13 Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Lemon
Group of fresh lemon on an old vintage wooden table; Shutterstock ID 289188959; PO: today.com

Kalimat.ID – Manfaat Buah Lemon, Minum air putih pada pagi hari sesaat sesudah bangun tidur dan perut kosong memang baik untuk kesehatan pada tubuh, selain menggantik cairan pada tubuh yang hilang ketika anda tidur, air juga bisa membersihkan pencernaan dan membantu kinerja ginjal untuk membuang sebuah toksin atau racun sesudah tubuh anda mengalami regenerasi sel pada malam hari.

Tapi ternyata cari ini bukanlah yang terbaik, menambahkan dan memanfaatkan buah lemon yang diambil air perasaannya pada air minum anda dipagi hari ternyata mempunyai sebuah khasiat yang jauh lebih dahsyat daripada anda sekedar meminum air putih.

Mungkin anda pernah mengalami oleh orangtua untuk tidak makan atau melarang memakanan jeruk atau buah buahan lain saat perut anda masih kosong karena ditakutkan nantinya akan sakit perut.

Namun kemungkinan anggapan itu tidak berlaku lagi sekarang. Karena pada saat ini sudah banyak seorang ahli kesehatan yang justru malah menyarakan kepada anda untuk memakan buah saat peru sedang kosong , supaya hali itu bisa menyerap nutrisi dengan baik dan sempurna.

Namun bagaimana dengan buah jeruk lemon? Ternyata buah lemon ini sekalipun mempunyai sifat asam ketika anda belum mengonsumsinya, air perasaan jeruk leom akan segera berubah menjadi bersifat basa saat berada pada penceranaan anda.

Oleh karena itu, perasaan jeruk dan dengan cara ini sangat aman bagi anda penderita maag. Serta, unsur basa yang terkandung akan sangat diperlukan untuk tubuh yang menjadikan tubuh tersebut menjadi sehat secara optimal.

Manfaat buah lemon akan anda dapatkan apabila anda meminum air putih dengan campuran perasaan air jetuk lemon atau jeruk nipis tersebut, alangkah lebih baiknya juga apabila anda menggunakan air hangat untuk meminumnya.

Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan

manfaat buah lemon
image by topmetro.news

Buah lemon yang mempunyai kandungan Vitamin C dan kandungan yang lainnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda. Adapun manfaat manfaat buah lemon tersebut adalah sebagai berikut ini!

1. Bisa Mengeluarkan Racun dan Efek Detoksifikasi

Manfaat buah lemon yang pertama adalah mengeluarkan racun dan efek detoksifikasi. Perasaan air lemon ini bisa meningkatkan selera anda saat berada pada mulut. Air lemon yang masuk ke dalam tubuh akan menyiram pada liver dan ginjal yang dapat mengeluarkan racun dan limbah.

Dengan adanya proes tersebut, maka air perasaan lemon akan membantu untuk membersihkan sistem limfatik yang ada dialam tubuh, yaitu sistem tersebut yang memang sudah mempunyai tugas dan kerja untuk menghilangkan racun

2. Mampu Menjaga Kesahatan pada Pencernaan

menjaga pencernaan
image by okeinfo.net

Buah lemon yang mempunyai kandung pectin yang merupakan jenis serta larut yang bertugas dalam membantu untuk mengurangi rasa lapar dan membuat perut anda terasa kenyang lebih lama lagi.

Serat yang ada dan terkandung dalam buah lemon bisa menjaga kesehatan pada pencernaan dengan membantu untuk menyingkirkan zat-zat dan sisa makanan yang tek berguna lagi untuk tubuh yang keluar lewat kotoran.

3. Menjadi Antioksidan Tubuh

Apabila anda menambahkan air perasaan lemon dengan satu sendok saja ke air hangat untuk minuman anda, maka hal tersebut bisa memberikan kapasitas serap oksigen radikal bebas atau orac sebesar 1600.

Orac merupakan sebuah pengukuran yang dikembangkan oleh National Institutes of Health, yang berguna untuk anda mengukur sebuah kapasitas antioksidan pada makanan. Apabila tinggi nilai tersebut, maka antioksidan akan semakin tinggi manfaatnya untuk anda.

4. Mampu Menjaga Kesehatan Mulut

mulut sehat
image by zonasultra.com

Buah lemon ini sangat bermanfaat untuk kesehatan pada mulut. Manfaat buah lemon ini bisa membuat nafas anda selalu segar dan menjaga perawatan pada gigi. Cara yang bisa anda gunakan untuk memanfaatkan buah lemon dalam menjaga kesehatan mulut diantaranya berikut ini!

Anda bisa mencampurkan jus atau perasan lemon dengan baking soda, lalu gunakanlah cairan tersebut untuk memutihkan gigi. Selain itu, cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga nafas agar segar, anda bisa melakukan kumur-kumur dengan air lemon tersebut. Namun anda harus ingat, bahwa menggunakan cairan lemon ini jangan sering digunakan, karena lemon mempunyai rasa asam yang bisa merusak email gigi anda.

5. Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Setiap orang sudah tahu bahwa jenis buah jeruk yang satu ini mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Maka dengan kandungan vitamin C tersebut, manfaat buah lemon bisa memberikan sebuah antibodi tambahan untuk meningkatkan sebuah sistem kekebalan pada tubuh anda.

Bahkan sebuah penelitian sudah mengungkapkan Vitamin C tersebut bisa membantu untuk mencegah sebuah infeksi penyakit pada tubuh, hal tersebut menurut The World Healthiest Foods.

6. Mampu Mengatasi Masalah Sakit pada Tenggorokan

tenggorokan sakit
image by tagar.id

Buah lemon sudah terkenal dengan kandungan mineral dan Vitamin C yang bisa menambahkan energi. Antioksidan alami yang ada pada kandungan Vitamin C pada buah lemon sangat berfungsi untuk meningkatkan sebuah sistem kekebalan tubuh dan mempunyai sebuah sifat anti bakteri.

Tubuh anda menjadi kuat dari serangan Virus yang menjadi sebuah penyakit pilek dan batuk dengan kandung Vitamin C tersebut. Selain itu, dengan Vitamin C ini juga bisa mengembalikan kebugaran pada tubuh anda.

Apabila anda mengalami atau mempunyai masalah sakit pada tenggorokan, sebaiknya anda menggunakan dan memanfaatkan buah lemon dengan cara membuat sebuah minuman buah lemon yang dicampur dengan madu dan air hangat. Maka zat asam yang terkandung pada lemon akan memberantas bakteri dan virus yang berbahaya.

7. Dapat Mencegah dari Adanya Batu Ginjal

sakit ginjal
image by doktersehat.com

Selain itu menjaga kekebalan sistem tubuh, manfaat buah lemon bisa bermanfaat untuk mencegah adanya batu ginjal pada ginjal anda. Cobalah anda untuk meminum setengah gelas perasaan air lemon setiap hari, karena hal tersebut memungkinkan akan berkhasiat untuk mencegah timbulnya batu ginjal atau menghentikan penderita penyakit ginjal dalam pembentukan batu ginjal.

Hal tersebut karena dalam buah lemon ini mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk mencegah batu ginjal dengan cara PH dan Volume urinenya ditingkatkan.

8. Meminimalisir Resiko pada Stroke Iskemik

Luar biasanya buah lemon ini bisa meminimalisir penyakit resiko stroke iskemik. Penyakit tersebut merupakan penyakit yang terjadi saat pembuluh darah yang biasanya akan menyuplai darah pada area otak yang terhalang dengan bekuan darah.

Apabila anda mengkonsumsi buah lemon dengan teratur bisa menurunkan terserang penyakit tersebut. 90 persen di masyarakat penyakit stroke iskemik paling umum teralami dan terjadi.

9. Mampu Meredakan Stress

stress
image by livewell.id

Perlu anda tahu, manfaat buah lemon bisa meredakan stress dengan kandungan minyak esensial pada lemon tersebut. Selain itu, ada yang berkata bahwa apabila anda mencium aroma buah lemon itu juga bisa meredakan stress dan mengurangi mood.

Jadi buah lemon selain mengandung nutrisi yang banyak dan berguna untuk meningkatkan energi dalam tubuh, bisa menghilangkan atau meredakan stress dengan kandungan esensialnya.

10. Dapat Menyehatkan Jantung

jantung sehat
Image by: hellosehat.com

Apabila dalam tubuh anda kekurangan Vitamin C, itu akan beresiko anda terserang penyakit jantung dan stroke. Maka lemon adalah salah satu bahan alami yang direkomendasikan untuk anda agar terhindar dari penyakit jantung dengan rutin mengkonsumsinya.

Perlu anda tahu juga, untuk anda supaya terhindar dari kolesterol yang jahat maka lemon bisa menjadi sebuah solusinya dengan kandungan serat di dalamnya, karena serat ini mampu menangkal penyakit tersebut didalam darah.

Manfaat Buah Lemon Untuk Diet

Buah lemon ini, selain bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, ternyata buah lemon bisa bermanfaat juga untuk program diet. Adapun daftar manfaat tersebut sebagai berikut ini!

1. Dapat Menurunkan Berat Badan

diet
image by cloudinary.com

Apabila anda rutin meminum air perasaan lemon dengan campuran air hangat bisa terhindar dari obesitas, namun anda harus rutin meminum air perasaan tersebut di pagi hari. Selain itu, lemon ini mampu menurunkan berat badan dengan cepat oleh kandungan asam sitrat pada lemon tersebut.

2. Dapat Mengecilkan Perut anda yang Buncit

perut buncit
Image by: kompas.com

Cobalah anda untuk mengkonsumsi air perasa lemon dengan campuran air hangat pada sore hari dan lakukan cara tersebut setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Adapun manfaat buah lemon untuk kecantikan sebagai berikut ini!

1. Bisa menghilangkan kerutan dan belang pada kulit

2. Dapat menghilangkan bekas jerawatan dan mencerahkan kulit

3. Komedo dan Flek hitam akan menghilang

4. Dapat mengecilkan pori-pori di wajah

Dalam penggunaan buah lemon ini anda bisa mengikuti cara yang sama dengan perawatan kecantikan dengan buah jeruk disini.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah lemon untuk kesehatan dan program diet anda. Perlu anda tahu, bahwa apabila anda mengkonsumsi buah lemon atau air perasaan lemon secara rutin bisa menjaga kebugaran dan kesehatan pada tubuh anda. Dan selain itu, air perasaan lemon sangat baik untuk anda yang ingin mengadakan program diet dan ingin terhindar dari obsetitas.

Komentar disini