13 Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Suatu Negara

Kalimat.ID – Manfaat Perdagangan Internasional merupakan sebuah kesepakatan antar penduduk negara dengan negara lainnya yang memiliki dasar atas kesepakatan bersama, maka disinilah timbul manfaat dari perdagangan dengan skala yang lebih luas.

Perdagangan internasional bahkan menjadi suatu acuan bagi negara tersebut untuk mendapatkan peluang meningkatkan GDP (Gross Domestic Product) mereka, maka lihat saja berbagai negara maju di Dunia, sebagian besar dari negara mereka banyak memanfaatkan eskpor dibandingkan dengan impor nya, bisa dikatakan 35% impor selebihnya untuk kegiatan eskpor.

Lihat negara China yang gemar melakukan kegiatan eskpor, sebagai contohnya banyak sekali produk atau barang di Indonesia dengan label China, maka hal ini bisa di contoh oleh negara kita, dengan adanya kegiatan eskpor ini akan membangun sebuah home industri (industri rumahan), dimana akan banyak membuka lowongan pekerjaan dan meminimalisirkan pengangguran.

Berikut 13 Daftar Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Suatu Bangsa

Meskipun perdagangan Internasional sudah dilakukan selama ribuan tahun, maka hari ini juga akan terus berlanjut, maka dulu hanya untuk memajukan suatu daerah saja tanpa adanya negara, maka kini manfaat dagang bisa meningkatkan Ekonomi, sosial dan politik.

1. Mendapatkan Barang Dengan Mudah yang Tidak Ada di Negara Kita

Walaupun Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan mineral tidak menutup kemungkinan Indonesia memiliki segalanya, maka dari itu peran dari manfaat perdagangan internasional sangat berpengaruh bagi suatu bangsa atau negara.
Sebagai contoh saja, Indonesia ketika kekurangan pasokan daging sapi, pernah Indonesia meng-import daging sapi asal Negeri Kangguru tersebut yakni Australia, maka dari ini peran perdagangan internasional harus dijaga, hal ini sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Begitupun dengan negara lain, ada kekurangan sumber daya alam dan mineral Indonesia akan meng-eksport bahan-bahan mentah yang ada di tanah Indonesia ke negara sahabat dimana negara-negara ini sudah memiliki hubungan internasional atau bilateral. Maka dengan adanya manfaat perdagangan internasional ini bisa membantu satu sama lain dalam bidang kehidupan sosial dan bernegara.

2. Memperluas Area Pasar juga Keuntungan

Dengan adanya manfaat perdagangan internasional ini diharapkan bisa memperluas area pasar untuk para pengusaha lokal yang dikelola secara persero, atau BUMD dan BUMN, maka disini akan mendapatkan peningkatan pendapatan suatu negara, baik dari negara yang dituju (Ekspor) dan diterima (Impor).

Dengan adanya perdagangan internasional ini diharapkan peluang usaha makin baik lagi, karena area pasarnya makin besar, maka makin banyak pula pendapatan yang masuk, sebagai contohnya Anda merupakan seorang pengusaha, lalu Anda menemukan market di lokal hanya sedikit, Anda bisa melihat sebuah peluang dari negara tertentu maka ini akan menjadi peluang perluasan market Anda dalam berbisnis, tentunya hal ini akan memperluas lapangan pekerjaan, kekayaan Anda dan pendapatan suatu negara.

3. Teknologi Modern

Manfaat perdagangan internasional tidak lepas juga dari peran andil kemajuan teknologi, jika Anda seorang pengusaha, anggap saja pengusaha otomotif jika ingin memperluas jangkauan bisnis Anda bisa berkunjung ke Negara industri otomotif dunia, seperti Jepang, Jerman, Amerika dan negara lainnya, disana Anda bisa belajar mengenai sebuah alat teknologi yang dipakai oleh perusahaan tersebut untuk bisa dipakai di Indonesia, maka ini salah satu keuntungan atau manfaat perdagangan internasional juga.

4. Mempererat Hubungan Antar Negara

Ya, dengan namanya bisnis maka hubungan suatu negara harus dijaga baik, layaknya Anda jika seorang pebisnis, maka Anda harus menjaga hubungan bukan dengan klien Anda? Jika tidak menjaganya maka apa yang akan terjadi? Ya bis saja bisnis Anda akan hancur, maka sama halnya dengan suatu negara, kedua negara atau negara yang saling bekerjasama harus menjalin hubungan yang baik, sebenarnya tanpa adanya perdaganganpun kita harus menjaga hubungan yang baik.

5. Kemakmuran Suatu Bangsa

Ya dengan manfaat perdagangan internasional maka suatu bangsa akan mendapatkan kemakmuran atau kesejahteraan bagi negara ataupun Masyarakatnya, bagaimana tidak? Jika Anda seorang pengusaha maka dengan adanya perdagangan internasional usaha Anda makin besar, karena ekspansi suatu bisnis bisa mencapai negara lain bukan hanya saja dilokal.

Hal ini akan membuat pendapatan negara meningkat melalui bea dan cukai, pendapatan pengusaha juga akan naik, maka secara tidak langsung lapangan pekerjaan semakin terbuka lebar, maka dari itu hubungan perdagangan internasional harus dijaga baik.

6. Lapangan Pekerjaan

Dengan adanya perdagangan internasional maka pasar akan semakin luas tak hanya pasar Indonesia Anda bisa memasuki negara lain, maka dari ini bahan baku semakin banyak dibutuhkan, sebagai contoh saja, Anda pengusaha karet, maka para petani karet akan merasa untung dikarenakan Anda bisa masuk kepasar Internasional, maka secara tidak langsung bisnis Anda akan membuka peluang usaha untuk orang lain.

Hal ini akan berbanding lurus dengan kebutuhan sumber daya alan dan mineral juga sumber daya manusianya itu sendiri, maka dengan perluasan pasar karena pergadangan ini akan menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran.

7. Devisa Suatu Negara akan Bertambah

Ya tentu jelas, jika Anda menjalin perdagangan dengan skala internasional, maka tidak menutup kemungkinan ini akan menambah devisa negara, sebagai contohnya, ketika Anda meng-ekspor suatu barang produksi ke-negara lain yang bekerjasama, maka kita akan mendapatkan bayaran dengan mata uang asing dari negara tersebut, bisa juga dengan uang internasional yakni Dollar, maka dengan bisnis pembayaran mata uang inilah yang bisa membuat devisa negara makin bertambah.

8. Mencegah Terjadinya Krisis

Manfaat perdagangan internasional selanjutnya adalah dapat mencegah terjadinya krisis, misalnya suatu negara terkena suatu bencana, entah itu bisa jadi banjir skala besar, Tsunami, Gempa Bumi dan lain sebagainya yang merusak sumber makanan atau bahan pokok lainnya, maka dengan bantuan dari negara lain suatu negara bisa terhindar dari krisis pangan.

Jika suatu negara Thailand terkena musibah sebagai contoh, disana sumber makanan susah, maka jika Negara Thailand tersebut memiliki hubungan pasar dengan Indonesia, otomatis makanan pokok mereka seperti beras akan disalurkan ke-negara tersebut, bisa saja dibeli oleh negara tersebut, bisa juga berupa bantuan dari berbagai negara lainnya yang memiliki hubungan yang sama.

9. Kemajuan IPTEK

Dengan adanya manfaat perdagangan internasional tidak menutup kemungkinan akan memajukan dunia ilmu teknologi dan informasi dalam suatu negara yang sedang berkembang, termasuk negara kita ini Indonesia, banyak dari para pengusaha akan menjalankan roda bisnisnya terkendala dengan peralatan mesin dan teknologi ITnya, maka dari ini peran kerjasama Internasional akan membantu dalam hal ini, biasanya negara berkembang akan mempelajari suatu teknologi dari perdagangan internasional ini.

10. Harga yang relatif Terjangkau

Ya ini terdengar sedikit aneh, namun dengan adanya perdagangan internasional, tidak menutup kemungkinan harga bahan baku akan menjadi murah dan mudah, maka dengan adanya impor dari negara lain ini akan memangkas biaya produksi sendiri bisa sampai beberapa persen dari anggaran produksi biasanya jika di produksi sendiri.

Sebagai contoh saja Indonesia sangat bergantung dengan Produk China, maka tidak menutup kemungkinan kenapa bisa terjadi, karena barang impor dari negara sana ralatif lebih terjangkau, maka dengan ini banyak kita jumpai produk-produk berasal dari Negeri Tirai Bambu ini, ya seperti Handphone Anda pakai XIOMI, Vivo, NEXIAN, Oppo, Huawei dan lain sebagainya bahkan tak hanya teknologi akan tetapi sandang juga seperti pakaian dan lain sebagainya.

11. Ekonomi Makin Bagus

Suatu negara kenapa bisa maju seperti China sekarang sudah mengalahi Jepang, karena barang ekspor mereka melebihi barang impor dari suatu negara, maka jika negara Indonesia ini banyak ekspor maka akan semakin bagus juga, jika negara ini ekspor dari para pengusahanya makin banyak otomatis produksi juga makin banyak, maka tenaga kerja makin dibutuhkan.

12. Hubungan Politik

Selain bisa memajukan ekonomi bagi suatu bangsa, kegiatan dari manfaat perdagangan internasional ini bisa menjalin hubungan politik yang lebih dari sekedar perdagangan, bisa itu menjalin kerja sama militer dan lain sebagainya bagaimana kebijakan dari suatu negara tersebut.

13. Investasi

Jika dengan adanya perdagangan internasional maka investasi akan semakin terbuka lebar bagi para pelaku usaha, bisanya ini akan menyasar kepada para pelaku usaha teknologi, tidak menutup kemungkinan akan masuk juga ke pasar non teknologi, namun karena teknologi di Indonesia ini baru dimulai 5 tahun terakhir, para investor dari negara-negara lain yang bekerja sama dengan Indonesia melihat celah bisnis yang terbilang gurih dan sedap, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan membakar uangnya di Indonesia untuk keperluan bisnis mereka.

Berikut sedikit ulasan dari penulis yang bisa dijadikan sebuah pembelajaran bersama dalam menanggapi sebuah manfaat dari perdagangan internasional bagi setiap negara, jika ada masukan silakan berikan masukan di kolom komentar, baik kelebihan dan kekurangan dari konten ini, maka saya penulis akan memperbaikinya.