Beranda Kesehatan 17 Macam Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

17 Macam Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Pepaya

Kalimat.id – Manfaat buah pepaya menjadi salah satu buah yang mudah kita jumpai bahkan bisa kita dapatkan dengan harga yang lebih murah. Meskipun buah yang satu ini bisa memperlancar buang air besar.

Namun tahukah anda apa saja manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh kita? Buah ini awalnya berasal dari negara Meksiko bagian selatan dan bagian utara benua Amerika Selatan. Buah yang sering di tanam di daerah tropis ini bisa anda konsumsi saat sudah matang.

Daging buah pepaya kini bisa dimasak bahkan dihidangkan sebagai masakan sayur. Warna kulit dari buah pepaya ini berwarna hijau ketika masih muda dan nantinya bisa berubah menjadi warna kuning ketika buahnya telah matang. Pastinya sekarang ini sudah banyak yang suka mengkonsumsi buah pepaya ini.

Vitamin Apa yang Terkandung Dalam Buah Pepaya?

Jika berbicara mengenai buah pepaya yang kaya akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh ini, pastinya ada banyak kandungan nutrisi didalamnya. Mungkin banyak diantara anda yang masih belum mengerti apa saja kandungan yang ada dalam buah tersebut. Perlu anda ketahui bahwa buah pepaya ini memiliki beragam kandungan nutrisi sebagai berikut:

– Carbohidrates 9,81g
– Serat 1,80g
– Vitamin B kompleks
– Vitamin A
– Vitamin C
– Vitamin K
– Vitamin E

Bahkan buah pepaya ini juga mempunyai kandungan elektrolit yang terbilang cukup baik yakni kalium maupun mineral penting yang lainnya. Seperti zat besi, kalsium, magnesium, zinc maupun pospor.

Papain pepaya ini bahkan telah ditemukan mempunyai kandungan senyawa kimia yang sering di sebut dengan papain. Papain inilah yang biasanya diperlukan oleh tubuh guna membantu pencernaan.

Apa Saja Manfaat Buah Pepaya?

Setelah mengetahui berbagai macam kandungan dari buah pepaya ini. Kini sudah saatnya bagi anda mengetahui berbagai macam manfaat buah pepaya bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat yang bisa di peroleh? Berikut di antaranya:

1. Mampu Memperlancar Sistem Pencernaan

sistem pencernaan
Image by: hellosehat.com

Bagi anda yang memang mengalami kesulitan dalam hal buang air besar? Kini anda bisa mengatasi permasalahan ini dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya setelah anda makan.

Selain mudah anda dapatkan, buah yang satu ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan salah satu manfaat buah pepaya yang bisa anda dapatkan tentu saja mampu memperlancar sistem pencernaan anda.

Buah pepaya yang mempunyai kandungan papain ini memang bisa membantu pencernaan dalam hal memecah protein. Buah yang kaya akan kandungan folat, vitamin A, lutein, katotenoid, maupun asam amino esensial ini bisa berpengaruh pada fungsi sel.

2. Bisa Dijadikan Sebagai Cadangan Energi

cadangan energi
Image by: hellosehat.com

Ketika anda lelah dalam beraktivitas pastinya anda membutuhkan asupan energi yang cukup agar stamina tubuh bisa kembali. Buah pepaya ini ternyata juga dipercaya mampu memberikan cadangan energi bagi anda yang mempunyai banyak aktivitas. Selain sebagai cadangan energi yang mampu membuat tubuh tidak mudah merasakan lelah. Kini buah pepaya juga bisa membantu anda supaya bisa beristirahat dengan lebih nyenyak setiap malamnya.

3. Mampu Perbaiki Daya Tahan Tubuh

sistem kekebalan tubuh

Adanya kandungan vitamin C yang dimiliki oleh buah pepaya ini sebesar 33 persen lebih banyak jika dibandingkan lagi dengan buah jeruk. Inilah mengapa buah pepaya ini menjadi salah satu buah andalan yang mampu membantu anda dalam memulihkan kondisi tubuh setelah sembuh dari penyakit. Manfaat buah pepaya ini dipercaya mampu menguatkan sistem kekebalan yang ada dalam tubuh.

4. Menjadikan Kulit Semakin Mulus

kulit mulus

Buah pepaya yang mempunyai kandungan vitamin E yang terbilang tinggi ini ternyata bisa membuat kulit anda semakin mulus. Saat ini telah banyak perusahaan kosmetik berusaha mengambil manfaat buah pepaya ini untuk membuat sebuah produk anti-aging atau bisa dibilang dengan pencegah penuaan. Bahkan menariknya lagi buah tersebut bisa mengobati flek hitam yang ada di wajah sehingga kulit pun terasa lebih kencang dan terlihat semakin mulus.

5. Mampu Mengobati Ruam

ruam kulit
Image by: hellosehat.com

Kebanyakan orang beranggapan bahwa manfaat buah pepaya ini hanya bisa didapatkan dari bagian daging buahnya saja. Padahal perlu anda ketahui juga bahwa kulit pepaya ini juga bisa dijadikan sebagai obat paling ampuh untuk mengobati ruam atau kulit yang terbakar oleh matahari. Sensasi dingin yang terasa ini bisa didapatkan dari kulit pepaya. Jadi alangkah baiknya anda mengambil manfaat dari buah tersebut.

6. Mampu Membantu Program Diet

diet
Image by:nhs.uk

Manfaat buah pepaya ini ternyata juga bisa membantu anda dalam hal menjalankan program diet. Mereka yang menjalankan diet pastinya mendambakan bentuk tubuh yang langsing sesuai dengan keinginannya. Sekarang ini anda bisa mencoba mengkonsumsi buah pepaya secara rutin supaya program diet yang anda jalankan bisa berjalan dengan lancar.

7. Mampu Mencegah Penyakit Tumor dan Kanker

kanker
Image by: medicalnewstoday.com

Manfaat dari pepaya ini tentu saja bukan hanya pada buahnya saja namun juga pada daunnya. Daun buah pepaya ini dipercaya mampu memberikan sebuah konstribusi pada kesehatan tubuh manusia. Inilah mengapa anda perlu mengkonsumsi buah pepaya supaya mampu terhindar dari kedua penyakit tersebut.

8. Menjadi Anti Parasit

parasit
Image by: medicalnewstoday.com

Sudah selama berabad-abad, akar maupun biji pepaya ini bisa anda manfaatkan untuk membuat teh. Dimana khasiatnya ini bisa mengusir parasit, mengurangi pendarahan bahkan mengatasi penyakit kuning.

Dalam 20 biji pepaya mengandung protein yang mudah untuk dicerna sehingga bisa menghilangkan sebagian besar dari parasit. Dalam sebuah penelitian pun menunjukkan bahwa biji dari pepaya kering bisa dijadikan sebagai pengobatan efektif yang terbilang murah dan juga alami tanpa adanya efek samping.

9. Mencegah Adanya Penyakit Jantung

sakit jantung
Image by: hellosehat.com

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya ternyata mampu mencegah adanya penyakit jantung. Buah pepaya mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi bahkan ada pula likopen yang mampu menguatkan fungsi jantung anda. Ada baiknya anda mampu mengkonsumsi buah pepaya secara rutin agar kondisi jantung anda semakin kuat.

10. Menjadikan Rambut Semakin Subur

rambut panjang dengan Manfaat Buah Pepaya

Manfaat buah pepaya memang umumnya sering dikaitkan dengan permasalahan organ pencernaan. Namun tahukah anda bahwasanya buah tersebut juga bermanfaat dalam bidang kecantikan.

Manfaat pepaya ini bisa anda terapkan untuk menjadikan rambut semakin subur. Ada baiknya anda mengkonsumsi buah tersebut secara rutin agar kondisi rambut semakin subur dan lebat. Bahkan menariknya lagi pepaya ini juga mampu menjadikan kuku semakin cantik dan tak akan mudah patah.

11. Kesehatan Mata Semakin Terjaga

kesehatan mata dengan Manfaat Buah Pepaya

Adanya kandungan zeaxanthin yang terdapat dalam buah papaya ini merupakan senyawa tumbuh-tumbuhan. Senyawa tersebut dipercaya mampu menyaring sinar biru yang dinilai berbahaya sekali bagi kesehatan mata.

Kini anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan buah papaya. Salah satu buah yang dipercaya mampu melindungi mata dari adanya kerusakan mata atau bahkan mencegah perkembangan degenerasi makula yang terkait dengan usia.

12. Meredakan Peradangan

mencegah peradangan Manfaat Buah Pepaya

Hadirnya dua enzim penting dalam buah papaya yakni chymopapain dan juga papain ini dipercaya mampu membantu anda dalam meredakan peradangan bahkan mempercepat suatu penyembuhan dari luka bakar. Tak hanya itu saja, adanya kandungan vitamin C, betakaroten maupun antioksidan yang ada didalamnya bisa membantu anda dalam mengurangi peradangan.

13. Kesehatan Rambut Semakin Terjaga

rambut sehat dengan Manfaat Buah Pepaya
Image by: okezone.com

Pepaya merupakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Adanya kandungan vitamin A yang sudah ada dalam buah tersebut mampu memproduksi serbum supaya rambut anda tetap dalam keadaan yang lembab.

Dengan adanya asupan vitamin C yang terbilang cukup ini juga bisa merawat maupun membangun kolagen. Perlu anda ketahui bahwasanya kolagen ini memang sejenis protein yang berperan penting dalam struktur pada kulit.

14. Mengurangi Stress

stress

Setelah bekerja disepanjang hari pastinya anda pernah merasa lelah sekali bahkan ingin berlibur menghabiskan waktu luangnya. Namun kini anda bisa menyegarkan diri anda kembali dengan mengkonsumsi buah pepaya.

Adanya kandungan vitamin C yang ada didalamnya dipercaya mampu membebaskan pikiran dari adanya stress. Vitamin C dalam buah pepaya bisa mengatur hasil produksi hormo stress pada obyek yang menjadi percobaannya.

15. Meredakan Rasa Sakit Saat Haid

meredakan haid dengan Manfaat Buah Pepaya
Image by: go-dok.com

Mungkin ada beberapa diantara anda yang ketika haid merasakan nyeri. Jika anda sering mengalami kram hebat ketika sedang haid, alangkah baiknya anda lebih rutin dalam mengkonsumsi buah pepaya.

Lagi-lagi papain yang berada didalamnya mampu memperlancar aliran darah yang ada dalam tubuh. Sehingga rasa nyeri sewaktu haid pun semakin berkurang dan tak akan mengganggu segala aktivitas anda.

16. Mampu Menyehatkan Tulang

menyehatkan tulang dengan Manfaat Buah Pepaya
Image by; hellosehat.com

Kurangnya asupan vitamin K saat ini seringkali dikaitkan dengan sebuah resiko yang terbilang cukup tinggi. Inilah mengapa anda perlu mengkonsumsi buah pepaya secara rutin. Jangan sampai penyakit anda bertambah parah hanya karena anda tidak begitu perhatian.

17. Mencegah Penyakit Asma

menyembuhkan penyakit asma dengan Manfaat Buah Pepaya

Manfaat buah pepaya kini ternyata mampu anda jadikan sebagai obat untuk mencegah penyakit asma. Kandungan beta karoten yang ada didalamnya terbilang cukup banyak. Jadi buat anda yang ingin terhindar dari penyakit asma, bisa mengkonsumsi buah pepaya secara rutin.

Ternyata banyak sekali manfaat buah pepaya yang bisa anda peroleh untuk kesehatan tubuh anda. Bagi siapapun yang menderita berbagai penyakit diatas, kini bisa mengkonsumsi buah pepaya secara rutin. Semoga saja dengan hal tersebut, anda bisa terhindar dari beragam penyakit yang lebih parah.

Melihat banyaknya manfaat buah pepaya yang bisa kita dapatkan, kini anda tak perlu merasa ragu lagi untuk mengkonsumsi buah tersebut secara rutin setiap harinya. Buah pepaya memang tak hanya lezat namun juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat dari buah tersebut memang bagus sekali bagi mereka para penderita penyakit diabetes dan juga mereka yang ingin memiliki tubuh yang kurus.

Di dalam buah pepaya ini memang berwarna orange agak kemerahan. Dimana buah ini menyimpan rasa yang manis dan menyegarkan. Untuk bisa mendapatkan buah tersebut, anda hanya membutuhkan budget yang sangat terjangkau. Mungkin masih jarang orang yang mengerti akan khasiat dari buah pepaya ini.

Padahal buah tersebut memang dinilai bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh kita. Jika ada cara yang alami bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Tak ada salahnya anda mencoba mengkonsumsi buah pepaya supaya mampu memperoleh berbagai macam manfaatnya.