Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Cuka Apel

Kalimat.ID – Manfaat Cuka Apel, Sari cuka apel atau bisa disebut dengan apple cider vinegar ini mempunyasi sejarah yang menarik dalam penggunaan sebagai obat rumahan. Maanfaat cuka apel dipercaya bisa untuk mengobati berbagia penyaki. Mulai dari penyakit varises sampai penyakit sakit pada tenggorokan.

Seperti halnya daun seledri, cuka apel ini juga sama bermanfaatnya untuk pengobatan pada kesehatan dan kecantikan untuk para wanita. Para peneliti sudah mulai melihat tentang manfaat cuka apel ini, karena dalam beberapa tahun ini mereka membuat sebuah penelitian yang lebih mendalami manfaat dari cuka sari apel.

Cuka apel ini sebenarnya adalah jus apel yang ditambahkan ragi sehingg bisa mengubah gula buah menjadi sebuah alkohol, dan pada akhirnya cuka apel ini adalah hasil fermentasi. Dilansir oleh Web MD pada tangga 18/12/2018, bahwa yang memberikan cuka rasa asam serta aroma yang menyengat merupakan bakteri yang mengubah alkohol menjadi asam asetat.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan

Efektivitas pada cuka apel sebagian besarnya bergantung pada asam buah yang dikandungnya, yakni asam malat dan asam asetat. Berikut ini adalah manfaat cuka apel untuk perawata wajah yang bisa anda gunakan sehari-hari dirumah!

1. Dapat Mencerahkan Bekas Luka dan Kulit

bekas luka

Menurut healthline, cuka apel apabila langsung diterapkan untuk kulit, sebagian asam organik dalam cuka sari apel telah ditemukan dan terbukti bekeja. Pengelupasan kimia merupakan proses menerapkannya asam organik pada kulit. Manfaat asam yang dapat menghilangkan kulit luar yang rusak dan mempercapat regenarasi kembali.

Oleh karena itu, peeling kimia oleh asam sukinat sudah dapat membuktikan dan mencegah dari peradangan dengan penyebabnya adalah bakteri jerawat, serta bisa membantu mencegah jaringan parut.  Pada asam laktat juga bisa memperbaiki pigmentasi, tekstur, dan tampilan pada kulit individu dengan bekas jerawat superfisial. Studi juga menunjukkan bahwa asam organik ini membuktikan hasil yang menjanjikan.

2. Dapat Mengencangkan Kulit

awet muda

Cuka sari apel dapat anda gunakan untuk perawatan kulit bisa dipakai untuk cuci muka, toner, dan perawatan kulit lainnya. Dengan menggunakan cuka apel sebagai toner bisa membantu mengencangkan kulit, melindungi dari serangan yang berbahaya pada wajah, serta dapat mengencangkan sel-sel kulit yang bisa membantu mencegah keriput dan memperkuat kulit. Pada penggunaan cuka apel jangan langsung anda kenakan pada kulit karena dapat menimbulkan luka bakar.

3. Mengatasi Masalah Jerawat pada Wajah

jerawat

Cuka memang sudah terkenal dengan kemampuannya yang dapat membunuh banyak bakteri serta virus. Dan ini telah terbukti bisa mengurangi beberapa virus dan bakteri di angkah 90-95 persen.

Perlu anda tahu, bahwa bakeri yang ada pada perkembanga jerawat adalah Propionabacterium acnes. Sebagian orang telah membuktikan bahwa dengan menggunakan cuka apel ini dapat menghilangkan jerawat. Pada sebuah penelitian bahwa menggunakan cuka apel kemungkinan bisa mengendalikan jerawat pada wajah, namun penelitian ini perlu dikaji kembali

Itulah manfaat cuka apel untuk perawatan wajah dan apabila anda mengalami masalah jerawat pada wajah, cuka apel ini bisa menjadi sebuah solusi terbaik dengan kandungannya yang bisa mencegah perkembangan bakteri pada wajah yang berjerawat tersebut.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Pada cuka apel, selain untuk perawatan wajah dan menghilangkan jerawat, ternyata cuka apel ini bisa sangat berkhasiat untuk kesehatan pada tubuh anda. Bahkan, cuka apel ini diincar untuk mencari khasiat didalamnya oleh para masyarakat.

1. Mengelola Kadar Gula dalam Darah

gula darah

Cuka apel dapat mengelola dan mengatur kadar gula dalam darah. Ini merupakan manfaat cuka apel yang sangat dikenal oleh masyarakat terutama pada penderita diabetes. Dalam penelitian yang ada dijurnal Diabetes Care mengungkapkan bahwa bisa meningkatkan sensitivitas insulin, terutama bagi anda yang sering mengkonsumi makanan yang berkarbohidrat tinggi. Perlu anda tahu, bahwa kadar gula dalam darah ini sangat harus di perhatikan oleh anda.

Pada saat anda meminum cuka apel sebelum makan, cuka apel itu akan memperlambat pelepasan gula pada darah dari makanan itu. Proses ini bisa mencagah anda dari sugar rush, sugar rush ini merupakan suatu kondisi kadar gula dalam darah melonjat dengan tiba-tiba setelah mengkomsumi makanan yang karbohidratnya tinggi.

Dalam sebuah penelitian bahwa manfaat dari cuka apel dapat meningkatkan sensifivitas insulin dapat orang yang mengalami diabetes melitus tipe 2 hingga 19 persen dan orang yang mengalami pradiabetes 34 persen. Cobalah anda untuk mengkonsumsi cuka apel 2 sendok sebelum tidur, karena dikatakan bisa menurunkan kadar gula orang mengalami diabetes melitus tipe 2 pada pagi hari sebanyak 6 persen.

Meskipun anda sudah tahu dengan khasiat cuka apel ini untuk mengelola dan mengatur kadar gula dalam darah terutama pada orang yang mengalami diabestes. sebaiknya mengatur hidup dengan pola sehat untuk anda jalankan lebih diutamakan ketimbangkan anda selalu mengkonsumsi cuka apal setiap hari. Serta para dokter juga tidak menyarankan obat diabetes ini diganti dengan cuka apel. Sebaiknya juga anda bekonsultasi terus dengan dokter dalam penggunaan cuka apel.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

berat badan

Manfaat cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan bagi anda yang ingin diet. Dari webMD seorang ahli gizi mengungkapkan cuka apel ini memungkinkan mempunyai pengaruh terhadap turunnya berat badan. Dalam penelitian telah dipelajari efek dari cuka apel terhadap kesehatan dan telah menemukan bahwa apabila cuka apel dikonsumsi bisa menurunkan berat bada sekalipun itu dalam jumlah yang sedikit.

Dalam penelitian untuk menurunkan berat badan, anda diminta untuk mengkonsumsi cuka apel dua sendok makan sebelum makan besar dengan rutin selama 4 minggu. Namun para ahli untuk menurunkan berat badan tetap menyarankan untuk menjaga pola makan yang sehat dengan olahraga serta anda tidak diminta untuk menurunkan berat badan hanya dari cuka apel saja.

3. Mengatasi dalam Masalah Diare

sakit perut
Image by: hellosehat.com

Manfaat yang ketiga dari cuka apel yakni bisa mengatasi diare. Fermentasi dalam apel yang mempunyai kandungan senyawa pektin ini bisa mendukung dan membantu pertumbuhan baik dalam usus. Adanya bakteri baik dalam usus sangat baik untuk pencernaan karena bisa melancarkan pada saluran cerna dan mencegah peradangan pada orgna cerna. sifat antibiotik yang alami pada cuka apel dengan fungsi dapat menghancurkan bakteri Salmonella dan E. coli. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Kedua bakteri diatas merupakan penyebab utama diare. Dengan cuka apel yang mempunyai antibiotik alami menurut sebagian peneliti menyimpulkan mengatasi diare akibat infeksi bakteri ini sangat efektif. Adapula sebagian bukti penelitian menunjukkan cuka apel bisa memperhambat proses pencernaan sampai memberikan waktu feses untuk dapat mengeras sebelum dikeluarkan. Cuka apel yang organik, tidak disaring dan mentah ini adalah jenis cuka apel yang disaranakan untuk mengobati diare secara alami. Biasanya,cuka apel seperti ini berwarna keruh dan ada serat – serat halus di dalamnya.

Sekalipun ada peneliti yang menyimpulkan bahwa cuka apel ini efektif namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Karena, cuka apel yang diproses fermentasi menghasilkan asam asetat. Asam asetat ini pada beberapa orang bisa menyebabkan sakit perut dan bahkan memperparah diare.

4. Menyembuhkan Sembelit, Asam Lambung, Maag

sakit perut

Cuka Apel yang mempunyai sifat membatasi penyerapannya karbohidrat, jadi beberapa karbohidrat dan pati tidak tercerna setelah itu akan menjadi makanan untuk bakteri baik yang ada di sistem pencernaan anda. Anda juga disarankan dalam mengkonsumsi cuka apel disaring terlebih dahulu. Karena biasanya cuka apel ini warnanya coklat keruh dan apabila didiamkan akan ada ampas pada dasar botol.

The Mother adalah sebutan untuk ampas ini karena ampas kaya dengan bakteri – bakteri baik dan probiotik yang mempunyai peran menyehatkan saluran cerna. Pada jenis cuka apel ini bisa membantu kerja sistem imun dan pada sebagian orang dapat mencegah sembelit semakin parah. Bukan hanya itu saja, mengkonsumsi cuka apel juga bisa membantu dalam mengatasi gangguan asam lambung serta maag, namun ini juga tergantung dari masing – masing orang tentang penyebab adanya maag tersebut.

5. Sebagai Obat Psoriasis Alami

Psoriasis
Image by: hellosehat.com

Manfaat cuka ini memang digunakan untuk mengawetkan makanan namun dengan berkembangnya zaman manfaat cuka ini ditemukan sebagai obat psoriasis alami. Karena cuka apel mempunyai sifat antiseptik yang bisa membantu dalam mengurangi iritasi dan gatal yang disebabkan oleh psoriasis. Manfaat cuka apel dengan pemakaian teratur kemungkinan bisa mengalami adanya penurunan dari gejala psoriasis.

6. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

jantung

Apabila anda mengkonsumsi cuka apel dengan teratur bisa menurunkan kadar lemak dalam darah atau lipid. Kadar lipid yang turun bisa membantu mencegah penyakit jantung, hal itu merupakan salah satu faktor yang menyebabkan disfungsi ereksi atau impotensi pada laki – laki.

Namun dalam manfaat cuka apel sebagai mengatasi masalah gejala pada penyakit disfungsi ereksi masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut. Oleh sebab itu, cuka apel ini tidak bisa menjadi obat utama dan anda juga harus berhati – hati dan bijak dalam pengobatan cuka apel secara alami.

Komentar disini