10 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat buah belimbing

Kalimat.ID – Manfaat Buah Belimbing, Nama ilmiah dari buah belimbing adalah Averrhoa carambola, merupakan satu diantara contoh buah-buahan yang kaya dengan vitamin. Dalam bahasa Inggris, buah belimbing ini diberi nama dengan starfruit sebab ketiak anda memotong memiliki bentuk akan mirip dengan bintang.

Belimbing yang telah masak mempunyai rasa yang manis dengan sedikit agak asam. Dengan banyaknya kandungan gizi serta vitamin pada buah belimbing tersebut, jadi sangat banyak manfaat buah belimbing yang baik untuk kesehatan serta kecantikan.

Pohon belimbing asli yang berasal dari Indonesia, Sri Langka, serta India akan tetapi sekarang ini telah menyebar ke beberapa daerah yang lain. Pohon buah belimbing akan hidup subur pada daerah tropis, belimbing mempunyai ketinggian sampai 5 M.

Batang pohon buah belimbing ini memiliki banyak ranting-ranting cabang, serta mempunyai warna hijau pada daunnya dengan ukuran yang kecil. Sebelum berbuah, kebanyakan bunga bunga buah akan muncuk terlebih dulu.

Gizi dan Nutrisi yang Terkandung Dalam Buah Belimbing

Kandungan gizi dalam buah belimbing yaitu sebagai berikut ini!

karbohidrat 6,73 gr, lemak 0,33 gr, protein 1,04 gr, serat 2,8 gr
vitamin A 61 IU, vitamin C 34,4 miligram, vitamin E
0,15 miligram, thiamin 0,014 miligram, riboflavin 0,016 miligram, pyridoxine 0,017 miligram, niacin 0,367 miligram

folat 12 mikrogram, kalsium 3 miligram, zat besi 0,08 miligram, sodium 2 miligram, kalium 133 miligram fosfor 12 miligram, seng 0,12 miligram, magnesium 10 miligram.

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Manfaat-manfaat buah belimbing yang bisa anda gunakan untuk kesehatan pada tubuh anda, dengan bisa terhindari dari berbagi penyakit diantaranya sebagai berikut ini!

1. Menahan kanker

Kanker merupakan penyakit yang bisa mengancam tiap-tiap orang yang mempunyai gaya hidup yang tidak baik. Selama ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit kanker, Tapi ada usaha buat membunuh sel sel kanker itu dengan melakukan kemoterapi.

Kemoterapi mempunyai resiko buat badan misalnya muntah serta kerontokan pada rambut. Sebelum mengalami hal tersebut, alangkah seharusnya anda bisa menghindarinya dengan memakan buah belimbing yang merupakan mempunyai manfaat untuk mengecah dan terhindari dari penyakit kanker

2. Mampu menguragi kolesterol dalam darah

Cholesterol merupakan kandungan lemak di darah yang berperan dalam pembentukan hormon serta pembentukan pada dinding sel. Akan tetapi kandungan cholesterol didalam darah dapat naik bila Anda banyak memakan makanan yang ber lemak seperti daging serta makanan berminyak.

Cholesterol yang terlalu berlebihan di darah akan mengakibatkan beberapa jenis penyakit misalnya jantung koroner. Maka, manfaat buah belimbing bisa berperan untuk mengurangi kandungan cholesterol pada darah.

3.Bisa Mengobat Hipertensi atau Darah Tinggi

Hipertensi merupakan penyakit darah tinggi di mana dorongan darah pada tubuh naik. Penyakit tersebut terjadi karena dipacu oleh kondisi stress yang menyebabkan seorang jadi gampang emosi. Atau juga dipacu oleh aspek makanan seperti makanan yang asin serta daging kambing. Hipertensi dapat menyebabkan penyakit stroke. Hipertensi bisa ditangani dengan anda rajib memakan buah belimbing.

4. Mampu terhindari dari anemia atau kurang darah

Anemia merupakan penyakit kurang darah yang diakibatkan oleh minimnya sel darah merah atau hemoglobin di darah. Orang yang menanggung derita penyakit anemia ini kebanyakan mukanya pucat, badannya lemas serta gampang sekali tidak sadarkan diri. Anemia dapat dihindari dengan meningkatkan mengkonsumsi zat besi yang bisa anda dapatkan dalam buah bermanfaat ini. Rajin mengkonsumsi buah itu bisa menghindari dengan alami dari penyakit anemia ini.

5. Bisa menyehatkan pencernaan anda

Buah yang mempunyai rasa yang masam serta manis ini memiliki kandungan gizi yang sangat banyak diantaranya serat yang baik buat kesehatan pencernaan. Serat bisa membuat pencernaan lancar hingga tidak mengakibatkan sembelit. Serat akan mengikat bahan bahan kimia yang masuk ke usus lewat makanan.

Tidak hanya itu, serat pun berperan untuk menyerap cholesterol. Untuk memperoleh kegunaan buah itu untuk pencernaan, anda bisa mengonsumsinya dengan cara langsung.

Adapun manfaat buah belimbing yang lainnya adalah sebagai berikut ini!

1. Bisa memberantas radikal bebas
2. Banyak sekali kandungan antioksidan
3. Mata akan terawat sehat
4. Mampu menaikkan kerja enzim dalam tubuh
5. Sangat bagus untuk program diet
6. Mampu mengatasi peradangan
7. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Langkah Untuk Menggunakan Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Langkah untuk memperoleh manfaat buah belimbing untuk kesehatan yaitu dengan mengonsumsinya dengan cara langsung. Pilih buah yang masih fresh serta masak, terus basuh bersih dengan air. Untuk memakan buah ini, tak perlu mengkupasnya sebab di kulit buah itu ada beberapa zat yang bermanfaat, cukuplah memotongnya saja. Bila Anda jenuh mengonsumsinya dengan cara langsung, buah ini dapat juga jadikan juice dengan kombinasi susu serta es.

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, manfaat buah belimbing juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah diwajah terutama untuk para wanita

1. Mampu Mengatasi Kulit yang Berminyak

Kulit berminyak muncul diakibatkan dengan cuaca yang panas hingga memunculkan keringat serta minyak pada kulit muka. Tidak hanya itu, pada intinya, kulit muka memang menghasilkan minyak sebab ada kelenjar minyak dibawah kulit. Minyak di wajah begitu menggangu waktu anda ingin tampil cantik. Jalan keluar untuk kulit berminyak yaitu memakai masker buah belimbing dengan teratur.

2. Mampu Mengurangi dan menangani jerawat pada Wajah

Jerawat merupakan peradangan pada kulit yang karena disebabkan kotoran yang melekat di wajah serta banyak produksi keringat serta minyak di wajah. Jerawat sering membuat kita kurang percanay diri lantaran warnanya kemerah-merahan serta begitu tampak dan tidak dapat tertutupi oleh make up. Maka rajinlah untuk memakan buah belimbing serta memakai maskernya dapat menahan dan menangani jerawat.

3. Bisa terhindar dari rambut rontok

Rambut rontok dapat dikarenakan rusaknya rambut sesudah proses pelurusan, pengeritingan, pewarnaan, serta proses yang lain. Sesudah terserang obat kimia serta pemanasan oleh alat alat salon, rambut bisa menjadi ringkih serta gampang sekali rontok. Oleh karenanya rambut memerlukan banyak vitamin buat memulihkan keadaannya. Salah satunya sumber vitamin bisa didapat dari mengkonsumsi buah belimbing serta memakainya menjadi masker rambut.

4. Menghilangkan keriput di pada muka

Keriput merupakan garis garis kerutan yang ada di muka,Keriput bisa muncul karena proses penuaan yang dihadapi oleh manusia. Keriput sering membuat anda tidak percaya diri. Kandungan vitamin yang ada di belimbing bisa menghilangkan keriput di wajah. Dengan rajin mengonsumsinya, keperluan vitamin akan tercukupi hingga penuaan akan dapat dihindari serta muka akan kencang tanpa adanya keriput.

5. Menangani rambut yang beruban

Uban merupakan rambut yang berwarna putih menjadi isyarat dari terdapatnya proses penuaan. Keadaan penuaan ini dapat dihambat dengen anda bisa menerapkan hidup sehat serta memakan makanan yang sehat. Vitamin serta kandungan gizi yang menyehatkan bisa anda dapatkan dalam buah belimbing. Buah ini pula memiliki kandungan anti-oksidan yang bermanfaat untuk mengontrol sel sel yang ada didalam tubuh hingga terlepas dari proses penuaan dini.

Adapun manfaat lain dari buah belimbing untuk kecantikan adalah sebagai berikut ini!

  1. Bisa mencerahkan dan menghaluskan pada wajah anda
  2. Kantung mata yang ada diwajah bisa dihilangkan oleh buah belimbing ini
  3. Kulit bisa lembab dengan buah tersebut
  4. Bagus untuk pertumbuhan rambut supaya lembab
  5. Jerawat akan bisa hilang dengan buah belimbing ini
Langkah untuk Manfaatkan buah belimbing bagi Kecantikan

Manfaat buah belimbing bagi kecantikan bisa anda temukan didalam buah belimbing dengan cara langsung dan membuat buah tersebut menjadi masker muka ataupun masker rambut. Untuk menghilangkan kantung mata cukuplah anda tempelkan potongan buah pada mata serta mata bisa menjadi lebih segar lagi.

Bila ingin membuat masker, terlebih dulu haluskan belimbing terus campurlah dengan madu. Terapkan di wajah atau rambut, kemudian anda basuh. Lakukan hal tersebut dengan teratur.

Dampak atau Efek samping dari buah belimbing

Tidak ada efek samping yang diakibatkan oleh buah belimbing ini. Akan tetapi, mesti dicegah buat orang yang mempunyai penyakit ginjal. Sebab kandungan asam oksalat pada buah belimbing akan menyebabkan pembentukan batu ginjal serta dapat mengakibatkan penyakit gagal ginjal. Tidak hanya itu, asam oksalat dapat juga mengganggu penyerapan mineral mineral yang dilakukan oleh tubuh.

Itu barusan manfaat buah belimbing buat kesehatan serta kecantikan. Akan tetapi buat pasien penyakit ginjal semestinya tidak memakan buah belimbing. Makanlah type buah ini dengan teratur supaya bisa mendapatkan nikmat karena khasiatnya.

Komentar disini