Beranda Kesehatan 13 Manfaat Okra Bagi Kesehatan Anda

13 Manfaat Okra Bagi Kesehatan Anda

manfaat okra
image by insearchofyummyness.com

Kalimat.ID – Manfaat Okra, Okra adalah sebuah sayuran yang begitu dengan mempunyai tubuh lunak serta berlendir. Sayuran okra mempunyai bentuk pohon berupa memanjang serta meruncing pada bagian ujungnya, bisa dibilang menyerupai seperti jari-jari lentik pada perempuan.

Oleh sebab itu, sayuran okra dikenal juga dengan istilah nama Lady’s Finger. Sayuran yang memiliki bentuk seperti cabai, namun untuk rasanya seperti terung serta mempunyai dua variasi yaitu okra berwarna hijau serta okra berwarna merah. Ke-2 variasi okra tersebut mempunyai rasa yang sama serta hanya saja tidak sama pada warnanya. Sayuran okra yang mempunyai karakter tanaman hidup di iklim tropis dengan sebutan nama ilmiah Abelmoschus esculentus.

Sekarang ini mode budidaya okra mulai berkembang di negara Indonesia. Itu semua terjadi karena manfaat okra yang begitu baik bagi kesehatan pada manusia. Sayuran Okra ialah satu diantaranya type sayuran yang mempunyai banyak serat serta glutation. Bukan hanya itu saja, pada satu Okra, terdapat sebuah vitamin, protein, dan vitamin yang begitu baik untuk tubuh manusia.

Namun saat ini, beberapa orang yang malas untuk memakan sayuran okra tersebut. Orang-orang tidak menyukai sayuran okra mungkin karena sayuran tersebut mempunyai bentuk yang condong dan lengket, apalagi saat okra ini dipanaskan.

Walau sebenarnya okra memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan badan. Karena Okra ini mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat diantaranya sebagai berikut ini!

Jenis Mineral
– Kalium
– Magnesium
– Seng
– Fosfor
– Tembaga
– Dan kalsium
Vitamin
– Vitamin A
– Vitamin B
– Vitamin C
– Vitamin K
Kandungan kalori pada Okra yang mentah terdapat
– 30 kalori
– 3 Gram Serat
– 2 Gram protein
– 7,6 Gram karbohidrat
– 0,1 Gram lemak
– 21 mg Vitamin C
– 88 Mcg folate
– 57 Gram magnesium
Dengan kandungan tersebut akan sangat baik bagi kesehatan tubuh anda.

Manfaat Okra Untuk Kesehatan Pada Manusia

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa sayuran okra ini mempunyai banyak kandungan senyawa dan vitamin yang bervarias dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Adapun manfaat okra tersebut adalah sebagai berikut ini!

1. Menghambat masalah pada kegunaan ginjal

ginjal
image by hellosehat.com

Langkah yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan okra bagi kesehatan yaitu dengan memakan okra secara teratur. Langkah tersebut dapat dibuktikan bisa menghambat masalah pada peranan ginjal. Pernyataan tersebut dibuktikan Medical Journal yang dilaksanakan penelitiannya pada tahun 2005. Dalam jurnal itu dijelasakan bawah jika orang yang memakan banyak sayuran okra dengan teratur mempunyai tanda-tanda masalah manfaat ginjal yang lebih sedikit ketimbang pada orang yang tidak mengonsumsi sayuran okra.

2. Menghindari dari penyakit anemia

anemia
image by erywellhealth.com

Manfaat okra bagi kesehatan setelah itu untuk menghindari dari penyakit anemia. metode yang bisa anda lakukan yaitu dengan teratur memakan sayuran okra. Rutinitas tersebut bisa membantu dalam menolong produksi sel darah merah dengan cara efisien dan dapat menahan atau menyembuhkan dari penyakit anemia.

3. Mengontrol kesehatan pada ibu hamil

ibu hamil
image by hellosehat.com

Manfaat okra yang lain dapat juga berguna untuk ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui. Kandungans senyawa folat yang terdapat pada okra dapat mendukung untuk perubahan janin dalam rahim seorang ibu serta bisa menurunkan kemungkinan cacat saat lahir.

Memakan okra waktu wanita hamil bisa menjadi sebuah cara alternative untuk mengisi memakan senyawa folat harian di mana pada 100 gr okra terdapat lebih kurang 60 mcg folat dengan saran memakan 400 mcg folat setiap harinya

4. Adanya Kandungan Anti Kanker

kanker
image by: bbci.co.uk

Sistem ketahan tubuh yang diberikan oleh Okra merupakan manfaat okra dari adanya kandungan anti oksidan. Dengan begitu, manfaat okra bagi kesehatan setelah itu bisa menjadi anti kanker pada tubuh manusia. Pembawaan sehatnya dapat membuat perlindungan pada badan untuk menangkal dari serangan radikal bebas dan menahan mutasi sel kanker.

5. Membuat perlindungan hati serta jantung lebih sehat

jantung sehat
image by doktersehat.com

Okra dikenal juga mempunyai dampak hepatoprotektif atau dapat membuat perlindungan organ hati dari rusaknya karena adanya serangan radikal bebas atau peradangan. Sayuran okra yang bisa mengelurkan toksin pada organ hati karena sayuran tersebut mempunyai kandungan anti oksidan yang bisa melakukan detoksifikasi toksin. Maka dengan kandungan tersebut bisa membantu perlindungan pada jantung dan hati untuk tetap sehat.

6. Dapat membantu mengurangi penyakit asma

asma
image by doktersehat.com

Fungsi dari sayuran okra bagi kesehatan setelah itu bisa membantu dalam mengurangi penyakit asma. Ini semua sebab sayuran okra memiliki kandungan beberapa vitamin C serta zat anti-oksidan. Kandungan itu dapat menolong dalam membantu mengurangi serangan asma dengan aktif.

7. Memperkuat tulang pada tubuh

tulang kuat
image by hellosehat.com

Manfaat okra bagi kesehatan yang lainnya adalah bisa mendukung dalam memperkuat tulang. Ini semua sebab sayuran okra mempunyai kandungan tinggi folat yang memilki kegunaan untuk dapat menolong memperkuat tulang dan menahan dari serangan osteoporosis.

Okra tersebut yang kaya dengan Vitamin K dapat mengontrol bagi kesehatan serta kepadatan pada tulang. Okra ini bisa menyerap kalsium untuk pertumbuhan tulang agar tetap baik karena sayuran tersebut mempunyai kandungan Vitamin K. Jadi bagi anda yang tak ingin terserang penyakit Osteoropis harus memakan sayuran hijau lebih rajin dan teratur lagi.

8. Mampu menurunkan kolesterol pada tubuh

kolesterol
image by doktersehat.com

Tidak hanya berguna untuk pasien diabetes, kegunaan okra bagi kesehatan yang lainnya dapat juga dirasa buat mereka yang mempunyai permasalahan pada kandungan kolesterol yang tinggi. Serat larut yang ada pada okra bisa menolong dalam menurunkan kandngan cholesterol yang bisa menutup pembulu darah serta mengakibatkan tingginya kemungkinan struk dan penyakit jantung.

Lemak pada tubuh bisa terikat oleh serat sampai lemat tersebut juga bisa diolah bersama makanan yang lain (Harvard Health Publication). Dengan rendahnya kandungan cholesterol pada tubuh, pembuluh darah dapat menyalurkan darah dengan baik serta kemungkinan terserang struk serta penyakit jantung dapat dihindarkan.

9. Sistem Pencernaan akan sehat dan terhindari dari penyakit

sistem pencernaan
image by quipper.com

Okra yang kaya akan serat ini akan sangat cocok untuk anda yang sedang program diet menjadi makanan sehari-hari. Kandungan serat larut pada sayuran okra termasuk sama pada serat yang ada didalam sereal. Kegunaan okra bagi kesehatan sangat baik bagi pencernaan ada. Terdapat Lendir okra yang bisa menolong dalam menahan konstipasi atau sembelit. Okra bisa menjadi obat pelancar alami dengan kandungan dan lendir yang ada pada okra tersebut yang bisa menaikkan pergerakan pada usus. Oleh sebab itu, BAB akan lancar dan anda akan terhindar dari terkena kanker usus.

Bukan itu saja, okra mampu menghindari anda dari penyakit lambung dan maag yang muncul karena bakteri helocobater pulori yang nanti dikurangi infeksi tersebut oleh Okra. Itu semua karena senyawa yang ada pada sayuran okra memiliki anti bakteri dan inflamasi.
Sayuran okra sering digunakan menjadi obat tradisional di daerah asia yang bisa menyembuhkan penyakit yang ada di sistem pencernaan.

10. Dapat Menurunkan Kandungan Gula

gula darah
image by toptier.id

Serat yang ada pada kandungan okra ternyata bisa membantu dalam menurunkan kandungan gula darah dan sangat cocok bagi penderita penyakit diabetes. Karena kandungan senyawa serat yang ada pada okra bisa membantu dalam mengatur indeks glikemiks atau kandungan gula dan meningkatkan sensitivitas insulin yang ada pada tubuh yang biasanya disebut dengan hormon pengontrol pada gula darah.

Pada tahun 2017 Studi India yang dilaksanakan oleh Poorva dan Sunita Mishra yang dari A Centra University Vidya Vihar Luchnow menyebutkan bahwa okra bisa menurunkan gula darah pada tubuh yang mempunyai anti diabetik yang sangat baik untuk pasien diabetes.
Maka, untuk mendapatkan khasiat seperti itu anda harus memakan sayuran okra tersebut sebanyak 6 sampai 8 setiap harinya.

11. Mampu memberikan kesehatan pada mata

mata sehat
image by beritasatu.com

Sayuran yang bisa bermanfaat untuk kesehatan mata. ini semua karena kandungan beta karoten, lutein serta xanthin yang berada di sayuran ini. Okra kaya beta karoten, lutein, serta xanthin yang begitu berguna untuk mengontrol kesehatan mata untuk anda

12. Mampu Meningkatkan Kekebalan Pada Tubuh

sistem imun
image by 1.bp.blogspot.com

Dengan kandungan yang terdapat pada sayuran tersebut, bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh seseorang karena manfaat okra. Itu semua karena okra mempunyai kandungan zat anti oksidan dan vitamin C. Vitamin C sendiri bisa merangsang produksi sel darah putih sebagai elemen terpenting dalam skema kebal badan. Sesaat, zat anti-oksidan bertindak dalam merusak semua radikal bebas yang bisa membuat skema kebal badan jadi lemah.

13. Mampu Menyehatkan Rambut Anda

rambut sehat
image by kompas.com

Okra merupakan tanaman sayuran yang memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin K serta anti oksidan. Selain dari kandungan tersebut, okra yang memiliki kandungan tembaga, seng, folat, tiamin, dan kalium membuat rambut dan menjadi sehat dan akan cerah secara alami. Bukan sekedar itu, penggunaan okra dengan teratur pada rambut akan membuat kulit kepala terlepas dari ketombe dan bisa mengawasi kelembaban kulit kepala.

Demikianlah manfaat okra bagi kesehatan anda. dengan adanya pembahasan ini, mari kita tingkatkan sebuah gaya hidup yang sehat dan aman sehingga bisa terciptanya tubuh yang sehat dan kuat. Selain itu, dengan adanya pengetahuan ini, setidaknya kita saat sakit untuk menggunakan obat-obat yang alami.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih!