15 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Kalimat.ID – Manfaat Buah Bit, Manfaat bit untuk kesehatan yang paling dikenal adalah kemampuan mereka untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan pencernaan, meningkatkan kinerja atletik, dan mencegah kanker.

Mereka juga membantu dalam memberikan bantuan dari degenerasi makula, meningkatkan sirkulasi darah, membantu perawatan kulit, mencegah katarak, membangun kekebalan, dan meringankan masalah pernapasan. Manfaat bit ini dapat dikaitkan dengan kekayaan nutrisi, vitamin , dan mineral.

Apa itu Buah Bit?

manfaat buah bit
image by honestdocs.id

Bit atau bit, seperti yang sering disebut, milik keluarga Chenopodiaceae . Bit adalah salah satu varietas dari spesies Beta vulgaris . Mereka sering ditambahkan sebagai bahan untuk salad, sup, dan acar dan juga digunakan sebagai zat pewarna alami. Meskipun mereka tersedia sepanjang tahun dan dapat dimakan setiap hari, mereka masih dianggap sebagai sayuran musiman.

Pencinta bit menganggap rasanya sebagai tanah; Namun, ada beberapa orang yang menghindari sayuran akar ini karena mereka berpikir bit terasa seperti kotoran. Bit adalah sumber sukrosa yang berharga, yang membuatnya menjadi pengganti tebu tropis yang layak. Mereka sering digunakan untuk membuat gula rafinasi.

Sejarah bit membentang kembali ke zaman kuno, dan tanda-tanda awal budidaya mereka sekitar 4.000 tahun yang lalu di wilayah Mediterania . Mereka telah lama dikaitkan dengan seksualitas, dan telah dikenal dan digunakan sebagai afrodisiak selama ribuan tahun.

Bit rendah kalori, dengan 1 cangkir (136g) bit mentah mengandung hanya 58 kalori. Namun, bit memiliki kandungan gula tertinggi dari semua sayuran dan relatif tinggi karbohidrat.Nutrisi

Menurut USDA National Nutrient Database, bit adalah sayuran akar yang sangat bergizi yang merupakan sumber vitamin dan mineral, seperti kalium, natrium, zat besi, folat, fosfor, magnesium, kalsium, vitamin C, dan vitamin B seperti tiamin, niasin , dan riboflavin.

Kaya akan antioksidan, bit mendapatkan warna yang dalam dari pigmen betalain, yang memiliki potensi antiinflamasiproperti. Mereka juga berlimpah dalam senyawa phytochemical seperti anthocyanin , karotenoid, lutein / zeaxanthin, glisin, dan betaine. Mereka adalah sumber serat makanan, dan rendah lemak, kolesterol, dan kalori.

Keuntungan dari manfaat buah bit untuk kesehatan

Manfaat buah bit kesehatan yang paling populer adalah sebagai berikut:

1. Darah rendah

Bit kaya akan nitrat makanan, yang bisa diubah menjadi nitrat oksida dalam tubuh. Nitric oxide membantu untuk merilekskan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi .

Shannon Amoils, penasihat penelitian senior di British Heart Foundation, dalam studinya mengatakan, “Segelas jus bit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi – bahkan mereka yang tekanan darah tingginya tidak dikendalikan oleh perawatan obat. ”

2. Tingkatkan Daya Tahan & Stamina

Sebuah makalah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa konsumsi bit kaya nitrat, meningkatkan kinerja berlari pada orang dewasa yang sehat. Dalam penelitian lain, para peneliti menemukan bahwa orang yang minum jus bit meningkatkan penyerapan oksigen hingga 16 persen.

Ini sebenarnya lebih dari yang dapat ditingkatkan oleh orang normal, bahkan ketika pelatihan ekstensif! Jus bit telah terbukti meningkatkan kinerja atletik di pelari, perenang, dan pengendara sepeda, menjadikannya minuman olahraga yang menarik yang tidak akan pernah dipertimbangkan oleh kebanyakan orang.

3. Tingkatkan Pencernaan

Manfaat buah bit sudah dimanfaatkan sebagai obat untuk gangguan pencernaan pada abad pertengana termasuk sembelit juga. Buah bit mempunyai kandungan serat dan antioksidan yang dapat membantu menetralkan tubuh dari zat beracun dan menjaga kesehatan pada pencernaan.

4. Kesehatan Otak

Perlu anda tahu neuroplastisitas otak bisa ditingkatkan oleh buah bit karena mempunyai nitrat yang terkandung. Kandungan nitrat pada buah bit ini mampu untuk meningkatkan oksigenasi korteks somatomotor, pada tahap awal demensia area otak ini yang sering terpengaruh.

Adanya sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal of Gerontology menegaskan bahwa jus bit dalam kombinasi dengan olahraga pada orang dewasa yang lebih tua dapat memiliki dampak yang lebih positif.

5. Potensi Antikanker

Sebuah studi oleh Dr. Govind J.Kapadia dari Howard University di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa bit mungkin baik dalam mencegah kanker kulit, paru-paru, dan usus besar. Mereka mengandung pigmen betacyanin, yang menangkal pertumbuhan sel kanker.

Nitrat yang digunakan dalam daging sebagai pengawet dapat merangsang produksi senyawa nitrosamin dalam tubuh, yang juga dapat menyebabkan kanker. Studi terbaru menunjukkan bahwa jus bit menghambat mutasi sel yang disebabkan oleh senyawa ini. Juga, beta-karoten alami dalam bit dapat membantu mencegah kanker paru-paru.

6. Penurunan Berat Badan

Dikemas dengan nutrisi dan serat, bit adalah tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan. Magnesium dan kalium dalam bit membantu mendetoksifikasi tubuh dan membuang kelebihan air, mencegah kembung. Nutrisi ini membantu mengoptimalkan metabolisme dan menurunkan berat badan berlebih. Jus bit sering diresepkan dalam diet detoksifikasi.

7. Cegah Anemia

Bit merah memiliki jumlah zat besi yang signifikan, yang membantu mencegah anemia dan meningkatkan regenerasi sel darah merah

8. Detoksifikasi Hati

Betaines, dalam bit, merangsang fungsi hati dan menjaganya tetap sehat, menurut sebuah penelitian pada hewan. Juga, pektin, serat yang larut dalam air pada sayuran akar ini, membantu mengeluarkan racun dari hati. Mereka adalah salah satu makanan super yang memiliki kemampuan untuk membalikkan hati berlemak.

9. Jantung Bisa Lebih Sehat

Manfaat buah bit dalam menjaga kesahatan jantung mempunyai betaine, ini adalah senyawa bioaktif yang kuat yang bisa menurunkan kadar homocysteine pada tubuh. Masalah kardiovaskular dapat disebabkan oleh kadar homosistein yang tinggi.

Serat dalam bit membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik. Serat juga berfungsi untuk menghilangkan kolesterol LDL (jahat) berlebih dari tubuh dengan cepat. Dengan demikian, konsumsi bit membantu mencegah penyakit kardiovaskular seperti atherosclerosis dalam berbagai cara, sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients .

10. Tingkat Energi Meningkat

Bit mengandung karbohidrat dalam jumlah yang signifikan yang menyediakan energi untuk aktivitas olahraga yang berkepanjangan. Karbohidrat adalah blok pembangun alami metabolisme energi, dan bit memberi mereka tanpa efek samping negatif dari banyak makanan berat karbohidrat lainnya. Kadar karbohidrat yang optimal memastikan fungsi puncak dari semua reaksi metabolisme penting yang menjaga fungsi organ secara efisien.

11. Bertindak sebagai Afrodisiak

Bit telah dianggap sebagai afrodisiak, atau penguat seksual selama ribuan tahun. Sebagian dari ini berasal dari fakta bahwa bit mengandung kadar signifikan mineral boron yang membantu meningkatkan produksi hormon seksual . Hal ini dapat menyebabkan peningkatan libido, peningkatan kesuburan, peningkatan motilitas sperma. Kehidupan seksual Anda bisa mendapatkan dorongan yang sah dan teruji oleh waktu ke arah yang benar dengan menambahkan bit pada diet Anda.

12. Kurangi Cacat Kelahiran

Manfaat buah bit yang baik untuk wanita hamil karena mereka adalah sumber vitamin B folat, yang membantu dalam pengembangan tulang belakang bayi. Kekurangan folat dapat menyebabkan berbagai cacat lahir seperti cacat tabung saraf.

13. P Revent Masalah Pernapasan

Beetroot adalah sumber vitamin C yang dapat membantu mencegah gejala asma. Selain mempertahankan efek radikal bebas dalam tubuh, vitamin ini juga merangsang aktivitas sel darah putih, yang merupakan garis pertahanan utama tubuh terhadap benda asing, serta racun virus, bakteri, jamur, dan racun protozoa. yang dapat menyebabkan banyak infeksi dan penyakit.

14. Tingkatkan Kekebalan

Bit sangat padat nutrisi yang membantu meningkatkan tingkat kekebalan dalam tubuh dan diketahui dapat melawan demam dan pilek. Vitamin C, B-kompleks, dan antioksidan kuat dalam sayuran akar ini membantu mencegah kelelahan, meredakan sakit dan nyeri ringan, dan mengurangi peradangan.

15. Kurangi Degenerasi Makula

Beta-karoten hadir dalam bantuan bit dalam mengurangi atau memperlambat degenerasi makula di mata. Degenerasi makula sering dikaitkan dengan peningkatan radikal bebas, yang secara drastis mempengaruhi proses penuaan dini banyak orang. Beta-karoten adalah bentuk vitamin A yang kuat, yang memiliki sifat antioksidan dan melindungi mata terhadap efek merusak dari radikal bebas, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry .

14. Cegah Katarak

Kehadiran beta-karoten, yang merupakan bentuk vitamin A, di bit membantu mencegah kebutaan yang disebut katarak terkait usia.

15. Kerapuhan kapiler

Flavonoid dan vitamin C dalam bit membantu mendukung struktur kapiler, yang merupakan pembuluh darah terkecil di dalam tubuh.

16. Sumber Serat Yang Tinggi

Makan makanan yang kaya akan makanan kaya serat, seperti bit, membantu mencegah penyakit kronis. Manfaat buah bit mempunyai kandungan serat larut dan tidak larut. Sementara serat larut membantu menurunkan kolesterol, serat tak larut membantu mencegah sembelit.

17. Anti penuaan

Dalam buah bit mempunyai kandungan folat yang tinggi, ini akan membantu fungsi dan perbaikan sel dengan sempurnal, hal tersebut bisa menjadi anti penuaan. Berlimpahnya antioksidan dan vitamin C, bit adalah cara alami untuk memastikan kulit Anda bersinar!

Cara memakan dan mengolah buah bit

Bit dapat dimakan dalam banyak cara tetapi sebelum mengkonsumsinya, kita perlu menghilangkan kulit yang tipis. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menggunakan bit dalam diet harian Anda:

Salad dan sup : Bit dapat diiris dan ditambahkan ke salad, atau mereka juga bisa dimakan mentah. Buang kulitnya yang tipis, iris, dan bumbui bit dengan garam, merica, dan jus lemon, dan camilan sehat sudah siap. Cara lain untuk memakannya adalah dengan menggunakannya untuk membuat sup, seperti Borscht tradisional.

Bit panggang atau dikukus : Anda dapat memanggang bit utuh atau irisan. Anda juga bisa menambahkannya ke campuran sayuran akar panggang Anda. Cara lain untuk memasak bit adalah dengan mengukusnya. Perempat bit yang belum dikupas dan kukus selama 15 menit.

Bit acar : Anda dapat dengan mudah membuat acar di rumah dengan menggunakan cuka, dan mereka juga tersedia di toko bahan makanan. Bit acar rendah lemak dan kaya akan serat makanan, karbohidrat, dan mineral.

Jus bit : Anda dapat dengan mudah membuat jus bit dengan memasukkannya ke dalam blender.

Bit hijau: Hijau digunakan untuk membuat lauk atau salad. Daun-daun ini dikemas dengan nutrisi penting seperti potasium, tembaga, magnesium, dan vitamin A, K, dan C. Mereka juga membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe-2 dan stroke.

Makanan penutup: Bit digunakan secara umum dalam kue coklat vegan karena berpasangan dengan cokelat dan membantu memberi hidangan nabati ini rasa yang lebih dalam.

Itulah beberap manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh, buat ini sangat bermanfaat dan menjadi obat yang aman serta nyaman untuk menjaga kebugaran pada tubuh anda. semoga bermanfaat

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia