10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Kiwi

Kalimat.ID – Manfaat Buah Kiwi, Buah kiwi yang mempunyai nama ilmiah Achtinidia deciosa adalah buah berry yang kecil serta licin. Buah-buahan ini berasal dari Cina Utara. Disana buah tersebut mempunyai nama Ghost Berry Cina.

Buah kiwi memang mempunyai ukuran yang kecil namun anda tak akan percaya bahwa manfaat buah kiwi sangat luar biasa baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan pada wajah anda.

Manfaat buah kiwi tersebut tidak lepas dari kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada buah kiwi dalam menunjang kebutuhan tubuh pada manusia. Namun anda juga harus berjaga-jaga karena sekalipun ini bahan alami apabila dipakai berlebihan akan berdampak buruk juga. Disamping manfaat buah kiwi yang begitu luar biasa ternyata buah ini mempunyai efek samping apabila anda menggunakannya tidak teratur atau berlebihan.

Buah kiwi mulai dibudidayakan oleh bangsa Cina pada abad ke 19 yang pada saat itu buah tersebut digunakan untuk menambahkan gizi pada tubuh. Adapun buah kiwi ini dibudidayakan untuk kepentingan komersil oleh negara Selandia Baru karena mereka menyadari akan dari potensi dari buah kiwi tersebut. Maka, pada tahun 1959 mereka mengubahnya menjadi kiwi.

Kandungan-Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Kiwi

Buah kiwi mempunyai kandungan nutrisi dan gizi bermacam-macam untuk menunjang kebutuhan pada tubuh anda seperti pada berikut ini:

1. Zat Besi
2. Magnesium
3. Kalsium
4. Karbohidrat
5. Serat Pangan
6. Protein
7. Vitamin A, B.

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi dan gizi di atas tidak heran bahwa buah kiwi tersebut mempunyai manfaat yang kompleks.

1. Melancarkan Pencernaan

pencernaan
image by hellosehat.com

Pada buah kiwi terdapat serat yang bermanfaat untuk pencernaan. Selain itu juga buah kiwi ini mempunyai enzim proteolitik atau bisa disebut juga dengan achtinidin yang bekerja untuk membantu dalam memecah protein. Bahkan dalam salah satu studi menemukan manfaat buah kiwi yang mempunyai kandungan achtinidin bisa meningkatkan pencernaan terhadap sebagian besar protein.

2. Bisa Mengobati Asma

asma
image by doktersehat.com

Apabila anda penderita penyakit asma, buah kiwi bisa menjadi salah satu solusi dalam membantu mengobati penyakit tersebut. Karena pada buah kiwi ini mempunyai kandungan vitamin C serta antioksidan yang tinggi. Pada tahun 2000 penelitian sudah menemukan manfaat buah kiwi ini bisa memberikan untung kepada fungsi paru-paru.

3. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan pada Tubuh

olahraga
image by republika.co.id

Manfaat buah kiwi sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan pada buah tersebut mempunyai nutrisi yang padat serta kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Manfaat buah kiwi dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh ini sudah ditemukan oleh salah satu penelitian. Jadi apabila anda tak mau terserang penyakit begitu saja cobalah untuk memakan buah kiwi dengan teratur.

4. Bisa Mengurangi Darah yang Beku

Apabila anda mengkonsumsi buah kiwi dua sampai tiga dalam sehari secara teratur memungkinkan bisa menurunkan resiko dalam pembekuan darah pada tubuh anda. Selain itu buah kiwi juga bisa mengurangi lemak yang terdapat pada darah. Hal tersebut diungkapkan oleh penelitian terpercaya.

5. Bisa Mengatur Tekanan Darah

tekanan darah
Image by: hellosehat.com

Manfaat buah kiwi selain untuk mencegah dari pembekuan darah juga bisa mengatur pada tekanan darah anda. Buah tersebut sangatlah luar biasa karena bisa juga menurunkan resiko penyakit yang diakibatkan oleh tekanan darah yang tinggi contohnya seperti serangan jantung dan stroke.

Selain itu, manfaat buah kiwi yang lainnya masih banyak diantaranya sebagai berikut ini :

• Bisa melawan penyakit kanker
• Sangat baik untuk program diet anda
• Mampu mencegah dari gangguan pernapasan
• Dapat mengatur penyakit diabetes bagi penderita
• Jantung akan terjaga sehat
• Dapat mengobati penyakit konstipasi
• DNA anda akan terlindungi
• Bisa meningkatkan suasana hati ketika stress
• Mampu memelihara dan memperbaiki tulang
• Bisa menjadi anti bakteri dan anti jamur
• Terciptanya keseimbangan alkalin pada tubuh
• Sangat baik bagi ibu hamil
• Hati anda akan terjaga sehat
• Bisa menjadi obat demam berdarah
• Dapat meningkatkan hemoglobin
• Mampu membersihkan detox
• Mulut akan terjaga sehat
• Terlindungi dari degenarasi makula
• Melindungi terhadap masalah mata

Cara anda untuk memanfaatkan buah kiwi bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut ini :

1. Apabila buah kiwi dimanfaatkan untuk mengobati penyakit maka kami sarankan untuk memakan 2 sampai 3 buah dalam sehari.
2. Jika buah kiwi dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh cukup anda memakannya 1 buah dalam sehari.

Memanfaatkan buah kiwi ini anda bisa langsung memakannya namun jika anda tidak suka bisa anda buatkan menjadi jus dengan campuran buah laninnya supaya buah kiwi ini terasa nikmat.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kecantikan

Adapun buah kiwi selain untuk bermanfaat untuk kesehatan, anda juga bisa memanfaatkannya untuk perawatan kecantikan

1. Dapat Mencerahkan Kulit
kulit cerah
image by cleanandclear.co.id

Buah kiwi memang tidak sepupoler air mentimun dan air tawar untuk menjadi masker wajah. Namun anda perlu tahu bahwa manfaat buah kiwi sangat berkhasiat sekali untuk kulit. Buah tersebut bisa mencerahkan dan memutihkan kulit dengan kandungan vitamin E yang cukup tinggi karena kulit membutuhkan vitamin E untuk mencerahkan mereka dan menghindari dari kekusaman.

2. Dapat Mencegah dari degenerasi

Degenerasi kulit biasanya akan memunculkan masalah pada kesehatan dan kecantikan mereka menganggap bahwa matahari lah yang menyebabkan degenerasi tersebut. Karena ada satu fakta yang membuktikan ada orang yang berjemur pada siang hari lalu mereka mengalami kanker kulit. Oleh sebab itu, kiwi bisa menjadi solusi untuk mencegah dari efek buruk yang dibawa oleh sinar matahari. Karena pada kiwi tersebut terdapat kandungan anti oksidan yang bisa memberantas radikal bebas.

3. Dapat Menghilangkan Jerawat
jerawat
image by moondoggiesmusic.com

Jika sekarang anda mempunyai masalah jerawat di wajah maka dari sekarang anda jangan khawatir karena buah kiwi ini bisa menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan jerawat tersebut.

4. Dapat Menghindari Kulit Kering dan Kasar

kulit kasar
image by bipolarproject.files.wordpress.com

Buah kiwi yang mempunyai kandungan asam omega tiga yang bisa membuat kulit anda lembab dan kenyal. Oleh karena itu, jika sekarang anda mempunyai masalah kulit kering serta kasar buah kiwi ini bisa menjadi solusi terbaik untuk masalah kulit anda.

5. Dapat Mengecilkan Pori-pori

pori pori wajah
image by titiknol.co.id

Anda mempunyai masalah pori-pori di wajah yang besar? Maka, dari sekarang anda jangan terlalu khawatir, karena manfaat buah kiwi ini juga bisa mengecilkan pori-pori pada kulit wajah anda.

Selain itu, manfaat buah kiwi laninnya untuk kecantikan yang bisa anda gunakan adalah sebagai berikut ini:

• Menyembunyikan tanda penuaan
• Kulit yang lembab akan terjaga
• Bisa mengontrol produksi minyak pada wajah yang berlebihan
• Mampu mencegah penyakit kulit
• Bisa meghilangkan mata panda
• Dapat memperbaiki rambut rontok dan mencegahnya
• Pembentukan kolagen di kulit kepala bisa terjaga
• Mampu mencegah dari munculnya uban
• Dapat mengatasi rambut kasar dan kering serta menjaganya menjadi lembab

Cara yang bisa anda gunakan untuk memanfaatkan buah kiwi sebagai solusi masalah dari kecantikan yakni sebagai berikut ini :

1. Pastikan anda mempunyai buah kiwi secukupnya, anda bisa membelinya atau meminta pada teman kerabat anda.
2. Setelah itu buah kiwi anda kupas dan haluskan.
3. Kemudian anda bisa menambahkan minyak zaitun, madu dan air perasan lemon supaya khasiat kiwi tetap terjaga.
4. Gunakan olahan tersebut menjadi masker pada wajah atau kulit.
5. Diamkan pada wajah selama tiga puluh menit.
6. Jangan lupa anda bilas dengan air bersih.

Lakukan hal tersebut dengan teratur supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, cara di atas bisa anda terapkan juga untuk perawatan pada rambut.

Jika buah kiwi ingin anda manfaatkan untuk menghilangkan lingkaran mata panda yang terdapat pada wajah, anda cukup mengiris-iris buah tersebut dengan tipis. Lalu tempelkan buah tersebut pada mata.

Efek Samping Buah Kiwi pada Tubuh Anda

Disamping manfaat buah kiwi yang begitu berkhasiat luar biasa untuk menjaga kesehatan dan bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk perawatan kecantikan, ternyata buah kiwi tersebut mempunyai dampak yang buruk jika anda menggunakan dan mengonsumsinya secara berlebihan. Adapun efek samping buah kiwi diantaranya sebagai berikut ini!

1. Bisa memunculkan bengkak dan ruam pada tubuh
2. Adanya reaksi alergi
3. Dapat menimbulkan dermatitis atau kelainan pada kulit
4. Bisa menimbulkan gangguan ke organ pankreas
5. Dapat mengganggu pada kesehatan janin dan wanita yang hamil
6. Mendatangkan penyakit diare dan alergi lateks

Dengan adanya efek samping tersebut, sebaiknya anda juga berkonsultasi pada dokter jika anda sedang mengonsumsi obat-obat dan sedang mengandung. Karena efek samping dari buah kiwi ini bisa terjadi karena kombinasi dari obat-obat serta vitamin untuk diet.

Demikianlah manfaat buah kiwi untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kami bahas dalam artikel kali ini, semoga bisa menjadi sebuah solusi untuk menciptakan hidup yang sehat dan sejahtera.

Komentar disini