16 Obat Asam Urat Dari Bahan Alami yang Telah Terbukti Khasiatnya

Obat Asam Urat

Kalimat.ID – Obat Asam Urat – Penyakit asam urat adalah suatu kondisi dimana terjadi penumpukan zat purin didalam tubuh yang tak mampu lagi disaring oleh ginjal. Akibatnya, kadar asam urat di dalam tubuh akan sangat tinggi dan menimbulkan rasa nyeri dan panas pada persendian.

Penyakit ini biasanya terjadi pada usia lanjut. Namun, asam urat juga banyak dialami pada usia 30 tahun keatas. Wanita pada masa menopause juga sangat rentan mengalami penyakit asam urat.

Rasa nyeri pada persendian tentunya sangat mengganggu aktivitas para penderita sehingga harus segera diatasi.

Faktor-Faktor Penyebab Asam Urat

Sebelum memulai pengobatan untuk asam urat, ada baiknya anda mengetahui faktor-faktor penyebab tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

Zat purin yang masuk ke dalam tubuh biasanya akan disaring oleh ginjal dan akan dibuang bersama urine. Meskipun begitu, zat purin yang terlalu banyak bisa saja menumpuk di ginjal sehingga ginjal menjadi tidak mampu membuang zat purin tersebut.

Kadar asam urat yang tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan gaya hidup dan pola makan. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapat memicu tingginya kadar asam urat dalam tubuh:

  • Mempunyai keluarga yang mengidap penyakit asam urat
  • Dalam keadaan pasca operasi
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi zat purin, misalnya jeroan hewan, daging merah, sarden, kerang, ikan tuna, dsb.
  • Mengonsumsi alkohol dan minuman yang mengandung banyak gula
  • Memiliki riwayat penyakit tertentu seperti penyakit jantung, diabetes, penyakit ginjal, kolesterol, penyakit tiroid, obesitas, hipertensi, sindrom metabolik, leukimia, dan sebagainya.

Tanda dan Gejala Kadar Asam Urat Tinggi

Mungkin anda masih ragu menentukan apakah anda benar-benar menderita penyakit asam urat atau tidak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyakit asam urat terjadi karena adanya penumpukkan zat purin dalam tubuh.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat bermacam-macam, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Nyeri dan Bengkak Pada Persendian

Salah satu gejala penyakit asam urat yang paling umum adalah adanya pembengkakan pada persendian yang disertai dengan rasa nyeri atau linu. Rasa nyeri tersebut biasanya terjadi pada malam atau pagi hari.

Selain itu, persendian biasanya akan terasa panas dan kaku. Bagian persendian yang rentan terasa panas dan kaku adalah pada area jempol kaki. Tak hanya itu, rasa nyeri juga biasanya akan terasa pada pergelangan kaki, lutut, sendi pada siku dan jari tangan.

2. Kaki Bengkak dan Merah

Kadar asam urat tinggi bisa ditandai dengan adanya bengkak dan warna kemerahan pada sendi. Pada penyakit asam urat yang sudah parah, biasanya bengkak dan kemerahan akan terjadi pada bagian kaki. Tak hanya itu, kaki juga akan terasa panas dan sulit untuk digerakkan.

3. Kesemutan

Penyakit asam urat juga sering ditandai dengan kesemutan. Kesemutan yang terjadi pada penderita penyakit asam urat biasanya berlangsung terus-menerus dan tidak reda begitu saja.

Kesemutan yang dirasakan biasanya diiringi dengan rasa panas pada bagian yang kesemutan tersebut. Kesemutan sangat sering terjadi pada bagian kaki.

4. Rasa Nyeri yang Menjalar

Jika seseorang memiliki kadar asam urat yang sudah tinggi, biasanya akan mengalami rasa panas dan nyeri pada kaki bagian bawah yang menjalar ke kaki bagian atas.

Rasa panas dan nyeri tersebut biasanya menjalar dari jempol kaki ke area telapak kaki, lalu terus menjalar ke area betis dan lutut hingga mencapai bagian paha.

5. Rasa Nyeri Berkembang Sangat Cepat

Bagi sebagian penderita asam urat, rasa nyeri dan panas pada sendi berkembang sangat cepat dengan tempo waktu hanya beberapa jam. Nyeri akibat penyakit asam urat umumnya berlangsung 3 sampai 10 hari.

Bahkan, pada kasus yang lebih parah, rasa nyeri bisa bertahan hingga berminggu-minggu lamanya.

Walaupun nyeri pada sendi akan menghilang dengan sendirinya, tetapi penyakit yang satu ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Pengobatan terhadap penyakit asam urat harus tetap dilakukan agar tidak mengalami kekambuhan dengan risiko lain yang lebih parah.

Pengobatan yang tepat juga dapat mencegah penyebaran pada sendi-sendi lainnya dan juga mencegah kerusakan sendi itu sendiri.

Berapa Sebenarnya Kadar Normal Asam Urat Itu?

Kadar asam urat bisa ditentukan melalui uji laboratorium. Untuk melakukan uji laboratorium ada 2 cara, yaitu dengan uji enzimatik dan teknik biasa.

Pada uji enzimatik, kadar asam urat normal maksimal adalah 7 mg/dl. Pada teknik biasa, kadar asam urat normal maksimal 8 mg/dl.

Jika setelah diperiksa ternyata hasilnya melampaui standar maksimum, maka penderita kemungkinan mengalami hiperurisemia.

Pada pria dan wanita, kadar asam urat normal berbeda. Pada pria, kadar asam urat dinyatakan normal jika masih berkisar 3,5-7 mg/dl/ Sedangkan pada perempuan kadar asam urat normalnya 2,6-6 mg/dl.

Penyakit asam urat diawali dari rasa nyeri pada sendi dan hasil cek asam urat yang tinggi yaitu melebihi 7 mg/dl.

Obat Asam Urat Berbahan Alami

Tak perlu cemas jika kadar asam urat anda melebihi batas normal. Jika belum terlalu tinggi, anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat asam urat berbahan alami. Banyak sekali obat tradisional yang bisa menurunkan kadar asam urat, diantaranya yaitu:

1. Daun Salam

Daun salam merupakan obat asam urat alami yang cukup ampuh. Daun salam juga sangat mudah didapatkan. Daun salam mengandung zat tanin dan bersifat analgesik sehingga sangat bagus untuk meredakan nyeri sendi akibat asam urat tinggi.

Zat tanin yang terkandung dalam daun salam dapat memecah kristal asam urat sehingga kadar asam urat akan menurun. Selain itu, sifat analgesik daun salam akan meredakan rasa panas dan nyeri pada persendian.

Anda bisa menggunakan daun salam sebagai obat asam urat dengan cara merebusnya dengan air, lalu minumlah air rebusan daun salam setiap hari pada pagi hari. Mengonsumsi air rebusan daun salam secara rutin akan membantu menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

2. Daun Anting Anting

Obat asam urat alami lainnya yang juga cukup ampuh adalah daun anting-anting. Tanaman anting-anting biasanya tumbuh dengan liar, namun tak jarang tanaman ini ditanam di pekarangan rumah. Itu artinya, tidak terlalu sulit untuk menemukan tanaman ini.

Daun anting-anting sangat ampuh dalam menurunkan kadar asam urat karena mengandung zat flavonoid, tanin, dan saponin. Ketiga zat tersebut akan mengurangi rasa nyeri pada persendian.

Cara penggunaannya cukup praktis. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun anting-anting, kemudian rebus dengan air secukupnya. Selanjutnya, minumlah air rebusan anting-anting 3 kali sehari setiap hari sampai nyeri sendi menghilang.

3. Daun Sambiloto

Masih seputar daun herbal, kali ini kita akan gunakan daun sambiloto sebagai obat asam urat alami. Walaupun rasanya pahit, namun daun sambiloto telah dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman sambiloto merupakan jenis tanaman liar yang berasal dari Asia-Afrika yang terus menyebar secara luas ke banyak negara.

Daun sambiloto mengandung berbagai zat seperti kalsium, natrium dan kalium yang sangat efektif dalam menyembuhkan penyakit asam urat.

Cara penggunaannya sama seperti daun salam dan daun anting-anting. Rebuslah daun sambiloto dengan air secukupnya hingga mendidih. Lalu minumlah air rebusan sambiloto saat masih hangat.

Jangan mengonsumsi daun sambiloto setiap hari, anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun sambiloto 2 gelas dalam seminggu.

4. Madu Hitam

Madu hitam memang dikenal banyak khasiat dalam pengobatan. Tidak seperti madu lainnya yang manis, madu hitam memiliki rasa yang cenderung pahit.

Madu hitam mengandung banyak alkaloid yang berasal dari nektar. Alkaloid sendiri adalah suatu senyawa bersifat basa yang ada pada beberapa tumbuhan.

Senyawa tersebut sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh sehingga gejala penyakit asam urat akan teratasi. Anda bisa mengonsumsi madu hitam secara teratur setiap hari agar kadar asam urat cepat turun.

5. Cuka Madu

Jika madu hitam sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit asam urat, maka begitu pula dengan cuka madu. Cuka madu mungkin kurang familiar bagi orang Indonesia, tetapi cuka madu sangat populer di Negara Arab.

Orang Indonesia mengenal cuka madu sebagai propolis. Propolis telah banyak dipromosikan oleh para pedagang herbal.

Propolis atau cuka madu merupakan kumpulan dari resin lebah yang sangat bermanfaat untuk menyalurkan sifat basa ke dalam tubuh sehingga dapat menetralkan kadar asam urat yang tinggi.

6. Bawang Dayak

Obat asam urat berikutnya yang juga sangat mujarab adalah bawang dayak. Jenis bawang yang satu ini memang berasal dari suku dayak. Bawang dayak sudah lama digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Bawang dayak mengandung banyak senyawa yang sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Untuk penggunaannya, bawang dayak biasanya dikeringkan terlebih dahulu. Setelah cukup kering, bawang dayak diseduh dengan air panas. Minumlah air seduhan bawang dayak secara teratur hingga kadar asam urat anda kembali normal.

7. Bunga Rosella

Bunga rosella juga bisa dijadikan obat asam urat yang alami. Bunga Rosella merupakan jenis bunga yang memiliki warna merah pekat. Bunga rosella banyak dikemas dalam keadaan kering.

Jenis bunga yang satu ini telah banyak dikonsumsi, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Bunga rosella mengandung protein yang sangat berguna untuk mengatasi penyakit asam urat.

Untuk menjadikan rosella sebagai obat asam urat, anda hanya perlu menyeduh bunga rosella kering dengan air panas. Minumlah air seduhan bunga rosella tersebut selagi masih hangat. Mengonsumsinya secara rutin akan cepat menurunkan kadar asam urat.

8. Daun Mangga

Tak banyak yang tahu bahwa daun mangga merupakan obat asam urat yang sangat mujarab. Selama ini kebanyakan orang hanya mengonsumsi buah mangga saja tanpa mengetahui manfaat daun mangga.

Daun mangga mengandung banyak zat yang dapat menurunkan kadar asam urat sekaligus mengurangi rasa nyeri pada persendian.

Cara membuat obat asam urat dari daun mangga tidak sulit. Cukup siapkan beberapa lembar daun mangga yang bersih, lalu rebuslah dengan air sampai mendidih. Diamkan sejenak hingga suhunya hangat, lalu minumlah dengan segera.

Air rebusan daun mangga bisa dikonsumsi 2 kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Mengonsumsi daun mangga secara teratur akan menormalkan kembali kadar sama urat anda.

9. Daun Kumis Kucing

Jenis daun herbal lainnya yang juga merupakan obat asam urat adalah daun kumis kucing. Daun kumis kucing memang telah lama dipercaya sebagai herbal penyembuh banyak penyakit seperti ginjal, kolesterol dan tentunya asam urat.

Tak heran juga banyak masyarakat Indonesia yang menjadikannya sebagai tanaman obat. Daun kumis kucing bersifat anti-diuretik sehingga dapat memecah asam urat dalam darah. Anda dapat langsung merebus daun kumis kucing dan meminumnya 2 kali sehari

10. Daun Sirsak

Daun sirsak juga sangat efektif dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Daun sirsak mengandung senyawa alami yang dapat mengobati gejala asam urat dan rematik. Daun sirsak juga dapat menurunkan kadar asam urat yang menumpuk di dalam darah.

Minumlah air rebusan daun sirsak 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak, gejala asam urat akan cepat membaik.

11. Cuka Apel

Cuka apel bisa dijadikan obat asam urat karena mengandung asam asetat yang dapat mengurangi kadar asam urat yang terlalu tinggi.

Disamping itu, cuka apel sangat berperan dalam menyeimbangkan pH dalam tubuh. Dengan begitu, asam urat tidak akan menumpuk di dalam tubuh.

Anda bisa mengobati asam urat dari dalam dengan mengonsumsi cuka apel. Tetapi, cuka apel harus dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Jika berlebihan, cuka apel akan menyebabkan radang usus dan diare.

Minumlah satu sendok cuka apel yang dicampur dengan secangkir air hangat pada pagi hari. Lakukan setiap hari hingga gejala asam urat tak lagi terasa.

12. Buah Ceri

Buah ceri juga merupakan obat asam urat alami yang cukup manjur. Sebuah penelitian dari Journal Of Nutrition membuktikan bahwa mengonsumsi buah ceri secara rutin dapat mengurangi kadar asam urat berlebih.

Buah ceri mengandung zat tanin yang tinggi serta antioksidan yang mampu meregenerasi sel-sel yang rusak dan mengurangi gejala asam urat.

Tak hanya itu, senyawa asam pekat dalam buah ceri juga mampu mengimbangi kadar zat purin dalam tubuh. Ditambah lagi dengan kandungan kalium dan sumber nutrisi lainnya dalam buah ceri yang dapat meringankan rasa nyeri akibat penyakit asam urat.

Jadi, walaupun bersifat asam, buah ceri sangat efektif untuk mengobati penyakit asam urat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, makanlah 3 buah ceri secara rutin setiap hari.

13. Lemon

Selain ceri, buah lainnya yang juga mampu mengatasi asam urat adalah buah lemon. Buah lemon mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, lemon bersifat asam sehingga dapat mengimbangi kadar asam urat didalam tubuh.

Asam alami pada buah lemon dapat membantu pembentukan kalsium karbonat pada tubuh, sehingga kadar asam urat akan turun.

14. Cengkeh dan Ubi Jalar

Cengkeh biasanya digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi karena mengandung anti radang, artinya cengkeh juga bisa mengurangi nyeri sendi akibat penyakit asam urat.

Sedangkan ubi jalar memang sudah terbukti mampu menurunkan kadar purin yang tinggi. Gabungan kedua bahan alami tersebut akan sangat ampuh untuk menyembuhkan gejala penyakit asam urat.

Cara membuat obat asam urat dari cengkeh dan ubi jalar:

  • Sediakan cengkeh secukupnya dan ubi jalar
  • Lalu cuci sampai bersih
  • Rebus kedua bahan tersebut hingga air mendidih dan tersisa setengahnya
  • Saring airnya, biarkan hingga agak hangat
  • Minumlah selagi hangat
  • Lakukan secara rutin agar kadar asam urat cepat turun.

15. Daun Cocor Bebek

Selain dijadikan tanaman hias, daun cocor bebek juga bisa dijadikan obat asam urat alami. Selain asam urat, cocor bebek juga telah banyak digunakan untuk menyembuhkan ambeien, luka radang dan lainnya.

Untuk mengobati asam urat dengan daun cocor bebek, anda memerlukan bahan tambahan seperti kayu manis, jahe, cengkeh dan pala. Gabungan beberapa bahan tersebut akan cepat mengobati asam urat.

Tak hanya itu, campuran bahan-bahan tersebut akan meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh.

Cara membuat obat asam urat dari cocor bebek:

  • Sediakan daun cocor bebek yang sudah dicuci
  • Siapkan jahe, pala, cengkeh dan kayu manis
  • Rebus semua bahan dalam 600 ml air hingga mendidih dan tersisa hanya 300 ml.
  • Saring airnya
  • Minumlah air rebusan tersebut 3 kali sehari selama seminggu.

16. Buah Mengkudu

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah mengkudu mengandung senyawa alami yang sangat baik untuk penderita penyakit asam urat. Senyawa tersebut antara lain xeronine, phroxeronin, terpenoid, scoleptin serta zat anti kanker.

Dengan adanya senyawa-senyawa tersebut kadar asam urat yang tinggi akan segera menurun. Cara membuat obat asam urat dengan buah mengkudu tidaklah sulit. Anda hanya perlu membersihkan satu buah mengkudu, lalu potong kecil-kecil.

Setelah itu rebus mengkudu dengan air sampai mendidih. Untuk menetralisir aromanya yang kurang sedap, anda bisa menambahkan kayu manis kedalam air rebusan. Setelah mendidih, saring airnya dan biarkan hingga agak dingin.

Kemudian minumlah air rebusan mengkudu tersebut. Lakukan pengobatan dengan mengkudu secara rutin agar cepat mendapatkan hasil. Jangan lupa untuk rajin berolahraga dan menjaga pola makan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Selain melakukan pengobatan asam urat dengan bahan-bahan alami, anda juga perlu menghindari berbagai makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Karena akan sangat percuma jika anda mengonsumsi obat asam urat alami namun masih mengonsumsi makanan pantangan. Kadar asam urat tidak akan bisa turun, malah akan semakin parah.

Berikut ini adalah beberapa makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat:

1. Bayam

Makan pertama yang menjadi pantangan penderita asam urat adalah bayam. Bayam mengandung zat besi yang tinggi. Selain itu, bayam juga mengandung beta-karoten, flavonoid dan vitamin C.

Semua kandungan tersebut memang sangat baik untuk tubuh. Walaupun begitu, bayam ternyata mengandung purin yang tinggi sehingga tidak baik bagi penderita asam urat. Jika anda mengalami gejala asam urat kronis, sebaiknya hindari mengonsumsi sayur bayam.

2. Asparagus

Selain bayam, ada sayuran lain yang juga dapat memperparah penyakit asam urat, yaitu asparagus. Pada dasarnya, asparagus adalah sayuran yang mengandung kalium dan asam folat yang tinggi.

Namun sama seperti bayam, asparagus juga mengandung zat purin yang cukup tinggi. Jangan mengonsumsi asparagus jika kadar asam urat anda tinggi.

3. Kembang Kol

Kembang kol merupakan jenis sayuran hasil persilangan yang jarang ditemukan pada menu makanan lain, kecuali sebagai campuran sayur atau lauk. Namun, penderita asam urat sangat pantang mengonsumsi kembang kol.

Karena kembang kol juga mengandung zat purin yang tinggi. Didalam 100 gram kembang kol, ada 51 gram zat purin.

4. Jamur

Banyak makanan olahan jamur yang bisa dinikmati, mulai dari lauk hingga makanan ringan. Namun, jamur sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat.

Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang tinggi zat purin. Dalam 100 gram jamur terkandung 92-17 gram zat purin.

5. Alkohol dan Bir

Bir dan alkohol merupakan minuman dari hasil fermentasi yang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih untuk penderita asam urat, bir dan alkohol merupakan minuman pantangan bagi mereka.

Mengonsumsi alkohol dan bir bisa membuat kadar asam urat bertambah tinggi sehingga akan memperparah penyakit asam urat. Maka dari itu, hindari mengonsumsi produk yang mengandung alkohol seperti tuak pahit, bir, tape, dan sebagainya.

6. Seafood

Seafood memang merupakan menu makanan yang sangat lezat untuk disantap. Berbagai jenis seafood seperti kepiting, cumi-cumi, udang, kerang dan remis merupakan favorit banyak orang.

Namun sayang, seafood ternyata mengandung purin yang tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat.

Selain itu, beberapa ikan kalengan yang diawetkan seperti ikan tuna kaleng dan sarden juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat tinggi.

7. Jeroan

Jeroan juga sangat pantang dikonsumsi oleh orang yang kadar asam uratnya tinggi. Jeroan hewan seperti hati, jantung, usus, paru, dan otak juga mengandung purin yang tinggi sehingga akan memperparah penyakit asam urat.

8. Daging Merah

Daging merah seperti daging kambing, daging sapi dan daging sapi mengandung zat purin yang sangat tinggi. Karena itu, penderita penyakit asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi daging merah.

9. Kedelai Olahan

Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu dan hasil fermentasi kedelai lainnya sangat tidak baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Produk olahan kedelai memiliki kandungan zat purin yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk pendrita asam urat. 

10. Gula

Gula mengandung zat purin yang rendah. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi gula secara berlebihan jika tubuh anda memiliki kadar asam urat yang tinggi. 

Mengonsumsi gula yang terlalu banyak akan memicu terjadinya obesitas. Selain itu, penyakit rematik dan asam urat juga akan semakin parah.

Anda yang memiliki kadar asam urat tinggi juga harus menghindari minuman yang mengandung banyak fruktosa. Jika tidak, kadar asam urat anda akan semakin tinggi.

Jika anda ingin mengonsumsi makanan yang segar, maka lebih baik mengonsumsi buah-buahan saja.

11. Buah Nangka

Jika anda ingin mengonsumsi buah-buahan, maka sebaiknya hindari buah nangka. Karena nangka mengandung zat purin yang tinggi. Mengonsumsi nangka akan menambah kadar asam urat dna dapat mengganggu fungsi ginjal.

12. Nanas

Selain buah nangka, buah nanas juga menjadi makanan pantangan bagi penderita asam urat. Ketika dikonsumsi, nanas akan difermentasi menjadi alkohol oleh tubuh sehingga kadar asam urat akan semakin tinggi.

13. Buah Mangga

Mengonsumsi buah mangga yang terlalu banyak akan membuat kadar kalori tubuh meningkat sehingga berat badan akan bertambah.

Kalori tubuh yang meningkat akan membuat kadar asam urat dalam tubuh juga meningkat. Jika anda sangat ingin mengonsumsi buah mangga, maka makanlah sedikit saja dan imbangi dengan olahraga.

14. Pisang

Buah lainnya yang merupakan makanan pantangan bagi penderita asam urat adalah buah pisang. Pisang mengandung glukosa yang cukup tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan. Berat badan yang berlebih akan memicu kenaikan kadar asam urat dalam tubuh.

15. Durian

Walaupun sangat lezat, buah durian mengandung alkohol dan kolesterol. Maka dari itu, penderita penyakit asam urat tidak boleh mengonsumsi buah durian karena hanya akan memperparah kondisi tubuh.

Durian juga bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya seperti hipertensi, gangguan jantung dan stroke.

Penyakit asam urat memang tidak bisa dianggap remeh, karena jika dibiarkan akan menimbulkan komplikasi. Anda bisa memilih salah satu diantara obat asam urat alami yang telah kami jabarkan diatas.

Jangan lupa juga untuk menghindari makanan pantangan agar penyakit asam urat cepat sembuh. Namun, jika gejala asam urat tidak juga membaik, cepat hubungi dokter untuk menjalani pengobatan yang lebih baik.

Komentar disini