26 Obat Sakit Gigi Berlubang Berbahan Alami Paling Manjur

Obat Sakit gigi berlubang

Kalimati.id – Obat Sakit Gigi Berlubang – Sakit gigi memang penyakit yang sangat menyiksa. Sakit gigi biasanya ditandai dengan rasa ngilu, denyutan dan nyeri yang hebat pada gigi. Jika sudah sangat parah, sakit gigi bisa berlangsung sampai beberapa hari.

Sakit gigi juga termasuk salah satu penyakit yang sering kambuh. Semakin lama sakit gigi yang diderita, maka semakin hebat pula rasa nyeri yang dirasakan penderita. Hal ini membuat penderita sakit gigi enggan melakukan aktivitas seperti biasa.

Tak jarang rasa nyeri disertai dengan demam. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami sakit gigi. Tapi, sebagian besar mereka biasanya mengalami sakit gigi karena gigi berlubang.

Tanda dan Gejala Gigi Berlubang

Gigi berlubang memiliki ciri yang beragam, hal ini tergantung dengan seberapa luas lubang pada gigi dan letak gigi berlubang. Saat lubang pada gigi masih sangat kecil, tentunya tidak menimbulkan gejala apapun.

Tetapi, ketika lubang pada gigi mulai melebar, disitulah penderita akan merasakan nyeri yang hebat pada gigi yang berlubang.

Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala gigi berlubang:

  • Timbul rasa nyeri pada gigi
  • Gigi menjadi lebih sensitif
  • Gigi terasa nyeri saat mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu manis, terlalu dingin dan terlalu panas
  • Terdapat lubang yang cukup besar
  • Lapisan luar gigi berwarna coklat atau kehitaman
  • Gigi terasa nyeri jika menggigit sesuatu, terutama benda yang keras

Faktor Penyebab Gigi Berlubang

Setelah mengetahui tanda dan gejala gigi berlubang, sekarang kita masuk pada pembahasan penyebab gigi berlubang. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang, diantaranya yaitu:

1. Bakteri

Bakteri merupakan penyebab utama gigi berlubang. Bakteri yang menyebabkan gigi berlubang umumnya sangat mirip dengan bakteri lainnya yang ada di rongga mulut. Bakteri ini tergolong sulit untuk dihilangkan.

Bakteri penyebab gigi berlubang ada beberapa jenis, yaitu:

Bakteri Lactobacillus acidophilus

Bakteri jenis ini biasanya berada di lapisan luar gigi. Bakteri ini dapat menyebabkan lubang pada gigi susu yang umumnya terjadi pada anak-anak berumur 3-12 tahun

Enam spesies bakteri streptokokus

Selanjutnya adalah enam spesies bakteri streptokokus. Bakteri jenis ini umumnya menimbulkan kerusakan pada sisi gigi yang berdekatan dengan gigi lainnya. Lubang yang ditimbulkan oleh bakteri ini tidak bisa dilihat dengan kasat mata, tetapi membutuhkan bantuan sinar-x.

Bakteri Odontomyces Viscoses

Bakteri lainnya yang juga dapat menyebabkan gigi berlubang adalah bakteri Odontomyces viscoses. Bakteri jenis ini menyerang lidah bagian belakang dan bagian sementum. Sementum adalah lapisan terluar akar gigi yang bertekstur keras.

Akar gigi dan bagian semntum yang terbuka akan sangat mudah terserang bakteri Odontomyces viscoses.Hal ini sering terjadi pada orang berusia lanjut dan penderita penyakit gusi.

2. Adanya Plak Pada Gigi

Rongga mulut kita memang rentan terhadap berbagai macam bakteri. Bakteri-bakteri tersebut umumnya berkembang akibat minuman dan makanan yang kita konsumsi.

Sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi akan menyebabkan bakteri pada rongga mulut cepat berkembang, terlebih lagi jika anda tidak segera membersihkan gigi.

Bakteri sangat suka dengan zat gula dan akan membentuk zat asam pada gigi. Selanjutnya, bakteri akan membentuk plak pada gigi.

Plak gigi merupakan suatu lapisan yang melekat pada gigi berupa gabungan antara sisa-sisa makanan dan bakteri baik maupun bakteri jahat. Plak gigi biasanya bertekstur kasar dan paling sering dijumpai pada gigi bagian belakang dan sangat dekat dengan gusi.

Plak-plak tersebut jika dibiarkan akan menjadi karang gigi. Karang gigi mengandung zat asam sehingga akan mengikis enamel atau mineral pada gigi. Berikutnya, pengikisan akan menyebabkan lubang kecil pada gigi.

Lubang kecil tersebut akan memudahkan zat asam dan bakteri menuju dentin atau lapisan gigi yang lebih dalam. Dentin merupakan bagian gigi yang lembut sehingga tidak tahan terhadap zat asam.

Tak berhenti sampai disitu, zat asam dan bakteri akan berkembang dan terus menggerogoti pulp atau bagian gigi yang lebih dalam dimana banyak terdapat pembuluh darah dan saraf. Jika sudah seperti itu, pulp akan membengkak dan menimbulkan sakit gigi yang cukup parah.

3. Pola Makan yang Buruk

Gigi sangat rentan rusak karena makanan dan minuman yang mengandung gula dan karbohidrat. Contoh makanan yang dapat merusak gigi antara lain; permen, cokelat, minuman soda, serta berbagai makanan yang mengandung zat tepung seperti roti, keripik, biskuit, pretzel dan masih banyak lagi.

Disamping itu, ada juga jenis obat-obatan yang mengandung gula yang tentunya tidak baik untuk kesehatan gigi. Maka dari itu, bijaklah dalam memilih minuman, makanan dan obat-obatan untuk dikonsumsi.

4. Tidak Menjaga Kebersihan Mulut

Gigi yang berlubang sangat erat kaitannya dengan perkembangan bakteri. Jika seseorang tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik, maka bakteri-bakteri penyebab gigi berlubang akan mudah tumbuh dan berkembang.

Untuk menjaga kebersihan, dianjurkan untuk menggosok gig 2 kali dalam sehari dan sebaiknya gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride.

Selain dapat mencegah gigi berlubang, pasta gigi yang mengandung fluoride juga dapat menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

5. Kebiasaan Merokok

Rokok mengandung tembakau yang dapat menghambat produksi air liur sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Air liur sangat berguna untuk membersihkan permukaan gigi. Jika anda tidak ingin menderita sakit gigi, maka sebaiknya hindari kebiasaan merokok.

6. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Tak hanya rokok, minuman beralkohol juga turut andil dalam merusak komponen gigi. Orang yang banyak mengonsumsi minuman beralkohol memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gigi berlubang. Karena alkohol mengandung zat yang dapat merusak enamel gigi.

7. Mulut Terlalu Kering

Orang yang kondisi rongga mulutnya kering sangat berisiko mengalami gigi berlubang. Mulut kering dapat disebabkan oleh produksi air liur yang terlalu sedikit.

Air liur sendiri sangat berguna untuk membuat rongga mulut tetap basah sekaligus menetralkan zat asam yang terdapat pada mulut dan gigi.

Produksi air liur yang sedikit dapat disebabkan oleh beberapa jenis obat-obatan seperti Antihistamin, Antidepresan trisiklik (TCA), Antiepilepsi, Beta-blocker dan Antipsikotik.

Selain obat-obatan, produksi air liur uang terlalu sedikit juga bisa diakibatkan oleh efek radioterapi dan Sindrom Sjogren. Sindrom Sjogren merupakan keadaan dimana sistem imun tubuh menyerang kelenjar-kelenjar yang memproduksi cairan, misalnya kelenjar air liur dan kelenjar air mata.

Jika anda sedang mengonsumsi obat-obatan atau dalam kondisi medis tertentu yang membuat rongga mulut kering, maka anda harus lebih sering membersihkan mulut agar zat asam dan bakteri pada mulut tidak sampai merusak gigi.

8. Kebiasaan Ngemil

Orang yang sering ngemil atau banyak mengonsumsi makanan ringan akan berisiko mengalami gigi berlubang.

Makanan ringan yang dimaksud disini adalah makanan yang mengandung zat gula dan zat asam yang mana kedua zat tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan gigi.

Jika anda sedang menjalani program diet dan hanya ingin mengonsumsi makanan ringan, pilihlah yang yang tidak merusak gigi.

9. Gusi Surut

Gusi yang surut juga dapat memicu terjadinya gigi berlubang. Karena bagian gusi surut akan mudah dimasuki bakteri, akibatnya gigi akan semakin terkikis hingga ke lapisan bagian dalam. Jika sudah begitu, kerusakan gigi akan semakin parah dan mulai timbul rasa sakit pada gigi.

10. Cara Menyikat Gigi yang Salah

Menyikat gigi dengan cara yang baik dan benar sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Menyikat gigi dari kiri ke kanan tidak akan mampu membersihkan sisa-sisa makanan secara maksimal.

Jika cara menyikat gigi yang salah dibiarkan terus-menerus, maka gigi akan mengalami kerusakan. Cara menyikat gigi yang benar adalah dari atas ke bawah, mulai dari gigi bagian depan hingga bagian dalamnya.

Untuk membersihkan gigi secara maksimal, diperlukan juga jenis sikat gigi yang tepat yakni yang dapat menjangkau seluruh bagian gigi. Selain itu, sikat gigi yang digunakan sebaiknya yang berbulu lembut agar tidak mencederai gigi dan gusi.

Obat Sakit Gigi Berlubang Berbahan Alami

Sakit gigi dapat diatasi dengan menggunakan berbagai obat sakit gigi berlubang yang berbahan alami. Bahan-bahan alami untuk mengobati sakit gigi sangat mudah didapatkan, bahkan ada beberapa bahan dapur yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya mengenai obat sakit gigi berlubang alami berikut:

1. Garam

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan garam
image by: futurity.org

Obat sakit gigi berlubang alami yang paling mudah digunakan adalah garam. Saat anda baru mengalami sakit gigi, anda bisa segera menggunakan air garam untuk menyembuhkannya.

Ini berkat kandungan garam yang bersifat anti radang dan anti bakteri sehingga sakit gigi berlubang akan bisa teratasi dengan baik.

Cara menggunakan garam sebagai obat sakit gigi berlubang sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil 1 sendok garam halus, lalu larutkan dengan secangkir air hangat.

Gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur selama beberapa menit. Lakukan berulang kali hingga sakit gigi mereda.

2. Bawang Putih

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan bawang putih
image by: medicalnewstoday.com

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang yang ampuh. Karena bawang putih memiliki zat antibiotik alami yang mampu melawan bakteri-bakteri jahat penyebab gigi berlubang.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi berlubang ada 2 cara, yaitu:

Cara Pertama:

  • Siapkan 2 siung bawang putih yang telah dikupas
  • Haluskan bawang putih tersebut dengan cara ditumbuk
  • Beri sedikit garam halus, kemudian tempelkan pada bagian gigi yang berlubang
  • Lakukan beberapa kali sampai sakit gigi mereda

Cara Kedua:

  • Siapkan 2 siung bawang putih yang telah dikupas
  • Lalu kunyahlah bawang putih tersebut
  • Lakukan pengobatan dengan cara ini secara rutin sampai sakit gigi sembuh

3. Cengkeh

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan cengkeh
image by: hellosehat.com

Selain bawang garam dan bawang putih, ada bumbu dapur lainnya yang bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang, yaitu cengkeh. Sama seperti bawang putih, cengkeh bersifat anti radang dan anti bakteri sehingga dapat meredakan sakit gigi berlubang.

Tak hanya itu, cengkeh juga mengandung antioksidan dan menimbulkan efek anestesi sehingga bisa menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang. Selain mengurangi sakit gigi berlubang, cengkeh juga dapat menyembuhkan gusi bengkak.

Untuk menggunakan cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang ada 2 cara, yaitu:

Cara Pertama:

  • Tumbuk 2 butir cengkeh hingga halus
  • Campur cengkeh yang telah dihaluskan dengan beberapa tetes minyak zaitun
  • Langsung oleskan ke bagian gigi yang berlubang
  • Lakukan beberapa kali sehari hingga rasa sakit berkurang

Cara Kedua:

  • Ambil satu sendok makan minyak cengkeh
  • Basahi kapas dengan minyak cengkeh tersebut
  • Lalu tempelkan kapas tersebut pada gigi berlubang

4. Bawang Merah

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan bawang merah
image by: purch.com

Tidak kalah ampuh dengan bawang putih, bawang merah pun bisa mengobati sakit gigi berlubang. Bawang merah dapat bertindak sebagai antimikroba sekaligus antiseptik yang mampu melumpuhkan bakteri penyebab gigi berlubang.

Bawang merah juga dapat mengurangi rasa nyeri karena gigi berlubang. Untuk menjadikan bawang merah sebagai obat sakit gigi berlubang cukup mudah. Anda hanya perlu mengunyah satu siung bawang merah selama beberapa menit, atau menempelkan bawang putih yang telah dihaluskan pada gigi yang berlubang.

5. Asam Jawa

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan asam jawa
image by: cloudfront.net

Obat sakit gigi berlubang alami berikutnya yang tak kalah manjur ialah asam jawa. Asam jawa mengandung zat antiseptik alami yang mampu meredakan sakit akibat gigi berlubang.

Selain itu, asam jawa juga dapat membunuh bakteri jahat yang berkembang pada gigi berlubang. Cara pemakaiannya yaitu dengan mengambil beberapa biji asam jawa, lalu sangrai dan tempelkan pada gigi yang sedang sakit.

6. Merica

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan merica
image by: shopify.com

Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa merica merupakan salah satu obat sakit gigi berlubang alami. Merica mengandung analgesic dan anti inflamasi sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang dan gusi bengkak.

Selain itu, merica juga mengandung anti bakteri alami yang mampu membunuh kuman yang menempel pada gigi. Haluskan beberapa butir merica dan campurkan dengan sedikit garam lalu oleskan pada gigi yang sakit.

7. Daun Jambu Biji

image by: mercola.com

Bahan alami berikutnya yang juga mampu mengobati sakit gigi berlubang adalah daun jambu biji. Daun jambu biji dapat meredakan sakit gigi karena mengandung analgesik alami.

Selain itu, daun jambu biji juga bersifat antimikroba dan anti inflamasi yang bisa melawan bakteri sekaligus mengatasi bengkak pada gusi.

Untuk membuat obat sakit gigi berlubang dengan daun jambu biji, anda bisa mengunyahnya secara langsung. Atau bisa juga dengan merebusnya dengan air, lalu gunakan untuk berkumur-kumur.

8. Serai

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan serai
image by: shopify.com

Serai juga sangat manjur untuk mengobati sakit gigi berlubang. Tak sekedar mengobati sakit gigi saja, serai juga sangat bagus untuk mengobati gusi bengkak. Rebus 2 batang serai, kemudian rebus bersama satu cangkir air.

Setelah air berkurang setengahnya, matikan kompor. Biarkan sejenak hingga agak dingin, lalu berkumurlah dengan air rebusan serai tersebut selama beberapa menit.

9. Ekstrak Vanili

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan vanilla
image by: aolcdn.com

Ekstrak vanili tak hanya digunakan untuk membuat kue, tetapi juga bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang. Ekstrak vanili dapat memberikan rasa tenang pada saraf gigi sehingga rasa sakit akibat gigi berlubang akan berkurang.

Cara menggunakannya sangat mudah. Oleskan ekstrak vanili pada gigi berlubang dengan bantuan kapas. Lakukan beberapa kali sampai sakit gigi mereda.

10. Rumput Gandum

Obat Sakit Gigi Berlubang dengan gandum
image by: shopify.com

Rumput gandum juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi berlubang yang alami. Rumput gandum mengandung zat anti bakteri yang dapat melawan kuman dan mengurangi rasa sakit pada gigi.

Untuk mengobati gigi berlubang dengan rumput gandum, anda perlu menghaluskannya terlebih dahulu. Lalu tempelkan pada gigi yang sdang sakit atau berlubang. Anda juga bisa menjadikannya sebagai jus, lalu gunakan untuk berkumur.

11. Es Batu

es batu
image by: vinepair.com

Mengobati gigi berlubang tidak harus dengan rempah-rempah. Es batu pun bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang alami. Efek dingin pada es batu dapat membuat gigi berlubang menjadi mati rasa sehingga rasa sakit pun akan tersamarkan.

Cara penggunaan:

  • Siapkan sebongkah es batu
  • Balut dengan kain yang halus
  • Tempelkan pada pipi dimana gigi terasa sakit
  • Diamkan kurang lebih 7 menit sampai gigi berlubang menjadi mati rasa

12. Kunyit

kunyit
image by: medicalnewstoday.com

Kunyit juga ternyata juga sangat manjur untuk mengobati sakit gigi. Ini karena kunyit mengandung curcumin yang bertindak sebagai senyawa anti-radang dan antibakteri. Dengan begitu, rasa nyeri pada gigi berlubang bisa diatasi dengan baik.

Cara membuat obat sakit gigi berlubang dengan kunyit:

  • Ambil 1 sendok makan bubuk kunyit
  • Beri sedikit air lalu aduk hingga merata
  • Tempelkan pasta kunyit pada gigi berlubang selama 20 menit
  • Lalu berkumurlah dengan air hangat
  • Lakukan 2 kali sehari hingga sakit gigi mereda.

13. Daun Mint

daun mint
image by: liputan6.com

Daun mint merupakan bahan herbal yang mampu mengatasi sakit gigi. Daun mint banyak mengandung senyawa yang sangat berkhasiat meredakan sakit gigi. Tak hanya menghilangkan rasa nyeri pada gigi, daun minta juga dapat mengatasi bengkak pada gusi.

Untuk membuat obat sakit gigi alami dari daun mint sangat mudah. Tumbuk beberapa daun mint segar dengan tambahan sedikit air, kemudian oleskan pada gigi berlubang dengan kapas.

Selain itu, anda juga bisa membuat jus dari daun mint, lalu gunakan untuk berkumur-kumur. Penggunaan daun mint secara teratur akan mempercepat proses penyembuhan sakit gigi.

14. Lidah Buaya

lidah buaya
image by: popmama.com

Bahan alami berikutnya yang bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang adalah lidah buaya. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa lidah buaya mengandung zat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

Belah satu batang lidah buaya, lalu ambil bagian gelnya dan tempelkan langsung pada gigi yang terasa sakit. Anda bisa mengulangi cara ini beberapa kali hingga sakit gigi reda.

15. Cuka Sari Apel

cuka apel
image by: healthline.com

Cuka sari apel juga merupakan obat sakit gigi alami yang bisa diandalkan. Walaupun sifatnya asam, namun cuka sari apel mengandung antibakteri dan antimikroba yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab gigi berlubang.

Cuka sari apel juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, yaitu campurkan 1 sendok cuka sari apel dengan segelas air. Gunakan larutan tersebut sbagai obat kumur.

Selain cara tersebut, anda juga bisa mengoles cuka apel secara langsung pada gigi yang terasa sakit dengan kapas. Gunakan secara rutin agar gigi cepat sembuh.

16. Jahe

jahe
image by: bulgarianspices.com

Jahe sering digunakan untuk mengobati gejala masuk angin. Namun banyak yang tidak tahu bahwa jahe cukup sangat manjur untuk mengobati sakit gigi.

Ini karena jahe mengandung zat antibiotik alami yang dapat melawan kuman-kuman pada gigi berlubang. Menggunakan air rebusan jahe untuk berkumur-kumur akan membuat sakit gigi cepat reda.

17. Lemon

lemon
image by: organicfacts.net

Lemon merupakan salah satu buah yang cukup efektif dalam meredakan sakit gigi berlubang. Karena lemon dapat bertindak sebagai alkali alami sehingga kadar asam dalam mulut menjadi seimbang.

Sama seperti obat alami lainnya, lemon juga mengandung anti-bakteri alami yang mampu membunuh bakteri pada gigi berlubang sehingga sakit gigi bisa lebih cepat sembuh.

Cara penggunaannya tidak sulit, anda bisa mencampurkan air perasan lemon dengan secangkir air hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Ulangi beberapa kali hingga gigi anda tidak sakit lagi.

18. Jeruk Nipis

jeruk nipis
image by: honestdocs.id

Selain lemon, jeruk nipis juga tak kalah ampuh untuk mengobati sakit gigi. Kandungan antibakteri dalam jeruk nipis mampu menghilangkan bakteri yang bersarang pada gigi.

Caranya tidak jauh berbeda seperti sebelumnya, yaitu campurkan air perasan jeruk nipis dengan segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

19. Daun Sirih

daun sirih
image by: wikimedia.org

Daun sirih merupakan salah satu tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Sejak dahulu, banyak yang mengunyah sirih agar mendapatkan gigi yang kuat. Daun sirih juga bisa mengatasi perdarahan pada gusi dan menghilangkan bau mulut.

Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur, atau bisa juga mengunyah daun sirih secara langsung.

20. Belimbing Wuluh

belimbing wuluh
image by: pertanianku.com

Belimbing wuluh juga mengandung anti bakteri alami yang mampu mengobati sakit gigi berlubang. Caranya, haluskan 2 buah belimbing wuluh yang belum terlalu matang, lalu oleskan pada gigi yang terasa sakit. Pengobatan dengan belimbing wuluh jika dilakukan dengan rutin akan cepat menyembuhkan sakit gigi.

21. Getah Jarak

getah jarak
image by: shortpixel.ai

Banyak yang tidak mengetahui bahwa getah jarak bisa menyembuhkan sakit gigi. Getah jarak mengandung zat anti bakteri, antibiotik dan antiseptik alami yang sangat bermanfaat untuk meredakan sakit akibat gigi berlubang. Cara memakainya yaitu dengan mengoleskan getah jarak pada bagian gigi yang berlubang atau sakit.

22. Air Kelapa

air kelapa
image by: newsnation.in

Selain sangat nikmat untuk diminum, air kelapa juga mengandung antiseptik alami yang bisa mengobati sakit gigi. Anda bisa langsung berkumur dengan air kelapa beberapa kali dalam sehari. Lakukan dengan rutin hingga gigi tidak terasa sakit lagi.

23. Daun Timi

daun timi
image by: trubus.id

Daun timi mengandung antioksidan dan zat anti bakteri sehingga cukup ampuh digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang. Anda bisa mengoleskan minyak daun timi pada gigi berlubang. Jika tidak memiliki minyak daun timi, anda juga bisa menggunakan air rebusan daun timi sebagai obat kumur alami.

24. Daun Seribu

daun seribu
image by: akamaized.net

Jenis daun herbal lainnya yang cukup ampuh mengatasi sakit gigi adalah daun seribu. Daun seribu mengandung asam salisilat yang dapat mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang.

Cara mengobati sakit gigi dengan daun seribu yaitu dengan merebusnya, lalu jadikan sebagai obat kumur alami. Selain itu, anda juga bisa mengunyah daun seribu secara langsung selama beberapa menit.

25. Wheatgrass

Wheatgrass
image by: mercola.com

Wheatgrass adalah salah satu tanaman obat yang bisa mengobati berbagai macam penyakit, termasuk sakit gigi. Wheatgrass mengandung klorofil dengan kadar tinggi sehingga dapat mengatasi infeksi dan membunuh bakteri yang bersarang di gigi.

Wheatgrass biasanya menyembuhkan penyakit dari dalam tubuh. Namun, untuk mengobati sakit gigi, wheatgrass digunakan sebagai obat luar. Caranya, haluskan wheatgrass dengan menggunakan blender, lalu gunakan untuk berkumur.

26. Asafetida

asafetida-flowers

Mungkin banyak yang merasa asing dengan asafetida. Asafetida merupakan tanaman yang banyak digunakan orang india untuk memasak. Tak hanya itu, asafetida juga bisa mengobati sakit gigi dan gusi berdarah.

Mengobati sakit gigi dengan asafetida sangat mudah. Ambil setengah sendok bubuk asafetida, lalu campurkan dengan setengah sendok air perasan lemon. Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada gigi yang terasa sakit dengan bantuan kapas. Ulangi beberapa kali sampai gigi anda membaik.

Itulah berbagai obat sakit gigi berlubang yang bisa anda buat sendiri di rumah. Anda bisa memilih salah satu bahan alami di atas yang dirasa paling mudah dijangkau. Gunakanlah secara rutin agar gigi anda cepat membaik.

Jika setelah melakukan pengobatan alami tersebut tidak juga membuat gigi anda sembuh, kemungkinan besar kondisi gigi anda sudah sangat parah sehingga membutuhkan bantuan medis untuk menyembuhkannya.

Segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan sesuai kondisi gigi anda.

Komentar disini