Letak Astronomis Indonesia: Keuntungan, Dampak dan Pengaruh

Kalimat.ID – Letak Astronomis Indonesia adalah dilihat dari suatu tempat melalui garis lintang dan garis bujur yang melintasi sebuah negara. Garis lintang merupakan sebuah garis imajiner dengan membentang horizontal melingkari bumi, dan sedangkan garis bujur merupakan sebuah garis imajiner yang melingkari bumi secara vertikal.

Astronomi atau Astronomis merupakan sebuah cabang ilmu yang meneliti tentang sebuah benda yang berada di langit, seperti bintang, planet dan komet serta benda-benda ruang angkasa lainnya, juga seperti fenomena alam lainnya yang terjadi di bumi.

Astronomi merupakan ilmu yang tertua ada di dunia ini, karena diketahui memiliki artefak-artefak astronomis yang berasal dari jaman dulu, sebagai contoh saja monumen-monumen yang berada di Mesir, dan Nubia, atau sebuah Stonehenge yang berasal dari Inggris.

Orang-orang yang berada pada peradaban dulu seperti bangsa kaum Babilonia, Yunani, China, India dan bangsa Maya juga ditemukan sebuah artefak pengamatan metodologis. Walaupun astronomis merupakan cabang ilmu tertua, namun ilmu ini dipakai pada zaman modern semenjak ditemukannya Teleskop.

Jelaskan Letak Astronomis Indonesia

Indonesia

Letak Astronomis Indonesia adalah 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan) dan antara 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur). Jika dilihat dari posisi astronomis Indonesia terletak di kawasan iklim tropis dan berada di belahan timur bumi.

Keuntungan Letak Astronomis Indonesia

Keuntungan dari letak Astronomis indonesia ini merupakan sebuah anugerah, karena Indonesia terlatak di garis khatulistiwa yang membagi dua iklim saja yakni iklim tropis (panas) dan juga musim hujan, berbeda dengan negara lainnya yang memiliki 3 sampai 4 musim pada sebuah daerah (Negara).

1. Tidak Memiliki Musim Dingin

musim dingin
image by: homeaway.co.id

Bagi sebagian negara yang memiliki musim dingin (Salju) tentu saja ada yang merepotkan dari musim ini, sebagai contoh saja transportasi jadi terganggu seperti Landasan Pacu Pesawat yang tertutup salju memungkinkan akan menyusahkan jadwal penerbangan, belum lagi akses jalan raya membuat sebuah kendaraan susah untuk melaju, hingga juga sering terjadinya kecelakaan karena terhambat-nya jarak pandang dikarenakan musim salju (Dingin).

Namun di Indonesia ini juga memiliki musim dingin hingga bersalju, namun hanya ada satu tempat saja yakni Puncak Gunung Jaya Wijaya di Papua sana, namun selebihnya memiliki musim dingin yang wajar saja, ini dialami oleh mereka yang berada didaerah gunung atau kaki gunung.

2. Suhu Udara Panas

cuaca panas

Iklim tropis Indonesia ini cenderung terasa hangat bahkan panas, jika demikian Indonesia masih banyak memiliki hutan hujan tropis sehingga bisa membuat stabil suhu udara, namun ditempat yang tidak terlalu memiliki hutan tropis memang cuaca akan terasa hangat bahkan panas.

3. Curah Hujan

hujan
Image by: thoughtco.com

Indonesia memiliki dua musim yakni salah satunya adalah musim hujan, dimana di Indonesia ada yang memiliki curah hujan tertinggi di Indonesia bahkan didunia yakni berada di lokasi Papua, namun di beberapa daerah di Indonesia juga memiliki curah hujan yang tinggi, Bogor juga termasuk kota Hujan dicapnya, karena terkenal dengan kota yang sering Hujan, namun itu sudah tak lagi.

4. Hutan Hujan Tropis

Indonesia patut berbangga dengan menjadi daerah yang memiliki Hutan Tropis terbesar di dunia, ya bagaimana tidak, hampir di semua pulau yang berada di Indonesia ini terdapat banyak hutan tropis, hal inilah Indonesia penyumbang oksigen terbaik dan terbesar di dunia, hal ini juga tidak terlepas dari pemanasan Global yang kian hari kian menjadi-jadi.

5. Hewan Flrora dan Fauna Terbesar

flora dan fauna

Berkat Indonesia memiliki iklim dua yakni Tropis dan Hujan Indonesia dianugerahi memiliki berbagai macam Flora dan Fauna yang unik hanya dimiliki di Indonesia, dengan memiliki Flora dan Fauna dari Sabang hingga Merauke.

Flora dan Fauna di Indonesia ini juga ada yang dilindungi oleh negara, namun kita sebagai rakyat turut andil dalam menyelamatkan Flora dan Fauna yang hampir punah, dikarenakan banyaknya perburuan hewan dan penebangan hutan tanpa memilih dan memilah, ayo selamatkan Indonesia dari hal ini, jika tidak kita siapa lagi yang akan menjaga, jika tidak sekarang kapan lagi? Jangan sampai kita menyesal karena tindakan egoisme.

6. Pertanian Subur

sawah
Image by: indonesiaimaji.com

Manfaat atau keuntungan dari Indonesia memiliki dua iklim yakni, Indonesia dianugerahi tanah yang subuh, bahkan ada yang bilang Indonesia “gemah ripah loh jinawi” memang sebutan ini cocok untuk ibu Pertiwi Indonesia.

Bahkan Indonesia dulu pernah menjadi lumbung padi ASEAN, pemasok buah-buahan terbesar dan terbaik didunia, pemasok beras terbaik di Indonesia, namun kini sudah tidak lagi, banyak dari para petani dirugikan dengan adanya impor beras. Surganya kelapa sawit di Indonesia juga.

7. Pertanian dan Perkebunan membantu PDB

tanjung priok
Image by: suaramerdeka.com

Indonesia memiliki tanah yang subur membuat indonesia memiliki ekonomi yang kuat dari sektor pangan dan papan, PDB Indonesia sumbangsih nya terbesar juga dari kesuburan tanah Indonesia, selain dari hasil tambang.

8. Wisata

bali

Dianugerahi dua iklim Indonesia merupakan surga-nya wisata, baik alam, lautan dan pegunungan, banyak wisatawan lokal dan mancanegara pergi ke Indonesia hanya untuk sekedar menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia.

Dampak Letak Astronomis Indonesia

Garis khatulistiwa yang dimiliki oleh Indonesia sangat berpengaruh dengan kondisi ragam hayati, pengaruh ini memiliki efek positif dan negatif. Mari simak dua dampak Positif dan Negatif dari dampak letak astronomis Indonesia.

Dampak Positif:

1. Perdagangan

Jika dilihat dari astronomis Indonesia inilah yang membuat Indonesia memiliki akses dagang terpadat dan tinggi di Indonesia, dikarenakan indonesia diapit dua Benua dan dua Samudera dimana ini menjadi jalur lalu lintas dunia, maka dari ini maritim Indonesia haruslah kuat. Bahkan ada yang bilang Indonesia ini adalah Cross Position, bahwa Indonesia ini berada didaerah yang sangat Strategis.

2. Budaya, Seni dan Agama

Budaya di Indonesia sangatlah banyak, hampir dalam satu daerah saja memiliki dua seni budaya, belum lagi Seni yang berada di Indonesia, Agama di Indonesia juga sangat beragam, tidak ada negara di dunia yang bisa seperti Indonesia dengan memiliki 5 agama yang diakui oleh pemerintah dan pemeluknya memiliki toleransi TERBAIK di dunia, bahkan Indonesia ini menjadi populasi umat muslim terbanyak di di dunia.

3. Waktu Siang dan Malam Sama

Berbeda dengan negara yang berada di belahan dunia lainnya, di Indonesia waktu antara siang dan malam memiliki waktu yang sama, yakni sama-sama 12 jam untuk waktu siang dan malam. Penyebab dari pembagian antara waktu siang dan malam dikarenakan dua iklim di Indonesia.

4. Suhu Normal

Indonesia memiliki dua musim, yakni panas (tropis) dan hujan, dua faktor ini menjadikan suhu rata-rata di Indonesia ini cenderung lebih stabil.

5. Sinar Matahari

Tumbuhan berfotosintesis tentunya memerlukan kualitas sinar matahari yang cukup untuk menyinari terbilang cukup. Artian dari sinar Matahari ini memiliki peran yang sangat penting dengan tumbuh-tumbuhan yang ada di Indonesia.

Dampak Negatif:

1. Perdagangan Ilegal

Indonesia memiliki daerah yang sangat luas, terdiri dari 17.000 ribu pulau kecil dan besar, berpenghuni hingga tak berpenghuni, hal ini membuat Indonesia tak luput dari namanya perdagangan ilegal. perdagangan ilegal tak hanya melulu mengenai Narkoba, tetapi barang yang tidak memiliki Bea dan Cukai.

2. Beragam Penyakit

Dengan memiliki cuaca panas dan hujan Indonesia ini menjadi langganan flu, batuk dan demam, karena perubahan iklim.

3. Anomali Suhu Panas

Dampak Indonesia di garisi Khatulistiwa adalah menyebabkan suhu yang panas atau bisa dikenal dengan musim kemarau panjang, sehingga curah hujan hingga cadangan air susah untuk ditemukan, maka dari ini banyak pertanian menjadi gagal.

4. Banjir

Bukan hanya di belahan dunia saja yang sering terjadi banjir di Indonesia juga sering terjadi banjir bandang, bahkan ini menjadi rutinitas banjir terjadi, ya banjir terjadi dikarenakan sistem pembuangan air yang salah, bahkan ibukota seperti Jakarta juga menjadi langganan banjir.

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

samudera hindia

Indonesia diapit oleh dua samudera Hindia dan Pasifik, juga diapit oleh dua benua yakni Australia dan ASIA membuat indonesia menjadi wilayah yang sangat penting didunia. Karena merupakan sebuah jalur lintas dunia.

Hal ini juga yang membuat Indonesia memiliki keragaman hayati seperti Flora dan Fauna, dengan memiliki dua iklim yakni Tropis dan Hujan. Memiliki keanekaragaman seperti Agama, Seni, Budaya, dan Bahasa.

Dalam pembagian musim di Indonesia memiliki dua jenis musim yakni hujan dan panas, hal ini disebabkan oleh imajiner Lintang dan garis Bujur, sehingga berpengaruh terhadap pembagian waktu di Indonesia seperti WIB, WITA, WIT.

Selain ini dampak dari letak astronomis indonesia yakni mempengaruhi lapisan atmosfer, jadi banyak kapan-kapal dagang dari negara seperti Eropa, China, dan India ramai melintasi wilayah perairan Indonesia. Karena posisi silang antara garis bujur dan lintang membuat Indonesia kaya akan suku bangsa dan budaya.
Letak Indonesia yang diapit oleh dua Samudera Hindia dan pasifik hal ini mempengaruhi

cuaca dan iklim, indonesia memiliki iklim laut disebabkan angin yang membawa hujan, indonesia juga memiliki iklim kemarau dan hujan hal ini menyebabkan Angin Muson yang berhembus selalu berganti arah setia 6 bulan sekali.