Kisah Nabi Luth dan Azab yang Menimpa Kaum Sodom

Kalimat.ID – Kisah Nabi Luth, Nabi Luth AS. adalah keponakan Nabi Ibrahim As. Keduanya diangkat oleh Allah SWT. sebagai nabi pada masa yang sama. Mereka sempat tinggal bersama di Palestina kemudian terjadi bencana wabah penyakit sehingga, mereka pindah ke Mesir dan memiliki usaha peternakan yang di kelola secara bersama – sama. Peternakan ini sangatlah besar dan membutuhkan wilayah yang sangat luas.

Mereka di kenal sebagai peternak yang kaya raya. Hingga akhirnya tiba waktunya mereka hrus berpisah dan hijrah meninggalkan Mesir. Nabi Ibrahim As. dan istrinya hijrah kembali menuju Palestina sedangkan, Nabi Luth As. beserta istri dan kedua putrinya yaitu Rita dan Jarata pergi ke Yordania dan bermukim di kota Sodom.

Kisah Nabi Luth Hijrah Ke Kota Sodom

kota sodom
image by statik.tempo.co

Di Wilayah itulah Nabi Luth As. menemukan perbuatan buruk dan keji yang belum pernah ada pada zaman sebelumnya. Hal ini disebutkan dalam Al quran surat Al A’raf ayat 88. Masyarakat kota Sodom gemar melakukan perbuatan tidak terpuji seperti mencuri, menipu, perbuatan membunuh dan berperilaku maksiat.

Mereka juga memiliki ketertarikan yang menyimpang yaitu laki – laki menyukai laki – laki sedangkan, perempuan menyukai perempuan. Allah SWT. memerintahkan Nabi Luth untuk menyadarkan penduduk kota Sodom dan Gomorah.

Namun, para penduduknya mulai menentang dan bahkan meminta mendatangkan azab jika Nabi Luth As. memang benar.

Nabi Luth As. benar – benar pusing memikirkan kaumnya. Sementara, semakin hari perilaku menyimpang dari kaum Sodom semakin menjadi – jadi. Setiap kali berdakwah, Nabi Luth As. selalu di usir dan diancam.

Hal ini membuat Nabi Luth As. sangat sedih.
Di tengah kegundaha hatinya, Nabi Luth As. menceritakan hal ini kepada istrinya.

Namun, sang istri tidak peduli malah menganggap hal yang menyimpang tersebut sudah menjadi adat dan kebiasaan masyarakat yang sudah berjalan lama dan menjadi lumrah di kota Sodom. Sehingga, tidak perlu dipermasalahkan lagi. Ia juga menyarankan Nabi Luth As. untuk tidak mencampuri urusan orang lain.

Istri Nabi Luth As. tidak tahan, mereka di benci orang di seluruh kota Sodom. Nabi Luth As. berpikir bahwa satu – satunya cara untuk mencegah perilaku menyukai sesama jenis itu ialah dengan azab. Lalu, Nabi Luth As. berdo’a kepada Allah SWT. agar masyarakat kota Sodom berupa azab dunia sebelum azab yang menanti mereka di akhirat kelak.

Kisah Nabi Luth yang Didatangi 3 Malaikat

Tiga malaikat yaitu Jibril, Mikail dan Israfil di utus oleh Allah SWT. untuk menemui Nabi Luth As. Mereka menyamar menjadi laki – laki yang sangat tampan. Mereka sengaja menemui putri Nabi Luth As. yang sedang mengambil air di tepi kota. Mereka menanyakan rumah yang bisa mereka tempati untuk bermalam.

Menyaksikan ketampanan tiga malaikat, putri Nabi Luth As. menjadi khawatir karena penduduk laki – laki kota Sodom pasti akan mengganggu mereka. ketiganya segera di bawa menemui Nabi Luth As.

Di rumah Nabi Luth As. pun sangat terkejut melihat kemampuan ketiga tamunya. Nabi Luth As. meminta kedua putrinya agar merahasiakan kedatangan tamu – tamu ini.

Namun, sayang tiba – tiba istri Nabi Luth As. datang dari pasar dan melihat tiga tamu laki – laki yang sangat tampan di dalam rumahnya sedang berbincang – bincang bersama Nabi Luth As. Ia segera memberi tahu orang – orang bahwa Nabi Luth As. juga sama seperti laki – laki lainnya di kota Sodom yaitu memiliki ketertarikan kepada sesama jenis.

Istri Nabi Luth As. berharap para penduduk tidak lagi membenci keluarga Nabi Luth As. karena Nabi Luth As. telah sama perilakunya dengan mereka.

Kabar ini tersebar dengan cepat ke seluruh kota. Mendengar kabar tadi, para laki – laki kota Sodom beramai – ramai menuju rumah Nabi Luth As. karena, ingin membuktikan ketampanan para tamu Nabi Luth As. Kemudian, mereka meminta para tamu laki – laki itu untuk diserahkan kepada mereka.

Nabi Luth As. tidak bersedia membukakan pintu rumahnya, ia meminta penduduk kota Sodom untuk menghormati tamu – tamu yang ada di rumah Nabi Luth As. Oleh karena itu, tidak di bukakan pintu dan teriakan mereka tidak ditanggapi oleh Nabi Luth As. maka, para laki – laki kota Sodom mengancam akan membongkar pintu rumah Nabi Luth As.

Dengan tenang para tamu Nabi Luth As. tadi justru meminta pintu rumah Nabi Luth As. supaya di buka dan ketiga tamu bisa melihat mereka. Ketika pintu rumah di buka, penduduk Sodom langsung berebut untuk masuk. Tetapi, tanpa disangka penduduk yang tadi masuk matanya menjadi buta. Mereka sama sekali tidak dapat melihat.

Atas izin Allah SWT. para malaikat telah membutakan mereka supaya tidak bisa melihat wujud ketiga tamu Nabi Luth As. Ketika para tamu menjelaskan kepada Nabi Luth As. kedatangan mereka sebenarnya untuk menjawab do’a Nabi Luth As. Akhirnya, Nabi Luth As. menyadari bahwa tamu – tamunya bukanlah orang sembarangan. Mereka adalah para utusan Allah SWT.

Kisah Nabi Luth dan Kaum Sodom Kena Azab

azab kota sodom
image by wowmenariknya.com

Allah SWT. secara tegas memerintahkan Nabi Luth As. agar meninggalkan rumahnya tanpa menoleh sedikitpun ke arah kota Sodom. Karena, hal ini merupakan azab Allah SWT. yang akan segera di datangkan. Larangan menoleh atau berbalik ke kota Sodom akan membuat mereka ikut celaka karena azab.

Setelah mendapatkan perintah ini, Nabi Luth As. beserta keluarganya dan orang – orang yang percaya kepada Nabi Luth As. beranjak meninggalkan kota Sodom.

Tepat pada waktu Subuh, datanglah tiga macam azab yang pertama adalah terdengarnya suara yang sangat keras dan dahsyat dari langit yang mejadi gelap. Petir menyambar – nyambar tanpa henti. Kemudian, hujan batu menimpa semua wilayah di kota Sodom.

Batu – batu tersebut sangat panas dan berjatuhan dari langit. Yang terakhir seluruh kota Sodom di jungkir balikkan hingga musnahlah penduduk kota Sodom yang gemar berbuat keji.

Surat Asy Syura ayat 170 – 173 menyebutkan “Lalu Kami selamat ia beserta keluarganya kecuali seorang perempuan tua istrinya yang termasuk golongan orang yang tertinggal. Kemudian, Kami binasakan yang lain dan Kami hujani mereka dengan hujan batu maka, amat jeleklah hujan yang menimpa orang – orang yang telah di beri peringatan itu.”

Saat Nabi Luth As. beserta keluarga dan pengikutnya meninggalkan kota sodom, istri nabi Luth As melarang larangan Allah SWT. untuk tidak menolah ke arah kota, ia tidak bisa menahan keinginannya dan menoleh ke arah kota Sodom.

Tiba-tiba tubuhnya kaku menjadi batu dan pecah berantakan saat tertimpa bola api dari langit. Istri nabi Luth As. pun ikut binasa bersama kaum Sodom. Kota Sodom beserta keburukannya hancur rata dengan tanah dan terkubur selaman-lamanya.

Dalam surat Ar Rum ayat 3, “Bahwa disekitar laut mati disebut lapisan bumi yang paling rendah”. laut mati ini ada setelah terjadi gempa besar pada masa nabi Luth As. Rombongan nabi Luth As tinggal untuk sementara waktu disebuah gua yang terdapat digunung gaur, gunung ini terdapat didekat laut mati.

Demikianlah rangkaian kisah nabi Luth yang bisa kita ambil pelajaran dan hikmahnya. Kisah Nabi Luth As. yang diceritakan dalam Alquran merupakan sebuah peringatan untuk seluruh umat manusia bahwa jangan main-main dengan hukum Allah dan bersikap melampui batas.

Dengan adanya kisah Nabi Luth As, semoga bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan melakukan semua perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia