Beranda Kesehatan 13 Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan

13 Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan

Manfaat Terong Ungu

Kalimat.ID – Manfaat Terong Ungu, Terong merupakan sayuran yang mempunyai warna yang mencolok dan mempunyai kandungan mineral, serat dan vitamin. Tanaman ini berasal dari negara India yang sudah tersedia pada zaman pra sejarah. Pada sayuran ini terdapat biji yang kecil yang bisa dimakan, biji tersebut mengandung alkaloid nikotinoid yang apabila dimakan akan terasa pahit.

Banyak sekali terong di dunia yang sudah di budidayakan. Terong yang sudah terkenal yang mempunyai bentuk oval memanjang, kulit yang ungu, serta kulit hijau dan putih. Dengan terong yang terkenal ini, tak lepas dari manfaat yang begitu banyak.

13 Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan

Maka, pada kesempatan kali ini kami akan membahas manfaat terong ungu sebagai berikut ini:

1. Mencegah Kanker

kanker
image by kompas.com

Pada terong ungu mempunyai kandungan antosianin yang berfungsi untuk mengobati kanker serta phycocyaniannya yang bisa mencegah dan melawan sel kanker. Manfaat terong ungu yang bisa mencegah kanker karena terong mempunyai kandungan asam klorogenat, antosianin, dan polipenol.

Pada kandungan zat tersebut sangat baik bagi mencegah tumor dan juga bisa menghentikan sebuah penyebaran sel kanker pada tubuh anda. Dengan ketiga zat tersebut, bisa memicu produksi enzim yang khusus pada sel yang berperan untuk membuang berbagai macam racun serta membunuh sel – sel kanker.
Pada asam klorogenat yang mempunyai sifat antimutagen yang menyebabkan senyawa ini dapat melawan terjadinya sebuah mutasi gen yang bisa menimbulkan kanker.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

jantung sehat

Kandungan antosianin adalah senyawa flavonoid yang berperan untuk melindungi sel dari sinar UV dan bisa sebagai obat penyakit jantung dan kanker. Jadi, bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat bisa mengkonsumsi terong ungu dengan rutin.

Kandungan terong yang mempunyai serat vitamin C, vitamin B6, vitonutrien dan kalium membuat jantung anda akan sehat apabila mengkonsumsi terong ini. Terong yang mempunyai flavonoid atau disebut juga dengan pigmen larut air bisa mencegah berbagai jenis penyakit jantung.

Ada sebuah penelitian pada tahun 2012yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa aku flavonoid yang mampu melindungi jantung ialah antosianin pada zat pigmen ini mereka berperan menurunkan tekanan darah anda.

3. Pencernaan Menjadi Lancar

pencernaan lancar
image by detik.net.id

Manfaat terong ungu bisa melancarkan pencernaan anda, karena pada manfaat sayuran  ini mempunyai kandungan serta yang cukup dan bisa memperlancar sistem pencernaan.

4. Program Diet

diet
Image by: nhs.uk

Selain untuk menjaga kesehatan pada tubuh anda, manfaat terong ungu bisa menjadi peran penting apabila anda ingin melakukan diet. Karena dengan sayuran tersebut anda bisa mencegah timbulnya suatu lemak yang membuat tubuh anda menjadi gemuk.

5. Bisa Mengatasi Kebiasaan Merokok

rokok

Sayuran ini mempunyai sedikit kandungan nikotin yang bermanfaat untuk mencegah kebiasaan merokok.

6. Menggairahkan Seks

Efek dari afrosidiak bisa menggairahkan seks pria.

7. Dapat Mengontrol Gula Darah

mengontrol gula darah

Terong yang mempunyai kandungan serat yang tinggi dan rendahnya karbohidrat larut membuat sayuran ini bisa mengontrol gula darah dengan penyerapan glukosa yang baik.

8. Antibakteri

anti bakteri
image by okeinfo.net

Manfaat terong ungu yang mempunyai vitamin C bisa berperan untuk antibakteri.

9. Dapat Melembabkan Kulit Kepala

Terong yang mempunyai kandungan vitamin sangat baik untuk melembabkan kulit kepala anda.

10. Bisa Mencegah dari Anemia

mencegah anemia
image by go-dok.com

Zat besi yang terkandung pada terong ini menjadi salah satu zat yang berperan untuk mencegah anemia.

11. Bisa Mengendalikan Kadar Kolesterol

kolesterol
image by deherba.com

Para ahli di Brazil sudah membuat sebuah studi yang memberikan pernyataan apabila anda mengkonsumsi terong dengan rutin bisa mengendalikan kolesterol. Karena para peneliti ini menemukan adanya senyawa asam krologenat yang banyak pada teronng.

Senyawa ini sudah membuktikan bahwa mereka bisa menurunkan berat badan dan kadar kolesterol yang jahat atau lipoprotein densitas rendah pada tubuh. Sayuran ini sendiri tidak mempunyai kandungan kolesterol sama sekali yang membuat orang mengkonsumsinya aman.

Asam krogenat ini selain menurunkan kadar kolesterol jahat juga bermanfaat untuk anti mikroba, antikarsinogen, dan antivirus. Apabila anda memakan terong ini secara rutin kemungkinan anda akan terhindar dari penyakit lainnya yang berbahaya.

12. Mampu Meningkatkan Fungsi Otak

image by kaskus.id

Kulit terong yang mempunyai kandungan nasunin, yakni zat antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan otak. Oleh karena itu, manfaat terong ungu bukan dari dagingnya saja melainkan kulitnya pun sangat bermanfaat. Pada kandungan nasunin, mereka sangat mampu untuk melindungi mebran sel otak yang suka diserang oleh radikal bebas dan kandungan ini bisa memperlancar proses distribusi gizi pada sel – sel tubuh anda.

Selain itu, antosianin yang terkandung di dalam terong juga baik untuk otak. Pada tahun 2010 sebuah penelitian menyatakan bahwa zat pigmen bisa bertanggungjawab dalam memicu peredaran darah ke otak dan mencegah dari peradarangan saraf otak. Dengan proses tersebut manfaat terong bisa mencegah berbagai penyakit serta gangguan fungsi dari kognitif otak yang diakibatkan oleh penuaan. Oleh karena itu, apabila anda rutin dalam memakan terong maka daya ingatpun akan sangat kuat.

13. Bisa Membuat Kulit Anda lebih Lembut Serta Bercahaya

kulit lembut dan bercahaya

Mungkin tak ada yang menyangka bahwa sayuran ini bisa megatasi permasalahan kulit yang kusam dan kering pada tubuh anda. Manfaat terong ungu yang mengandung antioksidan serta mempunyai komposisi kurang lebih 92% air. Maka, apabila anda mengkonsumsi terong dengan teratur bisa membuat kulit yang lembab serta memberikan nutrisi kulit dari dalam.

Selain itu, kandungan antioksidan pada terong bisa menangkap radikal bebas yang dapat membunuh sel – sel kulit yang menyebabkan kulit anda menjadi tidak kenyal dan terliahat lebih gelap.

Jenis Tanaman dan Karakteristik Terong

manfaat terong ungu
image by balipost.com

Terong adalah sebuah sayuran yang biasanya ditanam secara tahunan. Pada sayuran ini mempunyai ciri – ciri yang agak berbulu. Terong ini hampir sama seperti tanaman tomat. Pada pohon terong mereka bisa tumbuh sampai ketinggian 40-150 cm. Dengan daun terong yang besar dan tekstur yang agak kasar dan pohon terong juga terkadang berbulu.

Daun terong ini bisa mempunyai ukuran yang panjang hingga 10-20 cm. Tapi, apabila pohon ini setengah liar biasanya mereka akan berukuran lebih besar dan tumbuh hingga 2 meter serta daunnya pun bisa mencapai 30 cm yang panjangnya kurang lebih mencapai 15 cm.

Pada batang pohon terong tersebut pada umumnya mempunyai duri. Terong ini memiliki bunga yang pada umumnya berwarna putih sampai keungu-unguan. Terong juga mempunyai banyak biji, apabila anda membelahnya maka akan terliat bijinya yang sangat banyak.

Biji tersebut bisa anda manfaatkan untuk dimakan. Tapi, biji ini memiliki rasa yang pahit karena biji terong yang pahit ini mengandung nikotin yakni dengan jenis alkaloid yang ditemukan juga pada temabakau.

Terong mempunyai berbagai macam – macam jenis. Pohon terong ini akan tumbuh pada periode bulan Agustus dan Oktober. Bulan – bulan tersebut merupakan spesies terong yang mempunyai kandungan nilai gizi dan rasa. Pada jenis terong mempunyai perbedaan masing – masing baik itu dari ukuran, tingkaat mengkilapnya kulit, warna kulit dan tingkat kekenyalan.

Jenis – jenis Terong di Dunia

– Terong Amerika (USA)

Merupakan terong yang mempunyai warna ungu tua dengan ukuran besar yang bentuknya seperti buah pear.

– Terong Italia

Terong Italia mempunyai ciri – criri volume yang tinggi pada buah dan berwarna ungu tua.

– Terong Cina (Tiongkok)

Terong Cina merupakan terong yang mempunyai warna menyimpang dari ungu ke ungu. Katanya terong ini lebih enak dari terong Amerika.

– Terong Jepang

Ciri khas dari terong Jepang ini ditandai dengan silinder yang mempunyai variasi gelap dan terang dan pada kulitnya ada tipis berwarna hitam.

– Terong Putih

Seperti namanya terong ini berwarna putih dan bentuknya oval. Terong putih ini banyak ditemukan di Mesir dan pada umumnya dimanfaatkan menjadi boneka.

– Terong India

Terong India merupakan terong yang termasuk unik. Ukuran buahnya bulat kecil yang berwarna merah tobi. Tekstur yang lembut dan mempunyai rasa yang manis. Apabila dimakan terong ini juga tidak perlu anda kupas.

– Terong Thailand

Terong Thailand juga termasuk terong yang unik dengan bentuk bulat yang berwarna hijau namun, terong ini mempunyai rasa yang lebih pahit. Apabila anda memasak terong Thailand tersebut sebaiknya anda membaginya menjadi kubus kecil dengan campuran saus panas atau kari.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat terong ungun, karakteristik pohon terong, dan jenis-jenis terong yang ada dunia. Namun pemabahasan ini masih ruang lingkup kecil, anda bisa mencari sumber informasi yang lain tentang terong tersebut.

Komentar disini
error: