18 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Sirih Merah

Kalimat.ID – Manfaat Daun Sirih Merah, Sirih merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang sangat dikenal oleh masyarakat luas. Daun sirih sejak dahulu telah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Daun sirih yang paling banyak digunakan ialah daun sirih hijau. Namun, tahukah anda jika daun sirih merah ternyata memiliki manfaat yang tidak kalah manjur?

Sama seperti daun sirih hijau, daun sirih merah juga memiliki banyak manfaat. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga baik untuk menjaga kecantikan kulit.

Dalam dunia medis, daun sirih merah telah teruji mampu mengobati berbagai masalah yang berkaitan dengan bakteri seperti bau mulut, bau badan, hingga berbagai penyakit kronis.

Apa Saja Kandungan dari Daun Sirih Merah?

Dari berbagai riset, telah teruji bahwa daun sirih merah mengandung beberapa senyawa yang sangat bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Selain memiliki banyak manfaat, daun sirih merah juga sangat minim terhadap efek negatif sehinga relatif aman untuk digunakan. Bahkan, ada beberapa penyakit mematikan yang bisa diatasi dengan daun sirih merah.

Daun sirih merah mengandung 3 senyawa aktif, yaitu flavonoid, polifenol, dan alkaloid. Flavonoid dan polifenol bersifat antiseptik, antiinflamasi, antioksidan dan antidiabetik. Flavonoid, polifenol, dan alkaloid dipercaya mampu mencegah dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daun sirih merah mengandung berbagai senyawa yang mampu mengobati banyak penyakit. Beberapa senyawa tersebut antara lain tanin, alkaloid, flavonoid. Karena itu, banyak yang memanfaatkan daun sirih merah untuk menjaga kesehatan.

Apa saja manfaat yang bisa diambil dari daun sirih merah? Mari kita simak selengkapnya ulasan berikut:

1. Obat Antiseptik

Daun sirih merah banyak memiliki manfaat, salah satunya adalah untuk obat antiseptik. Bahkan, antiseptik yang terbuat dari daun sirih merah terbukti jauh lebih baik untuk membersihkan tangan jika dibandingkan dengan sabun antiseptik yang beredar dipasaran. Selain efektif untuk mencuci tangan, daun sirih merah juga dipercaya mampu mengatasi infeksi pada kulit.

2. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Daun sirih merah bersifat antibakteri sehingga bisa digunakan untuk kesehatan mulut dan gigi. Selain itu, daun sirih merah juga mampu mengatasi bau mulut, sakit gigi, gusi berdarah dan karang gigi. Berkumur dengan air rebusan daun sirih merah dapat menghilangkan bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga.

3. Sebagai Anti Radang

Daun sirih merah memiliki kandungan flavonoid yang berperan dalam menangkal radikal bebas pada tubuh. Flavonoid juga mengaktifkan enzim cyclooxygenase dan lipoxygenase yang dapat mengatasi peradangan. Oleh karena itu, daun sirih merah bisa dimanfaatkan untuk mengobati radang.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Umumnya, para penderita kanker diobati dengan cara kemoterapi, terapi radiasi bahkan operasi. Namun, ketiga cara tersebut tentunya memiliki efek samping yang cukup mengganggu seperti mual, muntah, pusing, dan kerontokan rambut.

Untuk itu, para ahli terus melakukan penelitian dan pengujian demi mendapatkan obat kanker yang minim efek samping. Dan salah satu obat alami yang mampu melawan sel kanker ialah daun sirih merah. Hal ini karena daun sirih merah mengandung flavonoid dan antineoplastik yang sangat tinggi.

5. Menghancurkan Batu Ginjal

Batu ginjal adalah suatu penyakit dimana zat-zat buangan tubuh mengendap dalam ginjal. Lama-kelamaan, endapan tersebut akan mengeras seperti batu. Batu ginjal yang masih berukuran kecil bisa diatasi hanya dengan mengonsumsi air putih secara maksimal.

Namun, batu ginjal yang berukuran besar biasanya harus diatasi dengan melakukan terapi sinar atau operasi. Daun sirih merah bisa menjadi obat yang tepat karena dapat menghancurkan batu ginjal dan membuangnya melalui urin.

6. Mengobati Diabetes

Flavonoid yang terkandung dalam daun sirih merah dapat melawan radikal bebas dan menghambat oksidasi lemak. Selain itu, daun sirih merah juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Sebuah penilitian dari UGM menyatakan bahwa ekstrak air sirih bisa dijadikan obat diabetes tanpa merusak kinerja hati dan ginjal.

7. Mengatasi Keputihan

Karena bersifat antibakteri, daun sirih merah bisa digunakan untuk mengatasi keputihan. Daun sirih merah mampu menyingkirkan kuman dan jamur penyebab keputihan. Biasanya untuk mengatasi keputihan, air rebusan sirih merah digunakan untuk membasuh vagina. Hanya saja, penggunaannya tidak boleh terlalu sering karena bisa membunuh bakteri baik pada vagina.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat daun sirih merah lainnya yang cukup ampuh adalah untuk mengontrol tekanan darah. Karena daun sirih merah mengandung senyawa fenol dan minyak atsiri yang tinggi. Dua senyawa tersebut mampu menstabilkan tekanan darah sehingga sangat baik untuk penderita hipertensi.

9. Mengatasi Penyakit Maag

Daun sirih merah ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan. Salah satu manfaatnya adalah mengatasi penyakit maag. Tak hanya itu, daun sirih merah juga dapat menangkal radikal bebas yang terdapat dalam saluran cerna, sehingga sistem pencernaan tetap terjaga.

10. Obat Mimisan

Manfaat daun sirih merah yang cukup populer dikalangan masyarakat yaitu mengobati mimisan. Daun sirih merah mengandung antioksidan yang berperan dalam proses penyembuhan luka. Daun sirih merah juga bisa mempercepat pembekuan darah dimana sangat diperlukan untuk menghentikan mimisan.

11. Mengobati Wasir

Wasir memang bukan penyakit yang mematikan, namun termasuk penyakit kronis yang proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama. Bagi penderita wasir yang cukup parah, biasanya memilih operasi untuk mengatasinya.

Namun, ada satu obat alamai yang bisa menyembuhkan wasir, yaitu daun sirih merah. Pengobatan dengan sirih merah jika dilakukan dengan rutin akan menyembuhkan wasir secara bertahap.

Cara Menggunakan Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Untuk menjaga kesehatan, banyak sekali cara yang bisa diterapkan untuk mengolah daun sirih merah. Cara yang paling umum ialah dengan merebus beberapa lembar daun sirih merah dan meminum air rebusan tersebut secara teratur.

Untuk pemakaian luar, air rebusan daun sirih bisa langsung dioleskan dikulit, atau bisa juga digunakan untuk berkumur. Cara lainnya yaitu dengan mengeringkan daun sirih merah sehingga menjadi teh daun sirih merah.

Sebenarnya anda tak harus mengolah daun sirih dirumah, karena sudah beredar produk-produk daun sirih yang siap dikonsumsi seperti kapsul ekstrak daun sirih dan teh celup daun sirih. Anda bisa menggunakan yang mana saja sesuai kebutuhan. Namun sebelum mengonsumsi, sebaiknya perhatikan dosis anjuran yang ada pada kemasan produk.

Daun Sirih Merah untuk Kecantikan

Bagi wanita, daun sirih merah pastinya sudah tidak asing lagi. Daun sirih merah biasanya digunakan untuk menjaga organ kewanitaan dari keputihan atau untuk mengurangi nyeri haid. Namun siapa sangka jika daun sirih merah bisa digunakan untuk kecantikan? Ini dia beberapa manfaat daun sirih merah untuk kecantikan:

1. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Daun sirih merah mengandung senyawa yang bersifat antiseptik dan mampu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Pori-pori wajah biasanya membesar karena pemakaian make up yang berlebihan.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni Anda hanya perlu menghaluskan daun sirih merah dan memoleskannya secara rata ke wajah hingga 20 menit. Lakukan perawatan dengan daun sirih merah ini secara rutin agar hasil lebih maksimal.

2. Menghilangkan Komedo

Komedo biasanya timbul karena kotoran wajah yang menumpuk dan produksi minyak wajah yang berlebih. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan daun sirih merah. Caranya, haluskan daun sirih merah hingga membentuk pasta kemudian gunakan sebagai masker wajah.

3. Mengurangi Flek Hitam

Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang menjadi musuh para wanita. Karena flek hitam dapat membuat wajah terlihat kusam dan lebih tua dari usia yang sebenarnya. Tapi jangan khawatir, flek hitam bisa diatasi dengan daun sirih merah.

Sediakan beberapa helai daun sirih merah dan kemudian di blender hingga halus, Campur dengan sedikit perasaan air jeruk nipis hingga rata, lalu oleskan pada wajah. Diamkan hingga 20, kemudian basuh wajah dengan air bersih.

4. Mengatasi Jerawat yang Meradang

Daun sirih merah bersifat antiinflamasi atau anti radang. Dengan kata lain, daun sirih merah mampu meredakan dan menyembuhkan peradangan pada kulit seperti jerawat. Jerawat yang sedang meradang atau jerawat batu biasanya akan terasa sakit jika tersentuh. Untuk mengatasinya, haluskan daun sirih merah dan oleskan pada jerawat. Lakukan perawatan dengan daun sirih merah setiap hari agar jerawat cepat hilang.

5. Mengangkat Kotoran Pada Wajah

Debu dan kotoran yang menempel pada wajah jika dibiarkan akan memicu jerawat dan komedo. Untuk itu, sebaiknya bersihkan wajah anda dengan menggunakan daun sirih merah. Caranya sangat mudah, rebus beberapa lembar daun sirih dan diamkan hingga dingin. Lalu gunakan air daun sirih merah untuk membersihkan wajah.

6. Mengontrol Minyak Pada Wajah

Selain mengangkat kotoran yang ada pada wajah, daun sirih merah juga dapat mengatasi wajah berminyak. Daun sirih merah mengandung senyawa atsiri yang dapat mengontrol kadar minyak pada wajah. Gunakan daun sirih merah sebagai masker wajah untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bebas dari minyak berlebih.

7. Mengencangkan Kulit Wajah

Seiring dengan bertambahnya usia, maka daya elastisitas kulit akan berkurang sehingga membuat kulit cenderung kendur. Untuk mengatasinya, basuhlah wajah dengan air rebusan daun sirih pada pagi dan sore hari. Penggunaan rutin akan membuat kulit wajah menjadi lebih kencang.

Manfaat sirih merah memang sangat banyak, baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Penggunaan daun sirih merah juga sangat minim terhadap efek samping. Namun, jika tubuh anda menunjukkan gejala alergi, segera hentikan pemakaian daun sirih merah.

Bila anda berniat melakukan pengobatan alami dengan daun sirih merah, ada baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis. Selamat Mencoba!

Komentar disini