21 Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan & Kesehatan

Manfaat Daun Bidara

Kalimat.ID – Manfaat Daun Bidara – Bidara ialah suatu tumbuhan yang bermanfaat sekali untuk seluruh umat manusia, bidara tergolong tumbuhan semak yang gampang sekali tumbuh dimana-mana.

Tumbuhan bidara juga memiliki asal mula sendiri, daun bidara bermula dari kawasan asia timur. Pohon bidara merupakan suatu tanaman yang dibahas dalam al-qur’an. Dalam al-qur’an menerangkan sesungguhnya tumbuhan bidara tersebut memiliki manfaat dalam jumlah yang sangat banyak untuk manusia.

Tumbuhan yang ada di muka bumi ini sangat bermacam-macam sekali. Diawali dengan tumbuhan kelas rendah hingga kelas tinggi. Tumbuhan kelas rendah merupakan tumbuhan yang masih belum mempunyai alat pembuluh serta alat perkembangannya tidak melalui biji.

Tumbuhan kelas rendah memiliki berlimpah khasiat atau manfaat untuk manusia serta lingkungan disekitar. Tumbuhan kelas tinggi ialah merupakan lawan atau kebalikan dari tumbuhan tingkat rendah seperti alga-algaan yang umumnya dipakai untuk bahan pembikin agar-agar.

Tumbuhan kelas tinggi juga mempunyai berlimpah manfaat yang jumlahnya tidak bisa dihitung. Jadi, banyak sekali manfaat daun bidara ini yang akan dipaparkan pada penjelasan dibawah ini:

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan

1. Memandikan Jenazah

Manfaat daun bidara yang pertama ialah untuk memandikan jenazah. Semua kegiatan sehari hari umat islam sudah di atur lengkap dalam kitab Allah. Salah satunya tentang aturan memandikan jenazah.

Terdapat hadis yang menyatakan jika memendikan jenazah sebaiknya memakai air yang dicampur daun bidara. Pada daun tersebut terkandung bahan alami yang mampu membersihkan kotoran.

Jika daun bidara dihancurkan kemudian di masukkan kedalam air, maka akan menghasilkan busa. Dengan begitu anda bisa memakainya untuk memandikan jenazah.

2. Menghilangkan Gangguan Sihir dan Jin

Selanjutnya manfaat daun bidara lainnya ialah bisa di pakai dalam ruqyah. Penggunaan daun bidara ini dipergunakan dalam ruqyah syar’iyyah saat menyembuhkan dari gangguan jin atau sihir-sihir oleh para ahli sihir ataupun dukun.

Telah disarankan oleh tabi’in ahli kedokteran beliau Wahb bin Munabih agar menggunakan 7 helai remukan daun bidara. Setelah daunnya di haluskan baru dicampurkan pada air putih sambil membaca surah alkafirun, ayat kursi, surah Al Ikhlas, AN Nas dan Al Falaq, (diriwayatkan oleh Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13).

Sesudah membacakan ayat alquran tadi, baru minumkan air campuran daun bidara. Dan sisakan untuk digunakan mandi.

3. Menghilangkan Gangguan Akut

Jika mengalami gangguan sihir atau jin sangat parah, alangkah baiknya jika bersabar terhadap semua masalah tersebut dan berusaha dalam pengobatan. Salah satunya dengan daun bidara ini.

Ulama Arab Dr. Said bin Ali bin Wahf Al-Qahtani Rahimahullah juga menelaskan tentang metode pengobatannya. Tertulis pada judul Ad-Du’a wa Yalihi Al-Ilaj bi Ar-Ruqo Halaman 35.

– Langkah pertama hancurkan daun bidara lalu campur dengan air
– Kemudian setelah dicampur, bacakan doa atau ayat-ayat seperti: Baca ta’awudz, Al-A’raf (117-122), ayat kursi, surah Yunus (79-82), surah Taha (65-70). Bisa juga surat pendek seperti (surah Al Kafirun, An Nas, Al Ikhlas, dan Al Falaq).
– Selanjutkan minumkan lebih dari 3 kali.
– Sisa air tersebut pakailah untuk mandi.
– Cara ini bisa dilakukan sampai pengaruh jin atau sihir telah hilang.

4. Menghilangkan Rumah Angker dari Gangguan Jin

Untuk membersihkan rumah angker dari gangguan jin, bisa dilakukan dengan membacakan 1 surah utuh surah Al Baqarah. Hal ini sudah dijelaskan dalam hadist Nabi, diriwayatkan Abu Hurairah RA. Maksud dari hadis tersebut ialah “Janganlah kalian menjadikan rumah seperti kuburan. Sebenarnya setan akan melarikan diri jika rumah tersebut dibacakan ayat alquran surah Al-Baqarah.”

Jadi, bukan hanya membacakan surat Al-Baqarah saja, melainkan juga diberikan campuran tumbukan daun bidara yang dicampur air (sudah dibacakan doa atau ayat untuk ruqyah).
Selanjutnya air bidara dipercikkan di sudut rumah maupun bagian lain yang banyak gangguannya.

5. Digunakan untuk Mandi Setelah Haid

Proses haid itu sendiri ialah keluarnya darah kotor melalui vagina dalam siklus bulanan perempuan remaja sampai masa menopause. Masalah haid selain membuat perut kram juga menghasilkan bau menyengat.

Nah, manfaat daun bidara ini dapat kalian gunakan sebagai campuran air untuk mengatasinya. Pada hadis diatas dijelaskan supaya wanita menggunakan daun bidara untuk mensucikan diri sesudah haid.

6. Mengatasi Haid Tidak Lancar

Bagi wanita, haid ialah suatu keniscayaan sebab merupakan sunnatullah. Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda. Ada yang lancar setiap satu bulan sekali bahkan ada yang tak lancar. Untuk mengatasi siklus yang tidak normal itu, anda bisa memanfaatkan daun bidara sebagai obat herbal lalu minum dengan rutin.

Insyaallah dengan kerutinan meminum ini disertai kesabaran, masalah haid kamu akan terselesaikan.

7. Mengobati Luka Pada Tubuh

Daun bidara juga bisa mengobati luka pada tubuh. Beberapa luka yang bisa disembuhkan seperti luka karena terbakar, terkena goresan, bahkan lainnya agar lebih cepat kering.
Sebab didalamnya ada suatu zat yang dapat membantu menghentikan pendarahan sampai luka cepat sembuh.

8. Mencegah Diabetes

Saat ini penyakit yang mematikan banyak sekali. Salah satunya adalah diabetes. Jenis penyakit ini bukan Cuma bisa menyerang orang tua saja melainkan juga orang muda sekalipun. Untuk mengatasinya, bisa mencoba ramuan dari bahan daun bidara guna menurunkan jumlah gula pada darah.

Agar hasilnya lebih baik, disarankan mengkonsumsi setiap hari disertai doa. Sebab daun bidara Cuma perantara saja, dan penyembuh yang hakiki hanyalah Allah.

9. Mengobati Demam

Masalah lain yang bisa disembuhkan dengan daun bidara ialah demam. Cara mengkonsumsi juga sama dengan cara diatas. Jadi, jika ada yang alami, tentu patut dicoba.

10. Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker dan tumor termasuk kedua jenis penyakit yang saling berkaitan. Setelah tumor jinak tak bisa disembuhkan, maka akan berubah jadi penyakit tumor ganas atau disebut sebagai kanker.

Kedua penyakit ini bisa menjadi salah satu penyebab banyaknya kematian manusia. Solusi mudahnya adalah dengan mengkonsumsi daun bidara sebagai cara mencegah pertumbuhan tumor sekaligus sel-sel kanker pada tubuh anda.

11. Menjaga Kesehatkan Lambung

Lambung adalah salah satu bagian vital pada tubuh kita. Kegunaan lambung ialah sebagai tempat tampungan dan pengolahan makanan ketika akan di teruskan kedalam usus. Jika lambung tersebut bermasalah, akan mengakibatkan banyak masalah khsusunya pada kinerjanya terkait pengoalahan makanan.

Beberapa penyakit yang akan dialami ialah maag, asam lambung, bahkan penyakit kanker. Sebagai solusinya, anda bisa mengkonsumsi ramuan dari daun bidara rutin untuk menghindari masalah pada lambung.

12. Mengatasi Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi para lelaki. Masalah itu bisa membuat siapa saja yang mengalami merasa depresi. Sebagai obatnya, pasien bisa membuat ramuan dari daun bidara maupun daun kelor. Sebab salah satu manfaat kedua daun tersebut adalah mengatasi disfungsi ereksi.

13. Menghilangkan Depresi

Di era modern sekarang ini, depresi sering dialami oleh seseorang sebab banyaknya tuntutan dalam kehidupan. Untuk itu gejala depresi perlu di tangani secara serius agar tak memicu munculnya penyakit lain. Untuk itu, anda dapat menggunakan manfaat daun bidara dalam menyembuhkan depresi.

Terdapat kandungan zat yang bisa membuat saraf terasa rileks serta melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, pikiran dan tubuh akan merasa tenang kembali sehingga depresi bisa membaik dengan cepat.

14. Mengatasi Dahaga

Anda juga bisa mengambil manfaat daun bidara sebagai penghilang dahaga dan menjadikannya sebagai sirup. Konsumsi sirup tersebut sebagai minuman penyegar serta penghilang dahaga ketika siang hari. Karena sirup ini asalnya dari tanaman herbal, insyaallah aman jika diminum untuk semua orang.

15. Menambah Nafsu Makan

Berkurangnya nafsu makan termasuk masalah serius yang perlu di atasi. Karena bisa saja kondisi badan kita yang kurang makan ini akan memicu terserngnya penyakit. Salah satu manfaat daun bidara adalah bisa menambah nafsu makan baik untuk anak anak atau orang dewasa sekalipun.

Karena itulah banyak ramuan tradisional atau kapsul berbahan tradisional dari daun bidara. Anda pun dapat memanfaatkannya sebagai pengganti daun bidara fresh untuk dikonsumsi.

16. Menyembuhkan Wasir

Mengalami masalah wasir adalah hal yang mengganggu dan menyakitkan. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan ramuan dari daun bidara ini. Cara memanfaatkannya ialah dengan mengkonsumsi rebusan dari daun bidara atau dengan mengaplikasikannya secara langsung daun bidara yang sudah dibersihkan. Kemudian bisa membasuh anus yang bengkak dengan air rebusannya.

17. Mengatasi Masalah Tidak Bisa Tidur

Khasiat lain dari daun bidara ini adalah bisa mengatasi masalah insomnia. Cara menggunakannya ialah dengan menjadikannya sebagai teh. Pada teh daun bidara tersebut terkandung zat saponin yang bisa membuat anda merasa tenang serta bisa mengatasi gangguan tak bisa tidur sekaligus bisa menjaga kualitas tidur seseorang.

Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan

1. Bermanfaat Bagi Kecantikan Wajah

Punya wajah cantik dan halus termasuk idaman setiap wanita. Selain cantih, sehat pun juga dibutuhkan. Untuk itu, gunakan masker berbahan dasar daun bidara ini untuk wajah anda.

2. Menyembuhkan Jerawat

Manfaat daun bidara yang lainnya ialah menghilangkan jerawat. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu membuat masker dari daun bidara dan menjadikannya sebagai masker alami secara rutin. Sebagai pengganti jika tidak menemukannya, anda bisa memanfaatkan putih telur sebagai masker.

3. Menguatkan Rambut

Mahkota wanita adalah rambut. Karena itulah penting menjaga kesehatan rambut dan selalu menjaga agar tetap indah. Salah satu masalah yang sering dialami pada rambut adalah rambut rontok.

Jika dibiarkan begitu saja, kerontokan bisa membuat rambut rontok.
Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan daun bidara. Caranya dengan mencampur tumbukan daun bidara dengan air. lalu mengoleskannya pada kulit kepala sampai ke akarnya.

Manfaat Daun Bidara Untuk Dikonsumsi

1. Dijadikan Sebagai Manisan

Manfaat daun bidara juga bisa di jadikan sebagai makanan. Di wilayah Nusa Tenggara Timur telah menjadikan daun bidara ini untuk manisan. Hal itu disebabkan banyaknya ditemukan pohon bidara di wilayah tersebut tumbuh secara liar.

Tak hanya dijadikan untuk manisan saja, daun bidara ini juga banyak dikonsumsi oleh lebah madu. Sebab itulah lebah madu yang mengkonsumsinya menghasilkan madu yang khas yang dikenal sebagai Madu Sidr.

Itulah beberapa manfaat daun bidara bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk menggunakannya, pastikan agar daun bidara dibersihkan terlebih dahulu agar lebih higenis.

Masih ada banyak manfaat lain dari daun bidara yang bisa kita ambil baik untuk kesehatan dan juga bagi kecantikan. Karena itulah anda bisa menanam pohon daun bidara ini di sekitar rumah agar bisa memanfaatkannya setiap waktu. Semoga bermanfaat.

Komentar disini