16 Manfaaf Daun Kelor Bagi Kesehatan juga Kecantikan

Manfaat Daun Kelor

Kalimat.ID – Manfaat daun kelor, kelor merupakan tumbuhan yang sangat mudah dicari. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Asia Selatan. Kelor ini dapat tumbuh dengan cepat, dan mudah serta tahan akan kondisi yang panas. Tanaman ini sudah dikenal lama oleh masyarakat dan banyak dimanfaatkan sebagai sayur dan obat.

Kelor yang memiliki nama latin Moringa Oelifera sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae merupakan tumbuhan yang penuh akan manfaat. Pohonkelor memiliki ketinggian ± 7-11 meter, dengan daun berbentuk bulat lonjong yang tersusun rapi disetiap tangkainya dan berwarna hijau muda.

Sudah banyak dilakukan penelitian terhadap manfaat daun kelor, mulai dari kulit batang, daun, dan bijinya. Diketahui sejak tahun 1980 mayoritas penduduk Negara Somalia, Etiopia sudah menjadikan daun kelor sebagai sayuran dan dipercaya untuk menjaga kesehatan.

Bahkan tanaman daun kelor ini juga diperjualbelikan. Pada masyarakat dulu tanaman ini sudah menjadi bagian dari kehiduan sehari-hari sebagai bahan sayur, obat, dan perawatan wajah.

Daun Kelor Memiliki Kandungan Seperti

1. Vitamin C
Vitamin C baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga manfaat daun kelor ini mampu mencegah serangan penyakit sariawan. Bermanfaat menurunkan risiko serangan jantung dan juga pilek yang sering terjadi saat musim pancaroba. Kandungan vitamin C nya juga tujuh kali lipat lebih banyak dari dari pada jeruk.

2. Vitamin A
Vitamin A yang terkandung pada daun kelor sangat baik untuk mata. Kandungannya lebih tinggi empat kali lipat dari kandungan Vitamin A pada wortel dan dua kali lipat protein pada susu. Jika mengkonsumsinya dapat mencegah kanker, meningkatkan sistem imun, serta dapat membuat kulit sehat.

3. Potasium
Potasium dapat menjaga fungsi otot dan syaraf dalam tubuh yang sangat diperlukan. Daun kelor ini mengandung potasium tiga kali lebih banyak dari pisang. Sehingga manfaat daun kelor tersebut sangat dibutuhkan tubuh.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan kepada bayi dan anak-anak untuk mengkonsumsi daun kelor untuk masa pertumbuhan. Daun kelor berkasian untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah gizi buruk pada anak-anak.

Hasil penelitian menunjukka bahwa daun kelor mengandung semua unsur asam amino yang sangat penting. Beberapa hasil analisa yang telah dilakukan diketahui bahwa kandungan nutrisi pada daun kelor dapat melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Tidak heran bahwa banyak yang mengatakan bahwa daun kelor ini merupakan tanaman ajaib yang baik untuk tubuh. Berikut merupakan kandungan nutrisi dalam daun kelorsegar dengan daun kelor yang sudah dikeringkan dan dihaluskan dalam bentuk serbuk.

Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan kalium yang terdapat dalam daun kelor lebih rendah dari kandungan zat besi. Manfaat daun kelor lebih besar jika diolah menjadi serbuk dibandingkan jika dikonsumsi secara langsung sebagai sayuran. Namun, walaupun begitu khasiat dan manfaat dari daun kelor bagi kesehatan tetap baik apabila dikonsumsi secara rutin.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencukupi Gizi Ibu Menyusui

image by: hellosehat.com
manfaat daun kelor untuk ibu menyusui

Bagi ibu menyusui yang memiliki ASI sedikit, dapat memanfaatkan khasiat dari daun kelor sebagai solusinya, karena mengandung unsur flavonoid. Daun kelor juga dapat menambah kualitas dari ASI, yaitu dari kandungan vitamin C, zat besi, dan protein didalamnya.

2. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mata

kesehatan mata
Image by: ohayo.co.id

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa kandungan vitamin A pada daun kelor 4 kali lebih besar dari kandungan vitamin A pada wortel. Untuk yang memiliki penglihatan kurang baik, mengkonsumsi daun kelor dapat mengurangi atau bahkan menyembuhkan penyakit mata. Mulai dari mata minus, silinder, plus ataupun mata katarak.

Dengan menumbuk 3 gagang daun kelor kemudian di seduh dengan 1 gelas air panas mendidih dan didiamkan beberapa saat sambil diaduk lalu disaring. Tunggu sampai hangat lalu tambahkan madu murni beberapa sendok, dan minum menjelang tidur malam.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan tubuh

sistem kekebalan tubuh

Kandungan polyphenol yang merupakan zat antioksidan yang tinggi pada daun kelor dapat menekan racun pada tubuh yang pada akhirnya sistem imun semakin baik.

4. Membantu dan Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat Daun Kelor untuk kesehatan ginjal
Image by: doktersehat.com

Kandungan yang berbagai macam pada daun kelor dapat memelihara ginjal agar bekerja dengan baik, bahkan ketika ginjal bermasalah. Daun kelor dapat membantu menyehatkan kembali ginjal agar dapat berfungsi dengan optimal.

5. Menghilangkan Flek pada Wajah, Memutihkan Kulit, Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Manfaat Daun Kelor untuk menghilangkan komedo

Bukan hanya bermanfaat untuk penyakit saja bahkan daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada wajah, yaitu jerawat, komedo, dan flek. Ekstrak daun kelor dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik untuk kulit. Daun kelor memiiki zat antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Fungisnya dapat membantu produksi kolagen serta protein keratin. Dan sangat penting bagi jaringan kulit pada tubuh. Cara mengolah daun kelor yaitu: tumbuk segenggam daun kelor muda sampai benar-benar halus. Kemudian gunakan sebagai bedak atau maskler dan diamkan selama 25-30 menit lalu bilas sampai bersih.

6. Senyawa Anti-inflamasi dan Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melawan radikal bebas didalam tubuh manusia. Jika tingkat radikal bebas tinggi bisa menyebabkan stress dan dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis, misalnya diabetes. Daun kelor banyak mengandung senyawa antibakteri alami yang memiliki fungsi seperti obat anti-inflasmasi.

Mengkonsumsi daun kelor yang kaya akan antioksidan bisa menjadi solusi untuk menurunkan senyawa radikal bebas dalam tubuh. Banyak cara untuk mengkonsumsi daun kelor, salah satunya dengan diolah menjadi the dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengawet makanan alami.

7. Memperlambat Efek Penuaan

Banyaknya kandungan senyawa antioksidan pada daun kelor dapat membantu memperlambat efek penuaan. Karena mampu menyeimbangkan hormon secara alami. Manfaat daun kelor ini sangat baik untuk kecantikan anda.

8. Mengobati Rematik

Mengkonsumsi daun kelor dapat mengobati rematik, untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi penumpukkan asam urat pada sendi. Selain dapat digunakan untuk mengobati rematik, juga dapat digunakan untuk pegal linu, dan nyeri. Cara mengolah daun kelor ini ialah mengambil dua gagang daun kelor. Kemudian ditumbuk halus dan ditambahkan dengan setengah sendok makan daun sirih, ramuan ini dapat digunakan sebagai param.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Dari hasil penelitian kandungan antioksidan pada daun kelor dapat mencegah kerusakan jantung. Manfaat daun kelor ini cukup signifikan pada kesehatan jantung.

10. Anti Kanker

Ekstrak daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Kandungan potasium pada daun kelor dapat memperlambat pertumbuhan dan dapat menghilangkan kanker dalam tubuh. Selain itu daun klelor dapat bermanfaat sebagai pencegah alami.

11. Menyehatkan Kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada daun kelor dapat menghaluskan kulit dan mencegah timbulya jerawat. Daun kelor dapat digunakan sebagai masker wajah, yang dapat memberikan efek halus dan tampak sehat pada wajah.

12. Mengatasi Diabetes

Kandungan mineral pada daun kelor memiliki sifat anti diabetes. Kandungan ini deperlukan untuk produksi insulin untuk mengatasi diabetes. Dengan mengkonsumsi daun kelor sebagai sayur dapat mengurangi kadar gula dalam darah yang pada akhirnya menjadi normal.

13. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Gula darah dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan, tingginya gula darah dapat memicu penyakit lain seperti jantung. Penelitian menunjukkan kandungan zat hiocarbamateglikosida, nitrile, dan glikosida.

Minyak mustard memiliki manfaat untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah serta mencegah kolesterol. Menggunakan daun kelor 50 gram dan mencampurnya ke dalam makanan, hasilnya dapat mengurangi kenaikkan gula darah sebesar 21 persen.

14. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan dalam daun kelor yaitu sebagai anti-inflamasi dapat mencegah dan mengobati sakit maag, kerusakan ginjal, penyakit hati, kerusakan pencernaan, serta infeksi. Selain itu manfaat daun kelor sebagai sumber kalsium dan serat yang berperan besar terhadap kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh.

Kandungan serat yang tinggi juga mampu mengontrol berat badan dengan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan dapat mendukiung metabolisme tubuh yang optimal.

15. Memelihara Keindahan Rambut

Manfaat daun kelor juga dapat menguatkan dan melebatkan rambut, yang tampak mengkilap, kuat dan sehat. Kandungan mineral, vitamin, dan asam amino pada kelor berperan dalam pembentukan protein keratin rambut.

16. Menjaga Berat Badan

Manfaat daun kelor dapat membantu masalah pencernaan, sehingga dapat merangsang metabolisme untuk membakar kalori dengan lebih cepat. Dengan mengkonsumsi teh daun kelor secara rutin dan teratur dapat membantu masalah perut buncit. Karena teh daun kelor mudah diserap oleh tubuh.

Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

Daun kelor dapat dimakan mentah, dengan mencucinya terlebih dahulu, namun juga dapat diolah dengan cara:

1. Membuat Sayur Kelor

Membuat sayur kelor sangat mudah, dapat sebagai lauk sayur makanan. Dengan cara mencuci daun kelor secukunya kemudian dapat diolah seperti tumis atau oseng, dan urap. Biasanya banyak ibu-ibu rumah tangga memnfaatkan daun kerlor ini sebaagai pengganti sayur.

2. Membuat Teh Kelor

Cara membuatnya:
– Ambil daun kelor secukunya (tidak ada batasan, namun juga tidak terlalu banyak) pisahkan dari ranting.
– Cuci sampai bersih
– Keringkan dibawah terik sinar matahari
– Tunggu sampai kering
– Tumbuk h alus daun kelor yang sudah kering sampai halus
– Masukkan bubuk kelor kedalam toples atau botol yang steril
– Siapkan air panas mendidih 150-200 ml
– Campur bubuk kelor secukupnya
– Diamkan ± 15-20 menit
– Saring ampas
– Dan nikmati dengan gula maupun tidak

3. Membuat Masker Wajah

Cara Membuatnya:
– Cuci bersih daun kelor (pisahkan dari ranting)
– Siapkan wadah bersih
– Campur dengan sedikit air
– Tumbuk hingga benar-benar halus
– Oleskan merata pada wajah
– Diamkan selama 15-3- menit
– Bilas wajah dengan air hangat

Pada dasarnya daun kelor tidak memiliki efek samping, karena dari bahan alami dan aman untuk siapa saja. Daun, biji-bijian, dan buah mungkin aman jika dikonsumsi sebagai makanan. Namun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi tangkai dan akar kelor karena mengandung zat beracun.

Juga dianjurkan untuk mengkonsumsi secukup mingkin dan tidak berlebihan. Mengkonsumsi daun kelor harus dihindari oleh ibu hamil karena terdapat bahan kimia yang terkandung dalam daun kelor, dan di khawatrikan dapat mengganggu pertumbuhan janin serta dapat mengakibatkan keguguran.

Dengan demikian, banyak sekali manfaat daun kelor untuk kesehatan maupun untuk kecantikan yang berguna bagi segala usia mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Komentar disini