17 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Markisa

Kalimat.ID –  Manfaat Buah Markisa, Buah markisa adalah salah satu buah yang sangat umum yang ditemukan di Indonesia. Buah ini relatif murah dan mudah sekali ditemukan. Sama halnya seperti buah-buah lokal yang lainnya banyak penjual yang menyediakan buah markisa tersebut.

Buah markisa tersebut tidak kalah dengan buah strawberry aprikot yang dari luar negeri dalam bidang kandungan gizinya. Maka dari itu semua manfaat buah markisa sangat luar biasa. Berikut adalah manfaat-manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan yang bersumber dari Boldsky.

Nilai Gizi dan Jenis Buah Markisa

buah markisa
Image by: finedininglovers

Dalam satu porsi buah markisa yang berkisar 18 gram, maka buah tersebut mempunyai 2 gram serat. Serat tersebut merupakan sebagian serat yang larut. Buah markisa ini menjadi sumber serat yang bisa menjaga usus anda akan sehat dan mencegah dari penyakit konstipasi. Selain itu buah markisa yang mempunyai rasa asam menjadi sumber Vitamin C yang tinggi dan Vitamin A yang baik untuk Mata.

Buah ini juga sangat baik untuk program diet karena mengandung 17 kalori di dalamnya. Buah markisa ini mempunyai kandungan polifenol yang lebih tinggi dari buah tropis lainnya seperti pisang dan mangga. Kabarnya buah markisa ini memiliki 500 varietas yang ada di sleuruh belahan dunia. Tapi, di Indoneisa buah markisa ini hanya mempunyai 2 jenis saja.

• Passiflora flavicarpa ( Markisa Kuning ) 

Buah markisa yang mempunyai warna kuning dan bentuk yang lonjong mempunyai rasa yang lebih asam dari markisa yang lainnya.

• Passiflora edulis ( Markisa Ungu ) 

P.c merupakan jenis markisa yang mempunyai warna kulit ungu dan berbentuk bulat atau oval kecil. Apabila anda menemukan jenis markisa ini yang sudah matang, mereka mempunyai rasa yang benar-benar manis.

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Markisa mempunyai manfaat untuk kesehatan karena terdapat serat dan vitamin di dalamnya. Jadi, manfaat buah markisa bisa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit dan selain itu buah ini juga sangat berkhasiat untuk kecantikan para wanita dengan mengkonsumsinya secara teratur. Adapun manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa anda ketahui sebagai berikut ini:

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

1. Membantu Diabetes

diabetes
image by aspiretrainingteam.co.uk

Buah markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi dan mempunyai kandungan rendah pada indeks glikemik yang bisa membantu untuk para penderita penyakit diabetes. Sekalipun, rasa markisa ini manis.

2. Dapat Mencegah Kanker

cancer
image by saga.co.uk

Apabila anda mengkonsumsi buah markisa dengan teratur dapat mencegah dari penyakit kanker. Karena, buah tropis ini mempunyai kandungan anti oksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang menimbulkan penyakit kanker.

3. Bisa Mengatur Tekanan Darah

tekanan darah
image by detik.net.id

Manfaat buah markisa yang bisa mnegatur tekanan darah pada tubuh anda ini disebabkan karena pada buah tersebut mempunyai kandungan akan pottasium.

4. Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada diri anda, sebaiknya anda mengkonsumsi buah markisa. Hal ini disebabkan pada buah tersebut mempunyai kandungan karoten, cryptoxanthin dan vitamin C. Maka dari sekarang jika anda ingin memiliki kekebalan dari serangan penyakit-penyakit cobalah untuk mengkonsumsi buah markisa secara teratur.

5. Mampu Menjaga Pencernaan Supaya Sehat

pencernaan
image by onlymyhealth.com

Markisa mempunyai sumber serat yang baik. Oleh karena itu, jika anda mengkonsumsi buah tersebut bisa mendapatkan manfaat buah markisa untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan pada pencernaan.

6. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah markisa yang mengandung senyawa pottasium dan volat ini sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan otak anda. Selain itu juga, bisa mengurangi tingkat kecemasan. Jadi, jika keadaan anda sedang depresi cobalah untuk memakan buah markisa. Semoga dengan itu, bisa menurunkan tingkat kecemasan anda.

7. Menjaga Sistem Pernapasan

saluran pernapasan
image by tatakata.com

Campuran BioFlavonoid yang dimiliki oleh buah markisa akan sangat bermanfaat untuk sistem pernapasan anda.

8. Mendorong Produksi Sel Darah Merah

Manfaat buah markisa yang mempunyai kandungan besi dan tembaga akan mampu untuk mendorong produksi sel darah merah pada tubuh anda.

9. Membantu Perkembangan Janin

ibu hamil
image by doktersehat.com

Apabila sekarang anda mengandung atau hamil, sebaiknya anda mengkonsumsi buah markisa. Pada buah markisa ini mempunyai kandungan volat yang sangat baik untuk perkembangan janin.

10. Mengatasi Insomnia

Buah markisa bisa mnegatasi insomnia pada diri anda karena mempunyai kandungan harman yang bisa menjadi penenang.

11. Mencegah Infeksi

Buah markisa mempunyai kandungan anti-oksidan yang bisa mencegah dan memberantas dari serangan penyakit dan infeksi karena dari kandungan vitamin C nya. Selain itu, buah markisa ini bisa mempercepat penyembuhan pada luka dengan cara melakukan sebuah perbaikan pada jaringan tubuh.

12. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan

Buah markisa mempunyai kandungan senyawa kalori, lemak dan natrium yang rendah. Jadi, apabila anda membuat jus markisa bisa membantu menurunkan berat badan. Perlu anda ketahui juga bahwa buah tersebut memiliki karbohidrat dan gula alami yang bisa menurunkan kolesterol dan meningkatkan asupan energi saat anda berolahraga.

13. Dapat Mengurangi Serangan Asma

asma
image by draxe.com

Manfaat buah markisa yang mempunyai kandungan vitamin C bisa menyingkirkan penyebab adanya penyakit asma yang ditimbulkan oleh histamin. Sebuah penelitian juga sudah membuktikan bahwa buah markisa ini bisa menjadi obat yang manjur bagi para penderita asma.

Dengan manfaat buah tersebut yang bisa mengobati tiga belas penyakit yang akan menyerang tubuh anda. buah tropis itu bisa menjadi solusi yang baik untuk melawan dan menjaga tubuh dari berbagai serang penyakit diatas.

Manfaat Buah Markisa untuk Kecantikan

1. Membantu dalam Meningkatkan Tekstur Kulit

kulit cantik

Buah markisa dapat meningkatkan tekstur kulit pada tubuh anda karena buah ini mempunyai kandungan vitamin A yang dapat membantu dalam meningkatkan tekstur kulit.

2. Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat

jerawat di wajah
image by hellosehat.com

Buaha markisa yang mempunyai sifat anti inflamasi bisa menjadi solusi anda untuk mengatasi iritasi ringan dan juga pembengkakan serta bisa menghilangkan luka pada wajah yang ditimbulkan oleh bekas jerawat. Maka, dengan kandungan vitamin C nya buah markisa ini bisa menjadi solusi untuk mencerahkan wajah anda dari bekas-bekas jerawat.

3. Menjadi Masker Wajah

masker wajah
image by kompas.com

Anda bisa memanfaatkan buah markisa ini untuk masker wajah. Cara yang bisa anda lakukan dengan buah markisa ini diantaranya sebagai berikut ini:

• Tumpuk atau blender sari markisa beserta bijinya
• Setelah itu, terapkan pada wajah anda
• Diamkan selama 15 menit
• Gunakan masker tersebut secara teratur dalam 1 minggu satu kali supaya mendapatkan hasil yang maksimal

4. Dapat Mencerahkan Kulit Wajah

kulit cerah
image by cleanandclear.co.id

Kandungan vitamin C yang ada pada buah markisa selain untuk mengencangkan dan juga menghilangkan bekas jerawat bisa menjadi solusi untuk mencerahkan kulit. Apabila anda mempunyai wajah belang dan kusam karena yang disebabkan oleh sinar matahari, maka cobalah dengan buah markisa yang memungkinkan mengembalikan warna kulit wajah anda dengan alami.

Itulah manfaat buah marikisa untuk digunakan dalam melakukan perawatan kecantikan pada wajah anda. Dengan kandungan yang terdapat didalam buah tersebut, akan sangat mampu dan menjadi solusi untuk mengatasi masalah diwajah anda.

Buah markisa di Indonesia mempunyai dua jenis warna yang sering ditemukan diantaranya adalah markisa kuning dan markisa ungu seperti yang sudah dijelaskan di atas. Markisa bisa menjadi sebuah solusi untuk mendapatkan pengobatan alami yang bisa anda gunakan untuk sehari-hari.

Seperti yang sudah kami uraian diatas, bahwa buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa anda gunakan. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan dalam mengonsumsi bauh markias tersebut sebagai upaya untuk menerapkan hidup sehat dan menjaga dari berbagai penyakit yang akan menyerang.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah markisa yang bisa kami sampaikan untuk anda. Jika anda mampu mengonsumsi buah markisa secara teratur dan berkala, maka itu bagus untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Namun apabila tidak mampu, maka setidaknya anda melakukan sebuah pengobatan dengan bahan alami tersebut saat anda terkena penyakit.

Komentar disini