Beranda Islam Kisah Nabi Yahya Lengkap Dari Lahir Sampai Wafat

Kisah Nabi Yahya Lengkap Dari Lahir Sampai Wafat

kisah nabi yahya

Kalimat.ID – Kisah Nabi Yahya, Nabi Yahya As. adalah putra dari Nabi Zakaria As. Nabi Yahya As. diutus oleh Allah SWT. untuk berdakwah di tengah-tengah kaumnya yaitu Bani Israil yang memiliki sifat pembangkang dan menyembah berhala, melaksanakan kemaksiatan, kemunkaran, kedzaliman dan kerusakan merajalela di kalangan Bani Israil. Selain itu, juga muncul raja-raja penguasa yang membuat kerusakan.

Nabi Yahya As. merupakan Nabi yang di istimewakan oleh Allah SWT. kehadirannya merupakan mukjizat melalui do’a suci dari Nabi Zakaria As. yang saat itu telah lanjut usia dan ibu nya yang bernama Isya dalam keadaan tidak bisa melahirkan anak.

Allah SWT. menyampaikan kabar lahirnya Nabi Yahya As. dalam Al quran surat Maryam ayat 7. Namanya pun merupakan pemberian langsung dari Allah SWT. yang sebelumnya belum pernah ada orang lain yang memiliki nama seperti itu.

Masa Kecil Kisah Nabi Yahya As

kisah nabi yahya
image by cerpin.com

Masa kecil Nabi Yahya As. hanya di isi dengan menekuni agama Allah SWT. dan melakukan hal-hal yang bermanfaat saja. Pada saat di ajak bermain oleh teman-temannya, Nabi Yahya As. kecil menjawab bahwa manusia diciptakan bukan untuk bermain-main.

Yahya kecil berbeda dengan teman sebayanya, mereka apabila bermain menyiksa para bintang, namun Nabi yahya kecil malah para binatang itu diberinya makan, sehingga binatang-binatang tunduk dan hormat kepada beliau.

Nabi Yahya As. tumbuh menjadi seorang anak yang soleh, gemar berbagi kasih sayang, cerdas dan berbakti kepada orang tua. Suatu ketika Nabi Yahya As. sedang menyendiri di sebuah gurun untuk berdo’a. Saking cintanya kepada Allah SWT. hingga air matanya menetes tak terbendung.

Tangisan Nabi Yahya As. ini membuat binatang-binatang yang biasanya saling mengaung atau melonglong tiba-tiba terdiam. Binatang-binatang ini mengetahui bahwa yang sedang berdo’a di gurun itu adalah Nabi Yahya As. Kemudian mereka menghormat selanjutnya menjauh agar tidak mengganggu do’a Nabi Yahya As.

Ada sebuah riwayat suatu ketika Abu Idris Al Haulani berkata bahwa ‘manusia yang paling baik makanannya adalah Nabi Yahya As.’ Ia makan dedaunan bersama dengan hewan darat yang buas ataupun yang jinak. Hal ini untuk menjaga diri dari rusaknya kehidupan manusia, kadang – kadang ia juga makan belalang. Sementara, minumnya pun langsung dari air sungai yang mengalir.

Dari kebiasaan inilah Nabi Yahya As. merasakan bahwa manusialah yang paling menerima nikmat dari Allah SWT. Sesungguhnya kekayaan sejati adalah kekayaan hati. Ikhlas menerima apapun pemberian dari Allah SWT.

Kisah Nabi Yahya Berdakwah Kepada Bani Israil

kisah nabi yahya
image by s.republika.co.id

Setelah dewasa Nabi Yahya As. diperintahkan oleh Allah SWT. untuk mendalami kitab Taurat dan menyampaikan 5 pesan untuk kaum Bani Israil. Pesan tersebut yaitu :

1. Perintah agar beribadah hanya kepada Allah SWT.
2. Solat
3. Bersedekah
4. Berpuasa
5. Banyak Berdzikir

Seperti ayahnya yakni Nabi Zakaria As., Nabi Yahya As. mengajak kaum Bani Israil untuk beribadah hanya kepada Allah SWT. dan menjauhi larangan – larangannya. Nabi Yahya As. banyak memberikan ceramah kepada pendeta – pendeta Yahudi.

Kegigihan Nabi Yahya As. dalam berdakwah membuahkan hasil yang menggembirakan. Ajaran Nabi Yahya As.disambut baik oleh masyarakat bani Isrial dengan tanda semakin banyak yang mengkuti ajaran beliau. dan ini membuat Nabi Yahya As. dikenal dan disegani oleh seluruh kalangan. Bahkan Nabi Yahya As. di angkat menjadi pemimpin para pendeta Yahudi yang sering mensucikan orang – orang yang ingin bertaubat di sungai Yordan.

Kisah Nabi Yahya Berdakwah Kepada Raja Herodus

Nabi Yahya As. juga di perintahkan untuk menyadarkan seorang raja yang menguasai kerajaan buatan Romawi di kota Yerussalem supaya tidak menikahi keponakannya sendiri. Hal ini tentu saja dilarang oleh Allah SWT. di dalam kitab Taurat karena, keponakan masih merupakan kerabat dekat atau mahramnya sendiri.

Raja tersebut bernama Herodus, ia sangat jatuh cinta dengan kecantikan keponakannya sendiri yang bernama Herudia. Dari awal raja telah mengetahui bahwa menikahi mahramnya sendiri hal yang dilarang oleh hukum Taurat. Ternyata Herudia dia justru bersedia menjadi permaisuri raja Herodus.

Para penasehat kerajaan telah mengingatkan tetapi, raja dan calon permaisurinya tetap saja ingin melaksanakan pernikahan mereka. Dakwah Nabi Yahya As. tidak membuat raja dan calon permaisurinya sadar. Kedatangannya ke istina justru membuat raja Herodus marah besar karena, Nabi Yahya As. dianggap telah membuat Herudia menangis dan bersedih hati.

Segera raja memerintahkan pasukannya untuk menangkap dan membunuh Nabi Yahya As. atas dakwah yang telah melawan raja. Allah SWT. terus membimbing Nabi Yahya As. sehingga, pada saat Nabi Yahya As. ditangkap Nabi Yahya As. tidak melakukan perlawanan sedikit pun. Kemudian, para pengawal kerajaan melawan Nabi Yahya As. untuk di hukum mati.

Selanjutnya, Haerudia meminta kepada raja agar kepala Nabi Yahya As. di hadapkan kepadanya. Setelah peristiwa itu terjadi, Allah SWT. menurunkan Azab yang sangat pedih. Yaitu, tubuh sang raja yang dzalim beserta keluarganya tiba-tiba berubah menjadi tidak berwujud lagi sebagai manusia.

Kisah Nabi Yahya yang Wafat ditangan Sang Raja

Ketika, Nabi Yahya As. wafat tidak hanya para pengikutnya dari golongan manusia saja yang bersedih. Tetapi, hewan dan tumbuhan juga turut berduka. Semua merasa sangat kehilangan sosok Nabi yang lemah lembut dan penuh kasih sayang.

Nabi Yahya As. dimakamkan di Mesjid Ummayah atau yang saat ini dikenal dengan nama Mesjid Agung Damaskus. Dalam Al quran surat Maryam ayat 15, Alah SWT. memberikan jaminan keselamatan kepada Nabi Yahya As. pada tiga fase tersulit dalam kehidupan manusia yaitu pada saat kelahirannya, pada saat meninggal dunia dan pada saat di bangkitkan dari kubur kelak.

Apabila kita kelak, lihat dari silsilah sang ibu yaitu Isya, maka Nabi Yahya As. masih terkait hubungan persaudaraan dengan Maryam ibunda dari Nabi Isa As.

Demikianlah kisah Nabi Yahya As yang bisa kita ambil hikmah dan pelajarannya. Oleh sebab itu, mari kita terus dalam selalu tentang kisah kisah nabi yang wajib kita ketahui sebagai orang islam. Kisah Nabi Yahya adalah kisah yang menjadi pembelajaran untuk umat islam yang tertera dalam surat maryam ayat ke 7.

Semoga dengan adanya kisah Nabi Yahya tersebut bisa menambahkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Jzakallohu khoiron katsiron

Komentar disini
error: