23 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Seledri

Kalimat.ID – Manfaat daun seledri, Seledri (Apium graveolens L.) ialah sayuran daun dan tumbuhan yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Negara Jepang, Tiongkok, serta Korea menggunakan bagian tangkai daun ini menjadi bahan makanan.

Daun seledri bukanlah daun yang asing lagi di masyarakat. Daun ini sering kali digunakan sebagai bahan makanan dan dikonsumsi secara langsung. Di Indonesia sendiri, tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajahan Belanda dan digunakan daunnya sebagai penyedap sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri yang paling lengkap ialah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, serta umbinya semua dimanfaatkan.

Apa saja manfaat daun seledri?

Namun tahukah kamu bahwa daun ini terkadang digunakan pula sebagai tananman obat? Realitanya, daun seledri sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Daun ini sudah digunakan menjadi tanaman obat sejak ratusan tahun lalu oleh bangsa romawi.

Penelitian secara ilmiah juga telah mendukung pengetahuan tersebut. Tidak hanya daunnya saja yang mempunyai khasiat, akar, buah dan biji seledri juga dapat digunakan sebagai obat.

Akar seledri ini berkhasiat memacu sebuah enzim pencernaan dan peluruh kencing (diuretik), buah ataupun bijinya sebagai pereda kejang (antispasmodik), lalu menurunkan kadar asam urat darah, antirematik, peluruh kencing, peluruh kentut (karminatif), dan afrodisiak, serta penenang (sedatif), Yuk kita bahas manfaat-manfaat dari daun seledri bagi kesehatan dan juga kecantikan!

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

daun seledri

Manfaat daun seledri bagi kesehatan sangatlah besar. Anda bisa menggunakan manfaat tersebut untuk mengobati beberapa penyakit seperti:

1. Kolestrol

Perlu kalian ketahui bahwa manfaat daun seledri salah satunya bisa membantu mengobati penyakit kolestrol. Seledri bermanfaat dalam menurunkan kadar kolestrol tubuh. Caranya cukup mudah, kamu cukup dengan mengonsumsi beberapa daun seledri secara rutin setiap hari. Maka, kadar kolestrol kamu juga akan berangsur-angsur turun.

2. Hipertensi

Daun seledri mengandung phtalides yang sudah terbukti bisa menurunkan tekanan darah hingga 14%. Senyawa ini yang berasal dari aroma unik dan dimiliki pada daun seledri. Maka dari itu, mengkonsumsi daun seledri setiap hari bisa bermanfaat menjaga tekanan darah agar lebih stabil.

3. Radang Otak

Perlu kalian ketahui bahwa selain dapat menurunkan kadar kolestrol dan juga tekanan darah, manfaat daun seledri juga sudah terbukti dapat menurunkan resiko terjadinya peradangan otak.

Seiring bertambahnya usia, resiko terjadinya radang otak cenderung semakin meningkat. Oleh karena itu, konsumsi daun seledri sebagai cara mengatasinya. Di dalam daun seledri mengandung luteolin yang ampuh menurunkan resiko radang otak.

4. Demam

Manfaat daun seledri berikutnya bisa mengobati demam, lho. Caranya cukup simple, kamu hanya perlu menumbuk daun seledri hingga halus, lalu oleskan atau taruhlah air hasil tumbukkan tersebut di kepalamu. Air tersebut memiliki kemampuan untuk mendinginkan, jadi bila kamu sedang terkena demam, kamu dapat memakainya sebagai penurun suhu tubuh Anda.

5. Gigi dan Tulang

Daun seledri dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang, karena di dalam daun seledri mengandung magnesium dan vitamin K kalsium yang paling baik untuk kesehatan gigi, tulang, dan sendi. Selain itu juga mengandung poliasetilen yang berkhasiat mengurangi nyeri yang bisa terjadi di sendi dan tulangmu.

6. Parkinson dan Stroke

Manfaat daun seledri lain ialah untuk mengobati penyakit Parkinson dan stroke. Sebuah penelitian di universityas Suzhou, china menyatakan bahwa manfaat sledri dapat menurunkan kerusakan yang bisa terjadi pada saraf penyebab penyakit stroke dan Parkinson.

7. Kanker

Kanker ialah penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang sebab bisa berujung pada kematian. Sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa seledri membuktikan bermanfaat melawan kanker pada ovarium. Karena seledri mengandung senyawa bersifat anti kanker, seperti misalya senyawa paliasetilen dan juga phthalides.

8. Insomnia

Insomnia memang paling dianggap sebagai masalah sepele, tetapi jika terjadi dengan terus menerus maka insomnia bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari kamu. Jika anda merasa kurang fit dan segar karena waktu tidur yang kurang, dan konsentrasi pun terganggu, maka bisa menggunakan manfaat daun seledri ini.

Di dalam daun seledri mengandung alkali, sehingga bisa menurunkan level stress dan menenangkan pada sistem saraf kamu, sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari.

9. Mengatasi Alergi

Ramuannya ialah dengan mengambil 2 batang seledri, serta 3 buah wortel ukuran sedang, dan juga 1 buah umbi bit ukuran sedang. Lalu cuci bersih dan dijus. Minum jus tersebut sekaligus pada waktu perut kosong. Lakukan dalam dua kali sehari.

10. Mengurangi sakit perut dan juga gangguan lambung

Ramuannya ialah dengan menyediakan 60 gram seledri yang segar, 1 ruas jari tangan jahe yang merah, serta sepotong gula aren. Caranya dengan merebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Sesudah dingin saring, airnya dan diminum sekaligus.

11. Meredakan batuk

Ramuannya ialah dengan mencuci 30 gram dari seledri segar, lalu memotong – motongnya. Dan rebus dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Sesudah dingin, saring. Jika suka, tambahkan madu dan menggunakan ramuan ini setiap dua kali minum, pagi dan sore.

12. Mengatasi mata kering

Ramuannya ialah dengan memakan daun seledri sebagai lalapan segar. Lakukan setiap hari.

13. Mengobati rematik

Ramuannya ialah dengan menyiapkan 30-40 lembar dari daun seledri, kemudain siram dengan air panas. Makan sebagai lalapan serta lakukan dalam dua kali sehari.

14. Menjaga kesehatan ginjal

Ramuannya ialah cuci satu ikat daun seledri hingga bersih lalu dipotong kecil-kecil dan direbus dalam air selama 10 menit. Sesudah itu didiamkan sampai dingin lalu saring daun seledri kemudian masukkan ke dalam botol bersih.

Simpan di dalam lemari es. Ramuan ini diminum 1 gelas dalam setiap harinya lalu akan terasa bagimana khasiatnya dari ramuan daun seledri ini sebab akan membuang kotoran dan juga racun yang menumpuk lewat air seni.

15. Stress

Dewasa ini, semua orang tentu pernah merasa stress. Padatnya aktivitas serta kurangnya rekreasi ialah salah satu dari banyaknya penyebab stress yang ada. Saat kamu merasa stress, maka akan sulit bagi kamu untuk berkonsentrasi.

Tahukah kamu bahwa daun seledri dapat membantu mengatasi stress? Karena di dalam daun seledri megandung magnesium. Magnesium ini bisa menghilangkan stress, maka karena itu bila kamu sedang merasa stress, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun ini.

16. Melancarkan pencernaan

Kandungan polisakarida yang berbasis pektin dalam daun seledri ini dapat membantu melancarkan pencernaan, lalu mencegah penyakit maag, memperbaiki pada lapisan lambung yang rusak serta menjaga kesehatan saluran pencernaan.

17. Meredakan nyeri haid

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi produk yang terkandung biji seledri dengan campuran sejumlah bahan lain, dan dapat mengurangi intensitas serta lamanya rasa nyeri yang dirasakan pada saat haid.

18. Mengusir nyamuk

Menurut penelitian, Dari gel pengusir nyamuk dengan sebuah kandungan ekstrak seledri dapat bertahan lebih dari 4 jam. Efektivitas seledri menggunakan campuran bahan anti nyamuk lainnya, lumayan tinggi dalam mengusir nyamuk.

19. Alzeimer

Penyakit alzeimer ialah penyakit yang semakin marak diderita oleh banyak orang yang telah berusia lanjut. Tahukah kamu bahwa daun seledri bisa membantu menghambat perkembangan penyakit alzheimer? Sebuah Penelitian yang dilakukan di Amerika telah terbukti bahwa di dalam seledri mengandung senyawa yang bisa melindungi sel-sel syaraf yang ada di dalam tubuh kamu.

Selain beberapa manfaat daun seledri di atas, daun ini juga diduga bisa membantu mengatasi sakit kepala, tidak nafsu dalam makan, kelelahan, serta melancarkan buang air besar. Seledri juga diyakini bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidur menjadi lebih nyenyak, sebab kemampuannya sebagai pelemas atau relaksasi otot.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan

daun seledri

Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun seledri juga bermanfaat untuk kecantikan. Mungkin bagi anda masih belum tahu bagaimana cara mengaplikasikannya. Untuk itu, manfaat daun seledri berikut ini bisa anda gunakan.

1. Diet

Bentuk tubuh yang ideal sudah pasti akan membuat kalian terlihat lebih cantik. Daun seledri juga memiliki manfaat yang bisa membantu proses diet kamu, lho! Faktanya, sudah dibuktikan bahwa dengan membuat jus dari daun seledri, kamu bisa menurunkan berat badan kamu. Ini disebabkan oleh kemampuan pada daun seledri dalam melarutkan lemak, sehingga berat badan juga bisa turun.

2. Menyehatkan Pertumbuhan Rambut

Selain bisa membantu melancarkan proses diet kamu, daun seledri juga berkhasiat dalam menyuburkan rambut, lho. Selain itu, daun seledri terkenal pula dapat menghitamkan serta mengurangi terjadinya pada kerontokan rambut.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi daun ini dalam setiap hari untuk mencegah kerontokan rambut, serta supaya rambut kamu terlihat lebih hitam dan sehat.

Caranya:
– Dengan mencuci 7-10 tangkai dari daun seledri hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus.
– Sesudah dikeramaskan, gosokkan tumbukan daun seledri pada kulit kepala dan rambut dengan merata sambil dipijat ringan.
– Setelah selesai, bungkus rambut menggunakan handuk selama kurang lebih 1 jam.
– Bilas rambut menggunakan air bersih. Lakukan dalam seminggu sekali.

3. Kulit Wajah

Daun seledri juga bermanfaat untuk kulit wajah kamu, lho. Hal ini sudah dibuktikan karena tidak sedikit dari produk kecantikan dengan menggunakan seledri sebagai salah satu bahannya.

Dengan meminum jus seledri dengan rutin, kamu dapat merasakan manfaat dari daun ini pada kulit kamu. Namun, kamu juga masih perlu merawat kulit kamu setiap hari supaya kulit tetap bersih dan juga terawat.

4. Keseimbangan

Terkadang, ada kondisi yang bisa membuat keseimbangan pada tubuh berkurang. Misalnya saat kamu baru saja sembuh dari diare. Daun seledri bisa membantu mengembalikan keseimbangan di dalam tubuh kamu.

Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan elektrolit yang ada di dalam daun seledri. Kandungan elektrolit ini bisa dibilang cukup tinggi, sehingga sangat efektif saat mengembalikan tubuh ke kondisi semula.

Cara Mengolah Daun Seledri

Tidak hanya digunakan menjadi bahan pelengkap masakan, daun seledri juga dapat diolah menjadi sebuah jus. Untuk membuat jus seledri, kamu bisa menambahkan berbagai bahan lain, misalnya bayam, buah pir, ataupun air perasan lemon.

Membuat jus seledri ini sangat mudah, hanya memotong kecil – kecil seledri dengan bahan lain, lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan dari air perasan lemon dan juga es batu. Kemudian saring jus yang telah diblender, sebelum kalian minum.

Selain sebagai campuran jus, seledri dapat pula disajikan sebagai minuman segar. Masukkan daun seledri dan juga daun ketumbar serta gula cair di dalam gelas. Tambahkan air perasan lemon ataupun soda, lalu tambahkan juga es batu.

Seledri juga dapat menjadi camilan yang sehat. Kamu cukup siapkan batang seledri yang segar. Potong dengan ukuran sedang, kemudian belah menjadi dua. Tambahkan dua sendok dari selai kacang pada batang seledri maka camilan seledri telah siap untuk dinikmati.

Tidak sulit mendapatkan berbagai manfaat daun seledri. Banyak sekali manfaat dari daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan. Selain itu, juga dapat dibuat jus seperti yang dijelaskan di atas. Kamu juga bisa mengolah seledri dengan berbagai macam cara sesuai selera.

Konsultasikan dengan dokter gizi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi seledri, terutama bila kamu mempunyai kondisi kesehatan tertentu. Segera periksa ke dokter, bila kamu mengalami reaksi alergi sesudah mengonsumsi seledri.

Komentar disini