Beranda Islam Kisah Nabi Zulkifli Lengkap dan Singkat

Kisah Nabi Zulkifli Lengkap dan Singkat

kisah nabi zulkifli
image by news.islamictunes.net

Kalimat.ID – Kisah Nabi Zulkifli, Nabi Zulkifli As. hidup pada masa kekuasaan Nabi Ilyasa As. Raja Ilyasa ini adalah seorang raja sekaligus Nabi yang memimpin secara arif dan bijaksana. Oleh karena, raja Ilyasa tidak memiliki keturunan maka, ia mengadakan sayembara untuk mencari penerus dirinya.

Syarat yang diajukan adalah sang raja pengganti kelak harus berpuasa di siang hari, beribadah di malam hari dan harus mampu menahan amarah selama memerintah sebagai raja.Seluruh rakyat yang mendengar persyaratan tersebut merasa tidak sanggup kecuali satu orang yang bernama Basyar.

Basyar atau Bsyaran lahir di Irak sejak kecil ia dikenal sangat ramah, tidak pernah berbohong, ahli ibadah, ulet dan selalu mencegah perbuatan munkar.

Kisah Nabi Zulkifli yang Menerima Sanyembara

Selain itu, pendiriannya tidak mudah goyah. Tingkah lakunya mencerminkan kebaikan dan kebenaran serta semua janji yang ia ucapkan senantiasa ditepati sehingga, semua orang senang bergaul dengannya.

Berkat kemuliaan seifatnya inilah ia mampu memenangkan sayembara yang di adakan oleh raja Ilyasa. Oleh karena Basyar selalu melakukan kebaikan dan melaksanakan tugas-tugas yang di amanahkan kepadanya maka, raja Ilyasa memberi gelar Zulkifli yang berarti orang yang sanggup.

Nabi Zulkifli As. ,merupakan putra dari Nabi Ayyub As. seperti ayahnya, Nabi Zulkifli As. memiliki kesabaran yang luar biasa. Bahkan, syaitan yang menggodanya pun tak mampu membuat Nabi Zulkifli As. marah.

Quran surat Al Anbiya ayat 85 – 86 “dan ingatlah kisah Nabi Ismail, Idris dan Zulkifli semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. Kami telah memasukkan mereka ke dalam rahmat Kami, sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang shaleh.”

Kisah Nabi Zulkifli yang Diangkat Menjadi Raja

Sejak diangkat menjadi raja pengganti, Nabi Zulkifli As. tetap hidup dalam kesederhanaan sesuai janjinya, maka Nabi Zulkifli As. melaksanakan apa yang menjadi telah di janjikan yakni berpuasa disiang hari dan beribadah dimalam hari. Suatu hari Nabi Zulkifli As. merasakan kelelahan yang teramat sangat. Setelah menguasai rakyatnya sedangkan, waktu tidurnya digunakan untuk beribadah.

Pada saat itulah iblis mengirimkan golongan syaitannya untuk menggoda. Syaitan datang ke istana dalam wujud manusia laki-laki rakyat jelata yang meminta keadilan hukum pada raja. Meski para pengawal kerajaan bahwa raja sedang beristirahat, tapi syaitan tidak peduli dan terus memaksa ingin bertemu dengan raja. Mengetahui hal ini, Nabi Zulkifli As. meminta tamunya agar terlebih dahulu datang ke ruang pengadilan istana.

Setelah beristirahat sejenak, Nabi Zulkifli As. berangkat, menuju ruang pengadilan walaupun sesampainya di sana ternyata tamunya tidak ada di sana. Dan saat ditunggu tidak kunjung datang. Hal ini terulang kembali pada keesokan harinya. Dan Nabi Zulkifli As. tetap tidak terpancing amarahnya. Untuk yang ke tiga kalinya syaitan berinisiatif langsung masuk ke rumah Nabi Zulkifli As. dan mengetuk pintu kamar tempat Nabi Zulkifli As. beristirahat.

Tetapi dengan begitu saja Nabi Zulkifli As menemaninya sampai akhirnya setan menyerah dan mengaku ia dikirim oleh iblis untuk menggoda dan memancing emosi Nab Zulkifli As. Gagal sudah rencan setan untuk membuat Nabi Zulkifli As marah dan ingkar akan janjinya.

Kisah Nabi Zulkifli yang Diuji Oleh Rakyatnya

Ujian juga datang dari rakyatnya sendiri. Ada beberapa kaum yang datang ke kerajaan dan berencana menghancurkan kepemimpinan Nabi Zulkifili As. Pada waktu itu, Nabi Zulkifli memerintahkan rakyatnya untuk turut berperang untuk melawan kaum pasukan pemberontak. Namun rakyat yang telah ia sejahterakan justru menolak dengan alasan takut mati.

Mereka mau turut serta berperang dengan syarat telah ada jaminan bahwa mereka tidak akan mati di medan pertempuran. Akhirnya Nabi Zulkifili As berdoa kepada Allah SWT memohon agar kaumnya diselamatkan pada saat peperangan berlangsung.

Doa ini dikabulkan oleh Allah SWT sehingga seluruh pasukan Nabi Zulkifli As yang terdiri dari rakyat jelata berhasil memenangkan pertempuran dan kembali dengan kondisi selamat tanpa ada yang gugur. Hingga akhir dari kepemimpinan Nabi Zulkifli As rakyat merasakan hidup tentram dan bahagia. Peninggalan Nabi Zulkifli As masih bisa dilihat diseluruh kota kecil bernama kilf diselatan bagda.

Diantara kota hilah dan nahzab di tepi sungai efrat, terdapat makam. Makam tersebut diyakini oleh penduduk sekitar sebagai makam Nabi Zulkifli As.

Demikianlah tentang Kisah Nabi Zulkifli As yang menjadi seorang raja sekaligus Nabi Allah SWT yang mempunyai sifat yang sholeh, taat ibadah, menepati janji, dan bisa mensejahterakan rakyat. Semoga dengan adanya Kisah Nabi Zulkifli As tersebut, bisa memberikan kepada kita kekuatan iman yang kuat dan tegar dalam menegakkan agama Islam dimuka bumi.

Nabi Zukifli As merupakan salah satu nabi yang wajib dikita ketahui dan iman. Oleh sebab itu dengan adanya kisah tersebut, untuk para orangtua untuk senantiasa tidak lupa mencerikannya kepada anak-anaknya kelak dan untuk para pembaca semoga bukan hanya menjadi sebuah pengetahuannya saja, namun bisa menjadi pembelajaran yang bisa diambil hikmahnya dan diterapkan dalam kehidupannya.

Dengan adanya artikel ini, penulis berharap bisa memberikan ilmu tentang keislaman supaya bisa tercipta generasi emas yang selalu siap meneggakan dan membela agama Allah SWT.

Komentar disini
error: