek

Selain mengonsumsi obat sakit gigi yang berbahan alami, anda juga dapat menggunakan obat-obatan medis yang tersedia di apotek. Namun, ada baiknya bila anda meminta resep terlebih dahulu kepada dokter gigi, demi mengetahui obat apa yang cocok untuk anda.

Berikut ini adalah obat-obatan di apotek yang dapat meredakan sakit gigi:

1. Asam Mefenamat

Obat yang paling sering digunakan oleh penderita sakit gigi adalah asam mefenamat. Selain meredakan sakit gigi, asam mefenamat juga dapat mengatasi radang pada gigi dan gusi.

Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat produksi prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah pemicu rasa nyeri pada tubuh tak terkecuali pada gigi.

2. Paracetamol

Obat sakit gigi berikutnya yang dapat anda temukan dengan mudah di apotek adalah paracetamol. Paracetamol umumnya memang digunakan untuk menurunkan panas demam. Namun, obat ini juga bisa digunakan untuk penghilang rasa nyeri.

Untuk menghilangkan sakit gigi, anda bisa mengonsumsi paracetamol 500 mg. Jangan mengonsumsi lebih dari dosis tersebut, kecuali anda telah mendapat izin dari dokter.

3. Ibuprofen

Ibuprofen juga bisa dijadikan pilihan untuk mengobati sakit gigi. Ibuprofen bisa dijumpai dalam bentuk kapsul, tablet, bahkan sirup.

Untuk penggunaan, dosis amannya tidak lebih dari 3200 mg per hari. Jika sakit gigi anda sudah hilang, segera hentikan penggunaan ibuprofen.

4. Cataflam

Cataflam juga sangat sering dikonsumsi untuk mengobati sakit gigi. Cataflam biasanya juga digunakan sebagai penghilang nyeri pasca operasi, migrain, dan nyeri punggung.

Cara kerja cataflam juga menghambat proses produksi prostaglandin penyebab nyeri sehingga sangat efektif untuk meredakan sakit gigi.

5. Clindamycin

Clindamycin merupakan obat dari golongan antibiotik yang penggunaannya memerlukan resep dari dokter. Obat ini memang banyak digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi.

Tidak hanya menghilangkan rasa nyeri, clindamycin juga sangat efektif mengatasi infeksi pada gigi dan gusi.

6. Penicillin V

Penicilin V juga sangat ampuh meredakan sakit gigi. Sama seperti clindamycin, obat ini juga mampu mengatasi infeksi pada gigi dengan membunuh kuman-kuman yang bersarang pada gigi.

Sebelum mulai mengonsumsi obat ini, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena obat ini dikonsumsi dengan jumlah yang cukup besar.

7. Antalgin

Antalgin merupakan salah satu obat penghilang rasa nyeri yang dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Antalgin tidak termasuk golongan antibiotik sehingga tidak memerlukan resep dari dokter untuk mendapatkannya.

8. Aspirin

Sama seperti antalgin, aspirin juga jenis obat yang dapat digunakan sebagai penghilang rasa nyeri. Obat ini juga bisa menurunkan panas demam dan mengatasi peradangan.

Aspirin juga merupakan obat sakit gigi yang cukup ampuh. Namun, obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak yang usianya dibawah 12 tahun dan ibu hamil. Agar lebih aman, konsultasikan dengan dokter jika anda ingin mengonsumsi aspirin.

11. Dexamethason

Dexamethason secara umum berfungsi untuk mengatasi peradangan, namun bisa juga digunakan untuk meredakan sakit gigi. Obat ini masuk kedalam golongan kortikosteroid dan dikemas dalam bentuk tablet dan kapsul.

Selain obat sakit gigi, dexamethason juga biasa digunakan untuk mengobati sesak napas, penyakit kulit dan alergi.

12. Amoxillin

Obat ini masih satu golongan dengan penisilin yang digunakan untuk membunuh bakteri. Karenanya, obat ini bisa digunakan oleh penderita sakit gigi. Amoxillin juga bisa mengatasi infeksi pada gigi dan gusi. Amoxillin aman digunakan pada dosis 1000 hingga 15000 mg per hari.

13. Doxycycline

Obat ini masuk kedalam golongan antibiotik dan bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Doxycycline dapat menghambat hinggammebunuh bakteri yang bersarang dan menginfeksi gigi.

Obat ini juga kerap digunakan untuk menghilangkan jerawat, bisul, infeksi saluran kemih dan infeksi paru-paru.

14. Natrium Diklofenak

Obat lainnya yang bisa menyembuhkan sakit gigi adalah natrium diklofenak. Obat ini pada dasarnya digunakan sebagai penghilang nyeri pada sendi dan arthritis.

Namun, Natrium Diklofenak juga bisa digunakan untuk mengatasi radang atau pembengkakan, tak terkecuali pada gigi dan gusi.

Natrium Diklofenak diproduksi dalam 2 jenis yaitu obat oral dan obat oles. Untuk obat oral, sebaiknya sesuai dengan resep dokter, karena ada beberapa penyakit yang bertolak belakang dengan obat ini.

Demikianlah bahasan mengenai obat sakit gigi, baik obat berbahan alami maupun obat yang bisa anda dapatkan di apotek.

Anda bebas memilih obat mana yang akan anda gunakan untuk menghilangkan sakit gigi. Namun perhatikan juga beberapa jenis obat yang memerlukan konsultasi dengan dokter.

Komentar disini