12 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Pisang

Kalimat.ID – Manfaat buah pisang, Selamat datang di Kalimat.id, pada hari ini kita akan membahas seputar manfaat buah, yaitu buah pisang. Sebelumnya kami juga telah membahas mengenai manfaat buah semangka dan manfaat buah mangga, silahkan dibaca terlebih dahulu agar banyak manfaat yang Anda terima.

Buah pisang merupakan salah satu buah yang dapat didapatkan dengan mudah dan murah, hampir setiap hari dan setiap tempat penjualan buah pasti tersedia buah pisang. Pisang merupakan buah yang bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, potasium, zat besi, kalium, asam sulfat, dan lainnya.

Buah pisang juga memiliki jenis yang berbeda beda di Indonesia, yaitu ada pisang raja, pisang ambon, pisang kepok, pisang hijau, dan lainnya, semuanya sama sama enak dan pastinya bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan pada buah pisang ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh, kecantikan, dan bermanfaat buat ibu hamil yang sedang mengalami masa pertumbuhan janin.

12 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Yuk langsung saja berikut ini adalah rangkuman manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Menjadi Sumber Energi

wanita kuat
Image by: beliefnet.com

Buah pisang ternyata bisa juga loh menjadi sumber energi tubuh kita, karena di dalamnya terdapat karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar lebih segar dan semangat untuk melakukan kegiatan sehari hari, karena itu lah banyak atlet yang menyukai buah pisang sebelum ia latihan atau melakukan pertandingan.

2. Bermanfaat Untuk Perkembangan Janin

hamil
Image by: abcnews.com

Manfaat buah pisang yang kedua adalah dapat membantu perkembangan janin pada ibu hamil. Kandungan asam folat yang terkandung di dalam buah pisang membuat janin mudah untuk menyerap nutrisinya, walaupun begitu Anda juga harus memperhatikan porsi dari buah pisang, jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi pisang karena dalam 1 buah pisang terdapat 85 – 100 kalori.

3. Menurunkan dan Menaikkan Berat Badan

berat badan
Image by: doktersehat.com

Jika Anda adalah seorang wanita pasti sangat senang membaca kabar ini, karena yap buah pisang sangat cocok bagi Anda yang sedang mengontrol berat badan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan silahkan lakukan diet dengan menggunakan buah piasng, yaitu dengan cara mengonsumsi 4 buah pisang dengan 4 gelas susu selama 3 hari dalam seminggu, diet tersebut harus Anda coba karena Anda hanya memasukkan total kalori 1250 dan dapat menyehatkan tubuh Anda.

Namun jika Anda ingin menaikkan berat badan Anda silahkan buat banana milkshake dengan campuran buah-buahan, kacang, mangga, dan madu di dalamnya dan konsumsi banana milkshake tersebut setelah makan, lakukan secara rutin tiap harinya dan rasakan perubahan berat badan Anda yang semakin naik.

4. Dapat Mempercantik Kulit

kulit kencang
Image by: pesona.co.id

Buah pisang juga dapat dijadikan skin care loh, sudah terbukti banyak sekali orang dan terutama anak muda yang mencoba membuat masker dari buah pisang ini, caranya pun cukup mudah yaitu buat lah bubur pisang dan campurkan dengan madu dan susu, lalu langsung di oleskan kepada wajah Anda selama 30 hingga 40 menit, lalu basuh dengan air dan bilas menggunakan air dingin, lakukan itu secara rutin dan teratur setiap harinya selama 2 sampai 3 minggu agar hasilnya maksimal kepada kulit Anda.

5. Dapat Menghaluskan Kulit Wajah

kulit wajah

Selain dapat mempercantik kulit, buah pisang juga sangat ampuh untuk menghaluskan kulit wajah loh, ini sangat cocok sekali dengan wajah Anda yang suka kering, kasar dan jerawatan.

Caranya pun hampir sama dengan cara mempercantik kulit di atas, yaitu hancurkan daging pisang dan setelah itu campurkan dengan madu, lalu oleskan ke seluruh wajah Anda terutama yang kering dan jerawatan, tunggu beberapa menit setelah itu langsung basuh dengan air. Lakukan ini dengan rutin hingga Anda sudah merasa kulit Anda kembali halus dan jerawat Anda hilang seperti semula.

6. Dapat Mengatasi Penyakit Anemia

anemia

Anemia merupakan penyakit yang diakibatkan tubuh kekurangan zat besi, sehingga Anda akan kekurangan sel darah merah. Kok bisa? Ya, karena zat besi dibutuhkan oleh sumsum tulang untuk memproduksi sel darah. Anemia ini akan membuat tubuh Anda jadi mudah lemas dan lelah, kulit pucat, nafas pendek, sering pusik, sakit pada bagian dada, sakit kepala, insomnia, dan kaki kram.

Untuk itu Anda harus mengonsumsi buah pisang untuk mengatasi anemia tersebut. Karena di dalam pisang terkandung zat besi yang mampu mencegah dan mengobati anemia tersebut. Namun walaupun sering mengonsumsi pisang Anda juga tidak boleh lupa dengan obat anemia Anda yaa…

7. Dapat Mengatasi Maag

maag
Image by: hellosehat.com

Jika Anda mempunyai penyakit maag dan sering kambuh secara tiba-tiba maka Anda harus memakan pisang terlebih dahulu setiap paginya agar dapat mengurangi rasa sakit ketika maag Anda kambuh. Saya menyarankan Anda untuk memakan jenis pisang ambon, karena jenis pisang ambon inilah yang terbaik untuk mengatasi maag.

Namun Anda juga harus memasak pisang tersebut terlebih dahulu agar tekstur dari pisangnya lembut dan mudah dicerna di dalam perut. Jika Anda tidak menyukai mengonsumsi pisang secara langsung maka buatlah jus pisang, selain enak juga dapat bermanfaat bagi kesehatan.

8. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

sakit jantung
Image by: hellosehat.com

Pada kandungan buah pisang terdapat vitamin C dan flavonoid yang dapat membantu Anda mencegah penyakit jantung. Karena kandungan vitamin C dan flavonoid tersebut mempunyai sifat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah proses oksidasi lemak di dalam tubuh.

Kandungan buah pisang lainnya yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung adalah kalium. Karena kalium merupakan tonik yang baik untuk kesehatan organ jantung. Serta serat pektin pada buah pisang yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

9. Dapat Melancarkan Pencernaan

sistem pencernaan
Image by: hellosehat.com

Manfaat buah pisang selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Sudah terbukti jika mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu sistem pencernaan manusia agar bekerja dengan baik dan tidak terhambat. Ya fungsinya mirip-mirip dengan buah pepaya yang juga dapat melancarkan pencernaan.

10. Dapat Mengatasi Depresi dan Meningkatkan Mood

depresi

Mungkin Anda bingung kok bisa yaa manfaat buah pisang dapat mengatasi depresi dan dapat meningkatkan mood? Ya karena ada suatu kandungan di dalam buah pisang yang bernama tryptophan yang tinggi sehingga kandungan tersebut diubah menjadi serotonin neurotransmitter di dalam tubuh untuk mengatasi depresi dan membuat otak Anda menjadi lebih segar.

Apalagi jika Anda merupakan pecinta buah pisang, pastinya mood Anda akan lebih menyenangkan dari sebelumnya setelah mengonsumsi buah pisang ini.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

kesehatan tulang
Image by: deherba.com

Di dalam buah pisang juga terdapat kalsium yang cukup untuk memperkuat tulang Anda.

12. Dapat Melancarkan Peredaran Darah

sistem peredaran darah

Manfaat buah pisang yang terakhir adalah memperlancar peredaran darah manusia. Karena di dalam pisang mengandung potasium dan kalium yang dapat berguna untuk membantu proses sirkulasi pada tubuh manusia, sehingga peredaran darah dan oksigen ke otak menjadi lancar.

Selain itu fungsi lain dari kalium juga dapat mengatur tekanan darah, mengurangi risiko penyakit stroke, serta dapat memperlancar denyut jantung. Nah, itu dia 12 manfaat buah pisang bagi tubuh manusia.

Pastinya Anda baru tahu kan jika pisang mempunyai segudang manfaat untuk tubuh manusia dibalik dengan harganya yang terjangkau dan dapat ditemui dimanapun dan kapapun jika kita membutuhkan. Itu saja artikel saya pada hari ini mengenai buah pisang, terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Komentar disini