9 Manfaat Buah Mangga Untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Buah Mangga

Kalimat.id – Manfaat buah mangga, berbicara mengenai buah-buahan, tentu saja banyak sekali jenis buah yang bisa kita ketahui. Bahkan semuanya seakan membawa manfaat tersendiri berkat adanya kandungan zat maupun nutrisi didalamnya.

Semua memang sudah tahu akan buah tersebut, salah satu buah dengan rasa yang lezat dan juga segar ini memang sudah menjadi favorit banyak orang. Buah ini mempunyai bentuk lonjong bahkan mempunyai daging dengan tekstur nan halus. Buah tersebut bisa anda makan secara langsung ataupun mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Manfaat buah mangga saat ini memang sudah tak perlu di ragukan lagi. Apalagi buah yang satu ini terbukti berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit wajah. Buah mangga ini bukan hanya bisa anda makan secara langsung melainkan juga bisa anda olah menjadi beragam jenis makanan ataupun minuman.

Seperti halnya di buat jus buah,manisan mangga, pudding mangga dan lain sebagainya. Mangga merupakan buah yang berasal dari negara India. Bentuknya memang berubah-ubah tergantung pada jenisnya mulai dari bulat telur hingga lonjong yang memanjang.

Varietas dari buah mangga ini juga beraneka ragam diantaranya yaitu mangga gedong, mangga gadung, mangga golek, mangga Indramayu, mangga harum manis dan lain sebagainya.

Buah mangga ini bukan hanya terasa lezat saja namun membawa banyak manfaat untuk kesehatan maupun perawatan kulit wajah kita. Buah mangga memang mempunyai banyak kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh wajah. Bahkan selain itu, buah tersebut juga mampu menghaluskan wajah.

Buah Mangga Mengandung Apa?

Di balik rasa buah mangga yang manis, bagian dari tanaman ini mampu memberikan manfaat yang cukup bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan dalam buah mangga ini mempunyai kandungan gizi yang begitu ampuh untuk tubuh.

Kandungan gizi yang terkandung dalam buah mangga ini meliputi vitamin, mineral, protein dan lain sebagainya yang mampu membantu meningkatkan system kekebalan tubuh. Tentunya manfaat buah mangga bisa anda peroleh jika mampu mengkonsumsinya secara rutin.

Perhatikan saja tabel di bawah ini yang mampu menunjukkan nilai gizi dari setiap unsure yang ada dalam buah mangga baik matang maupun mentah. Inilah kandungan nutrisi maupun vitamin yang sudah terkandung dalam buah mangga nan manis dan lezat.

Kandungan zat Nilai rata-rata buah mangga
Mentah Matang
Air (%) 90.00 86.00
Protein (%) 0.70 0.60
Gula total(%) 8.80 11.80
Lemak (%) 0.10 0.10
Serat 1.10
Mineral 0.40 0.30
   Kapur (%) 0.03 0.01
   Fosfor (%) 0.02 0.02
   Besi ( mg/gram) 4.50 0.30
Vitamin A (mg/100g) 150 U.I 4800 U.I
Vitamin B1 (mg/100 g) 0.04
Vitamin B2 ( mg/100g) 0.03 0.05
Vitamin C (mg/100 g) 3.00 13.00
Asam nicotinat ( mg/100 g) 0.30
Nilai Kalori per 100 g 39 50-60

 

Dari berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah mangga ini, wajar saja jika buah ini berkhasiat sekali untuk kecantikan wajah anda. Semoga saja anda bisa memanfaatkan buah mangga untuk mengatasi segala macam permasalahan kulit wajah anda. Banyaknya kandungan nutrisi bahkan vitamin yang ada dalam buah mangga ini juga dipercaya mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan tubuh anda.

Manfaat Buah Mangga Untuk Wajah

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya kulit wajah ini menjadi aspek utama dalam sebuah penampilan. Semua wanita pastinya ingin tampil cantik dan juga percaya diri. Namun tak semua wanita mempunyai wajah yang cantik dan mulus. Kadang kala bagian kulit wajah ada yang mudah terkena gangguan kerusakan.

Seperti halnya munculnya komedo, jerawat atau bahkan bintik noda hitam di wajah. Selain melakukan perawatan dengan beragam pilihan kosmetik maupun produk perawatan kulit. Kini anda bisa mencoba cara yang lainnya tentu saja dengan mengkonsumsi buah mangga dalam jumlah yang banyak.

Manfaat buah mangga untuk kecantikan ini bisa anda ambil dengan memanfaatkannya sebagai masker wajah. Tentu saja cara yang satu ini terbilang lebih ampuh mengatasi segala macam permasalahan kulit. Apabila anda masih merasa kesulitan dengan manfaat buah mangga, inilah beragam manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah. Yakni:

1. Mampu Mencerahkan Kulit

memutihkan kulit
image by: grid.id

Semua orang entah pria maupun wanita tentu saja berkeinginan mempunyai kulit wajah yang putih dan bersih. Salah satu cara mewujudkan keinginan tersebut bisa dilakukan dengan mengambil manfaat yang ada pada buah mangga ini.

Buah mangga mempunyai kandungan vitamin A dan juga vitamin C dimana vitamin tersebut merupakan nutrisi yang penting untuk mengatasi gangguan paparan sinar matahari.

Perlu anda ketahui kini anda bisa menggunakan kulit mangga untuk hal tersebut. Caranya memang terbilang cukup mudah sekali bahkan semua orang bisa melakukannya sendiri di rumah. Cara yang perlu anda lakukan untuk mengambil manfaatnya yakni:

– Gosokkan kulit mangga pada bagian kulit wajah
– Diamkan terlebih dalamwaktu beberapa menit saja
– Bilas menggunakan air yang bersih
– Lakukan perawatan tersebut secara rutin setiap harinya untuk hasil yang lebih maksimal

2. Mampu Mencegah Penuaan Dini

mencegah penuaan dini dengan Manfaat Buah Mangga

Manfaat buah mangga untuk kecantikan wajah memang lumayan banyak sekali. Dan kini anda bisa memanfaatkannya untuk mencegah penuaan dini. Semuanya tentu saja tak ingin terlihat lebih tua dari umurnya.

Apalagi jika wajah anda terlihat begitu kusam dan gelap seakan menurunkan rasa percaya diri. Namun anda sudah tak perlu merasa khawatir lagi karena kini bisa mengambil manfaat dari buah mangga sebagai solusinya. Caranya cukup menjadikan buah mangga ini sebagai masker wajah.

3. Mengatasi Permasalahan Kulit Sensitif

mencegah penuaan dini dengan Manfaat Buah Mangga

Bukan hanya untuk kulit wajah yang kusam dan juga kering saja. Namun salah satu manfaat buah mangga ini juga mampu mengatasi permasalahan kulit wajah yang sensitif. Memang susah sekali jika mempunyai jenis kulit seperti ini. Rasanya begitu menjengkelkan sekali apalagi jika anda sering mengalami permasalahan kulit.

Cara mengatasi permasalahan tersebut bisa dilakukan dengan masker buah mangga. Cara menerapkannya juga mudah sekali yakni:
– Mencampurkan daging buah mangga yang telah dihaluskan dengan campuran madu, susu dan oatmeal
– Aduklah sampai merata keempat campuran bahan tadi
– Aplikasikan pada seluruh bagian kulit wajah secara merata
– Diamkan saja selama kurang lebih 30 menit lamanya
– Bilaslah menggunakan air yang bersih

4. Menghilangkan Jerawat di Wajah

menghilangkan jarawat dengan Manfaat Buah Mangga
Image by: faktualnews.co

Jerawat tentu saja menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami oleh banyak wanita. Jerawat di wajah memang mampu mengganggu penampilan hingga rasa percaya diri pun semakin memudar.

Berbagai macam cara pun rela ditempuh untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan bersih. Hingga akhirnya ada yang berpikiran untuk mengambil manfaat buah mangga sebagai solusi menghilangkan jerawat yang ada di wajah. Apalagi buah mangga ini mempunyai kandungan AHA yang dinilai mampu mengatasi kulit yang berjerawat .

Itulah tadi berbagai macam manfaat buah mangga bagi kecantikan kulit wajah kita. Setidaknya kini kita semakin mengerti apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari buah mangga ini. Sebetulnya banyak sekali manfaat lainnya yang bisa anda peroleh dari buah mangga nan manis ini. Terutama bagi kesehatan tubuh kita pastinya tersimpan beragam manfaatnya.

Beragam Cara Mengolah Buah Mangga Sebagai Masker Wajah

Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai manfaat masker buah mangga bagi kulit wajah kita. Kali ini anda perlu mengetahui bagaimanakah cara mengolah buah mangga ini sebagai masker wajah.

Tentunya bukan hanya buah mangga saja namun ada pula campuran bahan yang lainnya. Sebetulnya cara membuat masker buah mangga ini mudah sekali untuk dilakukan bahkan siapapun bisa menerapkannya sendiri di rumah.

Berkat adanya kandungan vitamin C, A dan juga E yang terkandung dalam buah mangga ini begitu efektif mengatasi segala permasalahan kulit wajah anda. Oleh sebab itulah mengapa perawatan kulit dengan buah mangga ini menjadi pilihan banyak orang.

Cara melakukan perawatan kulit dengan buah mangga sebetulnya mudah untuk dilakukan. Anda bisa mengkonsumsi buah tersebut secara langsung atau bisa juga menggunakannya sebagai masker wajah.

Masker wajah yang berasal dari buah mangga ini biasanya sering dikombinasikan dengan bahan yang lainnya supaya lebih berkhasiat. Tak menutup kemungkinan juga perpaduan bahan ini bisa memberikan hasil yang maksimal jika anda melakukan perawatan dengan masker buah mangga secara rutin. Apabila anda merasa penasaran dengan cara membuat masker buah mangga, alangkah baiknya anda simak penjelasan berikut ini:

1. Masker Lumpur Mangga

masker mangga
Image by: tempo.co

Masker yang satu ini merupakan salah satu masker yang mengambil manfaat buah mangga. Cara membuat masker tersebut mudah sekali untuk dilakukan yaitu:

– Mempersiapkan beberapa buah mangga kemudian kupas kulitnya
– Haluskan seperempat dari buah mangga ini menggunakan blender
– Usahakan jangan terlalu halus ketika menghaluskannya
– Jangan lupa menambahkan ¼ cangkir susu dan madu sebanyak 1 sendok makan
– Tambahkan bubuk lumpur atau oat halus supaya lebih kenyal
– Bahan yang sudah tercampur kemudian di aduk sampai merata
– Aplikasikan saja pada bagian wajah dan juga leher
– Biarkan selama 15 menit lamanya baru kemudian bersihkan saja dengan air hangat

2. Masker Mangga dan Madu

manfaat buah mangga
Image by: tempo.co

Kini bisa juga anda mengambil manfaat buah mangga dengan menjadikannya masker mangga dan madu. Sebetulnya cara membuat masker wajah yang satu ini tak kalah mudah dengan cara yang sebelumnya. Semuanya juga bisa dilakukan sendiri dirumah, simak saja cara berikut ini:

– Memotong buah mangga dalam ukuran kecil-kecil
– Campurkan empat sendok makan mangga yang sudah dipotong dengan 2 sendok makan madu serta 11/2 sendok olive oil
– Aplikasikan masker tersebut keseluruh wajah secara merata
– Diamkan dalam waktu 15 hingga 20 menit lamanya
– Bilaslah menggunakan air yang masih hangat

3. Masker AHA

masker mangga
Image by: malangvoice.com

Kandungan AHA ini sering kali bisa anda temukan pada buah-buahan. AHA merupakan jenis asam yang begitu efektif dalam mencerahkan kulit wajah anda. Ternyata dalam buah mangga ini mengandung banyak unsure AHA yang justru bagus untuk kulit. Kini anda juga perlu mengerti bagaimana cara membuat masker AHA ini. Caranya cukup mudah sekali yaitu:

– Cuci bersih buah mangga kemudian kupaslah
– Kulit dari buah mangga tadi jangan dibuang sebab bisa dimanfaatkan untuk masker
– Usapkan saja bagian dalam dari kulit mangga tadi ke seluruh wajah
– Diamkan saja selama kurang lebih 15 hingga 20 menit lamanya
– Bersihkan wajah anda sampai benar bersih

Kulit mangga bagian dalamnya memang terbukti berkhasiat untuk masker wajah. Dengan mengambil manfaat dari kulit buah mangga bagian dalam ini segala permasalahan kulit wajah bisa teratasi. Apalagi anda tak perlu terlalu ribet untuk mengambil manfaat buah mangga ini. Setidaknya anda sudah mengetahui khasiat dari buah tersebut.

4. Masker Buah Mangga, Madu dan Minyak Zaitun

minyak zaitun
Image by: hellosehat.com

Ternyata ketiga campuran bahan diatas cocok sekali untuk dibuat menjadi masker buah mangga yang berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah. Cara membuatnya pun mudah sekali seperti yang lainnya yaitu:

– Menghaluskan buah mangga secukupnya saja
– Campurkan dengan satu sendok madu yang ditambah dengan satu sendok minyak zaitun
– Aduklah sampai semuanya tercampur secara merata
– Aplikasikan pada bagian wajah anda hingga merata namun lebih baik anda bersihkan dahulu wajah anda
– Diamkan saja selama kurang lebih 15 menit
– Kemudian bilas menggunakan air yang bersih

5. Masker Buah Mangga dan Susu Bubuk

susu bubuk

Kini anda juga bisa mengambil manfaat buah mangga sebagai masker buah mangga dan susu bubuk yang bagus untuk kecantikan kulit wajah anda. Cara membuat masker yang satu ini juga tak kalah mudah dari yang lainnya.

Saya rasa semua orang bisa melakukannya sendiri dirumah jika mengerti caranya. Jika anda merasa penasaran dengan langkah cara membuat masker buah mangga dan ssu bubuk, ikuti saja langkah berikut ini:

– Mencampurkan satu buah mangga bersama dengan satu sendok susu bubuk
– Haluskan buah mangga yang sudah matang baru kemduian aduk merata dengan satu sendok susu bubuk tadi
– Oleskan secara merata pada seluruh bagian wajah anda sembari memberikan pijatan perlahan
– Diamkan dalam kurun waktu 10 menit saja supaya maskernya bisa meresap
– Bilaslah menggunakan air yang bersih

Itulah tadi berbagai macam cara mengolah buah mangga yang bisa anda jadikan sebagai masker wajah yang mampu mengatasi permasalahan kulit wajah anda. Semoga saja dengan mengambil manfaat buah mangga ini mampu menjadikan wajah terlihat semakin putih dan bersih. Bahkan bisa terhindar dari berbagai macam gangguan di wajah. Ada baiknya anda mampu melakukan perawatan menggunakan bahan alami ini secara teratur.

Hal ini tentu saja bertujuan agar hasil yang anda dapatkan bisa lebih maksimal sehingga kulit wajah anda tetap terjaga kecantikannya. Dengan memanfaatkan buah mangga sebagai masker alami ini pastinya bukan hanya aman untuk kulit wajah anda namun juga bisa menghemat biaya yang harus anda keluarkan untuk mewujudkan kulit wajah yang putih dan bersih.

Memang banyak sekali manfaat buah mangga yang bisa kita peroleh. Sebetulnya manfaat dari buah yang satu ini bukan hanya untuk kecantikan wajah saja melainkan juga kesehatan tubuh kita. Namun kali ini kita terfokus pada pembahasan manfaat buah mangga untuk kecantikan wajah.

Semoga saja setelah membaca artikel ini bisa menginspirasi anda yang sedang mengalami beragam permasalahan pada wajahnya. Tampil percaya diri dengan kulit wajah yang cantik dan bersih tentu saja menjadi impian setiap wanita.