manfaat buah tin
Figs with nut and honey cheese. Shallow dof

Kalimat.ID – Manfaat Buah Tin, Satu ons dari buah tin atau ara kering memiliki 3 gram serat. Serat dapat membantu meringankan sembelit dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Buah ara adalah sumber kalsium yang baik, yang dapat menangkal osteoporosis serta masalah kesehatan lainnya.

Di negara India, buah-buahan kering merupakan pilihan yang populer ketika datang ke kudapan setiap hari. Daging kenyal dengan rasa manis alami, tidak hanya suguhan untuk digigit tetapi juga memberi Anda nutrisi.

Baik itu kismis, kurma, mangga dan beri kering, ada banyak pilihan untuk dipilih dan dicocokkan dengan penguat kesehatan lainnya seperti kacang-kacangan dan biji-bijian untuk camilan bebas rasa bersalah.

Dari jumlah tersebut, satu buah kering yang menonjol karena khasiat manfaatnya bagi kesehatan yang luar biasa adalah anjeer atau ara, anggota keluarga mulberry.

Lonceng kecil atau buah berbentuk pir umumnya tersedia dalam bentuk kering sepanjang tahun, tetapi seperti kata pepatah, tidak ada yang seperti segar. Dagingnya berair manis yang sarat dengan biji renyah adalah sebuah kenikmatan mutlak, terutama ketika anggur rebus atau dipanggang, dan ditaburi dengan sedikit madu di atasnya.

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh

Sementara pada buah segar memiliki skor tinggi pada rasa alami, anjeer atau buah tin kering cocok dengan kita untuk menjadi camilan sehat yang mudah kapan saja. Buah tersebut memiliki konsentrasi vitamin, mineral dan antioksidan yang lebih tinggi, mudah tersedia, dan juga dapat digunakan untuk membuat mithais, halwas, selai dan pengawet lainnya.

1. Manajemen berat badan

Karena buah ara merupakan sumber serat yang baik, penelitian telah menemukan bahwa mereka dapat membantu dalam pengelolaan berat badan karena makanan serat tinggi memiliki dampak positif. Serat membentuk bagian penting dari diet harian kita.

Tidak hanya serat yang baik untuk sistem pencernaan kita, serat ini juga dikaitkan dengan berkurangnya risiko kanker dan diabetes tipe 2. Pakar kesehatan akan memberi tahu Anda bahwa makanan dengan serat tinggi membuat seseorang merasa kenyang dan kenyang lama, itulah sebabnya makanan tersebut mudah masuk dalam strategi penurunan berat badan Anda.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, serat yang kandunganya banyak bisa membantu dalam mengurangi berat badan.

Tetapi karena buah ara kering juga mempunyai kandungan berkalori tinggi, pastikan Anda saat mengkonsumsinya dalam jumlah kecil secara teratur.

Sebuah anggapan kuno berpendapat bahwa manfaat buah tin kering mempunyai kandungan sumber yang baik dan sehat untuk menambah berat badan. Sekali lagi, mengontrol porsi makan adalah kuncinya.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat buah tin yaitu mempunyai sumber kalium yang baik. Kalium adalah mineral penting, yang diperlukan untuk tubuh dan asupan rutinnya dikatakan membantu menjaga tekanan darah karena cenderung meniadakan efek berbahaya dari natrium. Karena kita hidup di dunia di mana kita selalu bergantung pada makanan olahan, yang memiliki kandungan natrium tinggi, diet kaya kalium sangat penting.

Melakukan hal itu juga dapat membantu sirkulasi darah dan gangguan pencernaan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Shiga University of Medical Science di Jepang, menyatakan bahwa untuk individu dengan diabetes, melakukan diet yang kaya kalium dapat membantu Anda melindungi dari penyakit jantung dan ginjal.

3. Mempromosikan Kesehatan Reproduksi

Menurut orang Yunani kuno, buah ara dianggap sebagai buah suci dan afrodisiak alami. Itu melambangkan kesuburan dan cinta. Di India kuno juga, buah ara digabungkan dengan susu dan diambil. Karena sarat dengan mineral seperti seng, mangan, magnesium, dan besi , semuanya berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan reproduksi.

Selain itu, sebagai obat rumahan, gadis-gadis muda sering disarankan untuk makan buah ara karena manfaat buah tin atau ara ini bisa mengatasi masalah PMS. Penelitian juga menemukan bahwa buah ara kering mempunyai sumber antioksidan dan serat yang tinggi, manfaat buah tin ini mampu untuk membantu melindungi terhadap kanker payudara pasca-menopause dan ketidakseimbangan hormon.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat buah tin atau ara membantu mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh, yang merupakan partikel lemak yang bersirkulasi dalam aliran darah dan merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi buah ara kering dengan sifat penurun tekanan darah membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri koroner dalam jangka panjang dan mencegah penyakit jantung koroner.

5. Membantu Mencegah Sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada buah ara membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat, sehingga juga membantu mencegah sembelit. Serat sangat penting untuk menjaga buang air besar secara teratur dan sumber makanan seperti buah ara yang sudah terbukti membantu meringankan pencernaan bila dikonsumsi secara teratur.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah tin atau ara kering mempunyai sumber kalsium yang baik. Tubuh manusia membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium per hari untuk memenuhi kebutuhan mineral harian. Karena kalsium tidak diproduksi oleh tubuh, apa yang kita makan hanya berkontribusi pada kebutuhan tubuh.

Paling sering kita gagal memenuhi persyaratan yang ditetapkan meskipun memiliki susu yang merupakan sumber kalsium tertinggi. Karena itu penting untuk memasukkan sumber makanan lain kalsium seperti ara dalam menu makanan kita.

7. Mengatur Gula Darah

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah ara yang bermanfaat untuk membantu dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh, sehingga menjaga jumlah gula yang diserap setelah makan. Karena itu diet tinggi kalium dikatakan dapat membantu penderita diabetes.

Studi penelitian juga menemukan bahwa asam klorogenik yang terdapat dalam buah ara membantu menurunkan kadar gula darah dan mengontrol kadar glukosa darah pada diabetes tipe-II.

Sedikit Lebih Mengenal Buah Tin, Ara, Atau Anjerr

Sejarah mengungkapkan bahwa buah ara, yang dikenal sebagai Anjeer dalam bahasa Hindi, telah ada sejak 5000 SM. Mereka adalah buah dari pohon yang disebut Figus, disebut-sebut sebagai tanaman pertama yang dibudidayakan oleh manusia. Selain menjadi buah yang lezat untuk ditambahkan ke dalam diet Anda, buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Anjeer juga digunakan dalam obat-obatan herbal buat mengobati berbagai penyakit seperti asma, sembelit dan batuk. Ini dikenal sebagai sumber kalium yang baik, yang membantu mengatur detak jantung dan mengurangi tekanan darah, sedangkan buah kering mengandung pektin, yang membantu mengurangi gula darah, dan merupakan sumber zat besi yang sangat baik.

Menurut Shilpa Arora, ND, seorang Praktisi Kesehatan, Ahli Nutrisi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik tersertifikasi yang terkenal, buah ara adalah sumber zat besi, tembaga, magnesium dan kalsium, serta vitamin. “buah ini dapat membantu menyembuhkan anemia jika dikonsumsi secara teratur. Mereka juga sarat dengan serat larut dan fitonutrien. Jika direndam semalaman dan dicampur dengan segelas air, itu bisa mengobati sembelit kronis. ”

Anjeer ditanam di Iran, Pakistan, India, Turki, dan wilayah Mediterania. Buah tersebut tersedia segar serta dalam bentuk kering, diawetkan. Fig adalah bahan yang cukup populer di dunia kuliner, mulai dari masakan Afghan, Iran, Amerika, dan Hongaria hingga India. Hal ini digunakan dalam pembuatan halwa, barfi, roti gulung, milk shake, chutney , makanan penutup dan sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan
Berapa banyak buah tin atau ara yang harus saya makan per hari?

Satu porsi buah ara mempunyai berat 40 gram, sekitar 1/4 cangkir, atau sekitar 3 buah tin atau ara Calimyrna atau sekitar 4 hingga 5 buah ara Mission. Buah tin mempunyai kandungan yang tinggi serat, memberikan 20% dari Nilai Harian, lebih banyak serat makanan per porsi daripada buah kering atau buah segar lainnya.

Apakah manfaat buah tin atau ara baik untuk menurunkan berat badan?

Buah ara adalah buah yang sangat sehat yang mengandung mineral bermanfaat, serat, dan vitamin termasuk vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2. 1. Buah tin rendah kalori dan merupakan tambahan sempurna untuk diet penurunan berat badan Anda. Selain itu, manfaat buah tin yang kaya akan kalsium bisa membantu memperkuat tulang dan menunda timbulnya osteoporosis.

Kapan waktu terbaik untuk memakan buah ara?

Waktu terbaik untuk memakan buah ara kering adalah di pagi hari dengan perut kosong sebelum sarapan. Cukup rendam 4 hingga 5 buah ara kering dalam susu rebus. Ketika Anda bangun pagi-pagi sekali, pertama-tama makanlah 4 sampai 5 buah ara kering dan kemudian minum susu untuk mengambil manfaat maksimalnya.

Apa manfaat makan Anjeer (Buah tin)?

Karena buah ara mengandung vitamin, mineral, dan serat esensial untuk berfungsinya tubuh. Sesuai penelitian, kandungan kalium yang tinggi pada buah ara menjadikannya pilihan yang sehat bagi penderita diabetes tipe-II. Asam klorogenat di Anjeer membantu mengendalikan kadar gula.

Bagaimana Anda tahu ketika buah ara buruk?

Untuk mengetahui apakah buah ara itu buruk , tes terbaik adalah aromanya. Buah ara tua atau matang akan memiliki bau fermentasi yang asam. Menempatkan buah ara di dekat buah-buahan dan sayuran lain akan menyebabkan yang lain memburuk lebih cepat karena buah ara , seperti beberapa buah lainnya, menghasilkan gas etilen.

Apakah manfaat buah tin baik untuk hati Anda?

Buah tin atau ara juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Buah ara yang baik sumber dari kalsium, yang dapat menangkal osteoporosis serta masalah kesehatan lainnya.

Menurut sebuah studi pada tahun 2005, kering buah ara “memiliki antioksidan kualitas unggul.” Antioksidan diduga mengurangi radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah tin atau dikenal juga sebagai buah anjeer dan ara yang memiliki berbagai manfaat dan khasiat buat kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terima kasih!

Komentar disini