7 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Madu
Manfaat Madu

Kalimat.ID – Manfaat Madu, Madu mengandung peti harta karun yang mengandung nilai nutrisi dan obat selama berabad-abad. Madu merupakan makanan yang baik untuk campuran makanan di dapur dan mempunyai antibakteri, antijamur, sehingga sudah di pakai sejak pemakaman di mesir.

Kekuatan super ilmiah Madu berkontribusi pada manfaat kesehatannya yang dipuji untuk seluruh tubuh. Pemanis alami yang sehat menawarkan banyak manfaat gizi tergantung pada varietasnya.

Madu mentah adalah versi umum dari madu yang tidak dipasteurisasi dan hanya berbeda dalam penyaringan, yang membantu memperpanjang umurnya.

Satu sendok makan madu mentah mengandung 64 kalori, tanpa lemak, tanpa kolesterol, dan tanpa natrium, kata Dewan Madu Nasional. Komposisinya mengandung sekitar 80% karbohidrat, 18% air, dan 2% vitamin, mineral, dan asam amino.

Khasiat Dari Pemanfaatan Madu

Ada beberapa manfaat madu yang di hadirkan untuk kesehatan tubuh, manfaat tersebut meliputi beberapa hal yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk pengobatan dan pencagah supaya tubuh tetap bugar.

Berikut dibawah ini ada beberapa poin dari manfaat madu yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Mengurangi alergi

Efek anti-inflamasi dan kemampuan madu untuk menenangkan batuk menyebabkan kepercayaan bahwa madu juga dapat mengurangi gejala alergi musiman. “Madu mengandung sejumlah kecil serbuk sari, yang jika tubuh terpapar dalam jumlah kecil itu, dapat memicu respons kekebalan yang menghasilkan antibodi terhadap serbuk sari.

“Setelah paparan berulang, Anda harus membangun antibodi ini dan tubuh harus terbiasa dengan kehadiran mereka untuk melepaskan lebih sedikit histamin, dengan akibatnya berkurangnya respons alergi.”

2. Minuman berenergi alami

Madu adalah sumber energi alami yang sangat baik dengan hanya 17 gram karbohidrat per sendok. Gula alami yang tidak diolah ini-fruktosa dan glukosa-memasuki aliran darah secara langsung dan dapat memberikan peningkatan energi yang cepat. Peningkatan gula darah bertindak sebagai sumber energi jangka pendek untuk latihan Anda, terutama dalam latihan resistensi yang lebih lama.

Brennecke mengatakan ada alasan untuk menambahkan madu ke dalam praktik Anda. “Jika tujuan Anda adalah meningkatkan massa otot, berolahraga dengan perut kosong hal pertama di pagi hari adalah salah satu cara untuk melakukannya:

ketika tubuh Anda dalam keadaan lapar (ketika Anda bangun di pagi hari), dan Anda mulai berlatih, melepaskan faktor pertumbuhan-1 seperti insulin (IGF-1), yang akan membantu Anda membangun massa, “katanya. Brennecke memperingatkan bahwa itu hanya bekerja ketika kadar gula darah rendah.

3. Meningkatkan daya ingat

Manis nektar mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan dan kehilangan sel-sel di otak.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Menopause menemukan bahwa sesendok madu Malaysia setiap hari dapat meningkatkan memori wanita pascamenopause, yang dapat memberikan terapi alternatif untuk penurunan intelektual yang terkait dengan hormon.

“Ketika populasi kita terus bertambah, kemungkinan mengatur demensia karena rendahnya asupan vitamin dan mineral terus meningkat,” katanya (menurut Brennecke)

4. Penekan batuk

Madu bisa menjadi obat alami untuk masuk angin. Batuk terus menerus yang tidak akan hilang dengan mudah dapat diatasi dengan dua sendok teh madu, menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics.

Anak-anak berusia antara 1 dan 5 dengan batuk malam hari karena pilek cenderung batuk ketika mereka menerima dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur.

Konsistensi cairan emas kental membantu menutupi tenggorokan sementara rasa manis dipercaya memicu ujung saraf yang melindungi tenggorokan dari batuk yang tak henti-hentinya. Dipercayai bahwa madu sama efektifnya dengan dekstrometorfan, penekan batuk normal.

5. Bantuan Tidur

Madu bisa menjadi bantuan kesehatan untuk malam tanpa tidur. Mirip dengan gula, madu dapat menyebabkan peningkatan insulin dan melepaskan serotonin-neurotransmitter yang meningkatkan mood dan kebahagiaan.

“Tubuh mengubah serotonin menjadi melatonin, bahan kimia yang mengatur panjang dan kualitas tidur,” kata Rene Ficek, ahli gizi dan ahli gizi ahli gizi dari Sutton Sehat di Seattle Sutton di Chicago, Illinois, kepada Daily Medical melalui email.

Selain itu, madu juga mengandung banyak asam amino, termasuk triptofan yang umumnya dikaitkan dengan kalkun. Peningkatan stabilitas insulin oleh madu.

menurut Brennecke, menyebabkan tryptophan dalam madu masuk ke otak, yang kemudian diubah menjadi serotonin dan kemudian menjadi melatonin, yang merupakan bantuan tidur. Hormon ini bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur dan bangun.

6. Obati ketombe

Madu dapat memberikan bantuan sementara pada kulit kepala dengan menargetkan ketombe.

Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam European Journal of Medical Research menemukan madu diencerkan dengan 10% air panas di daerah yang bermasalah dan dibiarkan selama tiga jam sebelum dibilas menyebabkan gatal dan tidak ada keropeng dalam seminggu.

Lesi kulit sembuh dalam dua minggu dan pasien bahkan menunjukkan peningkatan rambut rontok. Pasien tidak kambuh bahkan setelah enam bulan penggunaan.

Berkat sifat antibakteri dan antijamur dari madu, madu juga dapat mengobati dermatitis seboroik dan ketombe, yang sering disebabkan oleh proliferasi jamur.

Lebih jauh, “madu juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang lebih penting daripada kemerahan dan gatal di kulit kepala,” kata Brennecke.

7. Obati luka bakar dan cedera

Madu adalah antibiotik alami yang dapat bertindak baik secara internal maupun eksternal. Ini dapat digunakan sebagai pengobatan konvensional untuk luka dan luka bakar dengan mendisinfeksi luka dan luka dari spesies bakteri penting seperti Staphylococcus aureus (MRSA) yang resisten metisilin.

Sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam British Journal of Surgery menemukan bahwa semua kecuali satu pasien, yang melaporkan luka dan bisul kaki, menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah pemakaian madu secara topikal.

Diane Radford, seorang ahli onkologi bedah payudara di St. Louis, Mo, mengatakan kepada Medical Daily melalui email, madu Manuka memiliki sifat antibakteri untuk penyembuhan luka.

“Prekursor agen antibakteri aktif metilglioksal (MGO) berasal dari nektar pohon mānuka.” Unit penelitian khusus dari Universitas Waikato sedang mencari konversi untuk produk aktif, “katanya.

Madu telah digunakan untuk khasiat obatnya selama lebih dari 2.000 tahun dan meneruskan warisannya sebagai bantuan kesehatan multiguna.

Kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi madu?

Adanya waktu yang disarankan oleh orang-orang untuk makan madu pada musim gugur, ini merupakan musim yang paling tepat dalam mengkonsumsinya, dan pada pagi adalah yang waktu terbaik dalam mengkonsumsinya secara setiap hari. Cobalah untuk minum 25 gram hingga 50 gram madu dan campur dengan air hangat.

Inilah 10 Madu Terkenal di Dunia

Madu Sourwood. Ketika berbicara tentang Madu Murni, Mentah, tidak ada madu yang lebih klasik dari Madu Sourwood.
Madu Kulit Kayu
Tupelo Honey
Madu Manuka
Madu akasia
Smokin ‘Hot Honey
Sage Honey
Soba Madu

Apa efek samping saat mengkonsumsi madu?

Madu bisa saja KEMUNGKINANnya tidak aman ketika dihasilkan dari nektar dari Rhododendron dan diambil oleh mulut. Karena madu yang seperti itu tidak memberi manfaat, namun akan memberikan racun yang bisa menyebabkan nyeri dada, jantung, tekanan darah rendah, serta penyakit lainnnya.

Itulah beberapa manfaat madu dan kelebihannya yang bisa diketahui. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk kita semua.

Komentar disini