10 Manfaat Terong Belanda Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Terong Belanda

Kalimat.ID – Manfaat Terong Belanda, Jus terong belanda yang bisa anda minum akan bisa ditemukan diberbagai cafe, rumah makan, dan penjual jus. Dengan berbagai macam manfaat manfaat terong belanja yang bisa menjadi sumber untuk mengatasi kesehatan bagi tubuh anda.

Buah terong adalah keluarga dari Solanaceae yang merupakan salah satu jenis buah buahan yang dikenal dengan nama latin yakni solanum betaceum. Apakah anda mengira bahwa terong belanda berasal dari negara belanda? Ternyata jika anda berpikir seperti maka itu adalah sesuatu kekeliruan yang harus diluruskan.

Asal mula terong belanda itu berada dikawasan amazon yang merupakan tempat itu berada dibenua Amerika. Buah terong belanda diperkenalkan oleh orang belanda yang pertama kalinya pada saat masa penjajahan indonesia. Maka dengan hal itu buah terong ini disebut dengan nama terong belanda yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Perlu anda tahu, bahwa buah terong belanda berbeda dengan terong ungu yang mempunyai wujud panjang dan lonjong. Buah terong beland ini mempunyai bentuk oval yang mirip dengan bentuk telur dengan warna merah marun yang umumnya ditemukan. Buah terong belanda mempunyai aroma yang unik dan bisa dibilang khas yang berbeda dengan buah-buah lainnya.

Buah terong belanda mempunyai rasa yang segar dan mengandung banyak air pada daging buahnya, namun mempunyai rasa pahit pada kulit terong belanda tersebut. Untuk memakan buah terong belanda, anda bisa mengolahnya menjadi sop buah atau jus buah yang bisa menyegarkan dan juga menyehatkan tubuh anda.

Manfaat Terong Belanda yang Kaya Akan Kandungan Gizi

terong belanda
image by hellosehat.com

Dengan kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada terong belanda, dengan begitu, berbagai manfaat terong belanda yang diberikan pada tubuh disamping buah terong belanda ini bisa menyegarkan tubuh anda dengan rasanya.

Adapun manfaat terong belanda dengan kandungan gizi dan nutrisi disetiap 100 gramnya sebagai berikut ini!

– Mempunyai energi dengan 48 kkal
– Mempunyai karbohidrat dengan 11,3 gram
– Adanya protein 1,5 gram dan lemak sebesar 0,3 gram
– Mengandung Vitamin B 0,04 dan Vitamin C 17 mg
– Mengandung senyawa potasium 320 mg, zat besi 1 mg, kalsium 13 mg, dan fosfor 24 mg

Itulah kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada buah terong belanda yang akan bermanfaat untuk tubuh dan menyehatkannya.

10 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan

Dibalik kelezatan dan keenakan rasa yang diberikan oleh terong belanda yang bisa dioleh menjadi sop buah dan jus buah, ternyata terong belanda mempunyai segudang manfaat yang sangat baik bagi kesehatan anda. Sekalipun manfaat terong belanda tidak sebanyak buah-buahan yang lainnya dalam manfaatnya, namun anda jangan memandang remeh dengan buah terong belanda ini.

Adapun 9 manfat terong belanda yang diberikan untuk kesehatan tubuh sebagai berikut ini!

1. Bisa Mengobati Sebagian Penyakit Kecil

Buah teronga yang mengandung kalsium, vitamin C dan Vitamin yang lainnya bisa menjadi sebuah solusi yang baik untuk memberikan pengobatan bagi penderita penyakit ringan. Adapun penyakit ringan yang dimaksud adalah sebagai berikut ini!

– Sakit tenggorokan
– Bisulan
– Sakit maag

Selain itu, manfaat buah terong bisa mengobat amandel yang dipercaya negara lain.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Bisa Meningkat

Buah terong belanda yang mengandung akan kaya vitamin B yang kompleks bisa mengatasai masalah metabolisme pada tubuh. Disamping buah terong belanda yang bisa mengatasi masalah metabolisme tubuh, juga bisa memberantas radikal bebsa dan mengingkatkan sistem imunitas tubuh karena mengandung antioksidan yang dihadirkan oleh Vitamin C.

3. Dapat Mengatasi Tekanan Darah dengan Alami

tekanan darah
image by hellosehat.com

Dengan kandungan potasium yang dihadirkan oleh buah terong belanda, hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah hipertensi pada tubuh anda. Selain itu, potasium juga akan membantu dalam menjaga denyut jantung dan tekanan darah untuk tetap normal. Jika anda saat ini mengalami tekanan darah tinggi, sebaiknya anda untuk coba memakan buah terong dengan teratur supaya bisa menyembuah penyakit hipertensi tersebut.

4. Kadar Kolesterol Jahat Bisa Diturunkan

diabetes
image by aspiretrainingteam.co.uk

Buah terong belanda mempunyai kandungan zat-zat gizi yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh atau biasa juga disebut dengan jenis low density lipoprotein (LDL).

Selain bisa menurunkan kolesterol jahat, manfaat terong belanda juga bisa memperbaiki kadar kolesterol baika atau biasa disebut juga jenis hight density lipoprotein (HDL). Dengan manfaat seperti akan bisa memperbaiki aliran darha karena pembuluh darahnya akan sehat. Sehingga menurunkan kolosterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sangat baik untuk tubuh.

5. Dapat Mencagah dari Penyakit Kanker

kanker
Image by: agoramedia.com

Jika anda mengonsumsi terong belanda dengan teratur, maka itu akan bermanfaat untuk tubuh yang bisa meningkatkan kandungan likopen. Dengan begitu tubuh anda bisa membasmi radikal bebas yang bisa menimbulkan kanker. Oleh karena itu, apabila anda tak ingin terserang penyakit kanker, maka cepatlah untuk mengonsomsi terong belanda dengan teratur.

6. Dapat Mengatasi Anemia

anemia
image by doktersehat.com

Selain itu untuk mencegah penyakit kanker, buah terong belanda ini bisa mencegah anda dari penyakit anemia karena mempunyai kandungan serat, berbagai vitamin, dan mineral zat besi. Oleh sebab itu, silahkan anda untuk mengomsumsi buah terong belanda dengan teratur supaya bisa mencegah dan mengatasi jika saat ini anda terkena anemia.

7. Penyakit Parkinson dan Alzheimar Dapat Dicegah

Dengan kandungan antioksidan pada terong belanda cuku tinggi, maka hal tersebut dapat dipercaya untuk mencegah dari kerusakan terjadi pada otak. Karena buah terong dapat mencegah anda dari penyakit parkinson dan alzheimar yang disebabkan penyakit tersebut muncul karena ada kerusakan pada otak.

8. Gula Darah Bisa diStabilkan

gula darah
image by hellosehat.com

Buah terong yang mempunyai kandungan serat yang cukup, maka dengan kandungan tersebut bisa menstabilkan kadar gula yang ada pada tubuh. Oleh sebab itu, buah terong belanda akan sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit diabetes. Selain itu, pada buah terong belanda juga mempunyai kadar glikemik rendah yang bisa sangat cocok untuk penderita diabetes.

9. Jantung akan terawat dengan Sehat

jantung sehat
image by kompas.com

Dengan kandungan buah terong belanda yang baik untuk kesehatan jantung karena mempunyai kandungan mineral yakni kalium yang mampu untuk menstabilkan kadar natrium. Karena kadar natrium pada jantung cukup tinggi. Maka dengan stabilnya kadar natrium tersebut bisa memelihara kesehatan pada jantung dengan baik.

Itulah 9 manfaat terong belanda yang bisa anda gunakan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Terong Belanda Bagi Kecantikan

Bisa Melindungi Kesehatan Kulit

kulit sehat
image by cloudfront.net

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda, buah terong belanda bisa bermanfaat juga untuk kecantikan pada kulit. Karena pada buah tersebut tedapat beberapa vitamin yang bisa membantu kulit untuk merawatnya yang bisa lebih berseri dan sehat. Manfaat terong belanda selain bisa merawat kulit juga bisa mencegah stress kulit dan mengatasi terjadinya penuaan dini pada kulit dengan kandungan flavonoid, anthocyanin, dan fenol yang ada pada terong belanda.

Cara Mengolah Terong Belanda Menjadi Jus yang Sehat dan Lezat

Rasa yang cukup asam pada terong belanda bisa anda rubah menjadi minuman atau makanan yang lezat. Untuk cara yang bisa anda lakukan terong belanda menjadi jus sebagai berikut ini!

Bahan-bahan :

Anda siapkan bahan-bahan sebagai berikut ini!

  • Es yang sudah anda hancurkan atau diserut juga bisa
  • Susu manis kental atau sirup atau madu, sesuai selera
  • Siapkan 1 buah cheri, 100 gram yogurt dan terong belanda

Untuk cara pengolahannya bisa anda ikuti berikut ini!

  1. Bahan bahan yang sudah anda siapkan tadi cempurkan semuanya dan masuk ke blender untuk dihaluskan
  2. Tunggu sampai terong belanda itu halus
  3. Setelah itu tuangkan jus yang sudah dibuat pada wadah
  4. Hiasi gelas jus terong belanda dengan cheri dan pemanis yang sudah disediakan tadi

Itulah serangkaian manfaat terong belanda yang bisa anda gunakan untuk kesehatan dan kecantikan pada tubuh anda dengan mengolahnya menjadi jus supaya bisa lebih nikmat.

Efek Samping Terong Belanda

Apabila anda memakan buah terong belanda dengan berlebihan, maka itu akan berefek negatif pada tubuh anda. Adapun efek samping dari terong belanda sebagai berikut ini!

1. Bisa menimbulkan penyakit kanker
2. Kerja pada tubuh bisa terganggu
3. Akan mengakibatkan penuaan dini pada kulit

Demikianlah efek samping dari terong belanda yang harus anda hindari.

Komentar disini