24 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kalimat.ID – Manfaat daun salam memang tak dapat di hitung lagi banyaknya. Jenis tanaman herbal ini cukup familiar di masyarakat sebagai bumbu masak. Khasiatnya pun tak hanya sebatas bumbu masak saja.

Sebab daun salam dapat pula di buat menjadi obat. Nama latin daun salam ialah Syzygium polyanthum. Jenis daun ini juga tergolong menjadi daun herba. Tak hanya melezatkan setiap makanan, ternyata manfaat daun salam ini merambah di dunia kesehatan dan kecantikan.

Manfaat daun salam yang bisa kita ambil diantaranya melancarkan haid, menyembuhkan sakit perut, gejala rematik, minuman penyejuk, mengatasi sakit maag serta dapat digunakan untuk membasmi kecoa.

Bukan hanya itu saja, kita juga bisa menggunakannya untuk salep “rubefacient”, atau penghangat yang manaatnya menambah sirkulasi darah khususnya di bagian kulit. Buah tanaman ini dapat digunakan sebagai penyembuhkan fibroid rahim, sirosis dan juga nyeri sendi.

Manfaat daun salam lain ialah untuk menurunkan gula darah. Kandungan zat polifenol semacam antioksidan dalam ekstrak daun tersebut dipercaya oleh peneliti bisa menurunkan jumlah gula darah untuk orang yang mempunyai diabetes.

Zat ini juga mampu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik darah, sehingga mencegah terjadinya komplikasi penyakit jantung yang sering kali menyerang pada pasien dengan diabetes. Berikut ini lebih jelasnya.

A. Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Penyakit tertentu dapat di atasi dengan daun salam. Anda dapat menggunakan daun salam untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan perawatan seperti berikut.

1. Sebagai zat antijamur. Hal ini karena pada daun salam terdapat kandungan senyawa etanol yang manfaatnya sebagai antibakteri maupun antijamur.

2. Sebagai obat anticacing. Metanol yang ada pada daun salam khasiatnya sebagai anticacing.

3. Mengatasi masalah pencernaan. Jika anda mengalami masalah pada system pencernaan, maka bisa mengibatinya dengan daun salam ini. Cara membuatnya dengan mencampur daun salam, gula dan lemon kemudian direbus. Minum rebusan airnya.

4. Menjaga kesehatan mata. Anda juga bisa menambahkan pada makanan anda daun salam ini agar bisa berefek menyehatkan mata.

5. Menyembuhkan infeksi pada ginjal sekaligus mencegah resiko batu ginjal. Didihkan air dan masukkan daun salam. Kemudian minumlah air rebusannya secara rutin.

6. Mengurangi rasa nyeri pada tulang. Rasa nyeri yang anda alami juga bisa di atasi dengan daun salam. Selain itu, keseleo, rheumatik, dan juga arthritis pada sendi bisa di atasi karena didalamnya mengandung senyawa antiinflamasi.

7. Menyembuhkan migrain. Ada kandungan partenolida pada daun salam yang bisa menyembuhkan migrain. Konsumsi rebusan dari daun salam dengan rutin agar sakit kepala sebelah anda dapat di atasi.

8. Menjaga kesehatan rambut. Cara mengatasinya dengan mencampur daun salam, kemiri dan minyak zaitun lalu memanaskannya. Setelah beberapa menit anda dapat memakinya untuk dioleskan langsung pada kulit kepala ketika hangat.

9. Memperlambat kemunculan uban dikepala. Selain digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, anda juga dapat memanfaatkannya untuk memperlambat kemunculan uban.

10. Manfaat Daun Salam Bagi Program Diet
Untuk anda yang sedang melakukan program diet, sangat disarankan untuk menggunakan daun salam ini. Hal ini sudah dibuktikan pada tulisan Times of India, menyatakan jika mengunyah beberapa helai daun salam akan membantu mengurangi kandungan lemak.

Cara memanfaatkan daun salam ini bisa dilakukan dengan merebus air 1 liter. Tambahkan kayu manis bubuk 1 sdm, dan daun salam 6 helai. Anda juga dapat memasukkan madu murni 1 sdm. Setelah perebusannya cukup, konsumsi air rebusannya setiap pagi sebelum makan.

11. Manfaat Daun Salam untuk Penderita Diabetes
Daun salam yang dikonsumsi setiap hari bisa bermanfaat pada fungsi glukosa serta lipid untuk pasien diabetes tipe 2.

Hal ini telah diungkapkan pada penelitian yang menyatakan jika efek hipoglikemik dari daun salam kerap dihubungkan pada munculnya minyak esensial sekaligus fitokimia di dalamnya. Dan kedua zat tersebut mampu membantu metabolisme insulin dalam tubuh bagi penderita diabetes.

Berdasarkan riset Clinical Biochemistry & Nutrition, menyatakan jika kandungan polifenol pada daun salam mampu menghasilkan kinerja potensiasi insulin, sehingga bisa membantu mengatur glukosa dengan baik.

12. Manfaat Daun Salam Bagi Penderita Asam Urat
Selain masalah diabetes, daun salam juga bisa menyembuhkan asam urat. Untuk melakukannya, anda dapat merebus 25 helai daun salam pakai 200 ml. Setelah airnya sisa sebagian, anda daoat meminum pagi dan sore dengan teratur.

B. Khasiat Daun Salam Kering

Pada daun salam yang sudah dikeringkan juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Selain bisa dimanfaatkan ketika masih segar, daun salam juga dapat dijadikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk memanfaatkannya, anda perlu membuat teh dari daun kering. Inilah beberapa manfaat daun salam yang telah kering kering kesehatan tubuh.

1. Melancarkan Pencernaan
Daun salam ternyata juga bisa dijadikan untuk mengatasi masalah pada pencernaan dalam tubuh. beberapa masalah tersebut seperti sembelit, mulas atau perut kembung. Campurkan daun salam kering tersebut dan rebus hingga berubah warna. Setelah itu konsumsi rebusannya secara teratur.

2. Meredakan stres. Terdapat kandungan zat linalool pada daun salam yang bermanfaat mengurangi kinerja hormon stres. Saat sesesorang sedang lelah, panik, atau gelisah, anda dapat membau aroma teh dari daun salam kering dan dapat dijadikan sebagai aromaterapi.

3. Mengurangi gejala demam, flu, maupun infeksi. Kebanyakan seseorang memanfaatkannya sebagai penguat kekebalan tubuh.

4. Menambah Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik. Cara melakukannya ialah dengan mengkonsumsi atau menghirup teh yang terbuat dari daun salam. Fungsinya ialah bisa menenangkan pikiran sehingga membuat tidur anda menjadi berkualitas.

5. Penyembuhan hidung yang mimisan. Untuk perawatan ini, anda perlu menghaluskan daun salam kering setelah itu dijadikan sebagai teh.

6. Steam wajah bagi kulit lelah. 5 helai daun salam kering direbus pakai air 2 gelas sampai mendidih. Gunakan uapnya sebagai facial steam.

C. Manfaat Campuran Daun Salam, Sereh, dan Jahe

Anda bisa menggunakan campuran ketiga bahan tersebut untuk menyembuhkan sakit maag, perut kembung, dan hilangnya nafsu makan. Caranya melakukannya cukup mudah. Masukkan daun salam 5 helai, jahe 1 ruas, dan sereh 1 batang kedalam 200 ml air. Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan pula madu.

D. Manfaat Campuran Daun Salam dan Daun Sirsak

Selain bisa di campur dengan sereh dan jahe, ternyata ramuah daun salam juga bisa dikombinasikan dengan daun sirsak. Beberapa manfaat daun salam yang bisa kita ambil setelah mengkombinasikan keduanya ialah:

1. Mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.
2. Mencegah terjadinya asam urat.
3. Menyembuhkan eksim
4. Menjaga resiko diabetes
5. Menyembuhkan rematik
6. Menjaga kualitas tidur seseorang
7. Menjaga keremajaan kulit
8. Menyembuhkan wasir
9. Memaksimalkan kinerja jantung
10. Menghindari resiko kanker
11. Menjaga kesehatkan organ ginjal
12. Menyembuhkan sembelit
13. Menambah kekebalan tubuh seseorang
14. Mengurangi tekanan darah yang tinggi

E. Manfaat Daun Salam Dibakar

Selain bisa dimanfaatkan ketika daun salam masih segar atau kering, ternyata anda juga bisa mengolahnya dengan cara membakarnya. Manfaat daun salam bakar bagi tubuh ialah bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, menyembuhkan diabetes, sakit maag, kencing manis, maag, serta menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Cara Membakar Daun Salam Untuk Diambil Asapnya

Untuk melakukannya cukup mudah. Anda hanya perlu membakar daun salam selama 10 menit. Bau menyengat daun salam tersebut akan membuat pikiran dan tubuh anda semakin lebih baik. Ini dia khasiat daun salam bakar bagi kesehatan tubuh seseorang:

1. Mengurangi Kecemasan

Sudah sejak lama daun salam yang dibakar dijadikan sebagai penghilang kecemasan. Hal ini karena adanya kombinasi linalool pada daun salam sehingga menciptakan asap dan ketika dihirup akan membuat orang tersebut merasa tenang.

2. Asapnya Dapat Menciptakan Ketenangan

Studi American Association of Anesthetists telah menemukan jika zat kimia linalool mampu mengurangi kecemasan sekaligus menambah interaksi bagi siapa yang menghirupnya.

3. Meningkatkan Kewaspadaan

Bukan hanya bermanfaat untuk menenangkan pikiran saja, ternyata asap tersebut juga dapat menambah kewaspadaan seseorang. Sehingga banyak yang menggunakan daun salam ini untuk menyembuhkan kelelahan kronis.

Selain itu, kandungan bahan kimia pada daun tersebut seperti pinene, cineol, ataupun elemicin bisa menghilangkan kelelahan anda dan memberi dorongan energi menyenangkan ketika anda menghirup asap pembakaran daun salam.

4. Meningkatkan Focus

Memang asap pembakaran daun salam bisa memberi rasa tenang dan meningkatkan kesadaran seseorang. Sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai dupa ketika bermeditasi.

Meskipun tak ada penelitian yang resmi, namun banyak yang sudah menghubungkan asap daun salam terhadap praktik meditasi menjadi lebih fokus. Sementara daun salam dikuil yang sudah lama dibakar hingga berabad abad bisa meningkatkan fokus ketika sedang melakukan doa atau bermeditasi.

5. Baik Untuk Pernapasan

Manfaat daun salam juga bisa digunakan dalam aromaterapi untuk mengatasi masalah kesehatan ringan seperti pilek dan membunuh bakteri dalam saluran pernapasan. Daun ini mempunyai efek merelaksasi pikiran yang bisa mengurangi peradangan pada pernapasan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Ketika seseorang merasakan kecemasan, maka secara otomatis otak akan mengaktifkan respons guna melawan atau bahkan menghindar. Hal tersebut berdampak bagi kinerja organ jantung anda.

Sehingga organ jantung anda akan berdetak lebih kencang yang membuat otot pun semakin tegang. Sedangkan kandungan asam kafeat pada daun salam mampu menambah kesehatan organ jantung. Apalagi senyawa tersebut dapat bermanfaat untuk antioksidan sehingga bisa menjaga dari resiko peradangan.

Inilah salah satu manfaat daun salam untuk kesehatan jantung.

Cara Pembakaran Daun Salam:
– Langkah pertama, sediakan wadah untuk pembakaran daun salam misalnya mangkuk. Kemudian bakarlah daun salam kering selama 10 menit
– Setelah itu, hasil pembakaranya bisa anda taruh di mangkuk yang sudah anda siapkan tadi.
– Setelah itu, anda perlu menaruhnya di mangkok dan masukkan kedalam wadah
– Untuk menghirupnya, anda dapat menghirup asapnya sambil rebahan.
– Pada daun salam terbakar akan melepaskan zat-zat aromatik sehingga bisa meningkatkan tenaga dan memulihkan badan karena kelelahan.

Itulah deretan manfaat daun salam yang dapat kita ambil. Meskipun tumbuhan ini sudah hampir punah, namun kita harus menjagangnya. Harus anda tahu, sebenarnya bahan alami ini hanya bersifat alternatif. Normalnya hal ini hanya untuk mendampingi sebuah medikasi profesional.

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia