10 Nama Nama Malaikat yang Wajib Diketahui

Nama Nama Malaikat

Kalimat.ID – Nama nama Malaikat – Malaikat merupakan ciptaan Allah SWT yang ghaib dan berbeda dengan makhluk ciptaan yang lainnya. Malaikat tercipta dari cahaya atau nur, Makhluk yang paling taat dan tunduk kepada Allah. Kekuasaan Allah SWT bisa kita lihat sebagaimana salah satu ciptaan-Nya Malaikat ini tidak mempunyai hawa nafsu dan pikiran.

Sejak SD pastinya sudah di kenalkan oleh guru-guru kita yang mendidik pada masa setelah lulus sekolah TK. Dimana dulu kita dikenalkan keistimewaan-keistimewaan dari malaikat ini.

Malaikat menurut bahasa Arab berasal dari kata “Malaikah” yang mempunyai arti kekuatan atau dengan kata “Malak” ini berasal dari kata masdhar al-alukah yang mempunyai arti misi atau risalah.

Nama nama Malaikat yang wajib kita ketahui yaitu 10 Nama nama malaikat. Setiap malaikat ini mempunyai tugasnya masing-masing. Dimana semua para malaikat ini sangat patuh dan taat dalam menjalankan tugas-tugas dari-Nya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak ada dalam mengenal “10 Nama nama Malaikat yang wajib kamu ketahui”. Malaikat diciptakan berasal dari cahaya atau nur, dimana setiap malaikat mempunyai sifat dan karakteristik berbeda-beda dari satu sama yang lainnya.

Disini, saya akan membahas lengkap mengenai mengenal 10 Nama nama malaikat Allah yang wajib kita ketahui beserta tugas-tugasnya, Sifat-sifat malaikat, Wujud dari Malaikat, Iman kepada Malaikat Allah, dan Tempat-tempat yang di benci Malaikat Allah.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa melihat daftar isi dari artikel yang membahas nama nama malaikat dibawah ini.

Mengenal 10 Nama Nama Malaikat Allah Wajib Diketahui

Seperti yang sudah kita pelajari bahwa nama nama malaikat yang wajib untuk diketahui ada sekitar sepuluh. Dimana waktu kita masih duduk tingkat SD di kenalkan oleh guru kita bahwa ada 10 Nama nama malaikat yang wajib untuk diketahui. Lalu, apakah ada berapakah jumlah sesungguhnya Malaikat Allah?

Sebenarnya bahwa malaikat Allah belum tahu betul berapa jumlahnya, Allahualam hanya Allah SWT yang mengetahui segala yang ada di alam Semesta ini. Walaupun demikian, sebagai umat yang beragama islam tentunya kita diwajibkan untuk mengenal nama nama malaikat yang wajib untuk diketahui.

Disini saya merangkum menurut apa yang sudah saya ketahui bahwasannya ada sekita 10 Nama nama malaikat yang wajib untuk kita ketahui.

Apa sih tugas pada setiap masing-masing malaikat itu? Iya, disini akan dibahas lengkap mengenai 10 Nama nama Malaikat Allah dengan tugas-tugasnya. Berikut dibawah ini akan saya jelaskan:

1. Malaikat Jibril
Bertugas sebagai menyampaikan wahyu dan mengajarkan atau mengamalkannya kepada para nabi dan rasul Allah SWT yang menjadi Sang pemimpin dari para malaikat lainnya.

2. Malaikat Mikail
bertugas Sebagai pemberi rezeki makhluk di alam semesta.

3. Mailaikat Israfil
Bertugas Meniup Sangkakala pada hari kiamat dan hari kebangkitan manusia dan alam semesta yang disebut dengan yaumul ba’ats.

4. Malaikat Munkar
Bertugas sebagai memeriksa dan menanya amal ibadah pada masa hidup di dunia.

5. Malaikat Nakir
Bertugas sama dengan Munkar yaitu menanyakan amalan-amalan pada semasa hidupnya di dunia.

6. Malaikat Izrail
Bertugas sebagai pencabut nyawa manusia. Dalam tugas malaikat Izrail bahwa terdapat 2 sifat yang membuat perbedaan dalam menjalankan saat mencabut nyawa. Apabila seseorang yang akan meninggal mendekati ajalnya adalah seseorang yang mempunyai akhlaq baik, maka dalam cara mencabutnya dengan cara lembut seperti beriringan lembut mencabut helai bulu, dan sedangkan apabila seseorang yang akan meninggal mendekati ajalnya adalah seorang yang mempunyai akhlaq buruk dan jahat, maka dalam mencabutnya dengan cara keras dan kasar.

7. Malaikat Raqib
Bertugas sebagai mencatat amal ibadah manusia yang baik-baik pada masa manusia hidup di dunia.

8. Malaikat Atit
Bertugas sebagai mencatat amal-amal yang buruk manusia pada masa manusia hidup di dunia.

9. Malaikat Ridwan
Bertugas sebagai penjaga pintu surga di akhirat.

10. Malaikat Malik
Bertugas Pemimpin malaikat Zabaniah dan penjaga pintu neraka di akhirat dan Malaikat Zabaniah, bertugas sebagai menghukum dan menyiksa manusia di neraka kelak dan Zabaniah adalah pasukan dari Malaikat Malik.

Selain 11 Nama nama malaikat Allah yang wajib kita ketahui bahwa ada

-Malaikat di sekitar Arsy: terdiri dari Hamalat al-‘arsy yaitu Malaikat yang bertugas sebagai pembawa ‘Arsy Allah yang jumlah nya ditambah empat menjadi delapan saat hari kiamat (yaumul akhir). Malaikat-Malaikat yang melingkari Arsy dengan sambil bertasbih bernama Malaikat Haffun.

Keistimewaan dari Malaikat bahwa diciptakan dengan tidak pernah tidur, tidak pernah makan dan minum, namun selalu senantiasa selalu berdzikir kepada Allah SWT. Seperti yang saya jelaskan diatas bahwasannya malaikat tidak bisa dilihat dengan manusia biasa dan apabila ada sebuah wujud di dalam gambaran buku atau film-film, itu tidak benar adanya. Karena pada dasarnya hanya Allah yang mengetahui segalanya dan hanya seorang yang menjadi Nabi dan Rasul saja bisa melihat wujud dari Malaikat.

Selain itu, dilihat dari sifat dan karakteristik Malaikat ini sangat berbeda dengan makhluk-makhluk lainnya. Yang saya maksud makhluk Allah lainnya yaitu manusia, jin, dan setan. Karena Malaikat diciptakan tidak mempunyai hawa nafsu dan rasa lapar yang sama seperti manusia, jin, dan setan.

Iman Kepada Malaikat Allah

Sebelum saya membahas tentang nama nama malaikat beserta tugas-tugasnya, akan membahas terlebih dahulu tentang Iman Kepada Malaikat. Dimana dalam rukun iman kepada Allah SWT, bahwa Iman Kepada Malaikat adalah rukun iman ke-2. Sebagai Manusia yang beriman dan bergama islma wajib untuk mempercayai bahwa Malaikat benar-benar ada yang diciptakan oleh Allah SWT dan hanya patuh serta taat atas perintah-Nya.

Mungkin Malaikat-Malaikat Allah SWT ini tidak kasat mata, namun kita harus yakin dan mempercayai bahwa Malaikat itu memang benar-benar adat. Perbedaan Malaikat dibandingkan dengan makhluk Allah lainnya yaitu bahwa Malaikat ini sangat patuh dan taat dalam menyembah serta menjalankan tugas-tugasnya.

Manusia tidak mengetahui betul berapa jumlah Malaikat yang diciptakan-Nya. Hanya Allah lah yang mengetahui kepastian tentang berapa jumlah malaikat-malaikat. Dan malaikat yang diciptakan-nya tidak ada satupun yang melanggar segala yang sudah di perintahkan-Nya.

Ada yang bisa melihat malaikat-malaikat ciptaan Allah, yaitu para nabi dan rasul. Dimana dengan kekuasaan atas kehendak-Nya ini, bahwa nabi dan rasul diberi mukjizat sebagaimana manusia yang bisa melihat para malaikat dengan nyata wujud aslinya. Berbeda dengan manusia biasa yang tidak bisa melihat langsung akan keberadaan malaikat cipataan-Nya.

Apabila pada saat sudah kehendak-Nya, para malaikat akan turun dan menunjukkan wujud dan bentuknya dengan jenis rupa laki-laki kepada Nabi dan Rasul. Ini bisa kita lihat dari sebuah cerita pertemuan antara Malaikat Jibril dengan Nabi Ibrahim As. Disitulah bahwa Malaikat turun dan menampakkan wujud serta bentuk dihadapan Nabi Ibrahim As.

Wujud Malaikat ALLAH

Wujud Malaikat Allah Swt di dalam agam islam sudah dijelaskan bahwa manusia bisa sangatlah mustahil untuk dilihatnya dengan mata telanjang ataupun dengan menggunakan teknologi canggih.

Yang bisa melihat wujud dari Malaikat yaitu apabila diberi kehendak dan kuasa Allah SWT seperti para Nabi dan Rasul diberikan mukjizat bisa melihat malaikat wujud beserta bentuknya. Karena segala sesuatu di alam semesta ini tidak ada yang tidak mungkin jika sudah menjadi kehendaki-Nya.

Mengapa sih manusia biasa tidak dapat melihat dengan mata telanjang? Ini dikarena bahwa manusia tercipta berasal dari tanah liat. Sehingga bisa dibilang mustahil bahwa manusia dapat melihat langsung wujud dan bentuknya Malaikat yang diciptakan dari nur (Cahaya).

Pasalnya bahwa manusia diciptakan-Nya dari tanah liat , sedangkan Malaikat tercipa berasal dari Nur yang apabila manusia melihatnya akan mengakibatkan buta karena dengan wujud bentuk yang menyilaukan.

Jika sudah menjadi kehedaki-nya untuk menemui para Nabi dan Rasul, Malaikat berubah bentuk yang menyerupai manusia yang dimana jika manusia bisa melihatnya bisa membutakan mata karena wujud dan bentuknya yang menyilaukan penuh dengan cahaya.

Ada sebuah fakta di dalam al-qur’an bahwa hanya Nabi Muhammad SAW yang mempu melihat wujud asli malaikat dengan pertempuannya sekitar 2kali yaitu Petemuan Rasulullah dengan malaikat Jibril. Dimana di dalam Al-Qur’an surah Faathir 35:1 mempunyai arti yaitu:

اَ لْحَمْدُ لِلّٰهِ فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ جَاعِلِ الْمَلٰٓئِكَةِ رُسُلًا اُولِيْۤ اَجْنِحَةٍ مَّثْنٰى وَثُلٰثَ وَرُبٰعَ ؕ يَزِيْدُ فِى الْخَـلْقِ مَا يَشَآءُ ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

“Segala puji bagi Allah Sang pencipta langit dan bumi, Yang menjadikannya malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-NYA apa yang dikehendaki-NYA. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Faathir 35:1).

Itulah diatas sebagaimana firman dari surah Faathir 35:1 menjelaskan bahwa wujud dan bentuk malaikat terdiri dari sayap malaikat ada yang mempunyai dua sayang, tiga sayap, ada pula yang mempunyai empat sayap.

Keistimewaan mukjizat dari Malaikat yaitu wujud dan bentuknya tidak akan menjadi tua, malah sebaliknya akan bertambah menjadi muda. Malaikat akan tetap sama seperti keadaan pertama kali saat diciptakan oleh Allah SWT.

Walaupun malaikat diciptakan dengan sedemikian rupa, Allah lebih menyukai yang dikerjakan oleh manusia, jin, dan setan. Mengapa ? Karena manusia, jin, dan setan mempunyai akal yang menjadikan mereka bisa berfikir sendiri dalam menentukan pilihannya. Tidak sama dengan malaikat bahwa dia tidak mempunyai pilihan dalam mengerjakan segala sesuatu.

Karena Malikat begitu taat dan patuh dalam tugas-tugas yang diberikan oleh Allah SWT dengan senang hati. Malaikat mempunyai keistimewaan kecepatan luar biasa dalam mengelola segala alam semesta ini. Dimana malaikat bisa melewati seluruh alam semesta dengan secepat dari makhluk-makhluk lainnya.

Sifat-Sifat Malaikat

Setelah mengenal tentang Iman Kepada Malaikat, nama nama malaikat, dan wujud malaikat saya akan menjelaskan dalam pembahasan sifat-sifat yang dimiliki oleh Malaikat. Dimana sifat-sifat malaikat ini tidak dimiliki oleh makhluk Allah lainnya. Karena Malaikat ini adalah makhluk yang berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya lainnya.

Apa saja sifat-sifat Malaikat yang dimiliki serta diyakini dalam ajaran agama islam ? Ada 8 sifat yang sudah saya rangkum untuk menambah ilmu pengetahuanmu dalam pelajaran islam. Dibawah ini sifat-sifat yang dimiliki Malaikat :

-Malaikat tidak mempunyai rasa lelah untuk selalu bertasbih kepada Allah sepanjang hari tidak pernah berhenti.
-Malaikat tidak mempunyai sifat sepert hawa nafsu dan sakit.
-Malaikat sangat patuh dan taat dalam menjalankan tugas-tugas-Nya.
-Malaikat tidak mempunyai sifat tidak pernag tidur.
-Malaikat mempunyai sifat pemalu.
-Malaikat sangat sensitif serta terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung.
-Malaikat tidak pernah kenal lelah.
-Malaikat bisa berubah wujud dan bentuk apabila sudah menjadi
kehendak-Nya.

Nah, itulah pembahasan yang saya bahas lengkap mengenai ” 10 Nama Nama Malaikat yang Wajib untuk kamu ketahui ! “. Dengan adanya artikel ini semoga bisa menambah ilmu pengetahuan dalam agama islam.

Jangan lupa share dan kasih react yang cocok untuk postingan ini. Tunggu artikel yang berbau islam selanjutnya yaa!