11 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Semangka

Kalimat.id – Manfaat buah semangka, siapa lagi yang tak kenal dengan yang namanya buah semangka? Pastinya sudah banyak orang mengenal buah yang satu ini. Buah yang satu ini mempunyai kandungan air yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Bahkan buah ini bisa memberikan kesegaran yang tak perlu kita ragukan kembali. Buah ini asalnya dari gurun Kalahari Afrika yang sudah dipanen pertama kalinya sejak 5000 tahun lalu di Mesir.

Dan menurut kepercayaan dari nenek moyang zaman dulu, buah ini sering di pergunakan untuk menguburkan raja-raja supaya rohnya bisa mendapatkan nutrisi di alam baka. Padahal sebetulnya hal ini hanyalah sia-sia.

Jadi tak perlulah terlalu percaya dengan sesuatu hal yang terbilang meragukan. Yang perlu kita tahu bahwa manfaat buah semangka ini bisa kita peroleh berkat adanya kandungan vitamin maupun nutrisi didalamnya.

Apa Saja Manfaat Dari Buah Semangka

Semangka ini merupakan tanaman merambat yang masih satu kerabat dengan melon dan juga mentimun. Semangka ini bisa dipanen buahnya untuk dimakan atau bahkan dibuat menjadi jus buah. Bahkan biji dari semangka yang sudah dikeringkan dan disangrai ini juga bisa dimakan isinya sebagai kuaci. Unik sekali ternyata buah yang satu ini.

Daun semangka mempunyai lekuk pada bagian tepinya. Bunganya memang sempurna mempunyai warna kuning dengan ukuran yang kecil. Dari segi kulitnya memang terbilang keras, mempunyai warna hijau muda atau hijau pekat yang berlarik hijau tua.

Bergantung kultivarnya, daging buah ini berair berwarna merah atau kuning. Tanaman buah yang satu ini cukup tahan akan kekeringan apalagi saat memasuki masa pembentukan buahnya.

Buah Semangka Mengandung Vitamin Apa

Jika berbicara mengenai buah semangka, pastinya buah yang satu ini juga mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam satu buah semangka saja sudah terdapat 91 persen air bahkan 6 persen gula.

Buah semangka ini juga mempunyai beberapa kandungan vitamin seperti vitamin B1,B6, Vitamin A dan juga Vitamin C. Tak hanya itu saja tetapi buah semangka ini juga memiliki kandungan biotin, asam amino sitrulin, magnesium, asam spantotenik, kalium dan juga tembaga. Wajar saja jika manfaat buah semangka ini banyak sekali bagi kesehatan tubuh berkat berbagai macam kandungan nutrisi di dalamnya.

Buah semangka memang salah satu buah yang menyegarkan bahkan kini bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan. Kandungan yang ada dalam buah semangka ini dipercaya mampu mendetoksifikasi tubuh tanpa harus meninggalkan rasa lapar. Wajar saja jika diet semangka ini terbilang menyehatkan sebab mampu memberikan energi pada tubuh anda.

Semangka memang termasuk buah yang padat nutrisi dengan kandungan banyak air dan rendah kalori. Hal inilah yang menjadi sebuah alasan mengapa semangka menjadi makanan yang terbilang bagus untuk menurunkan berat badan. Buah yang satu ini juga menyediakan sejumlah besar vitamin, antioksidan dan juga mineral.

Dengan mengkonsumsi buah semangka secara rutin setiap harinya maka manfaat buah semangka pun bisa anda dapatkan. Bahkan anda bisa terhindar dari resiko terkena penyakit jantung, diabetes bahkan juga obesitas sekalipun.

Mengingat banyaknya kandungan vitamin maupun nutrisi yang ada dalam buah semangka ini, wajar saja ada banyak manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh yang bisa anda peroleh. Bahkan untuk mengambil manfaat yang ada dalam buah semangka ini bisa anda lakukan dengan mudah.

Dimana anda bisa meramunya menjadi jus buah yang nantinya bisa anda aplikasikan dengan bahan yang lainnya. Jika anda merasa penasaran dengan berbagai macam manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh. Alangkah baiknya anda simak penjelesannya berikut ini

Buah Semangka Untuk Kesehatan

1. Sebagai Sumber Antioksidan Bagi Tubuh

anti oksidan
Image by: isagi.or.id

Perlu anda ketahui bahwasanya jus buah semangka ini dikenal sebagai sumber antioksidan yang terbilang tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan likopen yang berperan dalam hal menangkal radikal bebas.

Berkat adanya zat antioksidan yang alami ini bisa membuat kondisi tubuh anda tetap terjaga. Sehingga anda pun tidak akan mudah terserang penyakit dan selalu dalam kondisi yang fit.

Cara membuat jus semangka untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh terbilang mudah sekali. Bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah ditemui sehingga anda tak perlu repot mencarinya.

Bahan yang perlu dipersiapkan:
– Semangka 100 gram
– Sirsak 75 gram
– Air putih matang ½ gelas
– Potongan es secukupnya saja

Cara membuat:
– Buanglah biji dari buah semangka, masukkan dalam blender
– Tambah dengan sirsak dan juga air putih kemudian blender sampai halus
– Tuangkan ke dalam gelas dan sajkan dengan es batu bila menyukainya

2. Mampu Meningkatkan Kesuburan Pada Pria

pria sehat
Image by: fitnessformen.co.id

Sebagai seorang suami, mengkonsumsi jus semangka memang terbukti bisa memperbaiki sebuah kualitas sperma bahkan juga mengurangi adanya resiko lemah syahwat. Menariknya lagi buah semangka ini lebih dikenal dengan sebutan viagra alami. Wajar saja jika saat ini kebanyakan pria lebih suka mengkonsumsi jus buah semangka karena memang manfaat buah semangka ini bagus untuk kesuburannya.

Bahan-bahan:
– Semangka 175 gram potong-potong
– Pepaya 175 gram potong-potong
– Tomat 100 gram potong-potong
– Yogurt rendah lemak 50 ml
– Es batu 100 gram

Cara membuat jus semangka:
– Masukkan saja semua bahan dalam blender
– Blender sampai halus
– Tuangkan jus ke dalam gelas saji
– Segeralah minum

3. Mampu Menurunkan Berat Badan

Image by: hellosehat.com

Perlu anda ketahui juga bahwasanya buah semangka ini mempunyai kandungan kalori yang rendah namun kadar airnya tinggi sehingga bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan. Supaya jus semangka untuk diet ini mampu memberikan hasil yang cepat dan juga nyata sebaiknya anda campur dengan bahan lain. Seperti halnya buah apel, buah nanas dan juga pepaya.

Bahan-bahan:
– Buah nanas 1/3
– Semangka besar 2 irisan
– Jahe segar 2,5 cm

Cara membuat jus semangka campur nanas:
– Memotong semua bahan kemudian masukkan dalam blender
– Proses sampai halus dan tercampur secara merata
– Sajikan bersama dengan potongan es batu jikalau anda suka

Pastinya manfaat buah semangka untuk program diet ini tak perlu anda ragukan lagi. Terlebih saat ini anda bisa meramu buah semangka dan buah nanas untuk dijadikan jus buah yang anda konsumsi selama menjalankan program diet. Dengan begitu program diet yang anda jalankan pun semakin sukses dan bisa mendapatkan berat badan yang anda harapkan.

4. Mampu Menurunkan Kadar Asam Urat

menyembuhkan asam urat dengan Manfaat Buah Semangka

Jus semangka berikut dengan bagian kulitnya yang berwarna putih ini dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat yang ada dalam tubuh. Jadi bagi anda yang sedang bermasalah dengan kadar asam urat dalam tubuh yang cukup tinggi tentunya bisa mengkonsumsi jus buah semangka ini.

Bahan-bahan:
– Semangka potong 1 gelas
– Melon potong 1 gelas
– Mentimun 10 cm
– Air matang 100 ml
– Madu 1 sdm
– Es batu

Cara membuatnya:
– Memotong mentimun dan buang bijinya
– Campurkan potongan buah semangka, mentimun dan juga air
– Blender saja semuanya sampai halus
– Masukkan potongan buah melon, madu, dan es batu kemudian haluskan kembali
– Sajikan jus selagi masih dalam keadaan dingin

5. Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol

menurunkan kolesterol dengan Manfaat Buah Semangka
Image by: okezone.com

Manfaat buah semangka ini ternyata juga bisa membantu anda dalam hal menurunkan kadar kolesterol. Pastinya anda bisa mengambil manfaatnya dengan membuat buah semangka menjadi jus buah. Betapa segarnya jus buah semangka ini, jika anda merasa penasaran ingin membuatnya sendiri di rumah. Ikuti saja langkah pembuatannya berikut ini:

Bahan-bahan:
– Semangka 150 gram buanglah bijinya
– Jeruk manis 2 buah
– Jeruk nipis ½ buah
– Es batu secukupnya saja

Cara membuatnya:
– Masukkan jeruk manis dan lemon kemudian masukkan air ke dalam blender
– Tambahkan potongan semangka dan kemudian haluskan
– Sajikan jus dengan es batu untuk membuatnya segar

6. Menjaga Kesehatan Ginjal dan Saluran Kemih

menyembuhkan sakit ginjal dengan Manfaat Buah Semangka
Gambar oleh: hellosehat.com

Siapa sangka jus buah semangka yang anda mix dengan buah stroberi ini juga berkhasiat sekali untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya tentu saja menjaga kesehatan ginjal sekaligus saluran kemih.

Memang kesehatan ginjal harus selalu dijaga sebab organ tubuh tersebut menjadi pernana penting dalam tubuh. Alangkah baiknya anda mengkonsumsi jus ini supaya kesehatan ginjal anda selalu terjaga. Untuk membuat jus semangka yang di mix dengan buah stroberi ini mudah sekali untuk dilakukan.

Bahan-bahan:
– Buah semangka 100 gram
– Buah stroberi segar 50 gram
– Sirup gula 1 sdm
– Yogurt polos 50 gram
– Sirup gula 1 sdm
– Es serut secukupnya

Cara membuat jus semangka mix stroberi:
– Memotong buah semangka dan juga stroberi
– Campurkan semua bahannya kemudian blender
– Sajikan segera

Itulah tadi berbagai macam manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh yang bisa anda dapatkan. Bahkan pengolahan jus semangka untuk mengambil manfaatnya ini cukup mudah sekali hanya dengan membuatnya sebagai jus yang bisa anda mix dengan bahan yang lainnya.

Tentunya masih banyak sekali manfaat buah semangka yang bisa anda peroleh untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menangkal radikal bebas, mengurangi resiko kanker prostat, mencegah serangan jantung, meringankan asma dan kanker usus besar.

Yang terpenting ketika anda membuat jus semangka dengan resep yang sudah tersedia. Jangan sampai lupa menambahkan sedikit saja kulit buah bagian dalam yang mempunyai warna putih. Hal ini dikarenakan didalamnya mengandung beragam zat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan

Ternyata manfaat buah semangka ini bukan hanya bagus untuk kesehatan tubuh saja melainkan juga berguna bagi kecantikan wajah. Memang sudah seharusnya anda mengetahui apa saja manfaat yang bisa anda peroleh dari buah semangka ini. Jika anda merasa penasaran, inilah beragam manfaat buah semangka. Di antaranya:

1. Sebagai Toner Alami

Buah semangka dikenal mempunyai zat alami yang mampu membuat kulit wajah anda terasa lebih segar. Kini anda bisa memijat kulit dengan memanfaatkan irisan semangka atau bisa juga mencampurkannya dengan madu supaya hasilnya lebih bagus. Bahkan anda juga bisa memanfaatkan jus semangka baru kemudian dioleskan pada bagian wajah dan leher.

2. Mampu Mencegah Penuaaan Dini

Manfaat buah semangka bisa juga untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Seperti yang sudah kita tahu bahwa buah semangka ini merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, bahkan likopen. Semua nutrisi ini bisa mengurangi adanya paparan radikal bebas yang bisa menimbulkan garis halus di wajah, keriput maupun bintik hitam.

Apalagi buah semangka ini juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah semua tanda penuaan dini yang mungkin muncul pada wajah anda. Kini anda bisa mengambil manfaat buah semangka ini dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

3. Mampu Membuat Kulit Semakin Lembab

Buah semangka merupakan buah yang banyak mengandung air sehingga mampu menjadikan tubuh dan kulit anda terhidrasi. Apabila anda mempunyai kulit kering, kini anda bisa mencampurkan semangka bersama madu supaya kulit anda semakin lembab. Dehidrasi inilah yang bisa membuat wajah anda terlihat semakin kering dan kusam. Itulah mengapa anda perlu mengambil manfaat buah semangka ini.

4. Mengurangi Minyak Berlebih Pada Wajah

Wajah yang berminyak juga bisa membuat seseorang merasa kurang percaya diri dengan penampilannya. Hal inilah mengapa buah semangka menjadi pilihan tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Buah semangka memang kaya akan kandungan vitamin A nya. Vitamin tersebut bisa meminimalkan munyak berlebih pada wajah.

5. Mampu Mengobati Jerawat

Jerawat yang ada di wajah memang sangat mengganggu penampilan anda. Terlebih bagi seorang wanita jika wajahnya berjerawat maka rasa percaya diri pun akan semakin menurun. Kini anda bisa mengambil manfaat buah semangka dengan menjadikannya masker wajah.

Cara membuat masker wajah pun mudah sekali bahkan semuanya bisa melakukannya sendiri di rumah. Kini wajah anda pun terbebas dari yang namanya jerawat sehingga anda mampu tampil lebih percaya diri lagi. Alangkah baiknya anda bisa menggunakan masker buah semangka ini secara teratur agar hasilnya lebih maksimal lagi.

Cara Membuat Masker Dari Buah Semangka

Manfaat dari Buah semangka memang banyak akan kandungan vitamin C nya, juga B6 dan vitamin A yang bagus sekali untuk menjaga kesehatan kulit. Dimana kulit pun akan tetap dalam keadaan segar dan tidak kering.

Buah semangka ini mempunyai kandungan air sebanyak 92 persen. Air ini memang diperlukan untuk kulit. Bahkan menariknya lagi buah semangka ini dikenal begitu kaya akan kandungan lycopene. Dimana mampu melindungi kulit terbakar dari paparan sinar matahari.

Bahan-bahan:
– Semangka potongan satu cangkir
– Jeruk setengahnya saja
– Air satu cangkir

Cara membuat masker semangka:
– Memasukkan potongan semangka, jeruk dan juga air dalam blender
– Blender saja semuanya menjadi jus
– Saringlah cairan tadi dalam cangkir
– Jus pun perlu dipisahkan dari ampasnya
– Ampas semangka bisa dijadikan sebagai masker
– Oleskan pada wajah anda setiap harinya
– Biarkan dalam waktu 10 hingga 15 menit
– Bilas menggunakan air yang bersih

Alangkah baiknya ketika anda membuat masker wajah dari buah semangka, bisa dengan menambahkan madu maupun yogurt supaya hasilnya lebih bagus. Begitu banyak sekali manfaat buah semangka yang bisa anda peroleh baik bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan wajah anda. Begitu banyaknya kandungan nutrisi maupun vitamin yang terkandung dalam buah semangka ini. Buah yang tak hanya menyegarkan namun juga berkhasiat sekali.