32 Jenis Obat Gusi Bengkak Alami yang Patut Anda Coba

obat gusi bengkak

Kalimat.ID – Obat Gusi bengkak – Gusi bengkak adalah salah satu masalah yang ada pada rongga mulut. Gusi bengkak bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Umumnya, orang hanya memperhatikan kebersihan gigi tanpa memperdulikan kesehatan gusi. Gusi bengkak biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada gusi dan terkadang juga disertai dengan keluarnya darah dari gusi.

Bengkak pada gusi memang tidak terlalu fatal, namun rasa nyeri yang ditimbulkan cukup menyiksa bahkan membuat seseorang tidak bisa beraktivitas dengan baik seperti biasanya. Rasa nyeri akan semakin menjadi saat penderita berbicara atau mengunyah makanan.

Gusi bengkak juga membuat rongga mulut terasa tidak nyaman karena gusi akan terasa menonjol dan lebih tebal dari sebelumnya. Bahkan papada banyak kasus, gusi bisa membengkak hingga menutupi bagian bawah gigi.

Selain itu, gusi yang bengkak biasanya terjadi karena adanya gingivitis atau radang gusi yang kronis. Mengatasi gusi bengkak sejak dini dapat menurunkan risiko penyakit lain yang lebih parah.

Penyebab Gusi Bengkak

Gusi bengkak ditandai dengan berbagai gejala seperti gusi yang memerah, gusi menonjol, bau mulut, keluar darah dari gusi, bernanah, dan rasa nyeri ketika mengunyah.

Gusi bengkak yang sudah parah dapat membuat gigi menjadi lebih longgar dan akhirnya harus dicabut. Berikut ini akan dijelaskan lebih rinci beberapa penyebab yang bisa memicu gusi bengkak.

1. Plak dan Tartar

Gusi yang bengkak bisa disebabkan oleh penumpukan plak dan tartar pada gigi. Plak merupakan suatu lapisan pada gigi yang dapat terbentuk karena bakteri pada rongga mulut. Plak pada gigi akan terlihat kekuningan jika gigi tidak dibersihkan dengan benar.

Plak pada gigi yang masih lunak bisa dihilangkan dengan menggosok gigi secara teratur. Plak gigi jika dibiarkan akan membuat gigi berlubang hingga menyebabkan sakit gigi. Plak yang semakin menumpuk akan masuk kebagian dalam gusi sehingga menyebabkan gusi bengkak.

Tartar merupakan plak gigi yang telah mengeras, secara awam tartar dikenal dengan karang gigi. Plak yang dibiarkan secara terus-menerus atau lebih dari 10 hari biasanya akan berubah menjadi tartar.

Tartar umumnya terdapat pada celah antara gusi dan gigi yang tidak bisa dihilangkan begitu saja dengan sikat gigi. Jika tartar sudah terbentuk, maka satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan pergi ke dokter gigi.

2. Kekurangan Vitamin

Gusi yang bengkak tidak hanya disebabkan oleh penumpukkan kotoran pada gigi. Kekurangan vitamin juga dapat memicu terjadinya pembengkakan pada gusi, terutama vitamin C.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam air, sehingga tubuh membutuhkan asupan lebih banyak vitamin C. Vitamin C bisa diperoleh dari makanan sehari-hari.

Tubuh yang kekurangan vitamin C akan sangat rentan mengalami berbagai penyakit. Karena vitamin C memiliki fungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap kuman dan penyakit.

Seseorang yang kurang mengonsumsi vitamin C, akan lebih mudah mengalami infeksi bakteri pada rongga mulut. Akibatnya, seseorang akan mudah mengalami bengkak pada gusi bahkan sakit gigi.

3. Pemakaian Kawat Gigi

Gusi bisa saja menjadi bengkak akibat pemasangan kawat gigi yang tidak benar. Kawat gigi yang pemasangannya terlalu dekat dengan gusi akan menyebabkan infeksi dan pembengkakan pada gusi. Selain pemasangan kawat gigi yang salah, gusi bengkak juga bisa terjadi karena pemasangan gigi palsu yang tidak pas.

4. Infeksi

Infeksi bakteri pada gigi juga dapat menyebabkan gusi bengkak. Tak hanya itu, infeksi virus herpes juga dapat menyebabkan gusi bengkak, kondisi seperti ini dikenal dengan gingivostomatitis.

Selain bakteri dan virus, infeksi jamur juga dapat memicu pembengkakan pada gusi. Jamur candida yang tumbuh secara berlebihan pada mulut akan menyebabkan Oral Thrush yang menjadi cikal bakal pembengkakan gusi.

5. Makanan yang Tidak Sehat

Makanan yang tidak sehat juga bisa menyebabkan gusi bengkak. Makanan yang terlalu banyak mengandung gula sangat tidak baik untuk dikonsumsi, ditambah lagi jika anda tidak menyikat gigi secara teratur.

Sebaliknya, untuk mencegah terjadinya gusi bengkak pilihlah makanan yang banyak mengandung asam folat. Karena asam folat sangat penting untuk pembentukan protein dan membantu pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, risiko gusi bengkak akan menurun.

6. Kehamilan

Kehamilan juga dapat memicu pembengkakan pada gusi. Pada saat hamil, nutrisi tubuh akan disalurkan kepada janin sehingga nutrisi pada tubuh ibu hamil akan berkurang. Ibu hamil yang kekurangan zat besi dan kalsium akan rentan mengalami gusi bengkak dan masalah gigi.

Selain itu, kehamilan akan membuat hormon meningkatkan aliran darah menuju gusi sehingga gusi akan mudah terkena iritasi dan pembengkakan.

Saat hormon tubuh mengalami perubahan, kemampuan tubuh dalam melawan bakteri pada mulut akan menurun sehingga gusi akan mudah mengalami infeksi.

7. Kebiasaan Merokok

Bengkak pada gusi juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok. Hal ini karena banyak kandungan racun pada rokok yang dapat membuat gusi terinfeksi dan pada akhirnya memicu pembengkakan gusi.

8. Menyikat Gigi Dengan Cara yang Salah

Menyikat gigi yang dianjurkan adalah 2 kali sehari. Tak hanya itu, menyikat gigi harus dilakukan dengan teknik yang benar agar sisa-sisa makanan bisa dibersihkan secara maksimal hingga tak ada yang lagi yang tersisa pada gigi.

Selain itu, menyikat gigi dengan cara yang kasar atau menggunakan sikat gigi yang bulunya terlalu keras akan membuat gusi terluka. Jika hal tersebut terus-menerus terjadi, maka gusi akan terinfeksi dan menjadi bengkak.

9. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat membuat gusi bengkak. Jika anda merasa sudah menjaga kesehatan gigi dan gusi namun mengalami bengkak pada gusi, mungkin saat ini anda sedang mengonsumsi obat tertentu.

Obat-obatan yang bisa mengakibatkan bengkak pada gusi yaitu obat darah tinggi. Obat penurun tekanan darah akan memicu pertumbuhan pada gusi sehingga gusi menjadi bengkak.

10. Mengkonsumsi Alkohol

Faktor yang paling berbahaya adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol memang dapat memicu berbagai penyakit, termasuk pembengkakan pada gusi.

Mengonsumsi alkohol yang terlalu sering dapat membuat tubuh kehilangan banyak nutrisi sehingga sangat rentan mengalami masalah gigi dan gusi. Dan jika hal tersebut terus dibiarkan, maka akan memicu kerusakan yang lebih parah pada gusi.

Tak hanya minuman beralkohol, obat kumur yang mengandung alkohol pun sangat tidak baik digunakan karena dapat menimbulkan iritasi pada gusi.

Obat Gusi Bengkak Dari Bahan Alami

Gusi bengkak harus cepat diobati sejak dini, jika tidak maka akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada jaringan gusi bahkan gigi. Jika gusi bengkak yang anda alami masih tergolong ringan, maka anda bisa mencoba beberapa obat gusi bengkak yang berbahan alami.

Berikut ini adalah beberapa obat gusi bengkak berbahan alami yang bisa anda coba sendiri di rumah:

1. Biji Buah Asam

obat gusi bengkak dengan asam jawa
image by: draxe.com

Biji buah asam ternyata bisa dijadikan obat gusi bengkak alami. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang ada pada biji buah asam. Vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap kuman dan penyakit.

Dengan kata lain, vitamin C dalam biji buah asam akan membantu melawan bakteri dan kuman penyebab gusi bengkak. Cara membuat obat gusi bengkak dari biji buah asam sangat sederhana.

Anda hanya perlu menyangrai beberapa biji buah asam, kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan biji buah asam yang telah dihaluskan pada gusi yang bengkak.

2. Madu Murni

obat gusi bengkak dengan madu alami
image by: bbci.co.uk

Madu murni telah banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan tak terkecuali gusi bengkak. Karena madu murni mengandung antibakteri yang mampu melawan kuman dan bakteri penyebab gusi bengkak.

Mengobati gusi bengkak dengan madu bisa dilakukan dengan cara mengoleskan madu murni secara langsung pada gusi yang bengkak. Lakukan hingga 3 kali sehari hingga bengkak pada gusi berkurang.

Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya anda membersihkan mulut terlebih dahulu sebelum mengoleskan madu murni. Lalu oleskan madu murni sebelum tidur dan bersihkan gigi dan gusi keesokan harinya.

3. Buah Gambir

obat gusi bengkak dengan buah gambir
image by: museumvolunteersjmm

Bahan alami berikutnya yang cukup ampuh menyembuhkan gusi bengkak adalah buah gambir. Caranya cukup sederhana, sediakan 3 buah gambir, cuci hingga bersih lalu potong-potong.

Lalu rebus gambir dengan sepotong kunyit dan air 2 gelas. Biarkan air mendidih dan hanya menyisakan satu gelas air. Tunggu sejenak hingga air agak dingin, lalu pakailah untuk berkumur. Lakukan setidaknya satu kali sehari sampai gusi membaik.

4. Kulit Pohon Mangga

obat gusi bengkak dengan buah mangga
image by: medicalnewstoday.com

Ternyata tak hanya buah dan daunnya saja yang bermanfaat, kulit pohon mangga bahkan bisa dijadikan obat gusi bengkak. Caranya, keruk sedikit pohon mangga, lalu rebus dengan air secukupnya dan tambahkan satu sendok teh garam halus.

Setelah mendidih, matikan api dan tunggu hingga agak dingin. Pakailah air rebusan pohon mangga tersebut untuk berkumur selama beberapa menit.

5. Kantung Teh

obat gusi bengkak dengan kantong teh
image by: toiimg.com

Kantung teh juga bisa kita gunakan sebagai obat gusi bengkak yang alami. Teh mengandung zat tanin yang mampu melawan bakteri sekaligus mengatasi infeksi pada gusi.

Caranya, ambil air panas lalu seduh kantung teh. Tunggu hingga kantung teh agak dingin, lalu tempelkan kantung teh pada gusi bengkak. Biarkan selama 5 menit lalu berkumurlah dengan air biasa.

6. Daun Krokot

obat gusi bengkak dengan daun krokot
image by: chelseagreen.com

Apakah anda mengenal daun krokot? Daun krokot biasanya hanya diolah menjadi sayuran saja. Namun, tak banyak yang tahu bahwa daun krokot merupakan salah satu obat gusi bengkak yang sangat manjur.

Sediakan beberapa lembar daun krokot, lalu cuci sampai bersih. Lalu rebus dengan 750 ml air. Biarkan air mendidih hingga tersisa setengahnya saja.

Segera minum air rebusan daun krokot tersebut selagi masih hangat. Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun krokot untuk berkumur.

7. Daun Bayam

daun bayam
image by: gannett-cdn.com

Selain daun krokot, daun bayam juga tak kalah ampuh untuk menyembuhkan gusi bengkak. Daun bayam mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu penyembuhan gusi yang bengkak.

Cara penggunaannya yaitu dengan menjemur beberapa lembar daun bayam sampai kering. Setelah agak kering, haluskan daun bayam dengan cara menumbuknya. Oleskan daun bayam yang telah dihaluskan pada gusi bengkak.

8. Baking Soda

obat gusi bengkak dengan baking soda
image by: moneycrashers-sparkchargemedia.netdna-ssl.com

Obat gusi bengkak lainnya yang tak kalah mujarab adalah baking soda. Caranya, ambil 2 sendok baking soda, lalu campurkan dengan secangkir air hangat. Lalu gunakan air larutan baking soda tersebut untuk berkumur. Ulangi hingga beberapa kali sampai gusi membaik.

9. Kulit Andong

obat gusi bengkak dengan kulit andong

Obat gusi bengkak alami berikutnya yang tak kalah mujarab ialah kulit andong. Cara membuat obat gusi bengkak dari kulit andong cukup mudah. Haluskan kulit andong dan garam dengan cara ditumbuk. Jika sudah, lansung tempelkan kulit andong yang telah halus pada gusi yang bengkak

10. Air Putih

obat gusi bengkak dengan air putih
image by: self.com

Mengonsumsi air putih yang banyak bisa mengobati gusi yang bengkak. Mulut yang kering akan membuat gusi yang bengkak semakin parah. Dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak, akan membuat produksi air liur didalam mulut meningkat sehingga rongga mulut terhindar dari kekeringan.

Konsumsilah air putih minimal 2 liter perhari. Namun, mengonsumsi air putih saja tidak cukup. Anda juga harus menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan dehidrasi.

11. Lemon

obat gusi bengkak dengan buah lemon
image by: organicfacts.net

Buah lemon lebih sering digunakan untuk memutihkan kulit karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Tapi, tahukah anda bahwa kandungan vitamin C yang tinggi itu menjadikan lemon cukup ampuh dijadikan obat gusi bengkak.

Lemon juga mengandung antibakteri alami yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab gusi bengkak. Selain gusi bengkak, lemon juga bisa menyembuhkan sakit tenggorokan.

Cara menggunakan lemon untuk obat gusi bengkak sangat sederhana. Siapkan seperempat potong buah lemon, lalu ambil airnya. Lalu campur dengan secangkir air hangat. Berkumurlah dengan air perasan lemon tersebut 2 kali sehari sampai gusi anda sembuh.

12. Kunyit

kunyit
image by: holistickenko.com

Kunyit mengandung antibakteri dan antibiotik alami yang mampu memerangi kuman penyebab gusi bengkak. Maka dari itu, kunyit sangat cocok dijadikan obat gusi bengkak yang alami.

Caranya, rendam satu ruas kunyit batang bersama buah gambir dengan air mendidih. Tunggu hingga air agak dingin, lalu gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali sehari, maka gusi anda akan cepat sembuh.

13. Bawang Merah

bawang merah
image by: theatlantic.com

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang mampu mengobati berbagai penyakit, salah satunya yaitu gusi bengkak. Cara membuat obat gusi bengkak dengan bawang merah tidaklah sulit.

Cukup haluskan 2 siung bawang merah, lalu tempelkan pada gusi yang sedang bengkak. Cara ini bisa dilakukan 3 kali sehari.

14. Jeruk Nipis

jeruk nipis
image by: organicfacts.net

Jeruk nipis sangat kaya akan kandungan vitamin C sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap kuman dan penyakit. Selain itu, jeruk nipis juga bisa menjadi obat gusi bengkak yang mujarab.

Caranya sangat mudah, peras 1 buah jeruk nipis dan campurkan dengan 1 cangkir air hangat. Berkumurlah dengan larutan jeruk nipis tersebut beberapa detik. Lakukan cara tersebut 2 kali sehari yaitu pagi dan malam setelah membersihkan mulut.

15. Minyak Cengkeh

minyak cengkeh
image by: medicalnewstoday.com

Minyak cengkeh adalah salah satu obat tradisional yang sangat ampuh untuk mengobati gusi bengkak. Minyak cengkeh merupakan jenis minyak yang terbuat dari cengkeh.

Selain mampu mengobati gusi bengkak, minyak cengkeh juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Untuk mengobati gusi bengkak dengan minyak cengkeh sangat simple. Bersihkan terlebih dahulu mulut dan gigi. Lalu oleskan minyak cengkeh ke bagian gusi yang membengkak. Anda bisa melakukan pengobatan dengan minyak cengkeh 2 kali sehari.

16. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata cukup bisa diandalkan untuk mengatasi masalah pada rongga mulut, termasuk gusi bengkak. Daun jambu biji memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang dapat mempercepat proses penyembuhan gusi bengkak.

Selain itu, daun jambu biji juga memiliki efek analgesik sehingga mampu mengurangi rasa nyeri akibat gusi bengkak. Untuk mengobati gusi bengkak, anda bisa langsung mengunyah daun jambu biji.

Tetapi, jika mengunyah daun jambu biji membuat gusi bertambah terasa sakit, anda dapat merebus beberapa lembar daun jambu biji lalu gunakan air hasil rebusannya untuk berkumur.

17. Belimbing Wuluh

belimbing wuluh
image by: nutritionadvance.com

Obat gusi bengkak alami lainnya yang perlu anda coba adalah belimbing wuluh. Buah yang memiliki rasa asam ini mengandung antibakteri alami yang akan membasmi kuman dan bakteri yang ada pada rongga mulut sehingga gusi bengkak pun bisa teratasi.

Caranya, bersihkan 2 buah belimbing wuluh yang masih mentah, kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan langsung belimbing wuluh tersebut pada gusi yang membengkak. Lakukan 2 kali sehari setelah membersihkan gigi.

18. Bawang Putih

bawang putih
image by: ndtvimg.com

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Salah satu khasiat bawang putih yang sudah terbukti adalah mengobati gusi yang bengkak.

Bawang putih mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh kuman-kuman yang menempel pada gusi. Jika anda sedang mengalami pembengkakan pada gusi, tidak ada salahnya untuk menggunakan bawang putih sebagai obat gusi bengkak yang alami.

Caranya, kupas 1 siung bawang putih, kemudian tumbuk hingga halus bersama sedikit garam dapur. Oleskan bawang putih tersebut pada gusi yang terasa sakit. Lakukan 2 kali sehari sampai gusi benar-benar sembuh.

19. Air Garam

garam
image by: groupeditors.com

Air garam memang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena sangat ampuh untuk mengatasi gusi bengkak. Sama seperti bahan alami lainnya, garam mengandung antibakteri alami yang dapat mematikan bakteri dan kuman yang ada di sekitar gusi sehingga gusi akan cepat sembuh.

Cara menggunakannya pun sangat sederhana, anda hanya perlu berkumur dengan air larutan garam 3 kali sehari. Lakukan sampai gusi benar-benar pulih.

20. Daun Sirih

daun sirih
image by: wikimedia.org

Daun sirih juga mengandung antiseptik alami yang bisa mempercepat proses penyembuhan pada gusi bengkak. Cara penggunaannya yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirih, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Obat kumur alami yang terbuat dari daun sirih ini bisa digunakan untuk berkumur 3 sebanyak 3 kali sehari. Cara ini juga sangat aman untuk ibu hamil yang mengalami gusi bengkak.

21. Ekstrak Almond

minyak almond
image by: naturallivingideas.com

Kacang almond merupakan salah satu obat gusi bengkak yang aman digunakan oleh semua usia, termasuk balita. Balita sangat rentan mengalami pembengkakan gusi saat akan tumbuh gigi. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan ekstrak kacang almond.

Caranya, ambil ekstrak kacang almond secukupnya, lalu campurkan dengan sedikit air. Kemudian oleskan pada gusi balita yang bengkak dengan bantuan kapas.

Anda juga bisa melakukan pijatan lembut pada gusi balita saat mengoles ekstrak almond untuk mengurangi rasa nyeri.

22. Merica

merica
image by: shopify.com

Obat gusi bengkak lainnya yang cukup mujarab adalah merica. Dibalik rasanya yang pedas, merica mengandung senyawa anti inflamasi dan antibakteri yang dapat menyembuhkan gusi bengkak.

Selain itu, merica juga mengandung analgesik alami yang mampu meredakan nyeri akibat gusi bengkak. Cara penggunaannya pun sangat mudah.

Ambil beberapa butir merica, lalu haluskan bersama sedikit garam. Campur dengan air secukupnya, lalu balurkan pada gusi yang bengkak.

23. Buah Delima

buah delim
image by: myjewishlearning.com

Buah delima banyak digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Namun, siapa sangka jika delima bisa dijadikan obat gusi bengkak yang manjur.

Untuk mengobati gusi bengkak dengan delima, anda cukup mengonsumsi jus delima secara teratur. Selain itu, anda juga bisa mengoleskan jus delima pada gusi yang bengkak.

24. Gel Lidah Buaya

lidah buaya
image by: draxe.com

Gel lidah buaya memiliki sifat yang dingin sehingga mampu menenangkan gusi yang meradang. Selain itu, gel lidah buaya juga mampu mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh gusi bengkak.

Cara menggunakan gel lidah buaya untuk gusi bengkak sangat sederhana. Anda hanya perlu mengambil gel lidah buaya secukupnya, lalu tempelkan pada gusi bengkak.

25. Serai

serai
image by: care2.com

Ada satu bumbu dapur lagi yang mampu mengobati gusi bengkak, yaitu serai. Caranya, ambil 2 tangkai daun serai, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu rebus dengan air hingga mendidih dan airnya tersisa setengah gelas. Lalu gunakan air rebusan searai tersebut untuk berkumur.

26. Minyak Teh Hijau

minyak teh
image by: anveya.com

Teh hijau juga cukup ampuh dalam menangani gusi yang bengkak. Dalam hal ini, akan lebih maksimal jika kita menggunakan minyak teh hijau, yaitu minyak yang terbuat dari daun teh hijau.

Caranya, oleskan beberapa tetes minyak teh hijau pada gusi yang sakit sambil memijatnya dengan lembut. Lakukan beberapa kali sampai bengkak pada gusi berkurang.

27. Jahe

jahe
image by: hearstapps.com

Obat alami terakhir yang bisa mengatasi gusi bengkak adalah jahe. Cara menggunakan jahe untuk mengobati gusi bengkak tak jauh berbeda dari cara sebelumnya.

Ambil satu ruas jahe yang telah dikupas kulitnya, kemudian parut hingga gak halus. Jika sudah, langsung oleskan saja jahe yang telah diparut pada gusi yang bengkak.

Obat Medis Untuk Menyembuhkan Gusi Bengkak

Jika anda telah mencoba berbagai bahan alami namun gusi bengkak tidak sembuh juga, maka anda harus menggunakan obat medis untuk mengatasinya. Namun, pastikan anda mengonsumsi obat medis sesuai petunjuk dokter.

Berikut ini adalah beberapa obat medis yang bisa digunakan untuk menyembuhkan gusi bengkak.

28. Ibuprofen

Ibuprofen
image by: newsapi.com.au

Obat medis pertama yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi gusi bengkak ialah ibuprofen. Ibuprofen merupakan salah satu jenis obat yang berfungsi untuk meredakan nyeri. Obat ini uga bisa bertindak sebagai obat anti radang.

Maka dari itu, ibuprofen merupakan pilihan yang tepat untuk mengobati gusi bengkak. Karena selain mengurangi bengkak, ibuprofen akan mengurangi rasa nyeri akibat pembengkakan gusi. Ibuprofen bisa dikonsumsi 3 kali sehari sesuai petunjuk dokter.

29. Antipiretik

Antipiretik
image by: whitecoathunter.com

Obat jenis antipiretik juga bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Pada dasarnya, antipiretik digunakan sebagai penurun panas atau demam. Namun, obat ini juga bisa digunakan saat gusi membengkak.

Karena pembengkakkan gusi biasanya diiringi dengan demam. Selain itu, antipiretik juga dapat mengatasi rasa nyeri pada gusi bengkak. Contoh obat jenis antipiretik yang populer adalah paracetamol dan sanmol.

30. Dexamethasone

dexamethasone
image by: doktersehat.com

Obat medis berikutnya yang juga dapat menyembuhkan gusi bengkak adalah dexamethasone. Dexamethasone memang sering diberikan oleh dokter kepada pasien yang mengalami radang pada tubuhnya.

Maka dari itu, dexamethasone bisa dikonsumsi untuk mengobati bengkak pada gusi. Batas aman mengonsumsi dexamethasone adalah 0,5 mg dalam sekali minum. Obat ini juga bisa dikonsumsi 3 kali dalam sehari.

31. Asam Mefenamat

Asam Mefenamat
image by: blanja.com

Asam mefenamat banyak digunakan sebagai penghilang rasa sakit. Obat jenis ini sering dicari oleh orang yang sering mengalami sakit gigi. Salah satu merek dagang yang memiliki komposisi asam mefenamat adalah ponstan.

Satu tablet asam mefenamat biasanya memiliki dosis 500 mg. Obat ini bisa diminum 3 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

32. Clindamycin

Clindamycin
image by: danexplore.dk

Obat medis terakhir yang bisa anda konsumsi untuk mengobati gusi bengkak adalah clindamycin. Obat ini termasuk dalam golongan antibiotik yang mampu melumpuhkan kuman dan bakteri penyebab gusi bengkak. Obat ini bisa diminum 3 kali sehari dengan dosis 150 mg sekali minum.

Jika anda mengalami pembengkakan gusi yang masih tergolong ringan, maka gunakanlah bahan-bahan alami untuk mengobatinya.

Namun, jika bahan alami tidak mampu menyembuhkan gusi anda, mungkin anda memerlukan obat medis untuk mengatasi gusi bengkak. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mulai mengonsumsi obat medis.

Komentar disini