25 Obat Penumbuh Rambut Alami yang Terbukti Manjur

Obat Penumbuh Rambut Alami

Kalimat.ID – Obat Penumbuh Rambut Alami – Siapa sih yang tidak menginginkan rambut yang kuat dan lebat? Tapi faktanya tidak semua orang memiliki rambut yang kuat dan lebat.

Banyak orang yang memiliki masalah rambut rontok. Meski terlihat sepele, rambut rontok jika dibiarkan akan menyebabkan kebotakan permanen. Jika sudah seperti itu, rasa percaya diri seseorang akan menurun, baik wanita maupun pria.

Rambut rapuh dan sering rontok bisa dimaklumi jika terjadi pada usia lanjut. Namun, sangat tidak wajar jika dialami oleh orang yang usianya masih muda. Untuk mengatasi rambut rontok, berbagai cara akan dilakukan mulai dari cara alami hingga perawatan di salon kecantikan.

Penyebab Rambut Tipis dan Mudah Rontok

Terlalu kencang mengikat rambut

Bagi wanita, mengikat rambut merupakan salah satu cara untuk menata rambut yang paling praktis. Tetapi, sebagian besar orang mengikat rambutnya dengan cara yang salah, yakni terlalu kencang. Hal ini tentunya akan merusak folikel.

Mengikat rambut yang terlalu kencang akan menyebabkan folikel rambut tegang. Sedangkan folikel rambut sangat berperan dalam pertumbuhan rambut.

Folikel rambut yang tegang dapat mengakibatkan kerontokan rambut hingga kebotakan permanen.

Penggunaan hair dryer

Setelah keramas, sebagian besar orang pasti akan berusaha mengeringkan rambut secepat mungkin. Salah satu alat yang sering digunakan untuk mengeringkan rambut dengan cepat adalah hair dryer.

Walaupun rambut menjadi cepat kering, penggunaan hair dryer yang terlalu sering dapat merusak rambut. Hal ini disebabkan oleh panas yang dihasilkan hair dryer yang dapat membuat rambut menjadi rapuh dan gampang rontok.

Untuk menghindari dampak yang ditimbulkan oleh hair dryer, anda bisa menggunakan produk perawatan rambut. Lebih baik lagi jika anda mengeringkan rambut dengan cara yang lebih ramah untuk rambut seperti kipas angin portabel.

Sering Berganti produk perawatan rambut

Terkadang kita menjadi cepat jenuh jika hanya menggunakan satu jenis produk perawatan rambut. Ditambah lagi jika banyak produk-produk baru yang bermunculan, kita pasti akan tergoda untuk mencobanya satu persatu.

Tanpa disadari, sering berganti produk perawatan rambut dapat menyebabkan rambut rusak. Karena tidak semua produk perawatan rambut itu baik untuk kesehatan rambut.

Ada banyak produk perawatan seperti shampo dan conditioner yang malah membuat rambut kering dan rapuh.

Untuk itu, jika anda sudah menemukan produk yang cocok untuk rambut anda, sebaiknya jangan mencoba produk lainnya yang belum tentu cocok dengan kondisi rambut.

Menyisir rambut yang masih basah

Padatnya aktivitas di pagi hari membuat kita terburu-buru saat menata rambut. Hal tersebut membuat kita kerap menyisir rambut dalam keadaan masih basah.

Padahal, kebiasaan seperti itu bisa membuat rambut menjadi mudah rontok. Oleh karena itu, usahakan menyisir rambut setelah mengeringkannya terlebih dahulu.

Faktor keturunan

Faktor keturunan ternyata juga bisa menjadi penyebab rambut tipis dan mudah rontok. Masalah rambut rontok dan tipis ini bisa diatasi dengan menggunakan produk rambut yang mengandung serum dan tonik. Beberapa perawatan alami juga dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan tumbuh lebih lebat.

Stres berkepanjangan

Penyebab rambut rontok lainnya yang sangat berpengaruh adalah stres. Namun, yang bisa menyebabkan rambut rontok biasanya hanya stres jangka panjang.

Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan telogen effluvium, yaitu kerontokan rambut yang terjadi secara difusi, baik secara kronis maupun akut.

Obat Penumbuh Rambut Alami

1. Santan Kelapa

obat penumbuh rambut alami dengan santan kelapa
Image by: medicalnewstoday.com

Salah satu obat penumbuh rambut alami yang bisa anda coba di rumah adalah santan kelapa. Santan kelapa banyak mengandung vitamin B6, vitamin E, vitamin K, niacinamide, thiamin, kalsium, asam pantotenat dan juga zinc.

Semua senyawa tersebut dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi lebih lebat.

Cara pemakaian santan kelapa:
– Siapkan santan kelapa
– Lalu balurkan keseluruh rambut hingga kulit kepala
– Lakukan pijatan ringan pada bagian kulit kepala selama beberapa menit
– Biarkan santan kelapa menempel di rambut dan kulit kepala hingga 15 menit
– Setelah itu bersihkan dengan air seperti biasa
– Santan kelapa akan menimbulkan sensasi dingin pada kulit kelapa anda sehingga sangat aman
– Lakukan perawatan rambut dengan santan kelapa secara teratur hingga terlihat hasilnya

2. Kuning Telur

obat penumbuh rambut alami dengan kuning telur
Image by: onlymyhealth.com

Sejak dahulu, kuning telur memang telah dipercaya sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Walaupun menimbulkan bau amis, namun kuning telur sangat ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Kuning telur mengandung protein dan lestin yang bagus untuk mencegah kerontokan rambut, mengatasi ketombe, obat penumbuh rambut alami, dan menjadikan rambut lebih kuat.

Disamping itu, kuning telur juga mengandung vitamin A, vitamin D dan vitamin E yang dapat menutrisi rambut sehingga lebih berkilau dan sehat.

Cara pemakaian kuning telur untuk rambut:
– Basahi rambut dengan air biasa
– Ambil kuning telur, dan tempatkan di dalam mangkuk
– Oleskan ke seluruh bagian rambut dengan bantuan kuas
– Pijat bagian kulit kepala secara perlahan
– Biarkan hingga 15 menit dan basuh rambut hingga bersih

Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menambahkan madu atau yogurt. Lakukan perawatan secara teratur agar rambut tumbuh lebih lebat.

3. Lidah Buaya

obat penumbuh rambut alami dengan lidah buaya
Image by: medicalnewstoday.com

Obat penumbuh rambut alami berikutnya yaitu lidah buaya. Lidah buaya mengandung vitamin A, B2, B6, C, dan vitamin E. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat besi, protein, kalsium dan thiamin.

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral di dalam lidah buaya, maka manfaat yang didapat dari lidah buaya pun juga banyak, yaitu mengatasi ketombe, menutrisi rambut yang kering, menjadikan rambut hitam berkilau.

Cara pemakaian lidah buaya untuk rambut:
– Basahi rambut dengan air
– Ambil lidah buaya yang telah dicuci bersih
– Belah lidah buaya hingga tampak daging lidah buaya yang berlendir.
– Ambil lendir lidah buaya dengan sendok, kemudian masukkan ke dalam mangkuk
– Oleskan lendir lidah buaya ke seluruh bagian rambut sambil memijat kulit kepala dengan lembut
– Tunggu hingga 15 menit, lalu bilas rambut dengan air

4. Minyak Zaitun

image by: obat penumbuh rambut alami
Image by: thedailymeal.com

obat penumbuh rambut alami selanjutnya adalah minyak zaitun dibuat dari buah zaitun. Buah zaitun sudah lama digunakan dalam dunia kecantikan. Zaitun sendiri berasal dari Yunani dan namanya sering disebut-sebut di dalam Al-Qur’an sebagai obat dari berbagai penyakit.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung niacin, biotin serta anti bakteri dan anti jamur yang mampu mengatasi ketombe.

Cara pemakaian minyak zaitun:
– Basahi rambut terlebih dahulu dengan air
– Masukkan minyak zaitun secukupnya dalam sebuah mangkuk
– Oleskan minyak zaitun secara merata pada rambut dan kulit kepala.
– Pijat kulit kepala dengan lembut hingga 10 menit
– Bersihkan rambut dan kulit kepala dengan air

5. Alpukat

Image by: obat penumbuh rambut alami
Image by: mexicanplease.com

obat penumbuh rambut alami selanjutnya adalah buah Alpukat tidak hanya baik untuk kesehatan dan perawatan wajah, tetapi juga bagus untuk merawat rambut. Alpukat dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga menjadikan rambut lebih lebat.

Buah alpukat juga dapat menguatkan akar rambut sehingga terhindar dari kerontokan. Alpukat juga mengandung vitamin A dan vitamin B yang dapat membuat rambut lebih indah dan berkilau.

Cara pemakaian alpukat untuk rambut:
– Sediakan satu buah alpukat yang sudah matang
– Belah alpukat menjadi dua bagian
– Ambil daging buah alpukat dan masukkan kedalam piring kecil
– Aduk buah alpukat hingga halus seperti bubur
– Oleskan pada rambut yang telah dibasahi dengan bantuan kuas
– Diamkan sampai 15 menit dan bersihkan rambut dengan air

6. Kulit Apel

obat penumbuh rambut alami dengan apel
Image by: mentalfloss.com

Selain memiliki manfaat buah apel, banyak yang tidak mengetahui bahwa kulit apel banyak mengandung vitamin yang bermanfaat untuk rambut. Kulit apel mengandung vitamin A, B dan C yang bisa menguatkan rambut sehingga tidak mudah rontok.

Kulit apel juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah tanda-tanda kerusakan rambut seperti rapuh, kusam, bercabang dan mudah rontok. Untuk mengatasi berbagai masalah rambut, anda bisa menggunakan kulit apel sebagai conditioner alami.

Cara pemakaian kulit apel:
– Kupas 2 buah apel yang sudah dicuci
– Ambil kulitnya dan masukkan kedalam blender
– Tambahkan air secukupnya, kemudian haluskan dengan blender
– Setelah halus, masukkan ke dalam mangkuk
– Oleskan pada rambut dan kulit kepala
– Biarkan kulit apel menempel pada rambut dan kulit kepala hingga 15 menit
– Bersihkan rambut dan kulit kepala dengan air biasa

7. Madu

obat penumbuh rambut alami dengan madu
Image by: thesouthafrican.com

Madu juga tidak kalah ampuh untuk mengatasi masalah rambut seperti rambut rontok. Madu mengandung banyak vitamin dan protein yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Madu juga mengandung antioksidan, anti bakteri dan antiseptik.

Selain mengatasi rambut rontok, madu juga sangat membantu menyuburkan rambut yang tipis. Tak hanya itu, madu juga dapat melindungi rambut dari sengatan matahari sehingga terhindar dari kerusakan.

Cara memakai madu untuk rambut:
– Siram rambut dengan air
– Masukan madu kedalam mangkuk
– Lalu oleskan keseluruh rambut dengan bantuan kuas
– Diamkan sampai 15 menit
– Bilas dengan air hingga bersih

8. Teh Hijau

obat penumbuh rambut alami dengan teh hijau
Image by: desimojo.co.in

Teh hijau telah banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, mulai dari menurunkan berat badan hingga merawat wajah. Selain itu, teh hijau juga sangat bermanfaat untuk merawat rambut.

Teh hijau mengandung vitamin C, E, dan panthenol yang menjadikan rambut hitam dan berkilau. Teh hijau juga bisa mengatasi ketombe dan kerontokan rambut.

Cara pemakaian teh hijau:
– Seduh teh hijau dengan air panas
– Diamkan hingga menjadi dingin
– Basahi rambut dengan teh hijau secara merata
– Lakukan pemijatan di kulit kepala dengan lembut
– Setelah 15 menit, bilas rambut dengan air biasa

9. Biji Kemiri

Macadamia Nut

Bahan alami lainnya yang tak kalah ampuh untuk menyuburkan rambut adalah biji kemiri. Biji kemiri merupakan jenis rempah yang kerap dijadikan bumbu masakan.

Tetapi kali ini, kita akan gunakan biji kemiri untuk merawat rambut. Biji kemiri banyak mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan protein.

Dengan kandungan tersebut, biji kemiri mampu menguatkan rambut, membersihkan kotoran di kulit kepala dan mencegah kerontokan. Biji kemiri juga dipercaya mampu membuat rambut menjadi hitam berkilau.

Cara pemakaian biji kemiri:
– Basahi rambut terlebih dahulu
– Siapkan biji kemiri secukupnya
– Tambahkan sedikit air, lalu haluskan dengan menggunakan blender
– Oleskan secara merata pada rambut
– Setelah 20 menit, bersihkan rambut dengan air dingin

10. Urang Aring

obat penumbuh rambut alami dengan urang aring
Image by: pertanianku.com

Urang aring yang secara ilmiah disebut eclipta alba adalah salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Umumnya, urang aring digunakan dalam bentuk minyak.

Meskipun saat ini minyak urang aring sudah sulit ditemukan, namun masih ada beberapa produk perawatan rambut yang menggunakan bahan dasar urang aring entah itu shampo ataupun conditioner.

Urang aring sendiri mengandung flavonoid, saponin, luteolin, triterpine, alkaloids dan masih banyak kandungan lainnya yang sangat baik untuk merawat rambut.

Urang aring juga mengandung zat pewarna hitam alami, tak heran jika banyak yang mencoba menghitamkan rambut dengan urang aring.

Urang aring juga dapat dapat melembabkan rambut dan kulit kepala sehingga rambut tidak mudah kering dan rapuh.

Selain itu, urang aring juga dapat merangsang pertumbuhan rambut karena mengandung desmethylwedelolactone dan wedelolactone.

Kedua kandungan tersebut mampu merevitalisasi sel-sel pada kulit kepala dan rambut dengan cepat sehingga rambut akan tumbuh lebih lebat.

Cara pemakaian urang aring:
– Sediakan beberapa lembar daun urang aring
– Tambahkan air secukupnya lalu tumbuk daun urang aring hingga halus
– Saring airnya, lalu oleskan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala
– Diamkan sampai 10 menit agar urang aring meresap
– Bersihkan rambut dengan air dingin

Jika anda menginginkan cara yang lebih praktis, anda bisa menggunakan minyak urang-aring yang sudah dikemas di pasaran, dan gunakan sebelum tidur setiap malam.

11. Buah Pisang

buah pisang
Image by: consumerreports.org

Manfaat buah pisang mengandung protein dan karbohidrat yang sangat baik untuk menutrisi tubuh. Buah pisang tidak hanya bagus untuk dikonsumsi, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut.

Buah pisang dapat mengatasi rambut rontok dan melindungi rambut dari efek buruk sinar matahari.

Cara pemakaian buah pisang:
– Siapkan 1-2 buah pisang, lalu kupas
– Masukkan ke dalam blender, lalu haluskan
– Masukkan ke dalam mangkuk atau piring kecil
– Basahi rambut terlebih dahulu, lalu oleskan pisang yang telah dihaluskan ke seluruh rambut
– Biarkan buah pisang meresap pada rambut hingga 15 menit
– Bilas rambut dengan air dingin hingga bersih

12. Yogurt

yogurt
Image by: sndimg.com

Yogurt tak hanya bagus untuk sistem pencernaan, namun juga bagus untuk merawat rambut yang rontok. Yogurt mengandung vitamin D, protein, kalsium, hingga kalium yang dapat menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah rontok. Selain itu, yogurt juga dapat mengatasi rambut kering dan bercabang.

Cara pemakaian yogurt:
– Oleskan yogurt pada rambut yang telah dibasahi
– Biarkan yogurt meresap pada rambut dan kulit kepala selama 15 menit
– Bersihkan rambut dengan air biasa

13. Daun Seledri

daun seledri
Image by: environment-prod-contentbucket

Seledri selama ini sangat akrab di telinga kita sebagai pelengkap masakan. Namun, siapa sangka jika seledri bisa digunakan untuk melebatkan rambut. Selain itu, manfaat daun seledri juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada rambut dan membuat rambut lebih indah dan tidak mudah rontok.

Cara pemakaian:
– Siapkan daun seledri yang sudah dicuci
– Masukkan ke dalam blender, beri sedikit air, kemudian haluskan
– Basahi rambut terlebih dahulu, kemudian oleskan seledri ke seluruh rambut
– Diamkan hingga 15 menit agar seledri meresap
– Bersihkan dengan air dingin

14. Bawang Merah

Perawatan rambut ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan bawang merah. Namun, untuk penggunaannya harus berhati-hati karena jika terkena mata akan sangat perih.

Bawang merah mengandung banyak vitamin A, vitamin C dan vitamin C yang sangat bagus untuk menguatkan batang rambut sehingga tidak mudah rontok. Bawang merah juga bisa menumbuhkan rambut relatif cepat jika digunakan bersama minyak kelapa.

Cara pemakaiannya:
– Sediakan 5 siung bawang merah yang sudah dikupas
– Kemudian parut atau tumbuk hingga halus
– Tambahkankan 3 sendok minyak kelapa
– Aduk hingga merata
– Oleskan pada rambut yang telah dibasahi dengan air, kemudian pijat kulit kepala dengan lembut
– Biarkan meresap hingga 20 menit
– Bersihkan rambut dan kulit kepala dengan air dingin

15. Kacang Panjang

kacang panjang
Image by: simplyrecipes.com

Untuk menyuburkan rambut, anda bisa menggunakan bahan alami seperti kacang panjang. Kacang panjang sangat kaya akan protein yang mana sangat sangat berperan dalam merangsang pertumbuhan sel rambut sehingga rambut akan tumbuh lebih lebat.

Untuk menyuburkan rambut dengan kacang panjang anda bisa menggunakannya sebagai conditioner alami.

Cara pemakaian kacang panjang:
– Siapkan kacang panjang secukupnya
– Lalu tumbuk sampai halus dengan campuran sedikit air
– Basahi rambut, lalu oleskan kacang panjang yang telah halus ke seluruh rambut
– Biarkan kacang panjang meresap pada rambut dan kulit kepala selama 15 menit
– Cuci rambut dengan air dingin

16. Bayam

bayam
Image by: well-beingsecrets.com

Selain kacang panjang, ada jenis sayur lainnya yang juga bisa menumbuhkan rambut secara alami, yaitu bayam. Bayam mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat diperlukan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Cara penggunaannya sama dengan kacang panjang, yaitu dengan menjadikannya sebagai conditioner alami untuk rambut.

Cara pemakaian bayam:
– Siapkan beberapa lembar bayam yang sudah dibersihkan
– Campur dengan sedikit air, lalu tumbuk hingga halus
– Basahi rambut terlebih dahulu
– Kemudian oleskan bayam yang sudah halus ke seluruh bagian rambut
– Diamkan 15-20 menit, lalu bilas dengan air

17. Minyak Jarak

daun jarak

Minyak jarak ternyata juga sangat ampuh untuk menumbuhkan rambut. Minyak jarak bisa menjadi penolong bagi anda yang memiliki rambut tipis dan mudah rontok.

Cara pemakaian minyak jarak:
– Basahi rambut dengan air
– Oleskan minyak jarak secara merata pada rambut dan kulit kepala
– Pijat kulit kepala dengan lembut hingga beberapa menit
– Lalu bungkus rambut dan kepala dengan handuk atau kain
– Biarkan hingga 1 jam, lalu bersihkan rambut dan kulit kepala dengan air dingin
– Lakukan 2 kali dalam seminggu

18. Gooseberry India

manfaat buah ciplukan
Image by: shopify.com

Buah gooseberry india mungkin tidak terlalu akrab untuk orang Indonesia, namun buah ini memiliki manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu manfaat yang bisa diambil dari gooseberry india yaitu menyuburkan rambut.

Gooseberry india mengandung antioksidan yang sangat tinggi serta vitamin C yang sangat bagus untuk memperbaiki kerusakan rambut. Gooseberry india juga bisa memperkuat akar dan batang rambut sehingga tidak mudah rontok.

Tak hanya itu, gooseberry india juga bersifat anti-bakteri yang mampu melawan radikal bebas dan bakteri pada kulit kepala.

Cara penggunaan Gooseberry India:
– Sediakan beberapa buah goosberry india
– Masukkan ke dalam blender
– Tambahkan satu sendok perasan lemon, minyak kelapa secukupnya
– Haluskan hingga membentuk seperti pasta
– Oleskan pada rambut secara menyeluruh hingga kulit kepala
– Biarkan meresap hingga 20 menit
– Bersihkan rambut dengan air dingin

19. Campuran Mangga dan Yogurt

buah mangga
Image by: rd.com

Jika sebelumnya telah dijelaskan cara menyuburkan rambut dengan yogurt, kali ini kita akan kembali menggunakan yogurt untuk perawatan rambut.

Berbeda dari sebelumnya yang hanya mengandalkan yogurt saja, kali ini kita akan mencampurnya dengan buah mangga. Buah mangga sangat kaya akan vitamin dan antioksidan yang sangat bagus untuk menyuburkan rambut.

Campuran mangga dan yogurt akan menjadikan rambut dan kulit kepala jauh lebih sehat, lebih kuat serta hitam berkilau.

Cara pemakaian mangga dan yogurt:
– Haluskan satu buah mangga dengan blender
– Tempatkan dalam mangkuk kecil
– Tambahkan yogurt secukupnya, lalu aduk hingga rata
– Oleskan pada rambut dan kulit kepala yang telah dibasahi dengan air
– Biarkan meresap hingga 20 menit
– Kemudian bilas rambut dan kulit kepala dengan air hingga bersih

20. Minyak Kelapa

minyak kelapa
Image by: ubudbotany.com

Selain santan kelapa, minyak kelapa pun bisa digunakan untuk menyuburkan rambut. Minyak kelapa juga dapat memperkuat akar dan batang rambut sehingga tidak mudah rapuh dan rontok.

Selain itu, minyak rambut juga dapat melembabkan rambut yang kering dan mengatasi rambut bercabang. Minyak kelapa bisa anda jadikan conditioner atau minyak rambut alami.

Cara pemakaian minyak kelapa:
– Tuang minyak kelapa pada mangkuk kecil
– Oleskan pada rambut secara merata hingga rambut menjadi agak basah
– Pijat kulit kepala selama beberapa menit
– Bungkus kepala dan rambut dengan handuk atau kain bersih selama 1 jam
– Bersihkan rambut dengan air biasa

21. Ketumbar

daun ketumbar
Image by: organicfacts.net

Ketumbar tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur tetapi juga bisa dijadikan herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Selain itu, ketumbar juga bisa digunakan untuk merawat rambut yang tipis.

Biji ketumbar mampu merangsang pertumbuhan folikel rambut sehingga rambut akan menjadi lebih lebat.

Cara pemakaian ketumbar:
– Basahi rambut dengan air
– Sediakan ketumbar secukupnya, lalu tumbuk hingga halus
– Campurkan dengan minyak kelapa
– Oleskan pada rambut dan kulit kepala yang sudah dibasahi dengan air
– Diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air

22. Daun Mangkok

daun mangkok
Image by: inilahtasik.com

Daun mangkok banyak mengandung vitamin dan A, B1, dan vitamin C. Selain itu, daun mangkok juga mengandung protein, fosfor, besi, kalsium, peroksidase dan amygdalin.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dari daun mangkok tersebut, menjadikan tanaman ini mampu mengatasi rambut rontok sekaligus membantu menyuburkan rambut.

Cara penggunaan daun mangkok:
– Sediakan beberapa lembar daun mangkok yang sudah dicuci
– Beri sedikit air, lalu tumbuk hingga halus
– Gunakan daun mangkok yang telah dihaluskan sebagai masker rambut
– Pijat bagian kulit kepala secara perlahan hingga beberapa menit
– Bersihkan rambut dan kulit kepala dengan air biasa

23. Oatmeal

Oatmeal
Image by: cookinglight.timeinc.net

Oatmeal dikenal sebagai bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain bagus untuk kesehatan, oatmeal juga bisa digunakan untuk merawat rambut.

Oatmeal dapat memperkuat rambut sehingga tidak mudah rontok. Disamping itu, oatmeal juga dapat merangsang pertumbuhan rambut yang menipis akibat rontok. Oatmeal juga bisa membasmi ketombe yang ada pada kulit kepala.

Cara penggunaan oatmeal:
– Ambil beberapa sendok oatmeal bubuk
– Tambahkan sedikit susu dan minyak almond, lalu aduk sampai rata
– Basahi rambut dengan air
– Kemudian oleskan campuran bahan-bahan tadi ke seluruh rambut
– Diamkan semalaman beberapa menit hingga meresap
– Bersihkan rambut dengan air biasa

24. Kulit Semangka

buah semangka
Image by: draxe.com

Buah yang memiliki banyak kandungan air ini juga tak kalah ampuh untuk menyuburkan rambut. Namun, yang akan kita gunakan disini bukan daging buah semangka, melainkan kulitnya saja.

Bagian dalam kulit semangka yang berwarna putih mengandung likopen, saponin, flavonoid, polifenol dan antioksidan yang dapat mengatasi tanda-tanda kerusakan rambut.

Kulit semangka juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang dapat menguatkan rambut sehingga tidak mudah rontok. Sebagai tambahan, kulit semangka juga bersifat anti-bakteri dan anti inflamasi yang mampu melawan aktivitas mikroorganisme pada kulit kepala.

Cara penggunaan kulit semangka:
– Kupas buah semangka, kemudian ambil bagian kulitnya
– Gosokkan kulit semangka pada kulit kepala
– Lakukan cara ini satu kali dalam seminggu sebelum keramas

25. Mengkudu

buah mengkudu
Image by: verywellfit.com

Walaupun memiliki aroma yang tidak sedap, khasiat mengkudu untuk rambut tidak bisa dipungkiri. Mengkudu memiliki banyak manfaat untuk rambut, seperti mengatasi kerontokan, menyuburkan rambut, hingga membasmi ketombe dan kutu rambut. Dengan menggunakan mengkudu secara rutin, rambut akan lebih lebat dan sehat berkilau.

Cara penggunaan mengkudu:
– Siapkan 1-2 buah mengkudu yang sudah dicuci bersih, lalu tumbuk
– Balurkan pada rambut dan kulit kepala
– Bungkus kepala dan rambut dengan kain atau handuk bersih
– Biarkan selama 1 jam
– Cuci rambut dan kepala dengan air dingin

Demikianlah informasi mengenai obat penumbuh rambut alami. Anda bisa memilih salah satu bahan alami diatas untuk menyuburkan rambut yang menipis akibat kerontokan.

Menumbuhkan dan menyuburkan rambut dengan bahan alami memang membutuhkan kesabaran karena hasilnya tidak instan. Maka dari itu, lakukan perawatan secara rutin agar hasilnya cepat terasa.