Metamorfosis Tidak Sempurna: Penjelasan dan Contohnya

Metamorfosis Tidak Sempurna

Kalimat.ID – Metamorfosis Tidak Sempurna, Metamorfosis meliputi tiga atau dua tahap, tergantung pada apakah ada tahap kepompong atau tidak. Hewan itu berubah dari larva (Larva) menjadi pupa yang tidak bergerak (Pupa) dan menetas darinya saat dewasa (metamorfosis sempurna).

metamorfosis tidak sempurna
image by gavtek.com

Jika tidak ada tahap kepompong, larva langsung berubah menjadi hewan dewasa (metamorfosis tidak sempurna). Serangga dewasa juga disebut imago , tahap larva dari ordo serangga tertentu juga disebut nimfa .

Pada serangga, pertumbuhan dan metamorfosis dikendalikan oleh hormon dari kelenjar endokrin yang terletak di kepala. Hormon dilepaskan dari sistem saraf yang mengaktifkan kelenjar toraks, yang pada gilirannya melepaskan steroid ecdysone. Hormon ini memulai metamorfosis.

Hormon larva lain yang diproduksi di korpora allata mencegah fitur dewasa terbentuk selama tahap molting larva. Dengan demikian, larva akan sering menguliti, sampai produksi hormon remaja berhenti dan metamorfosis masuk.

Metamorfosis Tidak Sempurna

Tidak seperti hewan yang lebih maju seperti mamalia, burung, ikan, amfibi, dan reptil, yang mulai berkembang menjadi ukuran penuh dan keindahan, beberapa serangga secara bertahap akan tumbuh.

Larva dari sekelompok serangga tertentu melewati beberapa periode kehidupan yang jelas dapat dibedakan sampai mereka berkembang menjadi hewan reproduksi yang sepenuhnya terbentuk, imago atau bahkan hewan dewasa.

Hemimetabolisme atau metamorfosis tidak sempurna adalah pendekatan bertahap dari tahap larva ke imago.

Jalan hidup yang agak rumit dari perwakilan serangga ini muncul secara tiba-tiba. Alasan yang menentukan untuk langkah-langkah perkembangan ini adalah kerangka luar yang kaku, yang tidak bisa tumbuh.

Agar tidak menghalangi pertumbuhan, semua arthropoda harus melucuti kulit terluarnya terlalu sering dalam hidup mereka dan hampir “keluar dari kulit mereka” .

Dua prinsip transformasi fisik akan dibedakan dari penelitian serangga, metamorfosis tidak sempurna dan sempurna . Produk akhirnya selalu merupakan hewan dewasa dan dewasa secara seksual, kesamaan internal dan eksternal antara larva dan imago sangat penting.

Jika larva serangga sudah memiliki penampilan yang mirip dengan hewan dewasa kecil, transformasi itu disebut “tidak sempurna” atau hemimetabolisme .

Contoh hewannya

Inilah hewan yang memiliki tahapan metamorfosis tidak sempurna

Belalang (Orthoptera)

belalang
image by flickr.com

Belalang (Orthoptera) jelas mewakili jenis perkembangan ini. Setelah menetas dari telur, larva datang seperti edisi miniatur orang tua mereka, memakan makanan yang sama dan menjajah habitat yang sama. Laubheuschrecken z.

Sebagai contoh, ada lima sampai tujuh tahap larva yang mungkin tergantung pada suhu sekitar dan pasokan makanan – semakin hangat dan semakin kaya semakin cepat. Larva belum bisa terbang, tetapi sudah melompat di udara.

Dalam dua tahap kedua dari belakang menunjukkan pendekatan yang jelas dari sayap, tetapi hanya ketika larva telah menguliti terakhir kali dan telah menjadi imago, sayap fungsional.

Capung (Odonata)

capung
image by 1.bp.blogspot.com

Di capung (Odonata) lebih rumit. Di sini, telur disimpan di dalam air dan larva menetas dari bernafas dengan insang. Mereka hidup dalam medium di mana orang tua mereka akan segera tenggelam.

Larva muda menangkap sebagai perampok canggih mangsa mereka tidak seperti capung dewasa dengan kaki depan mereka, tetapi kilat cepat dengan tang menggenggam lipat mereka membangun kembali bibir bawah.

Larva capung besar ditangkap dengan topeng tangkap ini, yang menutupi mulut yang agak mengancam dalam keadaan terlipat, kadang-kadang bahkan berudu dan ikan kecil. Tujuh hingga sebelas kali, sebagian besar larva capung melepaskan kulit mereka dan memperbesar sayap mereka setiap saat.

Pada pagi hari yang indah, mereka kemudian memanjat batang di atas permukaan air, segera setelah penutup larva mulai membuka selip capung, yang perlahan-lahan merentangkan sayapnya yang masih lemas, kemudian mengeras dan terbang.

Meskipun capung hidup melalui perbedaan gestalt yang drastis ini , mereka adalah serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna , karena mereka tidak menjadi kepompong antara keberadaan larva dan imago mereka, sehingga mereka tidak beristirahat.

Nah, itulah pembahasan mengenai metomorfosis tidak sempurna beserta penjelasan dan contohnya yang bisa Anda pelajari pada artikel ini. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa menambah wawasan dan keilmuan dalam bidang Biologi.

Metamorfosis merupakan tahapan-tahapan perubahan yang dialami oleh hewan tertentu secara biologi.

Referensi materi ini dari naturspektrum.de dan naturfoto.me.

Komentar disini