Metamorfosis Sempurna: Pengertian, Contoh dan Beserta Gambarnya

Metamorfosis Sempurna

Kalimat.ID – Metamorfosis Sempurna (Holometabola). Dalam metamorfosis sempurna, serangga dalam siklus hidup mengalami perubahan mencolok pada desain luar dan berbagai organ panggung. Larva serangga dan bentuk dewasa dari kelompok ini tidak ada kemiripan dalam metamorfosis sempurna.

Siklus Hidup Kupu

metamorofisis sempurna
image by askabiologist.asu.edu

Siklus hidup kupu – kupu merupakan sebuah serangga yang memiliki tahapan hidup yang ber metamorfosis sempurna atau lengkap. Berikut ini adalah tahapannya!

1. Fase Telur – 2. Larva Fase (Ulat) – 3. Fase Pupa (Pupa) – 4. Fase Kupu-kupu (Imago)

Apa Jenis-Jenis Metamorfosis?

serangga
image by thoughtco.com

Adanya tahapan metamorfosis yang dialami oleh serangga, dengan sebuah transformasi yang halus atau biasanya disebut dengan metamorfosis sempurna atau lengkap.

Dalam metamorfosisi tersebut mempunya tahapan dan periku hidup yang berbeda dengan yang lainnya. Berikut ini adalah 4 tahapan metamorfosisi dengan jenis-jenisnya yang berbeda.

Namun pada serangga lain mungkin tidak mengalami metamorfosis sama sekali.

Ahli entomologi mengklasifikasikan serangga menjadi tiga kelompok berdasarkan jenis metamorfosis yang mereka alami – ametabolous, hemimetabolous, dan holometabolous.

Metamorfosis Sedikit atau Tidak

ilmu biologi
image by thoughtco.com

Serangga yang paling primitif, seperti springtails , silverfish, firebrats, mengalami sedikit atau tidak ada metamorfosis sejati selama siklus hidupnya.

Ahli entomologi menyebut serangga ini sebagai ametabolous , dari bahasa Yunani untuk “tidak memiliki metamorfosis”. Serangga ametabolous imatur terlihat seperti versi kecil dari rekan dewasa mereka ketika mereka muncul dari telur, berganti kulit dan tumbuh sampai mereka mencapai kematangan seksual.

Metamorfosis Sederhana atau Bertahap

ilmu biologi dasar
image by thoughtco.com

Dalam metamorfosis bertahap, tiga tahap kehidupan terjadi: telur, nimfa, dan dewasa. Serangga dengan metamorfosis bertahap dikatakan sebagai hemimetabolous ( hemi = bagian). Beberapa ahli entomologi menyebut jenis transformasi ini sebagai metamorfosis tidak lengkap.

Pada tahap nimfa ini, pertumbuhan terjadi. Nimfa menyerupai orang dewasa dalam banyak hal, terutama dalam penampilan, menunjukkan perilaku yang sama, dan biasanya berbagi habitat dan makanan yang sama dengan orang dewasa.

Pada serangga bersayap, nimfa mengembangkan sayap eksternal saat mereka berganti kulit dan tumbuh. Fungsional, sayap yang sepenuhnya terbentuk menandai tahap dewasa.

Beberapa serangga hemimetabolous termasuk belalang, mantida, kecoak , rayap , capung , dan semua serangga sejati .

Metamorfosis Sempurna atau Lengkap

metamorfosis sempurna
image by thoughtco.com

Sebagian besar serangga mengalami metamorfosis lengkap. Setiap tahap siklus hidup – telur, larva, kepompong, dan dewasa – terlihat berbeda dari yang berikutnya. Ahli entomologi menyebut serangga ini holometabolous ( holo = total).

Larva serangga holometabolous tidak memiliki kemiripan dengan orang tua mereka yang dewasa. Habitat dan sumber makanan mereka mungkin sama sekali berbeda dari orang dewasa juga.

Larva tumbuh dan berganti kulit, biasanya beberapa kali. Beberapa ordo serangga memiliki nama unik untuk bentuk larva mereka: larva kupu-kupu dan ngengat adalah ulat; larva lalat adalah belatung, dan larva kumbang adalah belatung.

Ketika larva berganti kulit untuk terakhir kalinya, ia berubah menjadi pupa. Tahap kepompong biasanya dianggap sebagai tahap istirahat, meskipun banyak aktivitas terjadi secara internal, tersembunyi dari pandangan.

Jaringan dan organ larva terurai seluruhnya, kemudian ditata kembali menjadi bentuk dewasa. Setelah reorganisasi selesai, molting pupa untuk mengungkapkan dewasa dewasa dengan sayap fungsional.

Sebagian besar spesies serangga di dunia bersifat holometabolous, termasuk kupu-kupu dan ngengat , lalat sejati , semut , lebah, dan kumbang .

Pada setiap tahap metamorfosis sempurna atau lengkap, hewan tersebut terlihat berbeda dari pada semua tahap lainnya. Ini berbeda dari metamorfosis tidak lengkap di mana tahap awal perkembangannya terlihat seperti versi kecil dari orang dewasa. Kupu – kupu adalah contoh serangga yang melewati semua tahap metamorfosis lengkap.

Metamorfosis sempurna atau lengkap dimulai dengan serangga yang menetas dari telur menjadi bentuk seperti cacing lunak yang disebut larva. Nafsu makan yang sangat besar dimiliki pada tahap larva ini.

Dengan setiap hari mereka makan dengan beberapa kali dari berat badannya. Jika manusia melakukan hal yang sama, bayi akan mulai makan sebanyak 10 pon makanan setiap hari. Bagi serangga, diet larva berukuran super ini membuat mereka tumbuh sangat cepat.

Beberapa larva menambahkan lebih banyak segmen tubuh saat mereka tumbuh. Para ilmuwan menyebut perubahan perkembangan ini sebagai instar yang mirip dengan bagaimana manusia menyebut anak-anak mereka bayi, balita, atau remaja.

Sebagai contoh, alih-alih disebut bayi, larva yang sangat muda akan disebut instar 1 dan seorang remaja akan disebut instar 3. Jumlah tahap instar dapat berbeda tergantung pada jenis serangga.

Pada akhir tahap larva serangga akan membuat cangkang keras dan di dalamnya akan menjadi pupa . Pada tahap ini larva akan berhenti makan dan bergerak. Pupa tersebut tampak tidak bernyawa, tetapi salah satu transformasi paling menakjubkan dari Alam terjadi.

Di dalam pupa, tubuh larva akan benar-benar berubah menjadi dewasa . Begitu orang dewasa meninggalkan kepompong itu perlahan-lahan membentang dan rileks di bawah matahari selama beberapa jam sementara kerangka luarnya mengering dan mengeras.

Serangga dengan metamorfosis lengkap termasuk kumbang, lebah, semut, kupu-kupu, ngengat, kutu, dan nyamuk.

Semut dimulai sebagai telur kemudian melewati banyak tahap instar / larva dan tahap kepompong sebelum menjadi dewasa. Ada tiga bentuk dewasa yang bisa menjadi semut: semut jantan, semut ratu, atau semut betina. Gambar-gambar ini dari mikroskop elektron pemindaian.

metamorfosis semut
image by askabiologist.asu.edu

Demikianlah pembahasan tentang pelajaran metamorfosis sempurna beserta contohnya. Semoga bisa bermanfaat dan mudah dipahami.